Cegah Anyang-anyangan yang mengganggu dengan prive uri-cran
Me and Hubby, Semua

Cegah Anyang-anyangan yang Mengganggu dengan Prive Uri-cran

Anyang-anyangan, sulit buang air kecil yang kerap menimpa wanita merupakan hal yang terlihat sepele namun sangat mengganggu aktivitas seharian. Bahkan jika dibiarkan akan menyebabkan Infeksi Saluran Kemih yang membahayakan kesehatan.

Anyang-anyangan dan Mood yang rusak

Siang itu, selepas dzuhur aku bersiap-siap untuk datang ke acara Taman Pendidikan Al-Qur’an. Mandi, memakai baju dan jilbab terbaik, memakai parfum kesayangan. Jalan beriringan bersama kawan-kawan sembari membayangkan serunya menampilkan seni rebana.

Namun, tetiba semua itu buyar. Aku merasa harus buang air kecil segera. Tanpa pamit ke kawan yang lain, aku bergegas pulang untuk buang air kecil. Rasanya sakit dan yang keluar hanya sedikit. Berulang-ulang. Menyiksa.

Aku menangis sesunggukan sembari berjongkok dan merasakan sakit di daerah kemaluan. Aku kecewa. Ya, kecewa karena gagal turut serta dalam grup rebana hanya karena masalah super sepele, anyang-anyangan.

Itu baru satu kejadian belasan tahun yang lalu. Kejadian terakhir sungguh membuatku malu, anyang-anyangan saat masih pengantin baru.

Dhuar! Hahaha, maaf, ya, obrolan kali ini agak menjurus, tetapi cuma sekilas, kok.

Kala itu, seminggu setelah aqad, kami sekeluarga ke rumah besan. Perjalanan sekitar 6 jam. Saat tiga perempat perjalanan, aku ingin buang air kecil. Tetapi, ah, nanti saja saat di rumah mertua. Toh, sudah tiga perempat perjalanan.

Sampai di rumah mertua, kami berbincang lama. Sebagai orang baru, aku belum berani meminta ijin ke kamar mandi sampai acara selesai. Ya, aku masih menahan-nahan, nanti… nanti saja saat acara sudah selesai. Begitu acara sudah selesai, aku merasa ada yang tidak beres dalam tubuhku.

Organ intimku sakit.

Aku bolak-balik ke kamar mandi, buang air kecil sangat sedikit dengan frekuensi lima menit sekali. Saluran kemih terasa terbakar dan nyeri.

Satu hal yang kusesali, organ intim yang kedudukannya sedang sangat penting justru terganggu karena salahku sendiri, menunda-nunda buang air kecil. Drama pengantin baru. Sangat menyiksa, kamu jangan, cukup aku saja yang mengalami anyang-anyangan di saat yang sangat tidak tepat. Rusak sudah mood untuk berbulan madu.

Anyang-anyangan dan Infeksi Saluran Kemih, Sama atau Beda?

Anyang-anyangan dan infeksi saluran kemih ternyata berbeda, aku mengutip pendapat dr Akbari Wahyudi Kusumah, SPU, dari Detik Health.

Jadi kalau infeksi saluran kemih pasti punya anyang-anyangan. Terus kalau anyang-anyangan nggak selalu infeksi saluran kemih,” kata dr Akbari Wahyudi Kusumah, SpU, dari RS Mayapada Lebak Bulus, Jakarta Selatan.

Jika anyang-anyangan ‘hanya’ buang air kecil berkali-kali, infeksi saluran kemih adalah buang air kecil berkali-kali disertai nyeri di organ intim, dan anyang-anyangan adalah gejala awalnya . Namun keduanya sama, sama-sama berbahaya dan harus segera diobati agar tidak semakin parah.

Infeksi saluran kemih dapat dibagi menjadi dua, yakni Infeksi Saluran Kemih bagian bawah dan Infeksi Saluran Kemih Bagian Atas. Gejala dari kondisi ini meliputi rasa ingin selalu buang air kecil, nyeri atau perih saat buang air kecil, warna urine yang keruh, dan bau urine yang tidak sedap. Sedangkan Infeksi Saluran Kemih bagian atas merupakan infeksi yang terjadi pada ureter dan ginjal. Gejala dari kondisi Infeksi Saluran Kemih bagian atas meliputi nyeri pada bagian selangkangan, mual, dan demam.

Mengapa Wanita Mudah Terkena Anyang-anyangan?

Lain dengan pria yang organ reproduksi serta saluran kemihnya menjadi satu dan tertutup oleh kulit, wanita  mempunyai lubang saluran kemih, liang vagina, dan lubang anus yang letaknya berdekatan dan saling terbuka sehingga bakteri e-colli penyebab utama anyang-anyangan yang biasanya berada di anus dengan mudah menyeberang ke saluran kemih. Sehingga wanita lebih rentan terkena anyang-anyangan.

Penyebab Anyang-anyangan

Dalam kasusku saat masih pengantin baru– yang menyebabkan traumatik sampai sekarang, sehingga aku sangat menandai penyebab anyang-anyangan– ada dua penyebab utama kenapa aku mengalami anyang-anyangan di saat yang sangat tidak tepat, yakni karena menunda-nunda buang air kecil dan celana dalam yang lembab. Ada beberapa penyebab anyang-anyangan yang harus kita hindari, antaralain:

Penyebab Anyang-anyangan
Penyebab Anyang-anyangan

Minum-minuman Bersoda, Kafein atau Berpemanis Berlebihan

Minum-minuman bersoda, kafein atau berpemanis dengan berlebihan dapat menyebabkan anyang-anyangan karena minuman tersebut dapat mengiritasi kandung kemih. Sebaiknya, kita minum air putih minimal 2 liter sehari.

Menunda-nunda Buang Air Kecil

Kala itu aku baru buang air kecil setelah selesai acara, sekitar 4 jam setelah aku merasakan keinginan untuk buang air kecil. Kupikir, bodoh banget aku saat itu. Sekarang aku memutuskan untuk segera buang air kecil daripada menjadi penyebab anyang-anyangan saat suami minta dimanja. Pan horor kalau anyang-anyangan melulu. Heuheuuu.

Kebersihan Organ Intim yang Tidak Terjaga

80% infeksi saluran kemih disebabkan oleh bakteri e-colli. Dulu saat aku masih SMA, aku sangat kenal dengan bakteri e colli yang bermanfaat dalam pembusukan sisa makanan di usus besar. Saat berada di usus besar, selain membantu pembusukan makanan, bakteri e colli juga membantu membasmi bakteri-bakteri jahat.

Namun, tidak demikian saat bakteri e colli KELUAR dari usus besar. Bakteri ini berubah menjadi musuh ketika berada di luar usus besar. Jika sampai bakteri e colli menyeberang ke saluran kemih, bakteri ini akan menjadi penyebab utama infeksi saluran kemih.

Horor.

Biasanya bakteri e colli yang keluar melalui anus, menyeberang ke saluran kemih melalui cara-cara berikut ini:

Celana dalam yang lembab

Bakteri e colli bisa bertahan hidup dalam keadan asam dan lembab. Celana dalam yang lembab bisa membuat bakteri e colli penyebab anyang-anyangan jalan-jalan ke arah saluran kemih, apalagi saluran kemih wanita sangat dekat dengan anus. Jalan-jalan, kata emak K, dikira bakteri suka travelling.

Pembalut yang Lembab

Sama dengan celana dalam yang lembab, pembalut yang lembab sangat memungkinkan menjadi perantara bakteri e-colli penyebab anyang-anyangan jalan-jalan ke arah saluran kemih.

Air yang Tidak Higienis

Air di dalam toilet yang tidak rutin diganti bisa menjadi tempat berkembang biak bakteri e colli penyebab anyang-anyangan. Brr, bukan jalan-jalan lagi, tetapi juga beranak-pinak membelah diri. So, pastikan air di dalam toilet adalah air yang bersih.

Toilet yang Tidak Dibersihkan Secara Rutin

Toilet berpotensi meninggalkan bakteri e-colli penyebab anyang-anyangan dan menularkan ke yang lain jika setelah buang air besar tidak dibersihka dengan tuntas. Baik toilet duduk maupun toilet jongkok, sama-sama berpotensi menjadi tempat berkembang biak bakteri e colli.

Cara Membersihkan Organ Intim yang Keliru

Dulu saat pelajaran fiqh perihal membersihkan najis, yai mewanti-wanti agar membersihkan organ intim dengan air bersih dari depan ke belakang. Ternyata, hal ini tidak dapat disepelekan. Membersihkan organ intim dari depan ke belakang bermanfaat untuk mencegah bakteri e colli penyebab anyang-anyangan berpindah dari anus ke saluran kemih. Jika kita membersihkan secara terbalik, sangat berpotensi bakteri e colli berpindah ke saluran kemih dan menyebabkan infeksi.

Perilaku Seks yang Menyimpang

Anal Sex, sex melalui anus merupakan salah satu penyebab anyang-anyangan yang berlanjut ke infeksi saluran kemih. Perilaku sex menyimpang ini selain mengiritasi anus juga sangat berpotensi menularkan bakteri e-colli yang berada di anus ke dalam saluran kemih.

Resiko Anyang-anyangan yang Dibiarkan

Anyang-anyangan tidak bisa dianggap sepele. Anyang-anyangan yang dibiarkan bisa berlanjut ke infeksi saluran kemih karena bakteri e-colli naik ke saluran kemih, menginfeksi kandung kemih dan menyebabkan menyebabkan gangguan kesehatan kandung kemih atau sistem perkemihan, seperti infeksi saluran kemih, dan batu pada saluran kemih yang biasa disebut batu ginjal yang disebabkan oleh penumpukan racun di kandung kemih. Horor, yak. Brrr.

Jika anyang-anyangan disertai kemerahan pada kemih atau percik darah pada urin, segera ke dokter agar diperiksa apakah terjadi Infeksi Saluran Kemih yang berbahaya untuk mendapatkan tindak lanjut agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Cara Mencegah Anyang-anyangan

Trauma mengalami anyang-anyangan disaat yang sangat tidak tepat, aku menerapkan langkah-langkah sederhana yang bisa mencegah anyang-anyangan. Langkah ini sangat mudah, murah dan tidak membutuhkan tenaga yang banyak.

Langkah Sederhana untuk Mencegah Anyang-anyangan
Langkah Sederhana untuk Mencegah Anyang-anyangan
  • Minum air putih 2 liter sehari
  • Tidak menahan buang air kecil,
  • Menjaga kebersihan organ intim,
  • Memakai celana dalam yang agak longgar dan kering,
  • Mengganti pembalut saat pembalut mulai lembab,
  • Membilas dengan air bersih dari depan ke belakang setelah buang air kecil,
  • Menjaga kebersihan toilet,
  • Menghindari anal sex,
  • Mengkonsumsi cranberry.

 

Wait, cranberry? Apa itu, Mak?

cranberry-obat-anyang-anyangan
Cranberry, Source: Blogger Perempuan

Cranberry merupakan sejenis buah berry dengan rasa yang asam.  Bentuknya bulat, kecil dan berwarna merah menyala. Buah Cranberry diketahui efektif mencegah Infeksi Saluran Kemih karena memiliki Proanthocyanidin yang dapat menghambat perlekatan bakteri E.coli di saluran kemih.

Dimana bisa beli cranberry?

Sayangnya, buah cranberry yang populer di negara-negara barat masih sangat langka di Indonesia karena belum banyak yang membudidayakan. Selain langka, harganya juga sangat mahal. Di sebuah e-commerce, buah cranberry kering dipatok Rp. 130.000,00 per kg. Aduh, selain mahal banget juga serasa mubadzir jika dikonsumsi sendirian karena tanggal kadaluarsa yang pendek. Hehehehe.

Tetapi, tenang, kita bisa mengkonsumsi Prive Uri-cran yang jauh lebih praktis, higienis dan ekonomis daripada mencari buah cranberry kering.

Prive Uri-Cran, Ekstrak Cranberry Pencegah Infeksi Saluran Kemih

Prive Uri-Cran, solusi alami untuk mencegah anyang-anyangan dan Infeksi Saluran Kemih. Salah satu produk Combiphar ini dirancang untuk mencegah infeksi saluran kemih dan infeksi saluran kemih berulang yang bisa dikonsumsi kapan saja dan dimana saja. Tersedia dua pilihan, serbuk dan kapsul.

Prive Uri-Cran Serbuk

Uricran serbuk, source: Blogger Perempuan

Prive Uri-Cran serbuk mengandung 375 mg Ekstrak Cranberry, 60 mg Vit C, 0.1 mg Lactobacillus Achidopillus, 0.1 mg Bifidobacterium bifidum. Yang dikemas dalam bentuk sachet.

Dosis Prive Uri-cran Serbuk: 1-2 Sachet / Hari

Isi per Box: 15 Sachet / Box

Harga Prive Uri-cran Serbuk: Rp. 117.000/ box (Di ecommerce)

Prive Uri-Cran Kapsul

Prive Uricran Kapsul, source: Blogger Perempuan

Prive Uri-Cran Kapsul mengandung 250 mg Ekstrak Cranberry.

Dosis Prive Uri-Cran Kapsul: 1-2 Kapsul / Hari

Isi per Box: 30 Kapsul / Box

Harga Prive Uri-Cran Kapsul: Rp. 125.00,00/ box (Di ecommerce)

Kapsul atau Serbuk?

Jika Prive Uri-Cran kapsul 100% merupakan ekstrak cranberry, Prive Uri-cran serbuk selain ekstrak cranberry juga mengandung vitamin C dan probiotik Lactobacillus Achidopillus, Bifidobacterium bifidum.

Milih kapsul atau serbuk? Itu mah suka-suka kita, yak. Hahaha. Emak K paling horor disuruh minum obat berbentuk tablet atau kapsul, susah bener nelennya. Jadi milih minum Prive Uri-Cran serbuk saja. Rasanya asem-asem seger. 😀

Dimana Mendapatkan Prive Uri-cran?

Kita bisa mendapatkan Prive Uri-cran di apotik terdekat, bahkan supermarket langganan pun sudah menyediakan Prive Uri-cran. Jika pun sedang malas keluar rumah, kita bisa memesan melalui e commerce, tinggal menunggu abang kurir datang ke rumah. Kita juga bisa mendapatkan Prive Uri-Cran dengan cara belanja langsung ke website resmi Prive Uri-cran.

Emak K dan Prive Uri-Cran

Tahu sendiri, kan, Emak K paling horor menelan obat berbentuk kapsul dan tablet, serasa mengganjal di tenggorokan. Pun, Emak K memiliki traumatik dengan anyang-anyangan yang mengganggu pengantin baru. Bhuahahaha, emoh banget kalau terulang lagi, plis.

Prive Uricran Serbuk
Prive Uri-cran Serbuk

Karena emoh mengalami anyang-anyangan di saat yang sangat tidak tepat, aku mengkonsumis Prive Uri-cran serbuk. Hmmm, mau tahu kesan emak K dengan Prive Uri-Cran?

Praktis

Iya, Prive Uri-cran ini jauh lebih praktis untuk mencegah dan mengobati anyang-anyangan daripada mengikat jempol dengan tali karet. Wkwkwkwk, hayoloh, ada enggak yang pernah diajari begitu setiap kali anyang-anyangan? Apalagi kalau di rumah enggak sedia karet, bingung lah mau nyari kemana lagi. Kalau Prive Uri-cran serbuk favorit emak K, tinggal sobek kemasan, larutkan dalam air matang, lalu diminum. Rasanya asam-manis, segar.

Mudah Menyimpan

Lain dengan Cranberry kering yang harus disimpan di dalam kulkas degan wadah tertutup rapat, Prive Uri-cran sangat mudah menyimpannya, cukup taruh di kotak obat dalam suhu ruang dan keadaan kering.

Long Lasting

Hahahah, dikira pacaran pakai istilah long lasting. Wkwkwkwk, habis aku bingung mencari padanan kata yang pas. Prive Uri-cran terhitung lama tanggal kadaluarsanya jika dibandingkan dengan Cranberry kering ataupun segar. Jadi, Prive-Uricran bisa digunakan untuk sediaan obat di rumah.

 

Mudah Dibawa Kemana-mana

Tak gembol kemana-mana, tak gembol kemana-mana… wkwkwk, mau pakai istilah tak gendong kayak lagunya almarhum mbah Surip kok terkesan lebay, jadi diganti tak gembol aja. Prive Uri-Cran, baik yang kapsul maupun yang serbuk, sangat praktis dibawa kemana-mana. Tjotjok menemani di segala situasi, lagi travelling, bawa. Sedang ada hajatan, bawa. Sedang outbond yang becek-becek dan khawatir terdapat bakteri e-colli, bawa Uri-cran, minum sebagai ikhtiar agar bakteri e-colli tidak menginfeksi saluran kemih.

Goodbye, Anyang-anyangan. Goodbye Infeksi Saluran Kemih. Goodbye, perusak mood dan bulan madu, eh.

 

 

Sumber: https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-3658761/apa-sih-bedanya-infeksi-saluran-kemih-dengan-anyang-anyangan (Diakses tanggal 9 Maret 2018)

http://mahasiswa.dinus.ac.id/docs/skripsi/lengkap/18980.pdf (Diakses tanggal 10 Maret 2018)

http://www.alodokter.com/infeksi-saluran-kemih

Pencarian Terkait:

  • Prive Uricran

42 thoughts on “Cegah Anyang-anyangan yang Mengganggu dengan Prive Uri-cran”

  1. Anyang-anyangan itu gak enak banget, … Hiks.
    Pernah kena usai keguguran lalu. Mungkin karena lembab ya, darah yg keluar luar biasa banyaknya. Untung punya stok Uricran.

    Btw, pertanyaan menarik,
    Di mana bisa beli cranberry? Pengen nyobain. Hihihihi

  2. Duh, Mbak… Pas pengantin baru kena anyang-anyangan. Hihihi.. gak enak banget ya pastinya.
    Yang jelas dari pengalaman itu ada hikmahnya ya. Dan untung ada Prive Uri-cran. Kalau lagi sial kena anyang-anyangan, bisa nolong banget tuh 🙂

    1. Iya, beda. penyimpangan seks satu itu ngeri emang, selain infeksi di anus juga bikin cowok yang seharusnya enggak kena anyang-anyangan jadi kena karena e colli bisa masuk ke saluran kemih.

  3. Heuu…ikutan sedih deeh…kehilangan momen yang ditunggu-tunggu.
    Dan bener yaa…bikin malu sama pasangan.
    Dan bikin gak nyaman.

    Dulu rasanya pas pengantin baru, asal sakit…aku selalu minta maaf sama suami.
    Karena gimanapun sakitnya, rasanya tetap saja sungkan merepotkan orang yang ((baru)) mengenal kita secara 24 jam.

    Alhamdulillah ada Prive Uri Cran…
    Segera diatasi sebelum menjadi penyakit yang lebih serius dan butuh penanganan dokter.

  4. Aku juga sebisa mungkin selalu nggak nahan buat buang air kecil sih, tapi kalo soal minum yang cukup masih kurang huhu sedih. Btw prive uricran ini aku penasaran yang versi serbuk hihi

  5. Saya juga pernah ngerasain gak nyamannya saat mengalami anyang-anyangan. Sempat bolak-balik ke toilet. Untung saja belum menjadi infeksi saluran kemih. Memang horor banget, kalau sampai ngerasain perih dan berdarah saat buang air bersih.Jangan sampai, deh!

  6. Pernaaaahh ngalamin ISK mbak. Sakit dan kesiksa banget, trus pas BAK keluar seuprit.
    Dulu ngatasinnya pakai uricran jg. Suka nyampur uricran yang sachetan itu sama air dingin 😀

Bagaimana komentar kalian?