Semua

Perawatan Kulit bagi Emak-emak Rempong ala Turis Cantik

Mukaku ini entah, Mbak. Lembab tidak, kering juga tidak. Sudah nyoba berbagai macam merk skincare, tetapi hasilnya belum ada yang cocok.

Curhatku, kepada mbak Muthia, pemilik blog www.turiscantik.com. Aji mumpung punya teman beauty blogger, sikat saja. Mbak Mutz, begitu aku memanggilnya akrab, mempunyai ciri khas soal pemilihan skin care: pakai apa yang ada di sekitar rumah, hargai kulitnya. Tipe-tipe beauty blogger yang menumbuhkan kepercayaan diri Emak-emak yang enggak sempat dandan, apalagi nyalon. Ora neko-neko, orang jawa bilang.

“Mbak berarti kulitnya kombinasi, biasanya berminyak di T area.” jawabnya.

You got my point, Mbak! seruku girang. “Iya, aku kesel ini pori-pori di T area gedhe!”

Pori-pori di T Area

“Kalau Mbak punya pori-pori di T area bukan karena jerawat, bersyukurlah!”

Deg. Aku langsung makjleb.  Mbak Mutz melanjutkan chatnya, “Karena, kelenjar minyak itu akan membuat kulit kita kenyal.”

Mbak Mutz masih typing di whatsaap, aku menungu dengan sabar. Perempuan jurnalis yang hobi traveling ini menjelaskan jika minyak yang keluar dari pori-pori tersebut menjadi pelembab alami wajah dan membuat kulit tidak gampang kendor dan keriput.

Oh, Robbuna, betapa aku melupakan Nikmat kulit lengkap dengan pori-pori seperti ini.

“Kalau pori-porinya tidak mengganggu, enggak apa. Tetapi, kalau porinya besar, tidak bisa dihilangkan. Paling disamarkan pakai laser.”

Tetapi buat apa, nanti malah membuat kulit tidak bisa mengeluarkan minyak alaminya.

Lanjutnya, sembari membeberkan perawatan apa yang bisa kulakukan dengan kondisi kulit seperti ini. Tentu saja perawatan yang mudah bagi mamah muda anak baru satu yang lagi aktif-aktifnya.

Perawatan Kulit dengan Bahan yang Mudah Didapat

Sepanjang berbincang dengan Mbak Mutz, aku menangkap kesan jika beliau lebih menyarankan untuk menggunakan benda-benda di sekitar yang mudah didapat, juga, mengedepankan rasa syukur dan mengangkat rasa percaya diri meskipun tidak bisa perawatan di salon.

Ya kali, percaya diri diukur dari perawatan di salon atau enggak. Hahaha, Emak K kesambet!

Menyamarkan Pori dengan Masker Putih Telur

Aku sudah lama sih baca artikel jika putih telur bisa dibuat masker, tetapi aku takut sama bau amisnya. Wkwkwkwk. Eh, mbak Mutz ngasih tips biar bau amis berkurang: dicampur dengan tomat yang diblender kasar atau yoghurt.

Wohooo, barang yang disarankan mbak Mutz adalah barang wajib di rumah! Telur adalah bahan makanan penolong saat-saat Emak K malas masak, yoghurt untuk suplai nutrisi si K, dan tomat adalah piranti wajib sambal yang disukai abah K. :p

Oh iya, masker putih telur ini dua minggu sekali. Nyolong maskeran saat anak bobok sambil menyelesaikan pekerjaan rumah bisa kan, ya. Bisa banget.

Scrub Bibir dengan Gula Pasir

Mau kubisikin aib yang terbongkar saat aku ngobrol dengan mbak Mutz? ssttt, aku enggak tahu apa itu scrub. Whahahahaha, emak K polos tingkat dewa yaaa. 😀 😀 Ternyata, scrub adalah istilah untuk menandakan fungsi skin care tersebut untuk mengangkat kulit mati, saudara! :p

Gula pasir, dikasih air, kemudian digosok-gosok di bibir, kemudian di bilas. As simple as that, tetapi bisa mencegah kulit bibir nglotok karena kulit mati masih tertinggal disana. Dilakukan dua minggu sekali.

Tabir Surya dan Lotion dengan SPF untuk Melawan Penuaan Dini

Meskipun di rumah, Mbak Mutz menyarankan agar kita tetap memakai tabir surya untuk melawan penuaan dini. Emak K langsung ingat jika sudah beranak satu dan berusia lebih dari seperempat abad. Duh, untung mbak yang rajin berbagi tentang beauty, travelling dan motherhood di blognya ini ngingetin emak K jika Emak sudah engak muda lagi. 😛

Tabir surya untuk muka dan lotion yang mengandung SPF untuk badan. Habis ngorol dengan mbak Mutz, emak K minta dibelikan tabir surya dan lotion saat belanja bareng abah K. 😀

Pilihan Masker Lain yang Mudah Ditemukan

Selain masker putih telur, mbak Mutz juga memberikan pilihan masker lain yang bisa kita gunakan untuk merawat kulit muka antara lain, masker lidah buaya, masker tomat dan masker timun.

 

Gampang-gampang ya, Mak. Coba gih, ke blognya mbak Turis Cantik , beliau sering berbagi tips beauty yang enggak neko-neko. Tipikal perawatan dan make up sederhana dan tidak mensyaratkan merk tertentu. Objektif. Bisa juga follow Instagramnya biar ketularan semangat travellingnya, hahahha, enggak ding, biar mendapatkan update-annya tentang dunia travelling dan beauty dimari.

 

 

Pencarian Terkait:

  • emak emak mau cantik

2 thoughts on “Perawatan Kulit bagi Emak-emak Rempong ala Turis Cantik”

  1. Kan akhirnya ada yang ngaku kalo masih polos Wah kita ini berdua kok hobinya sama ya ternyata, suka curhat ke Mbak Muthia soal make up. Cuma bedanya aku curhatnya soal selulit dan strecth mark

Bagaimana komentar kalian?