3 Keripik Home Made Favorit saat Lebaran

3 Keripik Home Made Favorit saat Lebaran

Baru masuk bulan Robiul Awal, emak K sudah membahas keripik lebaran. Antara kangen nuansa Ramadan dan kangen mudik jadi satu, enaknya nostalgia soal keripik favorit yang kucari-cari saat lebaran tiba. Iya sih, bisa nyari keripiknya di luar lebaran, tetapi percayalah, nikmatnya berbeda. Hahaha, apa karena saat lebaran sudah nahan diri sebulan suntuk sehingga semua-mua rasanya enak dan lezat?

Keripik di Indonesia beragam warna. Rasa-rasanya tiap daerah punya koleksi keripik sendiri. Malang dengan keripik apelnya, Lampung dengan keripik pisang coklatnya, Salatiga dengan keripik usus dan parunya… dan masih banyak lagi. Tetapi, keripik yang kurindukan saat lebaran ini adalah keripik yang khas diproduksi oleh Ibu dan Emak Mertua.

Keripik Tumpi, Keripik Favorit Lebaran dengan Aroma Irisan Daun Jeruk yang Ngangeni

Tumpi, keripik yang lebih mirip rempeyek. Terbuat dari tepung beras, kacang hijau dan irisan daun jeruk ini belum bisa dipastikan khas dari daerah mana. Banyak ditemukan di daerah Salatiga dan sekitarnya, namun beberapakali aku juga menemukan di daerah lain sekitar Jawa Tengah, terutama di Semarang.

Keripik Tumpi, Keripik Favorit Lebaran dengan Aroma Irisan Daun Jeruk yang Ngangeni

Keripik Tumpi, Keripik Favorit Lebaran dengan Aroma Irisan Daun Jeruk yang Ngangeni

‘Ditumpi’ adalah menuangkan adonan tepung beras encer dan kacang hijau yang sudah diaduk rata dengan bumbu dan irisan dun jeruk ke pinggiran wajan. Tidak ada rumus pasti apa bumbu dan kacang-kacangan yang bisa disebut sebagai tumpi, namun umumnya tumpi di Salatiga adalah adonan tepung beras, kacang hijau, dan irisan dun jeruk dengan bumbu kencur, bawang putih, ketumbar dan garam.

Tumpi produksi Ibu memiliki ciri khas, putih bersih dengan kriuk yang agak keras karena dicampur dengan sedikit tepung kanji. Aroma daun jeruk menggoda, saat dikunyah, aroma rasa kencur memanjakan lidah. Penumbukan kencur enggak boleh dianggap enteng, harus halus poll karena kencur yang kasar akan membuyarkan rasa saat mengunyahnya. Kayak merica itu, loh, kalau enggak halus saat dikunyah bakal menimbulkan sensasi pedas.

Keripik Kimpul, Si Umbi dari Keluarga Talas yang Semakin Langka

Kimpul, Umbi ini masih satu keluarga dengan umbi talas. Bedanya, jika umbi talas dalam satu batang hanya satu umbi, kimpul dalam satu batang menghasilkan banyak umbi. Umbi talas jika dibuat stick cenderung gatal, lain halnya dengan umbi kimpul, umbi kimpul jika dibuat stick tidak begitu gatal.

Stik Kimpul

Stik Kimpul

Umbi ini lumayan langka dan baperan. Sebab, jika ingin dibuat stick yang kriuk-kriuk sempurna, harus umbi kimpul yang ditanam di tanah Salatiga. Kalau bukan umbi kimpul yang ditanam di tanah Salatiga, sticknya enggak kriuk-kriuk dan banyak kroposnya. Mbak dulu pernah bisnis stick kimpul dan berhenti di tengah jalan karena bahan baku yang semakin langka, sudah mulai jarang yang menanam umbi ini. Saking senengnya anak-anak Bapak dengan stick kimpul, Bapak sampai rela menanam sendirio umbi kimpul di kebun.

Peyek Delai, Peyek Khas Bojonegoro dengan Ulegan Cabe

Pertama kali mencicipi peyek dele di kampung, sekitar 5 tahun yang lalu, aku takjub sekaligus ngeri, peyek ini cetho welo-welo ada kulit cabenya disamping taburan irisan kulit jeruk. Rupanya cabe menjadi trade mark bumbu di daerah Bojonegoro, hingga peyek pun dibumbui cabe keriting.

Ketakjuban sekaligus ngeri itu langsung buyar pada kunyahan pertama. Agak pedes sih, tetapi bukan pedas yang membuat keringat gembrobyos. Pedesnya pas, sekedar bumbu saja. Jika tumpi hanya mengandalkan kencur dan bawang putih, peyek dele ini bumbunya lebih komplit, bawang merah, bawang putih, cabai dan kemiri, plus irisan daun jeruk.

Peyek Dele khas Bojonegoro

Peyek Dele khas Bojonegoro

Ciri khas peyek dele yang dibuat emak mertua adalah ulegan cabenya yang dibuat enggak halus, jadi ada kepingan kulit cabai yang tidak rata, berdiameter sekitar 1 cm dalam peyek dele tersebut. Dulu nyaris tiap hari emak mertua membuat peyek dele, namun sejak abah K pantang makan cabe, peyek dele agak tersisihkan.

Ada perbedaan fundamental antara peyek dele dan tumpi selain pada bumbu dan jenis kacangnya; bentuk peyek delai cenderung memanjang, kalau tumpi cenderung pendek, lebar ginuk-ginuk.Pertamakali menggoreng peyek dele, aku heran karena dalam satu wajan penggorengan paling poll cuma bisa nggoreng 3 peyek dele, saking panjangnya ‘tumpian’ adonan ke pinggiran wajan.

 

Kamu punya keripik favorit yang ditunggu-tunggu saat lebaran, enggak?

 

 

8 Hal yang Ingin Kucapai Sebelum Berusia 40 Tahun

8 Hal yang Ingin Kucapai Sebelum Berusia 40 Tahun

Tema kolaborasi  #BloggerKah bulan ini bikin aku mikir lama, hal yang ingin dicapai sebelum usia 40 tahun? Ealah, Rek, ngelingke ae yen awak dhewe wis tuwek. Huhuhu. Sekarang umurku 27 tahun, masih ada waktu sekitar 13 tahun untuk menyelesaikan apa-apa yang ingin kucapai sebelum umur 40 tahun. Gusti, aku tiba-tiba ingat, saat aku SD, aku berkomentar begini ke Ibu yang saat itu berusia 40 tahunan, “Ibu mpun sepuh, ya.” Anak yang dulu menganggap usia 40 tahun sudah tua, sekarang sudah berusia 27 tahun. Time flies so fast, Darl!

Pengennya sih dana darurat aman, punya deposito berlapis-lapis, punya saham, punya panti jompo yang membahagiakan mbah-mbah, punya rumah luas dengan seabrek kegiatan, sholikhah lahir bathin, hidup selonjoran gemah ripah loh jinawi. Hahahaha, belum usai mimpiku, mbak Ran langsung mencubit agar aku bangun dari mimpi di siang bolong; keinginannya harus realistis, dong. Bukan sekedar mimpi. Keinginan yang bisa dicapai. Ya, meski keinginan tadi sangat mungkin bagi Nia Ramadani, tetapi bagi emak K yang di umur 27 tahun masih ngontrak di rumah sepetak, mari berpikir logis dan pastikan kakinya menginjak bumi lagi.

Jadi Inisiator dan Professional Expert Bahasa Ekspresi

Sekarang aku sedang mendalami bahasa ekspresi, bahasa yang sudah menjadi keseharian di keluargaku, tetapi ampun, menguras emosi, pikiran dan fisikku ketika aku mencoba untuk merintis sosialisasi ke publik. Memperdalam literaturnya lumayan menghabiskan waktu dan melelahkan pikiran. Bayang-bayang ketakuatn, ketidakpercayaan diri terus saja menggerogoti psikis. Takut kalau-kalau tidak pantas, takut kalau-kalau kelak menghadapi cibiran. Hoalah, Mak, bukannya kamu sudah terlalu biasa menerima cibiran dan harusnya sudah kebal? Hahahaha.

Standar professional expertku disini adalah pijakanku sudah jelas, punya buku tentang bahasa ekspresi, punya website yang bisa jadi rujukan komplit dengan printilan permainan untuk mengenalkan bahasa ekspresi kepada anak. Kalau bisa, meski sekarang belum ada jurusan yang khusus tentang bahasa ekspresi, aku ingin memperkuat dengan pendidikan formal, dan bahasa ekspresi sudah membumi di bumi parenting Indonesia.

Ini aku harus belajar apa saja ya? Psikologi anak, atau malah perlu belajar bahasa juga? Hahaha.

Haji bareng Abah K

Melihat antrian haji yang puluhan tahun, aku agak ragu juga ingin memetakan mimpi haji bareng abah K sebelum 40 tahun. Tetapi, karena abah K berprinsip bahwa yang wjaib didahulukan terlebih dahulu, kami enggak ada bayangan untuk umroh sebelum haji. Maksudnya pergi ke Makkah-Madinah khusus umroh lho, ya, bukan umroh yang didahulukan sebelum haji yang berangkatnya barengan sekaligus untuk haji. Pengen banget ibadah full power di usia 30 tahunan. Di saat anak-anak sudah mandiri dan bisa ditinggal ibadah. Di saat urusan financial sudah cukup untuk biaya keluarga selama kami menunaikan ibadah haji.

Makkah, credit: medina wisata

Ya siapa tahu ada rejeki haji berdua tanpa harus menunggu antrian super panjang, siapa tahu slot haji Indonesia ditambah hingga antriannya semakin pendek, siapa tahu ada rejeki tinggal di negara yang hajinya enggak perlu antri dan bisa start haji dari sana. Siapa tahu… Robbuna yang Punya Rumah, Robbuna pula yang Mengundang tamu-tamu-Nya dengan cara yang seringkali di luar nalar seorang manusia.

Punya 3-5 Anak

Ada yang nyengir saat membaca poin ini? Hahahaha, aku pun nyengir saat menulis ini. Di usiaku yang ke 27 dan si K yang berusia 3 tahun, aku masih berusaha menghilangkan trauma melahirkan dan pasca melahirkan, kok mentholo pengen punya anak 3-5, yang artinya paling enggak nambah 2-4 anak lagi. Bhahaha. Sik, iki masih ada 13 tahun, bisa jeda 2 tahunan kalo pengen nambah 4 anak, kan? Wkakakka. Ya Allahu Rabbi… Tapi kan pengen haji sebelum 40, yang artinya paling enggak anak bungsu sudah berusia 10 tahun saat haji? Kok ya ora logis blas. Kayaknya lebih logis nambah 2 anak lagi ya? Hihihi. Nanya sendiri, dijawab sendiri. Baiq~

Punya Rumah Kayu dengan Taman Baca dan Kegiatan Bocah

Aku dan abah K sama-sama terobsesi dengan rumah kayu yang berkonsep modern. Rumah tempat pulang dengan ketenangan masa kecil namun enggak meninggalkan gaya modern yang serba ringkas dan mudah. Barisan emak-emak pengagum gaya tradisional tetapi ogah banget nimba air sumur. Hahahaha. Rumah yang ramai dengan bocah-bocah, tempat bermain dan menggali ilmu. Jika boleh bermimpi tinggi, aku ingin memfasilitasi bocah-bocah untuk belajar. Mendatangkan guru-guru kehidupan, termasuk Kyai dan ulama panutan, yang dari beliau bocah-bocah bisa mereguk cahaya hikmah.

Di sekitar rumah ada kolam dan sayur-mayur, pohon rambutan, alpukat, kelengkeng, pepaya, mangga dan juwet. Komplit dengan komposter dan resapan air hujan. Gusti… Indahnya, auto terngiang-ngiang lantunan lagu masa kecil; desaku yang kucinta, pujaan hatiku….

Investasi Tanah yang Ditanami Pohon Jati

Poin ini sebenarnya hampir tercapi, tetapi ada prioritas lain di luar rencana yang menyapa kehidupan kami; merantau. Tahu sendiri, kan, untuk merantau butuh biaya yang enggak sedikit, terutama untuk biaya mengontrak dan menyediakan perlengkapan rumah tangga. Perlengkapan rumah tangga itu terlihat murah, ya, tetapi kalau ditotal, hmmmm, lumayan menggilas dana darurat. Hahaha.

Aku masih menyimpan mimpi ini. Di kampung Bojonegoro tanahnya jenis kapur yang liat, sangat bagus digunakan untuk bertanam jati. Aku berharap keinginan ini bisa terpenuhi 5 tahun lagi.

Wakaf Taman Bermain dan Kantung Parkir

Entah kenapa, aku merasa sekarang darurat taman bermain dan kantung parkir. Ketersediaan masjid dan mushola di sekitar tempat tinggalku sekarang lebih dari cukup, jadi aku ingin wakaf taman bermain yang bisa digunakan bocah-bocah untuk bermain sak kemenge dengkul, tempat dimana bocah-bocah bisa main betengan, petak umpet, gobak sodor, bahkan sepedaan sampe ngglundung tekan kalenan. Minimal wakaf sepetak tanah yang cukup untuk main gobag sodor, 40 meter saja sudah cukup untuk glundang-glundung, kan?\

Kantung parkir yang kumaksud disini adalah kantung parkir untuk tamu-tamu tetangga yang tidak mempunyai halaman yang cukup. Biar enggak ngebak-ngebaki dalan. Pengalaman hampir nabrak mobil karena jalannya dipakai parkir itu mangkeli banget, je. Yen mobil pribadi penghuni rumah sih silakan menyediakan parkir di rumah masing-masing ya, Gais. Durung kelakon wis ngongkon-ngongkon. Heuuu.

Travelling ke Bromo dan Karimunjawa

Dua destinasi yang berbeda tema. Yang satu pegunungan dengan aroma belerang dan pasir berisiknya, yang satu pulau kecil dengan pantai dan gugusan gemintangnya. Yang satu dingin kudu krukupan jaket woll lapis-lapis, yang satu hawane kudu nyewa private villa ben bisa pake baju-baju tipis. Persamaannya cuma satu, honeymoon kesekian ratus kali. Ngahahaha.

Hafal Surat Al-Mulk, Yasin, Juz 30 dan Albaqarah

Surat Almulk, dhawuh gus Baha, adalah pelindung siksa kubur. Abah K menceritakannya pada malam hari saat kami pillow talk, perbincangan mendalam yang membuat tekadku membaca; aku harus hafal surat Tabarak. Gus Baha, dengan gaya khasnya menceritakan hadits riwayat Anas Ibnu Malik, tentang seorang pria yang membuat malaikat dan ‘surat yang dihafalkannya’ berdebat. Malaikat itu ingin menytiksanya, dan ‘surat yang ia hafalkan’ ingin melindunginya. Surat yang ia hafal tak lain dan tak bukan adalah surat al-Mulk atau Tabarak.

Coba, deh, cari riwayat lengkap hadits riwayat Ibnu Malik tentang surat Tabarak, ceritanya cukup panjang dan dramatis.

Yasin, Juz 30 dan Albaqarah sendiri aku enggak memiliki alasan khusus, Yasin aku biasa merapalkannya, Juz 30 dan Albaqarah sendiri melanjutkan hafalan yang sudah kusetor kepada Yai namun belum tuntas.

Wis, ah, wolu wae. Jan-jane pengen nulis akeh, tapi kok terkesan kemaruk. Emak K ini macak sholikhah, kan wong sholikhah kuwi kudu qona’ah lan ora panjang angan-angan. Ealah… aslinya kebanyakan permintaan sampai enggak bisa membedakan mana yang logis dan panjang angan-angan. Jadi tak stop delapan aja, kalau mau nambah tinggal nambah di doa-doa dan sujud panjang. Tak lupa di buku kecil yang berisi coretan mimpi. Memang mimpinya keduniawian, tetapi semoga menjadi perantara bertambahnya pahala dan keberkahan usia. Mohon doanya ya, kawan-kawan semua~

Masih pengen nyari ide hal-hal yang ingin dilakukan sebelum berusia 40 tahun? Cuss ke blog mbak Arin dengan My Before 40 Bucket List-nya dan mbak Ran dengan 10 Before 40!-nya. Mari aminkan doa-doa, dan apa keinginanmu sebelum berumur 40 tahun? Yuk komen, siapa tahu diaminkan oleh para pembaca. Konon doa yang diaminkan oleh 40 orang akan qabul. Apapun itu, semoga keinginan kita semakin mendekatkan pada-Nya, dan menambah keberkahan hidup kita dan anak cucu kita.

 

 

 

 

 

 

Mari Beroleh Untung di Bisnis Saham!

Mari Beroleh Untung di Bisnis Saham!

Saham dapat dikatakan sebagai salah satu produk investasi yang trend saat ini karena semakin berkembangnya pemikiran masyarakat bahwa apabila menabung saja tidak mendatangkan nilai lebih terhadap uang yang dimiliki. Sehingga gaya hidup masyarakat pun berpindah dari konsep pengelolaan keuangan saving society menjadi “investment society. Bisnis saham merupakan salah satu bentuk dari “investment society”. Bagi kamu yang tertarik untuk investasi saham maka Mandiri Sekuritas merupakan pilihan terbaik untuk rencana buka rekening efek, lho!

Saham dianggap sebagai salah satu produk investasi yang menguntungkan jika dibandingkan produk investasi lain seperti deposito, reksadana, dan obligasi, maupun produk komoditas seperti emas, tanah, bahkan forex. Produk investasi dalam bahasan apapun maka perlu diketahui bahwa memiliki aturan diantaranya  apabila semakin tinggi potensi keuntungan yang diberikan oleh suatu produk investasi akan menyebabkan semakin tingginya potensi risiko yang dihadapi atau kemudian banyak dikenal dengan high return, high risk. Produk investasi yang menawarkan untung cukup tinggi namun minim risiko maka produk investasi tersebut dapat disebut produk investasi gadungan. Perlu kamu tahu nih, bahwa investasi pada bisnis saham bukan merupakan investasi gadungan. 

Bagi kamu yang merencanakan untuk menginvestasikan uang milikmu pada bisnis saham, kamu juga harus tahu apa saja keuntungan dari bisnis saham sendiri. Nah, mari disimak apa saja keuntungannya!

  1. Dividen

Keuntungan pertama dari bisnis saham yang akan kamu jalani yaitu dividen. Dividen ialah  mekanisme pembagian laba yang diberikan perusahaan terhadap para pemegang saham. Dividen umumnya berasal dari keuntungan yang didapatkan oleh perusahaan. Dividen tunai berarti perusahaan memberikan uang secara tunai kepada pemegang saham untuk tiap satu lembar saham yang dimiliki pemegang saham. Berbeda dengan dividen saham dimana perusahaan tersebut memberikan dividen berupa saham itu sendiri, sehingga jumlah saham yang dimiliki pemegang saham pun bertambah.

Perusahaan juga dapat memiliki kebijakan untuk tidak membagikan dividen kepada para pemegang saham meskipun perusahaan memperoleh laba. Hal ini dilakukan atas beberapa hal diantaranya perusahaan ingin melakukan ekspansi atau mengembangkan usaha pada perusahaan yang sedang dalam masa pengembangan. Dividen yang kamu peroleh dapat dapat diinformasikan secara real time oleh Mandiri Sekuritas. 

  1. Capital Gain

Capital gain ialah nominal untung yang diberikan perusahaan kepada pemegang saham berdasarkan hasil selisih harga beli dan harga jual saham. Sehingga berdasarkan hal tersebut, harga jual harus lebih tinggi dibandingkan harga beli. Capital gain dalam bisnis saham dapat terbentuk karena munculnya aktivitas perdagangan di bursa efek.

Misalnya, pembelian saham oleh X dimana harga per lembarnya sebesar Rp 4.000. Lalu X menjualnya di angka Rp 5.000 per lembar. Berarti X mendapatkan capital gain sebesar Rp 1.000 per lembarnya. Rencana investasi X tentunya akan aman melalui metode enkripsi SSL yang disediakan Mandiri Sekuritas. 

  1. Kesempatan ikut  dalam RUPS serta diakui sebagai pemilik perusahaan

Nah untuk kamu yang terjun pada bisnis saham menandakan bahwa kamu memiliki saham yang mengartikan kepemilikan atas sebuah perusahaan dimana sebagai pemilik kamu mempunyai kewajiban ikut menentukan pemimpin perusahaan maupun strategi perusahaan yang dilaksanakan pada Rapat Umum Pemegang Saham(RUPS). Kamu juga sebagai pemilik perusahaan berhak mendapatkan keuntungan yang dihasilkan oleh perusahaan, keuntungan ini disebut dengan dividen.

Jadi bagaimana? Apakah sudah yakin untuk melakukan bisnis saham untuk pengelolaan keuanganmu yang lebih baik? Melalui Mandiri Sekuritas, kamu mampu mengelola investasimu dengan lebih fleksibel di gadget manapun, baik di laptop/PC maupun di smarthphone. 

 

Suami dan Kebosanan sebagai Ibu

Suami dan Kebosanan sebagai Ibu

Memutuskan menikah berarti siap dengan segala konsekuensi sebagai seorang istri dan ibu sekaligus. Sebuah peran yang bakal menghilangkan kebebasan kala masih gadis, sekaligus memberi tantangan yang tidak pernah dirasakan saat masih gadis.

Aku berulangkali bertanya-tanya, its okay untuk merasa bosan dan jenuh?

Selempeng si K minta mandi lebih lama sudah bisa membuatku ingin nyubit pantatnya keras-keras. Sesepele si K merengek minta dipeluk saat aku merasa sangat lelah dan badanku remuk, sudah membuatku mengeluh, peluk lagi?

Aku merasa ada yang salah dalam diriku. Merasa…. errr, apa yang terjadi hingga membuatku gampang marah, gampang emosi, gampang frustasi?

Enggak bersyukur sudah punya anak?

Oh come on, ini enggak ada hubungannya dengan rasa syukur punya anak atau enggak. Sungguh, sama sekali bukan ini poinnya. Aku tahu, aku bersyukur punya anak kinestetik dominan yang geraknya ora uwis-uwis, matematis logis yang dikit-dikit minta belajar berhitung, peluk-able yang sehari bisa minta peluk puluhan kali, si tegas yang siap melindungi Ibunya dari orang usil dengan tinju dan tendangan mautnya.

Malam-malam, aku curhat dengan abah K. Bercerita tentang emosiku yang naik-turun, rasa jenuh yang di ubun-ubun, juga perasaan bersalah karena cenderung emoisan kepada si K.

Aku memintanya mendengar dan berkomentar nanti atau besuk, atau bahkan beberapa hari kemudian setelah emosiku terlihat stabil. Aku hanya butuh didengar dan sedang tidak ingin menerima saran-saran.

Curhatnya hanya seputar bosan, jenuh, dan cerita yang mengarah ke satu titik itu. Jam kerjanya sekarang tidak lagi memungkinkan untuk memberikan aku kesempatan tidur siang, gantian mengasuh si K seperti biasanya.

“Sekarang emang lagi disuruh tirakat ya, Bah?”

Ia mengangguk. Mengulang kembali ingatan tentang perjalanan kami bulan ini. Pindah kontrakan di belakang kantor yang serba mendadak. Tambahan pekerjaan yang membuat waktu meetingnya semakin panjang dan sering.

Alih-alih membandingkan dengan Ibu, emak atau perempuan lain yang jalan hidupnya lebih keras dariku, abah K mengajakku untuk mengenang bagaimana dulu kami bisa melewati hari-hari yang lebih berat daripada saat ini.

Hari-hari dimana kami harus membuka celengan plastik karena tidak ada lagi uang untuk beli buah esok hari. Hari-hari dimana kami menghabiskan rumah di kontrakan super sederhana, yang dindingnya pun belum di-finishing.

“Wajar merasa jenuh. Aku juga, Yi. Tetapi pindah kerja bukan solusi, kelak juga akan merasakan kejenuhan yang sama meski pekerjaan terlihat lebih ringan.”

“Enggak papa. Dinikmati dulu. Jenuh juga butuh dinikmati.”

Kami tertawa. Menertawakan rasa bosan yang menyerangku.

“Kamu butuh belanja? Biasanya diijinin belanja langsung mari jenuh e.”

Aku nyengir. Tetapi tidak, aku sedang tidak ingin belanja apapun sekarang. Aku hanya butuh didengarkan dan dimaklumi.

“Besok Kevin kasih waktu nonton lebih panjang. Kamu bisa istirahat dulu, bobok siang dulu.”

“Enggak khawatir Kevin kecanduan?”

“Lha dewe mbiyen lak nonton seko esuk tekan awan yen lagi libur, Yi. Enggak apa-apa, asal bukan nonton pake hape.”

Hatiku menghangat. Ya, aku hanya butuh dimaklumi. Terlalu keras dan idealis, seringkali membuat rasa jenuh lebih cepat menghampiri. Maaf, jangan jadikan statementku untuk membela diri dan memaklumi sepanjang hari. Sesekali its okay, sepanjang hari, orang Jawa bilang, namanya tuman.

Random banget ya blogspot kali ini~

5 Wisata Kuliner Di Bogor Murah Meriah dan Unik

5 Wisata Kuliner Di Bogor Murah Meriah dan Unik

Kamu sedang mencari tempat wisata kuliner di Bogor yang murah meriah? Ada banyak daftar tempat kuliner yang bisa kamu coba di Bogor. Kuliner murah meriah memang sering menjadi incaran wisatawan yang sedang menikmati liburan di Bogor. Terutama makanan khas yang sudah banyak dikenal di kalangan pecinta kuliner.

Mungkin kalau kamu ingin tempat kuliner enak di Bogor tidak akan ada habisnya karena sangat banyak dan beragam. Namun ada 5 daftar wisata kuliner di Bogor yang murah meriah dan mengenyangkan. Berikut daftar wisata kuliner tersebut.

Soto Santan Bang Ali

Beragam soto sebenarnya ada banyak di Bogor namun soto yang satu ini berbeda dengan soto lainnya. Kuah pada soto bang Ali menggunakan santan yang membuat cita rasa soto semakin sedap. Nama soto ini dikenal dengan sebutan Soto Santan Bang Ali. Untuk isian soto juga sangat menarik karena ada jeroan sapi dan daging sapi yang diiris kecil-kecil.

Kaldu Soto Santan Bang Ali terkenal harum dan memiliki ciri khas pada kuahnya yang berwarna kuning. Ternyata dibalik aroma harum pada soto terdapat bumbu rahasia seperti merica, ketumbar, bawang putih, kemiri dan ragam bumbu rempah lainnya. Harga satu porsi untuk soto santan cukup beragam sesuai dengan ukurannya. Mulai dari Rp 26.000,- untuk ukuran kecil sampai dengan Rp 65.000,- untuk ukuran extra besar. Cukup murah bukan? jika kamu penasaran dengan Soto Santan Bang Ali ini segera berkunjung ke Jalan Pemuda.

Bakso Gulung Bragi

Makanan yang menjadi favorit orang Indonesia salah satunya adalah bakso. Kamu bisa temukan bakso yang enak di Bogor, salah satunya Baso Gulung Bragi. Keunikan dari bakso Gulung Bragi terletak pada ukurannya yang lonjong. Hal ini yang menjadi daya tarik bagi wisatawan untuk mencicipi rasanya.

Selain memiliki ukuran yang lonjong dan berlapis-lapis, warna dari bakso ini juga berbeda dari bakso lainnya yaitu berwarna cokelat. Harga yang ditawarkan pun cukup murah, yaitu berkisar Rp 7.000,- sampai dengan Rp 15.000,-. Bakso Gulung Bragi terletak di Jalan Playu Raya No. 39 tepatnya di Bantarjati, Bogor.

Cungkring

Cungkring sering menjadi tujuan wisata kuliner di Bogor yang murah meriah untuk sarapan. Nama dari kuliner yang satu ini memang sangat unik. Lebih uniknya lagi ternyata cungkring berbahan dasar kepala sapi dan potongan kikil. Untuk bumbunya Cungkring dimasak dengan bumbu kuning, dan akan semakin lezat jika sudah ditambah dengan bumbu kacang.

Cara menikmati Cungkring sangat bervariasi. Kamu juga bisa menyantap kuliner yang satu ini bersamaan dengan tempe goreng tepung ataupun lontong. Kelezatan Cungkring akan lebih terasa jika bumbu kuning sudah meresap ke kepala sapi dan potongan kikil. Kamu hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp 15.000,- untuk menikmati satu porsi Cungkring yang ada di Jalan Suryakencana.

Ceker Ranjau

Kamu pecinta ceker? Ceker Ranjau bisa menjadi pilihan bagi kamu yang suka makanan berbahan dasar ceker. Sesuai dengan namanya Ceker Ranjau, makanan yang satu ini memiliki kuah kari yang sangat pedas. Jadi maksud dari Ranjau di sini adalah cita rasa pedas yang ada pada masakan ceker.

Ada jenis makanan lainnya yang bisa kamu coba jika tidak suka rasa pedas, diantaranya ceker oyeng dan ceker crispy. Ada pula ati ampela, tempe oyeng dan tahu khusus buat kamu yang tidak suka ceker. Harga dari Ceker Ranjau sangat murah karena hanya dibanderol seharga Rp 3000,-.

Sate Sumsum dan Ginjal Pak Oo

Bogor memang sangat kreatif dan selalu menemukan inovasi yang bagus dalam menyajikan hidangan yang lezat. Salah satunya dengan adanya Sate Sumsum dan Ginjal Pak Oo yang selalu ramai pelanggan. Sate yang terbuat dari sumsum dan ginjal sudah sangat jarang ditemui karena pada umumnya sate terbuat dari daging ayam, sapi dan kambing.

Wajar rasanya jika Sate Sumsum dan Ginjal Pak Oo ini selalu ramai pengunjung. Jika tertarik untuk mencobanya, cukup merogoh kocek Rp22.000,- kamu bisa mendapatkan 1 porsi Sate Sumsum dan Ginjal Pak Oo yang terletak di Jalan Suryakencana Bogor.

Bogor memang selalu menjadi tempat terbaik bagi wisatawan yang ingin berwisata kuliner murah meriah, karena setidaknya bisa memangkas sedikit pengeluaran untuk liburan. Untuk referensi tempat wisata kuliner murah meriah di Bogor lainnya kamu bisa cek di laman ini https://www.cekaja.com/info/daftar-tempat-wisata-kuliner-enak-di-bogor-dengan-harga-murah/.

Yuk Cek Biaya Umroh Terbaru 2019 Dari 5 Agen Tour Ternama Di Indonesia!

Yuk Cek Biaya Umroh Terbaru 2019 Dari 5 Agen Tour Ternama Di Indonesia!

Berbeda dengan ibadah haji, umroh menjadi pilihan terbaik bagi umat muslim yang rindu dengan Mekkah. Pasalnya ibadah ini bisa dilakukan kapan saja tanpa harus antri bertahun-tahun. Bahkan, ada banyak sekali paket umroh yang juga menawarkan paket wisata ke beberapa tempat. Tidak jarang mereka menawarkan wisata ke negara lain di sekitar Arab Saudi. Nah, bila Anda tertarik untuk beribadah umroh, cek dulu biaya umroh terbaru agar Anda tidak melakukan kesalahan dalam hal perencanaan keuangan.

Daftar Biaya Umroh Terbaru Dari Agen Travel Terpercaya (Paket Reguler)

Maktour

Maktour merupakan salah satu agen travel yang melayani umat muslim dalam hal wisata spiritual. Agen travel umroh ini berlokasi di Jalan Otista, Jakarta Timur. Mereka sudah memiliki gedung sendiri dengan nama Wisma Maktour. Agen ini sudah melayani jasa umroh dan haji untuk kalangan pejabat, artis, hingga pengusaha.

Untuk paket umroh reguler 2019-2020, agen travel ini mematok harga mulai USD. 3950 atau sekitar Rp. 55 juta untuk meng-cover akomodasi selama di Mekkah, Madina dan Jeddah. Fasilitas yang ditawarkan antara lain:

  • Penginapan di Mekkah, Madinah dan Jeddah
  • Transportasi menggunakan Bus Saptco
  • Makan 3 kali sehari (buffet)
  • Ziarah Mekkah dan Madinah
  • Perlengkapan umroh

Biaya ini belum termasuk biaya kelebihan bagasi, visa progresif, laundry dan telpon.

Rabbani Tour

Satu lagi agen travel umroh yang bisa Anda jadikan referensi saat ingin pergi beribadah, yaitu Rabbani. Agen travel ini berlokasi di Bandung, Jalan Lengkong Kecil. Meski demikian, mereka juga membuka kantor pusat di sejumlah daerah. Agen ini terkenal dengan biaya yang lebih terjangkau namun menawarkan fasilitas yang nyaman. Tersedia paket umroh reguler untuk periode 2019-2020 mulai dari Rp. 21 juta. Fasilitas yang ditawarkan antara lain:

  • Tiket pesawat PP (ekonomi)
  • Akomodasi dan transportasi sesuai program dan rute yang ditawarkan
  • Makan tiga kali sehari dengan menu khas Indonesia
  • Bimbingan manasik
  • Muthowif wanita untuk ke Raudhah (di Madinah)
  • Air zamzam 5 liter

Biaya diatas belum termasuk perlengkapan umroh, transportasi ke spot keberangkatan, suntik meningitis, kelebihan bagasi, visa, dokumentasi perjalanan dan upgrade hotel.

Munatour

Munatour sudah melayani perjalanan umroh selama kurang lebih 20 tahun. Agen travel ini menawarkan paket reguler (ke Arab Saudi saja) dan Plus (ke sejumlah negara lain seperti Turki, Yordania dan Mesir).

Untuk paket reguler, agen ini menawarkan harga mulai dari Rp. 35,7 juta. Fasilitas yang ditawarkan oleh agen  Munatour yaitu:

  • Tiket pesawat PP
  • Hotel sesuai penawaran
  • Makan 3 kali sehari (fullboard)
  • Visa umroh
  • Ziarah di Mekkah, Madinah dan Jeddah
  • Biaya perlengkapan dan handling

Biaya ini masih belum termasuk vaksin, bagasi, transportasi dan akomodasi domestik, visa progresif (untuk yang pernah umroh) dan pajak 5%.

Tiga Cahaya Utama

Tiga Cahaya Utama berlokasi di kota Malang. Agen ini mengklaim sudah mendapatkan sertifikasi dari kementrian agama, sehingga Anda tidak perlu lagi meragukan profesionalitasnya.

Tiga Cahaya Utama menawarkan paket yang murah. Untuk paket reguler dimulai dari Rp. 24,1 juta dengan sejumlah fasilitas seperti:

  • Akomodasi selama perjalanan (sesuai penawaran)
  • Makan (fullboard hotel)
  • Transportasi Bus Ekslusive
  • Ziarah ke Mekkah, Hudaibiyah dan Madinah
  • Pembimbing dan tour leader
  • Muthawwif
  • Asuransi perjalanan
  • Perlengkapan umroh
  • Visa umroh
  • Materi dan praktek manasik

Biaya di atas masih belum termasuk vaksin, airport handling, paspor dan pengeluaran pribadi.

Multazam Utama Tour

Agen ini sudah berdiri sejak tahun 1999 dan telah memiliki mitra di sejumlah kota besar seperti Surabaya, Makasar, Palembang, Lampung, Samarinda, Bengkulu dan lainnya. Agen travel ini terkenal dengan harga paket yang terjangkau dan fasilitas yang nyaman.

Untuk paket reguler, agen Multazam Utama Tour mematok harga mulai dari Rp. 27,5 juta. Anda bisa menikmati berbagai fasilitas seperti:

  • Visa umroh
  • Perlengkapan umroh
  • Muthawif
  • Makan tiga kali sehari
  • Air zam zam
  • Tiket pesawat PP
  • Tour kota
  • Ziarah ke Mekkah dan Madinah
  • Akomodasi sesuai dengan penawaran

Biaya diatas belum termasuk tour di luar program, kelebihan bagasi dan pengeluaran pribadi.

Nah, itulah sedikit informasi umum mengenai biaya umroh terbaru di 5 agen travel ternama di Indonesia. Untuk informasi lainnya, Anda bisa akses link https://www.cekaja.com/info/biaya-umroh-terbaru-2019/. Tetap kunjungi situs kami untuk informasi terbaru seputar umroh.