Doa Ulang Tahun Anak Perempuan Islami

Doa Ulang Tahun Anak Perempuan Islami

Emak K sepertinya ngebet punya anak perempuan, ya. Sampai Doa ulang tahun anak perempuan islami saja sudah dirancang jauh-jauh hari sebelum promil. Hahaha. Doakan ya, Gengs, emak K tahun 2020 mau promil, pengennya punya anak perempuan biar bisa diajak ngemall.

***

Mabruk fi bintik annallaha yaj’aluha binttan sholihatan barrotan li walidaiha

Keberkahan untukmu, duhai anakku. Semoga Allah Menjadikanmu anak yang sholikhah dan berbakti kepada orangtua.

Doa Ulang Tahun Anak Perempuan Islami

Doa Ulang Tahun Anak Perempuan Islami

Keberkahan untukmu, Duhai yang Memiliki Paras Ayu. Semoga Allah Mengkaruniakan hati yang seputih kapas. Hati yang membuat parasmu semakin ayu, yang memendarkan cinta kasih nan tulus kepada orang-orang di sekitarmu.

Limpahan Keberkahan Allah untukmu, Duhai engkau yang hatinya mulia. Semoga Allah Menjagamu dari segala marabahaya. Melindungimu dari setiap kejahatan. Memudahkan segala urusanmu dalam kebaikan

Mabruk fi bintik, Keberkahan untukmu, Duhai Anak Perempuanku. Tiada hal yang jauh lebih membanggakan dibanding menyaksikan engkau yang sholikhah. Taat kepada Robbuna lagi bermanfaat bagi makhluk-makhluk-Nya.

Mabruk fi bintik annallaha yaj’aluha binttan sholihatan barrotan li walidaiha. Keberkahan untukmu, duhai anakku. Semoga Allah Menjadikanmu anak yang sholikhah dan berbakti kepada orangtua. Menjadi penyejuk mata bagi kami yang penuh dosa.

Keberkahan untukmu, duhai engkau yang menjadi guru kecilku. Terimakasih sudah mewarnai hari-hariku, menemaniku dalam tawa dan duka. Menghabiskan waktu bersamamu adalah obat dari segala gundah gulana.

***

Barakallahu fii umrik, yaa Ibnaty

Semoga Keberkahan Allah selalu melingkupi umurmu, Duhai Anak Perempuanku nan Ayu. Umur yang senantiasa kauhabiskan dalam ketaatan kepada-Nya. Umur yang penuh dengan kedekatan kepada Robbuna dan Kanjeng Rosul.

Semoga Keberkahan Allah selalu melingkupi umurmu, Duhai Anak Perempuanku nan berhati lembut. Umur yang kauhabiskan untuk membahagiakan dirimu dan orang-orang di sekitarmu. Umur yang penuh dengan catatan kebaikan.

Semoga Keberkahan Allah selalu mengikuti setiap langkahmu, Duhai engkau yang menjadi penyejuk hatiku. Semoga Allah Menguatkan hatimu ketika melewati tantangan kehidupan. Memudahkan segala urusan. Membimbingmu mencapai kesuksesan.

Barakallahu fii umrik, yaa Ibnaty. Kami mencintaimu, menyebut namamu dalam setiap munajat.

Pencarian Terkait:

  • ucapan ulang tahun untuk anak kecil perempuan islami
  • ucapan ulang tahun untuk anak perempuan remaja islami
  • ucapan ulang tahun anak perempuan dalam islam
  • ucapan ultah anak perempuan islami
  • ucapan ulang tahun untuk anak perempuan dalam islam
  • selamat ulang tahun untuk anak perempuan islami
  • ucapan ulata untak anak perepuanbislami
  • ucapan selamat ulang tahun untuk anak cewek islam
  • Gambar ultah islami anak
  • ucapan ultah untuk anak perempuan islamik
Biar Gak Cepat Rusak, Begini Cara Merawat Kulkas dengan Baik

Biar Gak Cepat Rusak, Begini Cara Merawat Kulkas dengan Baik

 Sebagai benda yang krusial fungsinya, Anda tentu tak ingin kulkas yang dimiliki rusak karena salah perawatan. Apalagi jika kerusakannya begitu fatal, sehingga membuat Anda harus beli kulkas baru. Jika semisal tak ada uang simpanan, harga kulkas dengan kisaran sejutaan lebih tentu terasa besar. Makanya, sebelum kerusakan terjadi, rutinlah merawat kulkas dengan cara berikut ini. 

1.Jangan Isi Kulkas Melebihi Kapasitasnya 

Jika ingin kulkas yang Anda miliki awet dan bertahan lama, maka jangan terbiasa mengisi kulkas melebihi kapasitasnya. Pengisian kulkas melebihi kapasitasnya akan membuat jalannya sirkulasi udara dalam kulkas menjadi terganggu. Pendinginan kulkas pun menjadi tak optimal karena suhu dingin yang dihasilkan oleh mesin pendingin tak tersebar merata.  

2. Tak Menutup Rapat Pintu Kulkas

Siapa nih yang sering secara sengaja atau pun tidak membiarkan pintu kulkas dalam keadaan renggang atau tak tertutup rapat? Tahukah Anda bahwa kebiasaan ini merupakan salah satu pemicu utama rusaknya kulkas? Pintu kulkas yang tak tertutup rapat menyebabkan pendinginan jadi tak optimal. Kerusakan yang paling parah bahkan dapat memicu terjadinya kebocoran udara di kulkas. 

3. Meletakkan Barang dengan Bobot Besar di Pintu Kulkas 

Hindari meletakkan barang yang memiliki bobot besar pada pintu kulkas Anda. Dibandingkan dengan pintu kulkas, Anda lebih disarankan untuk meletakkan barang yang lumayan berat pada rak di dalam kulkas. Jika terbiasa meletakkan barang yang berat di pintu kulkas, maka pintunya sangat berisiko mengalami kerusakan. Bisa saja pintu kulkas jadi tak bisa ditutup dengan rapat. 

4. Jangan Memasukkan Makanan yang Masih Panas ke Dalam Kulkas

Jika ingin menyimpan makanan yang baru dipanaskan ke dalam kulkas, sebaiknya tunggu hingga suhunya turun terlebih dahulu. Suhu makanan atau minuman yang berbanding terbalik dengan suhu dalam kulkas yang dingin, dapat membuat kerja mesin pendingin jadi terganggu. Mesin pendingin harus bekerja ekstra untuk menurunkan suhu, yang terganggu karena panasnya suhu makanan. 

5. Atur Suhu Kulkas Secara Berkala 

Jika suhu kulkas diatur secara berkala maka Anda bisa lebih lama memanfaatkan kulkas Anda tersebut. Pada bagian freezer, sebaiknya atur suhu di bawah nol derajat Celsius agar mesin pendingin tak bekerja terlalu berat untuk membekukan makanan. Sedangkan untuk bagian fridge, Anda bisa memasang suhu sekitar 4 derajat Celsius, untuk menjaga makanan tak jadi basi.  

6. Jangan Meletakkan Kulkas di Dekat Kompor 

Alokasikan ruang khusus untuk kulkas Anda. Jangan sesekali meletakkan kulkas di dekat kompor, karena tindakan tersebut akan mempengaruhi kinerja mesin pendingin kulkas. Panas yang berasal dari kompor tentu saja berbanding terbalik dengan suhu dingin yang beredar di dalam kulkas. Tak hanya itu saja, hindari juga meletakkan kulkas di tempat yang terkena cahaya matahari langsung. 

7. Bersihkan Bagian dalam Kulkas Secara Berkala 

Bersihkan bagian dalam kulkas Anda secara berkala jika tak ingin bakteri penyebab bau melekat di sana. Copot aliran listrik terlebih dahulu sebelum Anda membersihkan kulkas. Lepas rak pada kulkas untuk mempermudah Anda dalam membersihkannya. Jangan biarkan kotoran pada kulkas begitu saja, karena pasti akan mengendap dan menimbulkan bau tak sedap. 

Itulah tadi 7 cara yang bisa digunakan untuk merawat kulkas. Jika sekiranya kulkas Anda sudah terlanjur rusak dan tak bisa diperbaiki lagi, beli saja yang baru di JD.ID. Anda bisa dengan mudah melihat daftar harga kulkas beragam merek di JD.ID, misalnya saja harga kulkas Sharp, Polytron, dan lainnya. Setelah beli kulkas baru nanti, pastikan untuk merawatnya dengan cara di atas ya!

Pencarian Terkait:

  • https://widiutami com/biar-gak-cepat-rusak-begini-cara-merawat-kulkas-dengan-baik html
Rekomendasi 7 Kulkas Terbaru Lengkap dengan Harganya 

Rekomendasi 7 Kulkas Terbaru Lengkap dengan Harganya 

Saat ini, fungsi kulkas lebih dari sekadar lemari pendingin saja. Banyak kulkas keluaran terbaru yang sudah dilengkapi dengan beragam fitur khusus. Tak hanya itu saja, desain kulkas ini pun dibuat makin menarik, baik dari tampilan luarnya serta desain rak pendingin di dalamnya. Bagi Anda yang sedang berburu kulkas, ini rekomendasi kulkas terbaru lengkap dengan harga kulkas

Aqua AQR-D190(S)

Bagi Anda yang mencari kulkas hemat daya, bisa memilih kulkas terbaru dari Aqua ini. Kulkas ini hanya menggunakan daya sebanyak 80 watt, dengan jaminan garansi kompresor hingga 7 tahun. Body kulkas ini dilapisi dengan bahan metal sehingga dipastikan tahan akan karat. Tray kulkas ini terbuat dari kaca sehingga mudah untuk dibersihkan. Kulkas ini dibanderol dengan harga Rp1.625.000.  

Aqua AQR-D275

Jika kulkas Aqua sebelumnya hanya memiliki satu pintu saja, maka seri AQR-D275 ini dihadirkan dengan dua pintu. Kulkas dengan warna hitam ini menggunakan daya sebesar 150 watt. Kapasitasnya cukup besar yakni 220 liter, sehingga akan makin banyak pula keperluan yang bisa Anda simpan di dalamnya. Kulkas yang dilengkapi dengan fitur anti bakteri ini dijual seharga Rp3.099.000. 

Sharp New Kirei II Series 

Bagi Anda yang tertarik dengan kulkas 1 pintu dengan motif permukaan yang elegan, maka belilah kulkas Sharp New Kirei II Series. Kulkas ini memiliki kapasitas hingga 166 liter dan memiliki rak yang terbuat dari tempered glass. Beberapa fitur khusus pada kulkas ini seperti direct cooling system, full insulation dan semi automatic defrost system. Kulkas ini dijual dengan harga Rp1.749.000. 

Samsung RR18R1000SA/SE

Kulkas dua pintu terbaru dari Samsung yaitu kulkas seri RR18R1000SA/SE. Kulkas ini memiliki kapasitas hingga 185 liter, yang mana 20 liter untuk freezer dan untuk fridge sebanyak 156 liter. Rak kulkas yang terbuat dari tempered glass ini tergolong kuat, bisa menahan beban hingga 150 kilogram. Adanya stabilizer free membuat kulkas seharga Rp2.550.000 ini bisa terhindar dari korsleting.  

Polytron PRM21BNR

Polytron PRM21BNR merupakan kulkas dua pintu terbaru dari Polytron yang memiliki desain minimalis dan elegan. Kulkas ini sangat cocok untuk mempercantik ruangan dapur Anda. Kulkas dengan kapasitas sebesar 210 liter ini tergolong hemat energi, dengan pengonsumsian daya sebesar 140 watt. Anda bisa membawa pulang kulkas cantik ini dengan membayar Rp2.695.000 saja. 

Maspion URG168-HS

Maspion URG168-HS merupakan kulkas satu pintu yang berkapasitas sebanyak 168 liter. Dengan motif bunga di permukaannya, ruangan dapur Anda pun akan terlihat makin menarik. Kulkas ini dilengkapi dengan fitur 4D Quick Freezing sehingga dapat menyalurkan suhu dingin yang cepat dan merata ke seluruh ruangan lemari es. Kulkas Maspion URG168-HS ini dibanderol seharga Rp1.599.000. 

Uchida URG-168LE 

Kulkas Uchida URG-168LE dari Maspion ini dilengkapi dengan satu pintu dan berkapasitas 168 liter. Peningkatan efisiensi pendinginan kulkas ini akan Anda rasakan karena adanya sistem aliran udara dingin dari berbagai arah. Kulkas ini juga dipastikan tidak berisik, sehingga tak akan mengganggu kenyaman Anda, khususnya di malam hari. Kulkas ini dijual dengan harga Rp1.550.000. 

Bagi Anda yang sedang bingung mencari kulkas keluaran terbaru, bisa mempertimbangkan untuk membeli 7 kulkas yang direkomendasikan di atas. Harga kulkas terbaru di atas lumayan terjangkau dan tentunya sesuai dengan manfaat serta fitur canggih yang dimilikinya. Jika Anda ingin melihat daftar harga kulkas 2 pintu atau 1 pintu terbaru lainnya, kunjungi saja JD.ID!

 

 

Pencarian Terkait:

  • https://widiutami com/rekomendasi-7-kulkas-terbaru-lengkap-dengan-harganya html
Tips and Trik Menata Kamar Mandi Minimalis Agar Terlihat Lebih Luas dan Rapi

Tips and Trik Menata Kamar Mandi Minimalis Agar Terlihat Lebih Luas dan Rapi

Memiliki kamar mandi yang terbatas biasanya di bangun dengan tipe rumah yang minimlais. Namun ada juga orang yang lebih memilih membangun kamar mandi minimalis di rumahnya karena alasan lebih menyukai desain seperti itu dibanding kamar mandi yang lebih luas. Kamar mandi yang minimalis bukan berarti kamu tidak bisa mempunyai kamar mandi yang rapi dan nyaman. Tapi kamu bisa menata kamar mandi minimalis dengan mengikuti tips and trik agar terlihat lebih luas dan rapi. Bagi kamu yang kebingungan dalam membangun sebuah kamar mandi minimalis, maka disini kami akan membantu kamu dengan membagikan beberapa informasi mengenai tata cara membuat kamar mandi minimalis terlihat luas dan rapi berikut ini.

1. Gunakan Shower untuk Menghemat Ruang

Shower untuk Menghemat Ruang

Shower untuk Menghemat Ruang, sumber: Pinterest.com

Penggunaan bathtub atau bak mandi biasanya dapat membuat kamar mandi minimalis jadi terlihat sempit dan tidak luas. Salah satu solusi agar kamar mandi mungil tampak lebih luas adalah dengan menggunakan shower. Kamu hanya tinggal menggantungkannya di dinding kamar mandi dan beri sedikit ruang untuk mandi. Penggunaan shower juga bisa membantu kamu dalam membersihkan kamar mandi jadi lebih mudah lho, guys.

2. Pasang Cermin Berukuran Besar

Cermin Berukuran Besar

Cermin Berukuran Besar, sumber: pinterest.com

Ini merupakan salah satu cara efektif dan sering dilakukan banyak orang untuk membuat ruangan terbatas jadi tampak luas, termasuk kamar mandi. Cermin dapat memberikan kesan ruangan yang sempit terlihat lebih luas. Oleh karena itu, pasanglah cermin berukuran besar agar ruang kamar mandi mungil milikmu terkesan lebih luas. Kamu bisa memasangnya di depan kran wastafel. Pastikan ukuran cermin tersebut seimbang dengan ukuran wastafel dan ruang kamar mandi minimalis kamu.

3. Meletakkan Peralatan di Rak Dinding Kamar Mandi

Rak Dinding Kamar Mandi

Rak Dinding Kamar Mandi, sumber: pinterest.com

Cara selanjutnya yang bisa kamu coba untuk menjadikan kamar mandi mungil tampak lebih luas adalah dengan mengandalkan rak dinding sebagai tempat penyimpanan peralatan mandi milikmu. Kamu dapat meletakkan berbagai macam barang di rak dinding tersebut seperti alat cukur, cadangan sabun dan shampo, gunting dan kebutuhan lainnya.

4. Gantung Perlengkapan Mandi

Gantung Perlengkapan Mandi

Gantung Perlengkapan Mandi, sumber: pinterest.com

Biasanya sebagian orang suka meletakkan handuk yang habis digunakan ke sembarang tempat. Padahal ini bisa membuat kamar mandi terlihat berantakan dan sempit. Apalagi ruang kamar mandi yang terbatas karena ini bisa membuat kamar mandi tersebut terkesan penuh. Untuk itu, lebih baik kamu meletakkan perlengkapan-perlengkapan mandi dengan cara digantung di dinding agar kamar mandi tidak terlihat sempit dan terasa nyaman.

5. Pilih Perabotan dengan Gaya Minimalis

Perabotan Gaya Minimalis

Perabotan Gaya Minimalis, sumber: pinterest.com

Menggunakan perabotan berukuran besar di kamar mandi minimalis bisa membuat kamar mandi tersebut tampak sempit dan penuh. Untuk menciptakan kamar mandi minimalis yang luas tentunya kamu harus menggunakan perabotan dengan gaya minimalis. Dengan begitu kamar mandi mungil milik kamu pun akan terkesan lebih luas dan juga rapi.

6. Tambahkan Dekorasi Sebagai Hiasan

Tambahkan Dekorasi sebagai Hiasan

Tambahkan Dekorasi sebagai Hiasan, sumber: pinterest.com

Memiliki kamar mandi yang minimalis bukan berarti kamu tidak bisa menambahkan berbagai macam dekorasi lucu disana. Kamu tetap bisa menciptakan kamar mandi minimalis yang indah dan modern. Mungkin kamu bisa menambahkan dekorasi semacam tanaman hias kecil di atas toilet ataupun di rak dinding kamar mandi. Selain membuat suasana kamar mandi tampak indah, ini juga bisa membuat kamar mandi terasa asri dan nyaman. Pilihlah tanaman hias yang mudah dalam perawatannya seperti kaktus, lidah buaya dan tanaman lainnya.
Dengan tips and trik di atas, maka kamar mandi minimalis milikmu pun akan terlihat lebih luas dan rapi. Yang terpenting jangan terlalu banyak menggunakan warna dan motif karena ini akan membuat kamar mandi terkesan sempit dan penuh. Semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi para pembaca semua.

3 Keripik Home Made Favorit saat Lebaran

3 Keripik Home Made Favorit saat Lebaran

Baru masuk bulan Robiul Awal, emak K sudah membahas keripik lebaran. Antara kangen nuansa Ramadan dan kangen mudik jadi satu, enaknya nostalgia soal keripik favorit yang kucari-cari saat lebaran tiba. Iya sih, bisa nyari keripiknya di luar lebaran, tetapi percayalah, nikmatnya berbeda. Hahaha, apa karena saat lebaran sudah nahan diri sebulan suntuk sehingga semua-mua rasanya enak dan lezat?

Keripik di Indonesia beragam warna. Rasa-rasanya tiap daerah punya koleksi keripik sendiri. Malang dengan keripik apelnya, Lampung dengan keripik pisang coklatnya, Salatiga dengan keripik usus dan parunya… dan masih banyak lagi. Tetapi, keripik yang kurindukan saat lebaran ini adalah keripik yang khas diproduksi oleh Ibu dan Emak Mertua.

Keripik Tumpi, Keripik Favorit Lebaran dengan Aroma Irisan Daun Jeruk yang Ngangeni

Tumpi, keripik yang lebih mirip rempeyek. Terbuat dari tepung beras, kacang hijau dan irisan daun jeruk ini belum bisa dipastikan khas dari daerah mana. Banyak ditemukan di daerah Salatiga dan sekitarnya, namun beberapakali aku juga menemukan di daerah lain sekitar Jawa Tengah, terutama di Semarang.

Keripik Tumpi, Keripik Favorit Lebaran dengan Aroma Irisan Daun Jeruk yang Ngangeni

Keripik Tumpi, Keripik Favorit Lebaran dengan Aroma Irisan Daun Jeruk yang Ngangeni

‘Ditumpi’ adalah menuangkan adonan tepung beras encer dan kacang hijau yang sudah diaduk rata dengan bumbu dan irisan dun jeruk ke pinggiran wajan. Tidak ada rumus pasti apa bumbu dan kacang-kacangan yang bisa disebut sebagai tumpi, namun umumnya tumpi di Salatiga adalah adonan tepung beras, kacang hijau, dan irisan dun jeruk dengan bumbu kencur, bawang putih, ketumbar dan garam.

Tumpi produksi Ibu memiliki ciri khas, putih bersih dengan kriuk yang agak keras karena dicampur dengan sedikit tepung kanji. Aroma daun jeruk menggoda, saat dikunyah, aroma rasa kencur memanjakan lidah. Penumbukan kencur enggak boleh dianggap enteng, harus halus poll karena kencur yang kasar akan membuyarkan rasa saat mengunyahnya. Kayak merica itu, loh, kalau enggak halus saat dikunyah bakal menimbulkan sensasi pedas.

Keripik Kimpul, Si Umbi dari Keluarga Talas yang Semakin Langka

Kimpul, Umbi ini masih satu keluarga dengan umbi talas. Bedanya, jika umbi talas dalam satu batang hanya satu umbi, kimpul dalam satu batang menghasilkan banyak umbi. Umbi talas jika dibuat stick cenderung gatal, lain halnya dengan umbi kimpul, umbi kimpul jika dibuat stick tidak begitu gatal.

Stik Kimpul

Stik Kimpul

Umbi ini lumayan langka dan baperan. Sebab, jika ingin dibuat stick yang kriuk-kriuk sempurna, harus umbi kimpul yang ditanam di tanah Salatiga. Kalau bukan umbi kimpul yang ditanam di tanah Salatiga, sticknya enggak kriuk-kriuk dan banyak kroposnya. Mbak dulu pernah bisnis stick kimpul dan berhenti di tengah jalan karena bahan baku yang semakin langka, sudah mulai jarang yang menanam umbi ini. Saking senengnya anak-anak Bapak dengan stick kimpul, Bapak sampai rela menanam sendirio umbi kimpul di kebun.

Peyek Delai, Peyek Khas Bojonegoro dengan Ulegan Cabe

Pertama kali mencicipi peyek dele di kampung, sekitar 5 tahun yang lalu, aku takjub sekaligus ngeri, peyek ini cetho welo-welo ada kulit cabenya disamping taburan irisan kulit jeruk. Rupanya cabe menjadi trade mark bumbu di daerah Bojonegoro, hingga peyek pun dibumbui cabe keriting.

Ketakjuban sekaligus ngeri itu langsung buyar pada kunyahan pertama. Agak pedes sih, tetapi bukan pedas yang membuat keringat gembrobyos. Pedesnya pas, sekedar bumbu saja. Jika tumpi hanya mengandalkan kencur dan bawang putih, peyek dele ini bumbunya lebih komplit, bawang merah, bawang putih, cabai dan kemiri, plus irisan daun jeruk.

Peyek Dele khas Bojonegoro

Peyek Dele khas Bojonegoro

Ciri khas peyek dele yang dibuat emak mertua adalah ulegan cabenya yang dibuat enggak halus, jadi ada kepingan kulit cabai yang tidak rata, berdiameter sekitar 1 cm dalam peyek dele tersebut. Dulu nyaris tiap hari emak mertua membuat peyek dele, namun sejak abah K pantang makan cabe, peyek dele agak tersisihkan.

Ada perbedaan fundamental antara peyek dele dan tumpi selain pada bumbu dan jenis kacangnya; bentuk peyek delai cenderung memanjang, kalau tumpi cenderung pendek, lebar ginuk-ginuk.Pertamakali menggoreng peyek dele, aku heran karena dalam satu wajan penggorengan paling poll cuma bisa nggoreng 3 peyek dele, saking panjangnya ‘tumpian’ adonan ke pinggiran wajan.

 

Kamu punya keripik favorit yang ditunggu-tunggu saat lebaran, enggak?

 

 

8 Hal yang Ingin Kucapai Sebelum Berusia 40 Tahun

8 Hal yang Ingin Kucapai Sebelum Berusia 40 Tahun

Tema kolaborasi  #BloggerKah bulan ini bikin aku mikir lama, hal yang ingin dicapai sebelum usia 40 tahun? Ealah, Rek, ngelingke ae yen awak dhewe wis tuwek. Huhuhu. Sekarang umurku 27 tahun, masih ada waktu sekitar 13 tahun untuk menyelesaikan apa-apa yang ingin kucapai sebelum umur 40 tahun. Gusti, aku tiba-tiba ingat, saat aku SD, aku berkomentar begini ke Ibu yang saat itu berusia 40 tahunan, “Ibu mpun sepuh, ya.” Anak yang dulu menganggap usia 40 tahun sudah tua, sekarang sudah berusia 27 tahun. Time flies so fast, Darl!

Pengennya sih dana darurat aman, punya deposito berlapis-lapis, punya saham, punya panti jompo yang membahagiakan mbah-mbah, punya rumah luas dengan seabrek kegiatan, sholikhah lahir bathin, hidup selonjoran gemah ripah loh jinawi. Hahahaha, belum usai mimpiku, mbak Ran langsung mencubit agar aku bangun dari mimpi di siang bolong; keinginannya harus realistis, dong. Bukan sekedar mimpi. Keinginan yang bisa dicapai. Ya, meski keinginan tadi sangat mungkin bagi Nia Ramadani, tetapi bagi emak K yang di umur 27 tahun masih ngontrak di rumah sepetak, mari berpikir logis dan pastikan kakinya menginjak bumi lagi.

Jadi Inisiator dan Professional Expert Bahasa Ekspresi

Sekarang aku sedang mendalami bahasa ekspresi, bahasa yang sudah menjadi keseharian di keluargaku, tetapi ampun, menguras emosi, pikiran dan fisikku ketika aku mencoba untuk merintis sosialisasi ke publik. Memperdalam literaturnya lumayan menghabiskan waktu dan melelahkan pikiran. Bayang-bayang ketakuatn, ketidakpercayaan diri terus saja menggerogoti psikis. Takut kalau-kalau tidak pantas, takut kalau-kalau kelak menghadapi cibiran. Hoalah, Mak, bukannya kamu sudah terlalu biasa menerima cibiran dan harusnya sudah kebal? Hahahaha.

Standar professional expertku disini adalah pijakanku sudah jelas, punya buku tentang bahasa ekspresi, punya website yang bisa jadi rujukan komplit dengan printilan permainan untuk mengenalkan bahasa ekspresi kepada anak. Kalau bisa, meski sekarang belum ada jurusan yang khusus tentang bahasa ekspresi, aku ingin memperkuat dengan pendidikan formal, dan bahasa ekspresi sudah membumi di bumi parenting Indonesia.

Ini aku harus belajar apa saja ya? Psikologi anak, atau malah perlu belajar bahasa juga? Hahaha.

Haji bareng Abah K

Melihat antrian haji yang puluhan tahun, aku agak ragu juga ingin memetakan mimpi haji bareng abah K sebelum 40 tahun. Tetapi, karena abah K berprinsip bahwa yang wjaib didahulukan terlebih dahulu, kami enggak ada bayangan untuk umroh sebelum haji. Maksudnya pergi ke Makkah-Madinah khusus umroh lho, ya, bukan umroh yang didahulukan sebelum haji yang berangkatnya barengan sekaligus untuk haji. Pengen banget ibadah full power di usia 30 tahunan. Di saat anak-anak sudah mandiri dan bisa ditinggal ibadah. Di saat urusan financial sudah cukup untuk biaya keluarga selama kami menunaikan ibadah haji.

Makkah, credit: medina wisata

Ya siapa tahu ada rejeki haji berdua tanpa harus menunggu antrian super panjang, siapa tahu slot haji Indonesia ditambah hingga antriannya semakin pendek, siapa tahu ada rejeki tinggal di negara yang hajinya enggak perlu antri dan bisa start haji dari sana. Siapa tahu… Robbuna yang Punya Rumah, Robbuna pula yang Mengundang tamu-tamu-Nya dengan cara yang seringkali di luar nalar seorang manusia.

Punya 3-5 Anak

Ada yang nyengir saat membaca poin ini? Hahahaha, aku pun nyengir saat menulis ini. Di usiaku yang ke 27 dan si K yang berusia 3 tahun, aku masih berusaha menghilangkan trauma melahirkan dan pasca melahirkan, kok mentholo pengen punya anak 3-5, yang artinya paling enggak nambah 2-4 anak lagi. Bhahaha. Sik, iki masih ada 13 tahun, bisa jeda 2 tahunan kalo pengen nambah 4 anak, kan? Wkakakka. Ya Allahu Rabbi… Tapi kan pengen haji sebelum 40, yang artinya paling enggak anak bungsu sudah berusia 10 tahun saat haji? Kok ya ora logis blas. Kayaknya lebih logis nambah 2 anak lagi ya? Hihihi. Nanya sendiri, dijawab sendiri. Baiq~

Punya Rumah Kayu dengan Taman Baca dan Kegiatan Bocah

Aku dan abah K sama-sama terobsesi dengan rumah kayu yang berkonsep modern. Rumah tempat pulang dengan ketenangan masa kecil namun enggak meninggalkan gaya modern yang serba ringkas dan mudah. Barisan emak-emak pengagum gaya tradisional tetapi ogah banget nimba air sumur. Hahahaha. Rumah yang ramai dengan bocah-bocah, tempat bermain dan menggali ilmu. Jika boleh bermimpi tinggi, aku ingin memfasilitasi bocah-bocah untuk belajar. Mendatangkan guru-guru kehidupan, termasuk Kyai dan ulama panutan, yang dari beliau bocah-bocah bisa mereguk cahaya hikmah.

Di sekitar rumah ada kolam dan sayur-mayur, pohon rambutan, alpukat, kelengkeng, pepaya, mangga dan juwet. Komplit dengan komposter dan resapan air hujan. Gusti… Indahnya, auto terngiang-ngiang lantunan lagu masa kecil; desaku yang kucinta, pujaan hatiku….

Investasi Tanah yang Ditanami Pohon Jati

Poin ini sebenarnya hampir tercapi, tetapi ada prioritas lain di luar rencana yang menyapa kehidupan kami; merantau. Tahu sendiri, kan, untuk merantau butuh biaya yang enggak sedikit, terutama untuk biaya mengontrak dan menyediakan perlengkapan rumah tangga. Perlengkapan rumah tangga itu terlihat murah, ya, tetapi kalau ditotal, hmmmm, lumayan menggilas dana darurat. Hahaha.

Aku masih menyimpan mimpi ini. Di kampung Bojonegoro tanahnya jenis kapur yang liat, sangat bagus digunakan untuk bertanam jati. Aku berharap keinginan ini bisa terpenuhi 5 tahun lagi.

Wakaf Taman Bermain dan Kantung Parkir

Entah kenapa, aku merasa sekarang darurat taman bermain dan kantung parkir. Ketersediaan masjid dan mushola di sekitar tempat tinggalku sekarang lebih dari cukup, jadi aku ingin wakaf taman bermain yang bisa digunakan bocah-bocah untuk bermain sak kemenge dengkul, tempat dimana bocah-bocah bisa main betengan, petak umpet, gobak sodor, bahkan sepedaan sampe ngglundung tekan kalenan. Minimal wakaf sepetak tanah yang cukup untuk main gobag sodor, 40 meter saja sudah cukup untuk glundang-glundung, kan?\

Kantung parkir yang kumaksud disini adalah kantung parkir untuk tamu-tamu tetangga yang tidak mempunyai halaman yang cukup. Biar enggak ngebak-ngebaki dalan. Pengalaman hampir nabrak mobil karena jalannya dipakai parkir itu mangkeli banget, je. Yen mobil pribadi penghuni rumah sih silakan menyediakan parkir di rumah masing-masing ya, Gais. Durung kelakon wis ngongkon-ngongkon. Heuuu.

Travelling ke Bromo dan Karimunjawa

Dua destinasi yang berbeda tema. Yang satu pegunungan dengan aroma belerang dan pasir berisiknya, yang satu pulau kecil dengan pantai dan gugusan gemintangnya. Yang satu dingin kudu krukupan jaket woll lapis-lapis, yang satu hawane kudu nyewa private villa ben bisa pake baju-baju tipis. Persamaannya cuma satu, honeymoon kesekian ratus kali. Ngahahaha.

Hafal Surat Al-Mulk, Yasin, Juz 30 dan Albaqarah

Surat Almulk, dhawuh gus Baha, adalah pelindung siksa kubur. Abah K menceritakannya pada malam hari saat kami pillow talk, perbincangan mendalam yang membuat tekadku membaca; aku harus hafal surat Tabarak. Gus Baha, dengan gaya khasnya menceritakan hadits riwayat Anas Ibnu Malik, tentang seorang pria yang membuat malaikat dan ‘surat yang dihafalkannya’ berdebat. Malaikat itu ingin menytiksanya, dan ‘surat yang ia hafalkan’ ingin melindunginya. Surat yang ia hafal tak lain dan tak bukan adalah surat al-Mulk atau Tabarak.

Coba, deh, cari riwayat lengkap hadits riwayat Ibnu Malik tentang surat Tabarak, ceritanya cukup panjang dan dramatis.

Yasin, Juz 30 dan Albaqarah sendiri aku enggak memiliki alasan khusus, Yasin aku biasa merapalkannya, Juz 30 dan Albaqarah sendiri melanjutkan hafalan yang sudah kusetor kepada Yai namun belum tuntas.

Wis, ah, wolu wae. Jan-jane pengen nulis akeh, tapi kok terkesan kemaruk. Emak K ini macak sholikhah, kan wong sholikhah kuwi kudu qona’ah lan ora panjang angan-angan. Ealah… aslinya kebanyakan permintaan sampai enggak bisa membedakan mana yang logis dan panjang angan-angan. Jadi tak stop delapan aja, kalau mau nambah tinggal nambah di doa-doa dan sujud panjang. Tak lupa di buku kecil yang berisi coretan mimpi. Memang mimpinya keduniawian, tetapi semoga menjadi perantara bertambahnya pahala dan keberkahan usia. Mohon doanya ya, kawan-kawan semua~

Masih pengen nyari ide hal-hal yang ingin dilakukan sebelum berusia 40 tahun? Cuss ke blog mbak Arin dengan My Before 40 Bucket List-nya dan mbak Ran dengan 10 Before 40!-nya. Mari aminkan doa-doa, dan apa keinginanmu sebelum berumur 40 tahun? Yuk komen, siapa tahu diaminkan oleh para pembaca. Konon doa yang diaminkan oleh 40 orang akan qabul. Apapun itu, semoga keinginan kita semakin mendekatkan pada-Nya, dan menambah keberkahan hidup kita dan anak cucu kita.