Suami dan Kebosanan sebagai Ibu

Suami dan Kebosanan sebagai Ibu

Memutuskan menikah berarti siap dengan segala konsekuensi sebagai seorang istri dan ibu sekaligus. Sebuah peran yang bakal menghilangkan kebebasan kala masih gadis, sekaligus memberi tantangan yang tidak pernah dirasakan saat masih gadis.

Aku berulangkali bertanya-tanya, its okay untuk merasa bosan dan jenuh?

Selempeng si K minta mandi lebih lama sudah bisa membuatku ingin nyubit pantatnya keras-keras. Sesepele si K merengek minta dipeluk saat aku merasa sangat lelah dan badanku remuk, sudah membuatku mengeluh, peluk lagi?

Aku merasa ada yang salah dalam diriku. Merasa…. errr, apa yang terjadi hingga membuatku gampang marah, gampang emosi, gampang frustasi?

Enggak bersyukur sudah punya anak?

Oh come on, ini enggak ada hubungannya dengan rasa syukur punya anak atau enggak. Sungguh, sama sekali bukan ini poinnya. Aku tahu, aku bersyukur punya anak kinestetik dominan yang geraknya ora uwis-uwis, matematis logis yang dikit-dikit minta belajar berhitung, peluk-able yang sehari bisa minta peluk puluhan kali, si tegas yang siap melindungi Ibunya dari orang usil dengan tinju dan tendangan mautnya.

Malam-malam, aku curhat dengan abah K. Bercerita tentang emosiku yang naik-turun, rasa jenuh yang di ubun-ubun, juga perasaan bersalah karena cenderung emoisan kepada si K.

Aku memintanya mendengar dan berkomentar nanti atau besuk, atau bahkan beberapa hari kemudian setelah emosiku terlihat stabil. Aku hanya butuh didengar dan sedang tidak ingin menerima saran-saran.

Curhatnya hanya seputar bosan, jenuh, dan cerita yang mengarah ke satu titik itu. Jam kerjanya sekarang tidak lagi memungkinkan untuk memberikan aku kesempatan tidur siang, gantian mengasuh si K seperti biasanya.

“Sekarang emang lagi disuruh tirakat ya, Bah?”

Ia mengangguk. Mengulang kembali ingatan tentang perjalanan kami bulan ini. Pindah kontrakan di belakang kantor yang serba mendadak. Tambahan pekerjaan yang membuat waktu meetingnya semakin panjang dan sering.

Alih-alih membandingkan dengan Ibu, emak atau perempuan lain yang jalan hidupnya lebih keras dariku, abah K mengajakku untuk mengenang bagaimana dulu kami bisa melewati hari-hari yang lebih berat daripada saat ini.

Hari-hari dimana kami harus membuka celengan plastik karena tidak ada lagi uang untuk beli buah esok hari. Hari-hari dimana kami menghabiskan rumah di kontrakan super sederhana, yang dindingnya pun belum di-finishing.

“Wajar merasa jenuh. Aku juga, Yi. Tetapi pindah kerja bukan solusi, kelak juga akan merasakan kejenuhan yang sama meski pekerjaan terlihat lebih ringan.”

“Enggak papa. Dinikmati dulu. Jenuh juga butuh dinikmati.”

Kami tertawa. Menertawakan rasa bosan yang menyerangku.

“Kamu butuh belanja? Biasanya diijinin belanja langsung mari jenuh e.”

Aku nyengir. Tetapi tidak, aku sedang tidak ingin belanja apapun sekarang. Aku hanya butuh didengarkan dan dimaklumi.

“Besok Kevin kasih waktu nonton lebih panjang. Kamu bisa istirahat dulu, bobok siang dulu.”

“Enggak khawatir Kevin kecanduan?”

“Lha dewe mbiyen lak nonton seko esuk tekan awan yen lagi libur, Yi. Enggak apa-apa, asal bukan nonton pake hape.”

Hatiku menghangat. Ya, aku hanya butuh dimaklumi. Terlalu keras dan idealis, seringkali membuat rasa jenuh lebih cepat menghampiri. Maaf, jangan jadikan statementku untuk membela diri dan memaklumi sepanjang hari. Sesekali its okay, sepanjang hari, orang Jawa bilang, namanya tuman.

Random banget ya blogspot kali ini~

5 Wisata Kuliner Di Bogor Murah Meriah dan Unik

5 Wisata Kuliner Di Bogor Murah Meriah dan Unik

Kamu sedang mencari tempat wisata kuliner di Bogor yang murah meriah? Ada banyak daftar tempat kuliner yang bisa kamu coba di Bogor. Kuliner murah meriah memang sering menjadi incaran wisatawan yang sedang menikmati liburan di Bogor. Terutama makanan khas yang sudah banyak dikenal di kalangan pecinta kuliner.

Mungkin kalau kamu ingin tempat kuliner enak di Bogor tidak akan ada habisnya karena sangat banyak dan beragam. Namun ada 5 daftar wisata kuliner di Bogor yang murah meriah dan mengenyangkan. Berikut daftar wisata kuliner tersebut.

Soto Santan Bang Ali

Beragam soto sebenarnya ada banyak di Bogor namun soto yang satu ini berbeda dengan soto lainnya. Kuah pada soto bang Ali menggunakan santan yang membuat cita rasa soto semakin sedap. Nama soto ini dikenal dengan sebutan Soto Santan Bang Ali. Untuk isian soto juga sangat menarik karena ada jeroan sapi dan daging sapi yang diiris kecil-kecil.

Kaldu Soto Santan Bang Ali terkenal harum dan memiliki ciri khas pada kuahnya yang berwarna kuning. Ternyata dibalik aroma harum pada soto terdapat bumbu rahasia seperti merica, ketumbar, bawang putih, kemiri dan ragam bumbu rempah lainnya. Harga satu porsi untuk soto santan cukup beragam sesuai dengan ukurannya. Mulai dari Rp 26.000,- untuk ukuran kecil sampai dengan Rp 65.000,- untuk ukuran extra besar. Cukup murah bukan? jika kamu penasaran dengan Soto Santan Bang Ali ini segera berkunjung ke Jalan Pemuda.

Bakso Gulung Bragi

Makanan yang menjadi favorit orang Indonesia salah satunya adalah bakso. Kamu bisa temukan bakso yang enak di Bogor, salah satunya Baso Gulung Bragi. Keunikan dari bakso Gulung Bragi terletak pada ukurannya yang lonjong. Hal ini yang menjadi daya tarik bagi wisatawan untuk mencicipi rasanya.

Selain memiliki ukuran yang lonjong dan berlapis-lapis, warna dari bakso ini juga berbeda dari bakso lainnya yaitu berwarna cokelat. Harga yang ditawarkan pun cukup murah, yaitu berkisar Rp 7.000,- sampai dengan Rp 15.000,-. Bakso Gulung Bragi terletak di Jalan Playu Raya No. 39 tepatnya di Bantarjati, Bogor.

Cungkring

Cungkring sering menjadi tujuan wisata kuliner di Bogor yang murah meriah untuk sarapan. Nama dari kuliner yang satu ini memang sangat unik. Lebih uniknya lagi ternyata cungkring berbahan dasar kepala sapi dan potongan kikil. Untuk bumbunya Cungkring dimasak dengan bumbu kuning, dan akan semakin lezat jika sudah ditambah dengan bumbu kacang.

Cara menikmati Cungkring sangat bervariasi. Kamu juga bisa menyantap kuliner yang satu ini bersamaan dengan tempe goreng tepung ataupun lontong. Kelezatan Cungkring akan lebih terasa jika bumbu kuning sudah meresap ke kepala sapi dan potongan kikil. Kamu hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp 15.000,- untuk menikmati satu porsi Cungkring yang ada di Jalan Suryakencana.

Ceker Ranjau

Kamu pecinta ceker? Ceker Ranjau bisa menjadi pilihan bagi kamu yang suka makanan berbahan dasar ceker. Sesuai dengan namanya Ceker Ranjau, makanan yang satu ini memiliki kuah kari yang sangat pedas. Jadi maksud dari Ranjau di sini adalah cita rasa pedas yang ada pada masakan ceker.

Ada jenis makanan lainnya yang bisa kamu coba jika tidak suka rasa pedas, diantaranya ceker oyeng dan ceker crispy. Ada pula ati ampela, tempe oyeng dan tahu khusus buat kamu yang tidak suka ceker. Harga dari Ceker Ranjau sangat murah karena hanya dibanderol seharga Rp 3000,-.

Sate Sumsum dan Ginjal Pak Oo

Bogor memang sangat kreatif dan selalu menemukan inovasi yang bagus dalam menyajikan hidangan yang lezat. Salah satunya dengan adanya Sate Sumsum dan Ginjal Pak Oo yang selalu ramai pelanggan. Sate yang terbuat dari sumsum dan ginjal sudah sangat jarang ditemui karena pada umumnya sate terbuat dari daging ayam, sapi dan kambing.

Wajar rasanya jika Sate Sumsum dan Ginjal Pak Oo ini selalu ramai pengunjung. Jika tertarik untuk mencobanya, cukup merogoh kocek Rp22.000,- kamu bisa mendapatkan 1 porsi Sate Sumsum dan Ginjal Pak Oo yang terletak di Jalan Suryakencana Bogor.

Bogor memang selalu menjadi tempat terbaik bagi wisatawan yang ingin berwisata kuliner murah meriah, karena setidaknya bisa memangkas sedikit pengeluaran untuk liburan. Untuk referensi tempat wisata kuliner murah meriah di Bogor lainnya kamu bisa cek di laman ini https://www.cekaja.com/info/daftar-tempat-wisata-kuliner-enak-di-bogor-dengan-harga-murah/.

Yuk Cek Biaya Umroh Terbaru 2019 Dari 5 Agen Tour Ternama Di Indonesia!

Yuk Cek Biaya Umroh Terbaru 2019 Dari 5 Agen Tour Ternama Di Indonesia!

Berbeda dengan ibadah haji, umroh menjadi pilihan terbaik bagi umat muslim yang rindu dengan Mekkah. Pasalnya ibadah ini bisa dilakukan kapan saja tanpa harus antri bertahun-tahun. Bahkan, ada banyak sekali paket umroh yang juga menawarkan paket wisata ke beberapa tempat. Tidak jarang mereka menawarkan wisata ke negara lain di sekitar Arab Saudi. Nah, bila Anda tertarik untuk beribadah umroh, cek dulu biaya umroh terbaru agar Anda tidak melakukan kesalahan dalam hal perencanaan keuangan.

Daftar Biaya Umroh Terbaru Dari Agen Travel Terpercaya (Paket Reguler)

Maktour

Maktour merupakan salah satu agen travel yang melayani umat muslim dalam hal wisata spiritual. Agen travel umroh ini berlokasi di Jalan Otista, Jakarta Timur. Mereka sudah memiliki gedung sendiri dengan nama Wisma Maktour. Agen ini sudah melayani jasa umroh dan haji untuk kalangan pejabat, artis, hingga pengusaha.

Untuk paket umroh reguler 2019-2020, agen travel ini mematok harga mulai USD. 3950 atau sekitar Rp. 55 juta untuk meng-cover akomodasi selama di Mekkah, Madina dan Jeddah. Fasilitas yang ditawarkan antara lain:

  • Penginapan di Mekkah, Madinah dan Jeddah
  • Transportasi menggunakan Bus Saptco
  • Makan 3 kali sehari (buffet)
  • Ziarah Mekkah dan Madinah
  • Perlengkapan umroh

Biaya ini belum termasuk biaya kelebihan bagasi, visa progresif, laundry dan telpon.

Rabbani Tour

Satu lagi agen travel umroh yang bisa Anda jadikan referensi saat ingin pergi beribadah, yaitu Rabbani. Agen travel ini berlokasi di Bandung, Jalan Lengkong Kecil. Meski demikian, mereka juga membuka kantor pusat di sejumlah daerah. Agen ini terkenal dengan biaya yang lebih terjangkau namun menawarkan fasilitas yang nyaman. Tersedia paket umroh reguler untuk periode 2019-2020 mulai dari Rp. 21 juta. Fasilitas yang ditawarkan antara lain:

  • Tiket pesawat PP (ekonomi)
  • Akomodasi dan transportasi sesuai program dan rute yang ditawarkan
  • Makan tiga kali sehari dengan menu khas Indonesia
  • Bimbingan manasik
  • Muthowif wanita untuk ke Raudhah (di Madinah)
  • Air zamzam 5 liter

Biaya diatas belum termasuk perlengkapan umroh, transportasi ke spot keberangkatan, suntik meningitis, kelebihan bagasi, visa, dokumentasi perjalanan dan upgrade hotel.

Munatour

Munatour sudah melayani perjalanan umroh selama kurang lebih 20 tahun. Agen travel ini menawarkan paket reguler (ke Arab Saudi saja) dan Plus (ke sejumlah negara lain seperti Turki, Yordania dan Mesir).

Untuk paket reguler, agen ini menawarkan harga mulai dari Rp. 35,7 juta. Fasilitas yang ditawarkan oleh agen  Munatour yaitu:

  • Tiket pesawat PP
  • Hotel sesuai penawaran
  • Makan 3 kali sehari (fullboard)
  • Visa umroh
  • Ziarah di Mekkah, Madinah dan Jeddah
  • Biaya perlengkapan dan handling

Biaya ini masih belum termasuk vaksin, bagasi, transportasi dan akomodasi domestik, visa progresif (untuk yang pernah umroh) dan pajak 5%.

Tiga Cahaya Utama

Tiga Cahaya Utama berlokasi di kota Malang. Agen ini mengklaim sudah mendapatkan sertifikasi dari kementrian agama, sehingga Anda tidak perlu lagi meragukan profesionalitasnya.

Tiga Cahaya Utama menawarkan paket yang murah. Untuk paket reguler dimulai dari Rp. 24,1 juta dengan sejumlah fasilitas seperti:

  • Akomodasi selama perjalanan (sesuai penawaran)
  • Makan (fullboard hotel)
  • Transportasi Bus Ekslusive
  • Ziarah ke Mekkah, Hudaibiyah dan Madinah
  • Pembimbing dan tour leader
  • Muthawwif
  • Asuransi perjalanan
  • Perlengkapan umroh
  • Visa umroh
  • Materi dan praktek manasik

Biaya di atas masih belum termasuk vaksin, airport handling, paspor dan pengeluaran pribadi.

Multazam Utama Tour

Agen ini sudah berdiri sejak tahun 1999 dan telah memiliki mitra di sejumlah kota besar seperti Surabaya, Makasar, Palembang, Lampung, Samarinda, Bengkulu dan lainnya. Agen travel ini terkenal dengan harga paket yang terjangkau dan fasilitas yang nyaman.

Untuk paket reguler, agen Multazam Utama Tour mematok harga mulai dari Rp. 27,5 juta. Anda bisa menikmati berbagai fasilitas seperti:

  • Visa umroh
  • Perlengkapan umroh
  • Muthawif
  • Makan tiga kali sehari
  • Air zam zam
  • Tiket pesawat PP
  • Tour kota
  • Ziarah ke Mekkah dan Madinah
  • Akomodasi sesuai dengan penawaran

Biaya diatas belum termasuk tour di luar program, kelebihan bagasi dan pengeluaran pribadi.

Nah, itulah sedikit informasi umum mengenai biaya umroh terbaru di 5 agen travel ternama di Indonesia. Untuk informasi lainnya, Anda bisa akses link https://www.cekaja.com/info/biaya-umroh-terbaru-2019/. Tetap kunjungi situs kami untuk informasi terbaru seputar umroh.

Kenali Lebih Dalam Tipe Avanza E Dan S Terbaru 2019

Kenali Lebih Dalam Tipe Avanza E Dan S Terbaru 2019

Para pecinta mobil Toyota Avanza sudah tahu belum spesifikasi di setiap tipenya? Untuk lebih mengenal lebih dalam mobil jenis ini khususnya tipe Avanza E dan S wajib untuk menyimak apa saja kelebihan serta spesifikasi dari masing-masing tipe.

Mobil Toyota Avanza dikenal sebagai mobil keluarga dan mobil sejuta umat. Hal ini dikarenakan mobil jenis ini memiliki dimensi yang luas sehingga mampu menampung penumpang dengan maksimal 7 penumpang. Mobil yang tercatat diluncurkan pada tahun 2014 ini merupakan mobil MPV yang mana baik dalam kondisi baru maupun bekas masih saja menjadi incaran banyak orang. Ini tidak terlepas dari banyaknya kelebihan mobil tipe Avanza ini.

Diantara kelebihan yang dimiliki adalah performa mesin yang tangguh, desain yang elegan, harga jual yang relatif stabil dari tahun ke tahun, serta perawatannya yang mudah karena suku cadang yang bisa didapatkan di bengkel atau dealer manapun. Segala kemudahan bagi pengguna sengaja di inovasi terus-menerus untuk tetap memberikan kenyamanan saat berkendara.

Avanza Type E

Avanza type E 1.3 merupakan tipe Avanza kelas terbawah. Mobil tipe ini dilengkapi dengan lampu sein di bagian bawah spion, lis chrome pada lampu kabut, Gril depan yang warnanya sama dengan bodi mobil, dan spoiler pada bagian belakang. Untuk velg avanza tipe e dilengkapi dengan velg jenis standard 14. Mesin yang digunakan menggunakan mesin 4 silinder 16 valve DOHC VVT-i 1300cc. Teknologi ini merupakan teknologi injeksi bahan bakar yang sudah Toyota gunakan sejak 2007 silam.

Torsi mobil tipe Avanza diketahui maksimal 11.9 Nm pada 4,400 rpm yang disalurkan pada transmisi speed 5 manual dan automatic speed 4 dengan kapasitas bahan bakar mencapai 45 liter. Cukup besar dan tentu irit.  Sementara itu, suspensi depan model Macpherson Strut with Coil Spring. Untuk fitur-fitur yang dimiliki diantaranya adalah Dual SRS Airbag, power window, AC double blower, kursi pengemudi yang bisa sliding dan reclining, dan kursi jok baris ketiga yang bisa dilipat dengan kombinasi 50: 50. Untuk fitur hiburan dilengkapi dengan Head unit yang bisa untuk memutar kaset, radio, dan CD.

Avanza Type S

Avanza type S 1.5 ini merupakan tipe Avanza yang memiliki mesin berkapasitas 1.500 cc VVt-i dan dilengkapi dengan sensor parkir belakang, sistem rem ABS, dan velg alloy 15 inch. Mobil avanza s ini juga memiliki transmisi yang masih manual dengan bahan bakar berupa bensin dan jenis ban minibus. Untuk Avanza S ini sekarang sudah tidak diproduksi lagi mengingat mobil keluaran terbaru yakni All New Avanza sudah dirilis pada tahun 2011.

Auto2000 merupakan dealer sekaligus retailer resmi Toyota terbesar di Indonesia mengacu pada aktivitas bisnisnya yang bekerjasama dengan PT. Toyota Astra Motor sebagai agen Toyota. Kini Auto2000 memiliki outlet sebanyak 124 outlet dan akan terus bertambah seiring dengan pertumbuhan bisnis serta komitmen Auto2000 untuk terus memberikan pelayanan terbaik dan kemudahan bagi setiap calon pembeli. Untuk mobil type Avanza sendiri di Auto2000 tersedia dalam 7 tipe. Khusus untuk Avanza Type E tersedia tipe 1.3 E STD M/T yang dibanderol dengan harga Rp 188 juta.

Tipe Avanza 1.3 E STD A/T dibandrol dengan harga Rp 199 juta. Type Avanza 1.3 E M/T dibandrol dengan harga Rp 191 juta dan yang terakhir adalah tipe 1.3 E A/T dibandrol dengan harga Rp 202 juta. Dan jangan lupa dapatkan cicilan dengan DP ringan hanya di Auto2000. Informasi lebih lanjut segala tipe Avanza termasuk avanza type g Anda bisa dapatkan di www.auto2000.co.id atau Anda bisa langsung mengunjungi dealer Auto2000 di seluruh wilayah Indonesia.

Harga Calya Terbaru Lebih Baik Dibanding Bekas

Harga Calya Terbaru Lebih Baik Dibanding Bekas

Mobil Calya masuk sebagai mobil LCGC yang mampu memuat hingga 7 penumpang. Seperti yang sudah Anda ketahui mengenai reputasi Toyota dalam dunia otomotif yang tidak perlu diragukan lagi, sehingga hal ini menjadikan Toyota menjadi merek mobil paling utama di  dunia. Untuk harga Toyota Calya baru juga sangat terjangkau.

Seperti pada mobil Toyota Calya, yang mana untuk harga Calya 2019 tergolong lebih murah sebagai mobil LCGC dibandingkan dengan mobil sekelasnya. Toyota menyiapkan desain Calya dengan sangat baik. Sehingga tampilan Calya memang sangat memukau dan tidak bisa dikatakan jelek.

Harga Toyota Calya baru dapat dibilang bersahabat dengan dana Anda, karena mengingat spesifikasi yang dimilikinya serta fitur canggih yang sudah tertanam di dalam mobil Calya. Untuk mengetahui spesifikasi dan harga Toyota Calya, silahkan simak ulasan berikut ini:

  • Toyota Calya E Std M/T Rp. 136.050.000.00.
  • Toyota Calya New E MT Rp. 137.463.000.00.
  • Toyota Calya E M/T Rp. 138.850.000.00.
  • Toyota Calya G M/T Rp. 144.400.000.00.
  • Toyota Calya New G MT Rp. 146.400.000.00.
  • Toyota Calya G A/T Rp. 156.400.000.00.
  • Toyota Calya New G AT Rp. 158.400.000.00.
  • Toyota Calya 1.2 E M/T Rp137.463.000.
  • Toyota Calya 1.2 G M/T Rp146.400.000.
  • Toyota Calya 1.2 G A/T Rp158.400.000

Sebagai mobil yang menjadi primadona di Indonesia, Toyota memberikan harga mobil Calya yang cukup menguntungkan bagi konsumennya, karena para konsumen dapat membawa pulang mobil Calya cukup dengan mengeluarkan dana dibawah 200 juta.  Selain harga Calya murah yang diperlihatkan Toyota, ternyata mesin yang ada dalam mobil Calya juga dapat dikatakan mumpuni.

Karena harga Toyota Calya yang sangat terjangkau maka menjadikan banyak para masyarakat tertarik untuk melakukan pembeliannya. hal ini menjadikan Auto2000 sebagai dealer Toyota yang semakin ramai dikunjungi calon pembeli. Membeli Calya dalam kondisi baru lebih direkomendasikan dibanding membelinya dalam kondisi bekas, karena performanya lebih terjamin. Selain itu, harga mobil Calya baru juga tidak terpaut jauh dengan harga mobil toyota calya second. 

Untuk harga Calya dalam kondisi bekas paling murah di bandrol dengan harga 115 juta dan paling mahal hingga 135 juta. Untuk lebih jelasnya Anda bisa menyimak ulasan berikut ini:

  • Toyota Calya G 1.2L AT tahun 2016 Rp128.000.000.
  • Toyota Calya E 1.2L MT tahun 2017 Rp115.000.000.
  • Toyota Calya G 1.2L AT tahun 2017 Rp135.000.000.

Apabila Anda berencana untuk membeli mobil Calya, sebaiknya Anda mencarinya di tempat yang terpercaya misalnya seperti ke Auto2000. Dengan membeli mobil Toyota di tempat yang terpercaya maka Anda akan membeli barang dengan kualitas yang mantap.

Harga Calya

Harga Calya

Dibalik harga mobil Toyota Calya yang cenderung lebih murah, ternyata Toyota Calya juga mampu memberikan kesan yang sangat impresif, setidaknya bagi golongan menengah. Walau tidak bisa dibilang sangat mewah, tapi mobil ini sangat memadai sebagai mobil keluarga. Dengan begitu jika dilihat dari sekilas mobil Calya terlihat lebih simple namun tetap memikat para konsumen yang melihatnya. Begitu juga dengan tampilan interiornya yang terlihat sederhana namun tetap memberikan kesan yang bagus.

Di bagian eksteriornya, khususnya pada bagian depan Toyota Calya dilengkapi dengan desain lampu yang meruncing dan memberikan kesan menyatu pada bagian grill. Pada bagian tengah grill itu sendiri juga dilengkapi dengan logo Toyota berupa burung Garuda. Sementara untuk desain lampu belakangnya memiliki bentuk seperti huruf L terbalik. Desain tersebut tidak hanya memberikan kesamaan dengan mobil saudaranya saja, namun hal ini juga memberikan ciri khas sebagai pabrikan Toyota. Hal ini pun juga sangat berpengaruh terhadap harga Calya itu sendiri.

Ingin membeli Calya? Coba booking langsung via auto2000.co.id sekarang juga! Dapatkan harga calya 2019 terbaik.

Cari Kontrakan tak Lagi Ribet dengan Situs Khusus Sewa Rumah

Cari Kontrakan tak Lagi Ribet dengan Situs Khusus Sewa Rumah

Cari kontrakan ternyata bisa membuatku hiatus nulis di blog. Sejak sebulanan yang lalu, dengan mempertimbangkan abah K yang semakin kerap ke luar kota dan si K yang membutuhkan rumah untuk bermain, kami mencari kontrakan yang lebih luas dan lebih dekat dengan kantor.

Kami mencari info kemana-mana, di Grup Facebook, sepedaan sepanjang kampung, bertanya ke teman-teman dan saudara. Setiap ada info tentang rumah, kami survey satu persatu. Lelah? Banget. Saat itu kami belum tahu kalau ada situs sewa rumah yang bisa membantu kita mencari rumah kontrakan dengan lebih mudah.

Seringkali pemberi info enggak sesuai dengan kondisi riil rumahnya. Katanya dekat kemana-mana, ternyata mau ke pasar saja musti sepedaan 15 menit. Rumahnya kelihatan cakep di foto luarnya, ternyata dalamnya bikin nangis. Katanya berada di perumahan X, yang kami tahu merupakan perumahan lumayan elite, ternyata di pinggiran kampung,ke perumahan cuma numpang lewat, dong. Huhuhuhu.

Saking capeknya mencari kontrakan, kami sempat berniat untuk memperpanjang sewa rumah lama dan berdamai dengan segala tantangan yang kami alami. Eh, saat abah K sholat Jum’at di masjid belakang kantor, tiba-tiba abah K mendapatkan info jika ada kontrakan di belakang kantor. Kami bergegas menghubungi pemilik kontrakan dan langsung survey.

Hal-hal yang Perlu Dipertimbangkan sebelum Menyewa Rumah

Tahun ini kami ingin menciptakan a home yang membuat penghuninya kangen untuk pulang dan bercengkerama dengan keluarga. Enggak sekedar a house yang hanya menjadi tempat bernaung dari panas dan hujan. Apalagi untukku yang memiliki kebutuhan khusus dalam pendengaran, rumahnya musti memiliki support system yang kuat ketika abah K harus keluar kota.

Tetangga

Kanjeng Rosul dhawuh,”Carilah tetangga sebelum memilih rumah.” Saking pentingnya posisi tetangga, kanjeng Rosul sampai mewanti-wanti untuk memilih tetangga sebelum memilih rumah. Caranya gimana, dong? Dolan, iseng nanya-nanya ke tetangga sekitar lokasi rumah yang disewa. Iya, sih, umumnya orang ramah saat pertama kali ketemu, tetapi gestur dan ekspresi bisa membantu kita untuk menilai apakah tetangganya asik atau enggak.

Beberapa info rumah kontrakan kami coret saat pertamakali survey karena lokasi rumah yang terpencil, enggak ada tetangga. Bagi kami, keberadaan tetangga sangat penting karena aku membutuhkan support system yang kuat untuk menjalani kehidupan. Support system yang peduli ketika aku menghadapi kesulitan, terutama saat aku kesulitan dengan segala hal terkait pendengaran.

And here we are, rumah kontrakan kami sekarang merupakan kompleks kos dan kontrakan yang sangat welcome dengan pendatang. Ibu pemilik kontrakan sangat peduli dengan penghuni kontrakan dan kos miliknya. Kerennya lagi, penghuni kontrakan dan kos disini memiliki kebiasaan tetap setiap malam; njagong di depan rumah tanpa diganggu gadget. Mengingatkanku dengan kebiasaan tempo dulu yang senang berkunjung dari rumah ke rumah hanya untuk jagongan.

Akses ke Fasilitas Umum

Akses ke pasar yang dekat menjadi salah satu hal wajib dalam pertimbangan kami memilih rumah. Pola makan food combining yang membutuhkan banyak sayur dan buah membuat kami harus serig ke pasar. Ya gimana, selisih harga di kang sayur dan pasar lumayan mahal, pun pilihan sayur di kang sayur sangat terbatas.

Air, Listrik dan Sampah

“Buk, airnya gimana? Lancar?” tanyaku kepada Ibu pemilik kontrakan,memastikan jika air mengalir lancar dan cukup. Apalagi di musim kemarau ini, banyak yang susah air sampai harus menunggu supplai mobil tangki.

Memastikan apakah air, listrik dan sampah termasuk dalam biaya sewa ataukah kami harus membayar sendiri. Memastikan akses membuang sampah terjangkau. Dulu di kontrakan lama kami kesulitan membuang sampah, TPS di sekitar rumah konon bukan TPS umum. Tanya-tanya tetangga sekitar, ternyata mereka membakar sampah-sampahnya.

Kestabilan air, listrik dan sampah sangat mempengaruhi kewarasan emak-emak. Inget banget saat dulu aku uring-uringan karena air enggak mengalir seharian. Rumah rasanya sumpek banget. Saat laper musti beli makan di luar, mana tempat jajan yang food combining friendly sangat langka. Huhu

Ruang untuk Bermain

Bagi kami, ruang bermain untuk si K adalah pertimbangan wajib yang enggak bisa ditawar dengan apapun. Si K rewel banget kalau enggak bisa main. Rumah yang kami pilih harus memungkinkan si K glenderan, sepedaan atau sekedar main bola di dalam rumah. Halaman rumah pun harus memadai untuk bermain segala macam.

Ventilasi dan Ruang

Ventilasi yang baik di kota yang iklimnya panas sangat membantu menjaga otak tetap waras. Hahaha, maksudku, ventilasi yang baik akan memmbantu kita untuk menjaga kesejukan rumah.Jangan sampai cuaca yang panas membuat penghuninya semakin kepanasan dan dehidrasi. Apalagi abah K mempunyai GERD dan pantang kedinginan, memasang AC bukanlah pilihan yang tepat.

Pilih rumah dengan ruangan yang cukup. Rumah besar untuk keluarga kecil bukan pilihan yang tepat karena akan menghabiskan waktu dan tenaga untuk membersihkan ruang-ruang kosong. Lain cerita jika kita mencari rumah sekaligus menjadi tempat usaha atau kantor.

Mencari rumah memang kayak jodoh, banyak pertimbangan dan membutuhkan waktu yang enggak bisa diprediksi.Jika waktu sudah mepet tetapi rumah kontrakan tak kunjung ketemu,mungkin kita bisa memilih opsi untuk sewa kost bulanan terlebih dahulu sebelum menyewa rumah yang biasanya disewakan dengan tempo tahunan.

Situs www.sewa-rumah.net bisa menjadi rujukan untuk mencari rumah yang disewa, di dalam situs tersebut info rumah ditampilkan dengan sangat detail. Kita bisa menyaring rumah sesuai dengan lokasi tertarget. Semoga ke depan ada fasilitas filter harga dan filter fasilitas agar pencarian lebih mengerucut.