5 Tips Memilih Platform Pendukung untuk Membuat Website Gratis

5 Tips Memilih Platform Pendukung untuk Membuat Website Gratis

Jika kamu ingin membuat website gratis, tentu kamu memerlukan platform digital yang mumpuni untuk mengerjakannya. Saat kamu mencoba googling di internet, kamu akan dihadapkan pada berbagai pilihan jasa dan provider yang menyediakan platform pembuatan website. Tentu kamu akan dibuat bingung karen layanan yang mereka berikan sangat beragam. Mulai dari yang gratisan maupun yang berbayar.

Nah, buat kamu yang ingin benar-benar selektif agar tidak menyesal jika ternyata salah memilih platform, ada baiknya untuk menyimak 5 tips berikut ya.

  • Pastikan track recordnya

Saat kamu ingin memilih platform untuk buat website, sebaiknya kamu pilih platform yang ditawarkan oleh perusahaan yang telah memiliki track record dan pengalaman yang baik. Biasanya di laman promosi situs tersebut disebutkan siapa saja yang sudah pernah memakai platform tersebut, berapa jumlah pengguna dan lain sebagainya. Track record ini dapat menjadi jaminan bahwa kualitas platform tersebut baik dan diminati oleh banyak orang.

  • Pilih yang non coding

Jika ingin membuat website mu sendiri dengan cara gratis, kamu tentu harus bisa mengkostumisasi dan merancang sendiri tampilan dan menu-menu pada laman website yang kamu inginkan.

Bagi kamu yang tidak memiliki pengetahuan yang baik tentang coding, maka pastikan platform yang kamu pilih menawarkan template yang non coding agar lebih mudah dan tidak ribet untuk kamu kerjakan.

  • Variasi template yang banyak

Tips selanjutnya adalah pilih platform yang menawarkan template yang beragam. Hal ini cukup penting agar kamu bisa bebas memilah dan memilih berbagai jenis pilihan template yang sesuai dengan karakter bisnismu. Semakin banyak template yang kamu pilih akan membuatmu lebih leluasa untuk berkreasi.

Desain template nantinya akan menentukan karakter websitemu dan bagaimana websitemu ditampilkan di hadapan pengunjung dan netizen. Jadi kamu harus mempertimbangkannya dengan baik.

  • Berbahasa Indonesia

Selain kostumisasi non coding, kamu juga sebaiknya memilih platform yang menggunakan settingan berbahasa Indonesia. Hal ini akan mempermudah kamu untuk membuat website gratis karena menggunakan bahasa yang lebih mudah dimengerti. Tentu kamu tidak ingin waktumu habis karena bingung mengurus settingan karena bahasa yang tidak kamu kuasai.

  • Responsif di smartphone

Tips yang terakhir adalah pastikan platform yang kamu pilih responsif di smartphone. Responsif artinya tidak berat saat diakses melalui smartphone meskipun mengandung banyak gambar dan animasi.

Hal ini bisa dikata adalah faktor yang sangat penting untuk kamu perhatikan. Karena menurut berbagai penelitian, pengguna internet di jaman sekarang lebih banyak mengakses website dan berselancar di dunia maya dengan menggunakan smartphone ketimbang desktop.

Karena itu kamu harus memastikan platform yang kamu gunakan bisa memfasilitasi penggunaan lewat smartphone. Pastikan agar ketika websitemu diakses di smartphone tetap stabil, tidak lelet dan tidak mudah lag saat melakukan penelusuran di website kamu ataupun bertransaksi di toko onlinemu.

Selain 5 tips di atas ada sejumlah tips lainnya yang juga perlu kamu cari tahu lebih jauh lagi sebelum akhirnya memilih platform untuk membuat website gratis. Di antaranya adalah faktor penyimpanan data dan faktor aksesabilitas untuk diedit di ponsel. 

Adapun salah satu platform yang layak untuk kamu pertimbangkan adalah Sitebeat.com karena platform ini dapat memenuhi sejumlah persyaratan yang telah dipaparkan di atas. Selain itu Sitebeat juga memberikan beragam fitur dan layanan bagi pebisnis yang ingin membangun aset digital mereka, seperti membuat website gratis dan buat toko online. Dan yang pasti, gratis.

 

Tips Memilih Web Hosting Terbaik di Indonesia

Tips Memilih Web Hosting Terbaik di Indonesia

Memilih web hosting seringkali membuat kepala nyut-nyutan, ya? Haloha, lama enggak menulis tentang hosting dan dunia develop website, emak K lagi jenuh dengan urusan hosting dan kawan-kawannya. Mending menemani si K dolanan pasir aja. Tetapi rupanya kangen juga cuap-cuap soal periperhal WordPress Self Hosted.

Memilih web hosting bisa dibilang cocok-cocokan. Aku cocok di penyedia hosting A, abah K cocok di penyedia hosting B. Aku lebih cocok di A karena user interface-nya newbie friendly, abah K cocok di hosting B karena customer servicenya yang cekatan. Lalu, apa yang perlu dipertimbangkan dalam memilih web hosting?

Pilih Web Hosting yang Menyediakan Disk Space Sesuai Kebutuhan Kita

Disk space atau biasa disebut sebagai storage adalah kapasitas penyimpanan yang disediakan oleh penyedia web hosting. Kita perlu mengira-ngira seberapa besar storage yang kita butuhkan untuk website kita paling tidak dalam satu tahun mendatang. Untuk website personal atau company profile yang tidak membutuhkan banyak foto, kapasitas storage 1 GB sudah cukup. Lain halnya untuk website online shop, blog portofolio, dan travel blog yang mengunggulkan foto sebagai konten websitenya, emak K anjurkan untuk menyewa web hosting dengan storage lebih dari 2 GB.

Ketersediaan beberapa pilihan paket storage cukup memudahkan kita ketika konten blog sudah cukup banyak dan membutuhkan storage yang lebih besar. Jika penyedia web hosting memiliki beberapa paket dengan beragam storage, kita cukup menghubungi customer service untuk upgrade layanan saat sisa storage semakin menipis. Hal ini tentu saja sangat menguntungkan kita karena kita tidak membuang-buang uang untuk menyewa storage yang tidak terpakai.

Pilih Web Hosting yang Menyediakan SSL dalam Paket Hostingnya

Seberapa pentingnya SSL dalam website? SSL sangat penting untuk mengamankan website kita. Google pun mengutamakan website yang sudah memiliki SSL dibadningkan yang belum memiliki SSL. Jika ada blog yang membahas keyword sama, satu blog menggunakan SSL dan blog lain tidak ber-SSL, maka yang akan dimenangkan oleh mesin pencari adalah blog yang menggunakan SSL.

So, sayang banget kan kalau tidak disediakan SSL-nya.

Apa semua penyedia web hosting menyedikiakan SSL gratis? NO. Emak K bulan kemaren habis mumet karena pesan hosting di luar negeri dengan kapasitas 30GB, mbayar $20 perbulan, ternyata enggak ada free SSL-nya. Mumet, Gaisss.

Jadi, pastikan dulu apakah ada free SSL di paket web hosting yang kamu pilih, ya.

Pilih Web Hosting yang Tersedia Backup dan Restore

Meskipun sudah mumpuni dengan berbagai pengamanan yang super canggih, kita perlu melakukan backup server secara rutin agar data tidak hilang ketika terjadi hal di luar dugaan. Memilih web hosting yang menyediakan backup/restore rutin minimal seminggu sekali akan sangat membantu kita dalam mengelola blog.

Ketersediaan backup rutin dalam paket website yang kita pilih akan membuat kita bisa fokus mengembangkan website karena data-data blog kita sudah aman di tangan penyedia web hosting. Jika suatu saat terjadi hal yang tidak terduga, kita masih bisa bernafas lega karena data-data kita sudah di back up.

Pilih Web Hosting yang Menyediakan Support 24 Jam

Enggak cuma UGD yang harus buka 24 jam, server pun harus menyediakan support 24 jam. Jangan kayak abah K dulu yang stress karena support lambat merespon saat tengah malam tiba, padahal saat itu sedang mumet deploy aplikasi. Rasanya? Mencak-mencak, darah tinggi. Hahaha.

Lain dengan toko fisik yang kita bisa mengatur kapan jam tutup dan jam buka toko, toko online kita harus jalan terus 24 jam non stop karena pelanggan bisa saja sedang jalan-jalan window shoping di jam-jam kita tidur ngorok.

 

4 Kriteria itu mutlak, tidak bisa diganggu guat. Nah, setelah 4 kriteria tersebut dilihat, kita baru menentukan hosting mana yang terbaik untuk website kita dari segi harganya. 

Berbicara soal web hosting terbaik Indonesia, emak K teringat dengan hosting terbaik saat ini yang menyediakan beberapa paket web hosting yang bisa kita pilih sesuai kebutuhan. Domainesia dengan Instant Deploynya pernah emak K review dalam tinjauan kemudahan menginstall software yang kita butuhkan Emak-emak Membuat Website Online Shop Sendiri dengan Instant Deploy Domainesia.

Paket Hosting Domainesia

Paket Hosting Domainesia

Domainesia menyediakan berbagai paket web hosting yang bisa kita pilih, ada paket 1 GB, 2 Gb dan 5 GB. Itu saja? Belum, masih ada paket web hosting Bisnis yang menyediakan beragam paket, bisa kita pilih sesuai kebutuhan kita dan emmungkinkan kita untuk mempunyai banyak website untuk menembak berbagai keyword. Untuk paket Bisinis sendiri ada paket Mikro, Mega, Giga dan Exa. Tinggal dipilih mana kapasitas hosting yang sesuai dengan kebutuhan web hosting kita. Rincian paket web Hosting Domainesia bisa klik disini.

Nah, sudah ada gambaran kan mau meilih web hosting yang mana? Semoga sukses, ya.

 

 

 

Penyedia Sparepart dan Jasa CCTV Semarang

Penyedia Sparepart dan Jasa CCTV Semarang

CCTV sudah menjadi kebutuhan pokok. Enggak cuma pertokoan, kantor,sekolah, rumah rasanya sudah perlu memiliki CCTV untuk memantau situasi. Apalagi jika kita Ibu pekerja yang anaknya diasuh oleh asisten, CCTV tidak boleh diremehkan keberadaannya. Aku sempat kulak-kulik CCTV Semarang untuk mencari referensi pemasangan CCTV. Bukan, bukan untuk rumah, rumah masih belum butuh CCTV.

Ternyata,memilah-milah penyedia sparepart dan Jasa CCTV di Semarang enggak simpel. Begitu banyak yang harus dipertimbangkan biar enggak nyesel. Apalagi penyedia sparepart dan jasa CCTV Semarang banyak pilihan, dari yang menawarkan harga murah sampai yang menawarkan kualitas. Musti difilter dulu agar mendapatkan yang terbaik dengan harga termurah.

Memilih Penyedia Sparepart dan Jasa CCTV Semarang

Sebelum memilih dimana akan membeli atau menggunakan jasa penyedia CCTV Semarang, ada beberapa hal yang musti kita perhatikan sebagai acuan untuk memfilter penyedia CCTV-nya:

Kenali Merk CCTV yang Disediakan Penyedia Sparepart dan Jasa CCTV Semarang

Secara umum, CCTV terbagi menjadi dua jenis. Merk lokal dan merk internasional. CCTV merk internasional adalah CCTV yang memilikispesifikasi produk yang jelad dan bisa dipertanggungjawabkan. Sedangkan CCTV merk lokal adalah CCTV yang diproduksi oleh perusahaan internasional namun spesifikasinya sesuai dengan permintaan pasar.

Ehm, mungkin dalam bahasa awam kita, merk lokal ini merupakan CCTV rakitan.

Bagaimana mengenali mana merk CCTV yang terpercaya? Emak K lebih memilih untuk merujuk ke asmag.com untuk menelusuri top ranking merk CCTV. Merk lokal biasanya tidak tersedia dalam top ranking tersebut dan hanya tersedia di daerah tertentu.

Cek Spesifikasi CCTV yang Disediakan Penyedia Sparepart dan Jasa CCTV Semarang

Cek spesifikasi CCTV yang ditawarkan oleh penyedia sparepart dan jasa cctv Semarang. Jika merk Internasional dan merk lokal spesifikasinya mirip, tentu hasil kejernihan antara kedua merk tersebut berbeda. Kayak kamera hape merk terpercaya dengan merk lokal,meski sama-sama 13 MP,pasti kejernihan dan ketajamannya berbeda.

Kata orang jawa, ana rega ana rupa.

Selain spesifikasi, software pendukungnya juga perlu diteliti. Merk Internasinal pasti memiliki software ori, baik untuk Ios, Windows, Mac, maupun Android. Sementara jika kita mencari software merk lokal,biasanya tidak ditemukan dalam penyedia software resmi. Merk lokal biasa menggunakan software yang harus diinstall sendiri.

Memilih Penyedia Sparepart dan Jasa CCTV Semarang

Setelah mengetahui bagaimana memilih CCTV,kita bisa membandingkan antar penyedia.Selalu pilih penyedia dan jasa CCTV Semarang yang menggunakan merk Internasional dengan utuh, bukan printilan atau rakitan. Ada perbedaan mendasar jaminan garansi antara penyedia yang menggunakan merk utuh dan rakitan, jika piranti CCTV menggunakan merk utuh, garansi langsungdari pabrik dan kita bisa meng-klaimnya. Sementara jika piranti CCTV rakitan, garansi hanya dari penyedia saja.

Salah satu penyedia sparepart dan jasa cctv Semarang yang menggunakan merk Internasional utuh adalah komputersalatiga.com. Ia menggunakan paket CCTV merk HIKVision yang merupakan merk Internasional peringkat tiga di dunia Top Security 50 versi AsMag tahun 2014.

Enggak cuma melayani di daerah Semarang, komputersalatiga.com juga melayani Jasa CCTV Semarang, Ambarawa,Boyolali dan Sekitarnya dengan harga yang cukupmurah namun tidak mengabaikan kualitas. Untuk satu paket CCTV HikVision dengan 2 kamera resolusi 5 MP, komputersalatiga hanya mematok tarif 3.4 jutaan. Semua perangkatnya menggunakan merk andalan HIKVision,bukan rakitan. Masih banyak pilihan paket lain yang bisa kita kepoin di websitenya atau melalui WhatsApp 085643591626.

Gimana? Sudah ada gambaran kemana memilih penyedia sparepart dan jasa CCTV Semarang? Semoga dengan adanya CCTV,rumah atau tempat usaha kita semakin mudah dikontrol, ya.

Pencarian Terkait:

  • hikvision ip camera 5mp semarang
Harga RAM Laptop 4GB untuk Lepingu Kesayangan

Harga RAM Laptop 4GB untuk Lepingu Kesayangan

Lepingu, laptop berwarna ungu kesayangan yang dibeli oleh Ibu tahun 2012 silam mulai lambat performanya. Iya, sih, udah 7 tahun lebih laptop itu menemani perjuanganku. Rasanya sayang banget kalau harus ganti. Apalagi aku orangnya terlalu menyayangi sebuah barang karena nilai historisnya. Hahaha. Setelah diskusi dengan abah K, aku memutuskan untuk menambah RAM daripada beli laptop baru. Harga RAM laptop 4GB jauh lebih kantong-able dibandingkan harus beli laptop baru dengan RAM minimal 4GB yang harganya rata-rata 5 juta plus.

Hal yang Harus Dipertimbangkan sebelum Menambah RAM

Menambah RAM ini sudah kami pikirkan jauh-jauh hari. Sebelum memutuskan berapa jumlah RAM yang harus kutambah, aku terlebih dahulu menyelidiki kemampuan laptop kesayangan, seberapa besar beban maksimal RAM yang bisa ia tanggung dan lain-lainnya.

Apakah ada slot kosong RAM di laptop? Sebelum membeli RAM, lihat dulu apakah ada slot kosong RAM di laptop. Kita bisa melihat sendiri di bagian dalam laptop. Masing-masing tipe punya tempat sendiri, kalau laptop kesayanganku RAMnya ada di balik casing, jadi musti mbongkar dulu. Aku meminta tolong tukang service waktu itu.

Berapa beban maksimal yang bisa ditanggung oleh sistem operasi? Sebelum memutuskan berapa besar RAM yang dibeli, lihat dulu sistem operasi yang terpasang di laptop. Kalau sistem operasinya Windows 10 32 Bit, doi hanya mampu membaca RAM 4 GB. Meskipun kita pasang RAM 16 GB sekalipun, yang bisa dibaca Windows 10 32 Bit hanya 4 GB. Lain halnya dengan Windows 10 64 bit, doi bisa membaca RAM sambai 128GB. Hyuhh, RAM 128GB makenya sampe mblenger.

Sesuaikan dengan Kebutuhan. Laptop kesayanganku sebenarnya bisa menampung sampai 128GB RAM, tetapi aku hanya memasang RAM 4GB, total RAM di laptopku jadi 6GB. Sudah lebih dari cukup untuk keperluan editing video, editing graphis. Padahal mah edit video dan grafis cuma buat seseruan, ngeblog cuma pakai chrome doang. Bhahahaha.

Perhatikan Tipe dan Frekuensi RAM. Sebelum memutuskan untuk membeli RAM, ada baiknya kita melihat dulu tipe dan frekuensi yang terpasang di laptop. RAM yang ditambahkan HARUS setipe dan sefrekuensi dengan RAM bawaan laptop. Ada 2 tipe RAM, yakni SODIMM dan DIMM, SODIMM digunakan untuk komputer sedangkan DIMM digunakan untuk laptop. Frekluensi RAM yang digunakan harus sama dengan RAM bawaan laptop, jika kita membeli RAM yang frekuensinya lebih tinggi daripada RAM bawaan, maka kinerja RAM tambahan akan menyesuaikan dengan RAM bawaan laptop.

Mumet ya? Apalagi yang terakhir. Emak K yang super gaptek kalau berurusan dengan hardware memilih untuk menyerahkan kepada tukang service langganan timbang ngutak-atik dhewe dan menyebabkan laptop ancur-lebur. Hehehehe

Mengintip Harga RAM Laptop 4GB

Emak K dulu beli RAM 4GB seharga 350k sudah termasuk jasa pasang RAM-nya. Tipe dan frekuensi RAM pasrah bonggokan dengan tukang service langganan. Alhamdulillah sampai sekarang bekerja dengan baik tanpa ada kendala yang berarti.

Kalau kita ngintip harga RAM di Jakmall, ternyata lumayan banget, kisaran 200 ribuan sampai 400 ribuan. Kalau mau beli RAM sendiri, baiknya teliti dulu tipe dan frekuensi RAM-nya ya. Biar enggak kecele. Pun kalau kita enggak punya background hardware komputer, ada baiknya jangan coba-coba pasang sendiri. Ntar kalau bisa bongkar laptop tapi enggak bisa pasang malah rugi bandar. Hihihi.

Plus Minus Menggunakan Platform Blogspot

Plus Minus Menggunakan Platform Blogspot

Belum sebulan aku masuk sebagai anggota IIP regional Salatiga Ibu-ibu senior di Rumbel Literasi langsung nodong minta emak K menjadi PJ Rumbel Blogging Regional Salatiga. Haish, ngeblog masih Senin-Kamis, mau menjadi PJ Rumbel Blogging? Yang benar saja, bisa dijitak abah K daku. Heuheuuu.

Kutolak dengan halus permintaan Ibu-ibu senior sembari bertanya mungkin ada anggota IIP Salatiga yang lebih expert dibandingkan emak K. Didesak lagi. Berulang-ulang, akhirnya aku menyanggupi mau berbagi tentang blogging di Rumbel Literasi saja. Enggak pakai rumbel baru. Eh, belakangan aku baru tahu ada mbak Anita Makarame di grup IIP Salatiga, cuma beliau hening syekali. Wkwkwkwk.

Pertanyaan awal yang sering ditanyakan oleh teman-teman di WAG Rumbel Literasi IIP Salatiga adalah; “Lebih baik pakai blogspot atau wordpress?”

Ini terserah kita, Cinta. Kayak kita memilih untuk memakai hape apa untuk menunjang aktivitas. Tugas kita hanyalah mencermati plus-minus kedua platform blogging ini dan memilih mana yang sekiranya terbaik untuk kita. Aku ingin sekedar memberikan sedikit referensi dari pengalamanku menggunakan kedua platform blog yang cukup populer.

Plus Minus Memakai Blogspot

Tiga blog kami berada di blogspot. Kenapa enggak sekalian migrasi ke wordpress? Sungguh bukan karena ngirit budget, sebab abah K sudah menyewa VPS yang siap menampung puluhan blog. Lebih karena kami masih ingin mempelajari kedua platform blog ini, untuk tahu plus-minusnya, sehingga apa yang kami share enggak cuma omong doang.

Plus Memakai Blogspot

  • SEO Friendly

Blogspot merupakan platform andalan keluaran Google. Iya, Blogspot ini anak kesayangannya Google., jadi saat ada yang bilang ngatur SEO di Blogspot susah, abah K langsung komentar; apa iya? Pasalnya, blog kami di blogspot nyaris 90% pengunjungnya organik, meskipun tidak kami optimasi secara serius.

Lantas, kenapa beberapa situs blogsot kalah daam SERP Google? Bukan karena platform blogspotnya, tetapi lebih karena pemiliknya yang malas. Eh. Jangan tersinggung dulu, pengguna wordpress self hosted rata-rata serius optimasinya, enggak cuma membuat artikel SEO friendly, submit ke webmaster tools enggak ketinggalan. Lha kalau pengguna blogspot cuma sekedar posting, ya jelas kalah, dong. 🙂

  • Gampang

Saat pertama kali terjun di dunia blogging, blogspot adalah platform yang paling gampang. Tinggal klak-klik, atur-atur lay out. Jika kebutuhannya hanya pada blog standar, blogspot bisa diandalkan. Fitur blogspot yang tidak terlalu banyak juga memudahkan pemula. Makin banyak pilihan makin bingung, kayak milih suami, makin banyak yang ngelamar makin bikin kepala cenat-cenut, iya to? Wkwkwkwk.

  • Blogspot Bisa Dipasang Google Adsense

Para pemburu dollar Adsense cenderung menggunakan blogspot karena blogspot bisa dipasang iklan Adsense dan tidak terlalu banyak membutuhkan biaya maintainance. Satu poin plus dari blogspot jika dibandingkan dengan wordpress dot com. Yaiyalah, masa wordpress dot com mau diasangin iklan dari lawan bisnisnya. Heuheuu

  • Blogpot Bisa Dipasang Custom Domain

Poin utama kenama kebanyakan blogger menganjurkan untuk menggunakan blogspot bagi blogger pemula adalah karena blogspot bisa dipasang Custom Domain tanpa langkah yang belibet. Dalam setahun kita hanya perlu membayar Custom Domain saja, sekitar 130k, tergantung domain apa yang kita pakai. Platformnya tetap gratis, kita enggak perlu mikir kuota foto, kuota disk space, dll-nya.

Minus Memakai Blogspot

  • Permalink Terlalu Panjang

Permalink blogspot terlalu panjang karena ada tanggal dan tahun terbitnya, sehingga kadangkala memotong bidikan keyword yang seharusnya berada pada permalink secara penuh. Hal ini bisa diakali dengan menaruh bidikan keyword di awal judul, jangan diakhir judul.

  • Enggak Bisa Edit Komentar

Blogger masa kini enggak bisa sekedar post terus ditinggal. Harus memastikan blog benar-benar sehat, entah dari segi spam score, broken link, DA, PA, belum Alexa Rank-nya. Bhahahah. Banyak ya? Nah, salah satu yang bikin kesel karena membuat spam score membengkak adalah adanya broken link di komentar. Di blosgpot enggak ada pilihan untuk edit, adanya cuma satu, hapus! Jadi jika mau membuat blog tetap sehat, kita harus tega menghapus komentar-komentar yang membawa broken link.

  • Fitur Tidak Sebanyak WordPress

Fitur yang sedikit ini bisa masuk ke plus bisa juga ke minus, emak K masukkan ke keduanya. Hahahaha, dasar mamak labil. Jika di WordPress ada tag dan kategori, di Blogspot cuma ada label saja. Jadi label ini berfungsi sebagai tag sekaligus pengkategorisasian. Blosgpot abah K yang punya banyaaaak sekali label membuat emak K puyeng mana saja label yang sudah diatur sebagai kategori dan subs kategori.

  • Terikat dengan Peraturan Google

Sebagai anak kesayangannya Google, Blogspot harus tunduk patuh dalam privacy dan policy-nya Google. Enggak main-main, Google bisa menghapus blogspot tanpa permisi pada blog-blog yang melanggar privacy dan policy-nya. Tetapi tenang, selama tulisan kita berada pada batasan yang telah ditentukan, Google enggak bakalan tega menghapusnya. Terus, tulisan seperti apa yang rawan dihapus oleh Google? Baca saja Privacy dan Policy-nya ya, disitu dijelaskan secara gamblang.

 

Nah, sudah mantab menggunakan platform Blogspot? Next, emak K bakal mengulas wordpress dot com ya. Pengennya sih sekalian disini, tetapi baru membahas blogspot saja sudah nyaris seribu kata. Heuheuuu.

 

 

Blogger Keren; Ia yang tak Sekedar Mengejar Dunia

Blogger Keren; Ia yang tak Sekedar Mengejar Dunia

Kerja dari rumah. Kerjaannya kalau enggak mantengin laptop ya travelling, bikin video review produk, foto-foto, atau curhat di media sosial. Gitu doang, uang mengalir ke rekening, paketan produk rutin datang sampai kurir hafal. What a wonderfull life. Enggak perlu kerja berat, liburan seenaknya, enggak terikat waktu kerja, tetapi kebutuhan primer, bahkan tersier terpenuhi dengan mudahnya.

Stigma yang melekat pada seorang blogger dari orang-orang diluar sana. Biasanya aku iya-iyain saja, padahal di belakang senyum sumringah karena terlihat jalan-jalan dan fota-foto melulu, ada otak yang mendidih memikirkan optimasi blog, analytic, monetize, editing html-css, editing foto, editing video yang cuma satu menit tetapi ngeditnya bisa lima jam sendiri.

Jika enggak kuat dengan proses dan standarnya, godaan untuk mengambil jalan pintas, yang tentu saja tidak berkah, bertebaran dimana-mana. Menjadi #BloggerKeren yang enggak cuma memikirkan dunia, tetapi juga memikirkan akhirat, berat nian~

#BloggerKeren Menghargai Kekayaan Intelektual

Banyak orang yang mengelu-elukan Google Adsense, padahal untuk mencapai pembayaran dalam satu bulan membutuhkan setidaknya 10k trafik perhari. Perhari, Cyn, bukan perbulan. Katakanlah jika satu artikel page one biasanya dikunjungi 50 orang perhari, untuk mencapai trafik 10k perhari, setidaknya dibutuhkan 200 artikel page one. Padahal blog emak K yang masuk page one paling 10% dari jumlah artikel keseluruhan. Masih butuh 1800-an artikel lagi kalau mau Pay In Google Adsense setiap bulan. Hiks, nangis di pojokan.

Segitu banyak artikel yang dibutuhkan, ada programmer yang menawarkan sebuah tools untuk ‘menulis’ artikel yang konon lolos plagiarism check dengan harga 320k. Lengkap dengan penjadwalan posting ke blog. Artikel yang dihasilkan tidak terbatas, terserah yang memakai. Setelah kutelusuri lebih lanjut, ternyata ini mirip AGC, hanya saja jika AGC full copy satu artikel blog lain, tools ini menggabungkan dua-tiga-empat artikel dari blog lain dalam satu artikel.

Kamu ingin misuh?

SAMA.

#BloggerKeren Menghargai Kekayaan Intelektual

#BloggerKeren Menghargai Kekayaan Intelektual

Jika kalah optimasi SEO, blog kita tenggelam, blog orang itu yang page one. Meskipun mungkin umurnya tidak lama karena terendus bau busuknya oleh Googe, tetap saja ngeselin. Untuk membuat satu artikel 500 kata saja kita membutuhkan full konsentrasi dengan membaca berbagai referensi, eh, dia enak-enaknya pakai tools lalu ditinggal tidur.

#BloggerKeren enggak akan memakai tools jahat ini. Jangankan menggabungkan artikel, mengutip paragraf saja memperhatikan etika pencantuman sumber. Menghargai kekayaan intelektual orang lain. ENggan mencuri hasil karya orang lain. Memikirkan akhirat, memikirkan pertanggungjawabannya kelak.

#BloggerKeren Berani Berkata Benar, Meskipun Dibenci Sebagian Orang

Jaman now, kemajuan teknologi yang sangat pesat, ternyata enggak diimbangi dengan kecerdasan teknologi. Saat Bom Surabaya beberapa minggu yang lalu, timeline heboh dengan berita CNN yang menayangkan berita dengan tanggal terbit tiga-empat hari lebih awal dari kejadian. Orang-orang berspekulasi, “Bom Surabaya telah direncanakan, terendus oleh CNN,” bahkan ada judul yang lebih bombastis, “Bom Surabaya adalah pengalihan isu, direncanakan secara matang oleh pemerintah, CNN sudah menayangkan tiga hari yang lalu. Ada apa dengan negeri ini?”

#BloggerKeren Berani Berkata Benar, Meskipun Dibenci Sebagian Orang

#BloggerKeren Berani Berkata Benar, Meskipun Dibenci Sebagian Orang

Padahal itu hanya trik SEO jadul, backdate tanggal postingan. Untuk blogger, hal seperti itu terlihat sepele, mungkin malah terbiasa melakukan backdate saat menerbitkan artikel. Tetapi, bagi sebagian orang, backdate menjadi alat untuk memantik api fitnah, yang barangkali tidak pernah dipikirkan dampaknya oleh pembuat postingan. Aku dan abah K berjibaku untuk mengomentari postingan berbau fitnah ini dengan satu blogpost tentang backdate, membagikan seluas yang kami mampu, meskipun pada akhirnya kami dituduh bani cebong IQ sekolam. Padahal kami enggak tertarik politik babar blas.

#BloggerKeren berani berkata benar meskipun resiko tidak sedikit. #BloggerKeren enggak sungkan menegur jika menemukan sesuatu yang salah. Yang salah saja ditegur, apalagi membuat tulisan yang jelas-jelas fitnahnya, pasti big big no. Memikirkan pertanggungjawabannya berat, jangan sampai menjadi MLM dosa karena membuat tulisan fitnah untuk menyenangkan sebagian orang. No!

#BloggerKeren Tetap Mengedukasi, di Blogpost Berbayar Sekalipun

#BloggerKeren Tetap Mengedukasi, di Blogpost Berbayar Sekalipun

Godaan blogger saat banyak job adalah… membuat postingan seadanya, sekedar untuk menanam backlink, sudah. Yang penting invoice cair, masalah blogpost berguna atu sekedar cuitan enggak jelas, luweh. Pernah? Tenang, emak K juga pernah. HAHAHA. Jadi yang nulis bukan #BloggerKeren, dong? Hiks-hiks, iya, kadangkala menulis sekedar menulis, masalah kelak mempertanggungjawabkannya bagaimana, embuh, tergoda dengan invoice, apalagi kalau lagi krisis. 😀

 

Aku masih proses untuk belajar menulis yang bermanfaat, meskipun di postingan berbayar. Paling berat jika postingan berbayar temanya bukan yang dikuasai. Ingin nolak, tetapi kok sedang butuh uang. Begitulah, masih materialistis.

Aku ingin jadi #BloggerKeren yang tulisannya bisa dipertanggungjawabkan. Jangan sampai kelak di akhirat, malaikat bertanya, “Kamu nulis apa di artikel ini? Kuota internetmu sia-sia. Laptop kamu sia-sia. Waktu kamu sia-sia. Tidak amanah.” Hiks-hiks, ngeri.

#BloggerKeren Tetap Berada di Jalan yang Lurus, Meskipun Menguasai Trik untuk Menikung

YA SALAM! Headingnya sudah kayak judul sinetron belum? Hihihi, macam pacaran saja’ menikung.

Dunia blogger itu sungguh kejam, sama seperti dunia pekerjaan yang lain. Trafik kurang? Bisa memakai boot. Follower kurang? Tukang jualan follower bertebaran, 1k follower cuma 50.000 saja. SEO kalah? Bisa pakai blackhat SEO, tumbangkan artikel lawan memakai tools. Likes kurang? Beli saja, jasa bertebaran dimana-mana. Adsense belum mencapai target? Pakai tools blackhat Adsense, seolah-olah kliknya organik, padahal pakai tools. Itu belum blogger yang ngakalin pemberi job.

Emak K sampai hafal. HAHAHA. Sering menyimak obrolan abah K dan kawan-kawannya sesama programmer, blogger dan publisher adsense membuatku tahu betapa dunia blogger enggak terbatas pada blogger di lingkaran friendlistku yang bersih-bersih. Wkwkwk

Meskipun Menguasai Trik untuk Menikung

Meskipun Menguasai Trik untuk Menikung

Meskipun abah K menguasai trik untuk menikung, abah K masih memikirkan pertanggungjawabannya kelak. Katanya, “Masa anak istriku kukasih makan dengan cara yang tidak halal.”

Sungguh kata-katanya membuatku jatuh cinta untuk kesekian kalinya. Boleh mengidolakan suami sendiri kan? Hihihi. #BloggerKeren selalu berusaha untuk tetap berada di jalan yang lurus, meskipun godaan dimana-mana sangat menjanjikan. Meskipun trik-trik itu mudah dan dikuasainya, dia tetap teguh pendirian.

 

Hampir seribu kata, si K sudah bangun dari tidur siang. Waktu menulis sudah habis. Hihihi. Terimakasih Warung Blogger, dengan menulis ini aku jadi punya standar untuk terus memperbaiki diri. Doakan emak K agar bisa menjadi #BloggerKeren, ya.

 

Salam!

Emak K, deaf Blogger

 

“Tulisan ini diikutsertakan dalam lomba blog Menu7uh Warung Blogger Lebih Baik: Yuk, Jadi Blogger Keren!

Kompetisi Blog Menu7uh Warung Blogger Lebih Baik: Yuk, Jadi Blogger Keren!

Kompetisi Blog Menu7uh Warung Blogger Lebih Baik: Yuk, Jadi Blogger Keren!