Me Time Di Rumah Lebih Rileks dengan Vitalis Body Wash

Me Time Di Rumah Lebih Rileks dengan Vitalis Body Wash

Sepenting apa me time untuk emak-emak? Bagi emak K, penting banget. Apalagi bagi emak yang 24 jam sehari, 7 hari seminggu membersamai anak dan suami, me time adalah kunci agar emak tetap waras.

Menjaga kewarasan seorang Ibu di keluarga kecilku sangat penting. Posisi Ibu merupakan sentral ketentraman keluarga. Entah berapa kali keluarga kecil kami agak ‘panas’ gara-gara emak K lepas kontrol. Ketika kewarasan emak K di titik kritis, sesepele abah K menaruh handuk di kasur sudah membuat emak K ngomel sepanjang hari.

Kejenuhan yang enggak diobati membuatku sangat gampang marah kepada si K. Apalagi masalah rumah tangga itu ada-ada saja, lepas masalah A, datang masalah B, jika emak K enggak mengambil jeda sejenak, si K yang sedang ndusel-ndusel sudah membuat tandukku berdiri dan siap-siap ngomel kepada si K.

Padahal ndusel-ndusel-nya si K itu ekspresi si K untuk mengungkapkan keinginan bermain bareng Ibunya. Iya, jika sedang waras ndusel-nduselnya memunculkan pendar kebahagiaan, jika sedang di titik jenuh, ndusel-ndusel-nya menjadi sebuah ancaman yang harus kuenyahkan cepat-cepat, “Ibu capek, Nang, main sendiri dulu saja sana.”

Pengen sih me time, tetapi pan kami di perantauan. Ayahnya kerja, anak enggak ada yang dititipin. Gimana, dong? Tenang, me time enggak melulu ke luar rumah, kok. Enggak melulu harus meninggalkan anak beberapa jam. Emak K lebih banyak me timenya di rumah. Me time sederhana untuk mengambil jeda sejenak dari rutinitas.

Kadang merasa butuh keluar rumah juga sih, saat jenuhnya sudah ada di ubun-ubun, Tetapi untuk keluar rumah seorang diri tanpa anak, musti kordinasi dengan abah K atau memanfaatkan momen pulang kampung saat si K diajak Budhe atau Neneknya.

Cuma, kan, rasa jenuh enggak menunggu kapan abah K punya waktu atau kapan kami bisa pulang kampung. Dalam kondisi darurat, aku memilih untuk mencukupkan diri me time di rumah. Me time-nya kulakukan saat si K tidur atau jika si K enggak bisa disuruh tidur, aku bakal me time di jam jadwal nonton si K.

Ragam Me Time yang Bisa Dilakukan di Rumah

Menulis

Menulis menjadi salah satu sarana untuk menumpahkan isi otak sejak aku masih SD. Menulis membantuku untuk mengungkapkan kondisi hatiku, seekaligus memetakan masalah yang ada di dalam kehidupanku. Menulis yang menjadi me time adalah menulis yang sesuai dengan keinginan hati lho, ya.

Me Time- Menulis

Me Time- Menulis

Lain hal jika menulis karena terpaksa. Seperti menulis job yang materinya bukan di ranah yang aku kuasai. Kalau aku enggak menguasai dan enggak suka, menulis menjadi kegiatan yang menguras otak dan membutuhkan me time jenis lain. Sering juga menulis yang tidak kusukai malah membuatku malas menulis hingga hitungan hari. Hahaha.

Nge-Teh dan Kudapan

Nge-teh yang terlihat sepele ini ternyata bia membuat otak relaks sejenak. Menghirup aroma teh menjadi aroma therapy yang membuat otak kembali kedalam kondisi alfa. Menyeruput teh sambil menghirup aroma teh sekaligus nafas yang mendalam, memisahkan kita dari hingar-bingar urusan yang tidak kunjung selesai.

Me Time-Nge Teh

Me Time-Nge Teh

Yang aku sukai dari nge-teh adalah sensasi terpisah dari dunia yang serba terburu-buru, slow motion, nikmati hidup, tenangkan pikiran, lemaskan otot. Nge-teh menjadi agenda wajib setiap sore, selepas ashar.

Teh yang dinikmati enggak melulu teh pucuk. Aku justru lebih menyukai teh rempah yang mengandung antioksidan tinggi. Indonesia adalah surga rempah, sayang banget jika kita tidak menikmatinya. Teh rempah yang kusukai antaralain jahe, kayu manis, wedang uwuh, bajigur, bandrex, sekoteng, ronde… ehehehe, banyak juga ternyata, ya.

Nyuci Baju dan Nyuci Piring

Hayo, ada yang ketawa saat baca bagian ini? Hahaha, beneran, nyuci baju dan nyuci piring menjadi salah satu me time yang kunikmati. Nyuci bajunya yang pakai tangan, bukan nyuci baju dengan bantuan mesin ya. Setiap kali emosi tidak terbendung dan rasanya ingin membanting sesuatu, aku memutuskan untuk nyuci baju dan membanting baju sepuas-puasnya.

Menata kembali ritme emosi dan nafas dengan celap-celup baju. Menghapus luka dan rasa kesal dengan sabun, membilasnya dengan air yang sejuk. Nyuci buatku menjadi sarana berkhayal menghapus luka sekerak-keraknya, memang. Kadang kalau sudah nemen, aku membayangkan mencuci orang yang membuatku kesal.

Mandi Plus-plus

Mandi bagi emak yang mempunyai anak balita adalah sebuah kemewahan. Tanya saja mak-emak yang baru punya anak balita, tuh, mandi lima menit tanpa digedor-gedor bocah sudah bak menemukan berlian kebahagiaan. Apalagi di saat anak usia 1-3 tahun, ditinggal buang air kecil saja drama.

Makanya, mandi menjadi sebuah barang mewah bagi emak-emak, yang jika ada kesempatan bakal dimanfaatkan dengan mandi sepuas-puasnya. Plus mandi busa, plus luluran, plus skincare-an, kalau perlu mandi parfum agar wanginya menyerap ke pori-pori.

Me Time- Mandi

Me Time- Mandi

Pak-bapak suami, coba deh, pulang kerja kasih istri kesempatan untuk mandi tanpa diganggu teriakan si kecil. Paling cuma 30 menitan saja, kok. Biarkan Ibu yang seharian mengurus anak-anak, berhadapan dengan minyak dan bau bawang, bergelut dengan ompol dan segala printilam bocah, merefresh kembali badannya, agar ia merasa cantik kembali di hadapanmu.

Mbayangin suaminya di kantor ketemu cewek cantik itu bikin insekyur. Meski katakanlah suaminya setia, enggak neko-neko, selalu menundukkan pandangan, tetapi, ehm… fitrahnya perempuan selalu ingin menjadi yang paling cantik di mata suami. Makanya, beri waktu pada istri untuk menikmati perawatan diri.

Aku suka mandi lama-lama dengan busa sabun yang melimpah-ruah. Kalau sedang menginap di hotel dan ada bathup, aku akan berendam. Sayang, terakhir menginap di hotel Jogja, aku belum mengenal Vitalis Body Wash yang memiliki busa melimpah ruah dan wangi yang membuat otak relaks, jadi belum mengalami sensasi #MandiKeharuman. Sabun hotel kurang banget untuk membuat busa se-bath up penuh. Heuu.

Di rumah aku sudah merasa lebih dari cukup me time mandi parfum dengan Vitalis Body Wash. Aku menyukai busanya yang melimpah-ruah. #MandiParfum yang membuat otak relaks dan hati tenang. Aku menikmati busa yang menyentuh kulitku dengan lembut, membiarkan wangi parfum mengirimkan sensasi relaks ke otak, memberikan kesempatan kepada pori-pori kulitku untuk menyerap moisturizer agar kulitku senantiasa lembab dan segar.

Vitalis Body Wash, Memadukan Moisturizer dan Wangi Parfum dalam Busa Melimpah-Ruah

Vitalis Perfumed Moisturizing Body Wash adalah sabun kecantikan keluaran Unza Vitalis yang merupakan produsen parfum terkemuka. Sampai sekarang aku menyukai parfum Vitalis Body Scent Blossom, parfum legendaris yang dipilihkan abah K saat masih pengantin baru. Parfum legendaris yang menyimpan romatika pernikahan kami.

Vitalis Body Wash

Vitalis Body Wash

Ya, produk Vitalis sudah menyentuh sisi melankolisku. Makanya aku excited banget ketika menemukan Vitalis Body Wash yang menggabungkan parfum dan high quality moisturizer dalam satu produk. Wanginya dapet, sehat kulitnya dapet. Vitalis Body Wash menawarkan 3 varian dengan keunggulan berbeda yang bisa kita pilih sesuai kesukaan dan kebutuhan kulit kita.

Vitalis Body Wash Varian White Glow

Vitalis memanjakan mereka yang ingin mencerahkan kulit dengan vairan White Glow. Ekstrak licorice mengandung glabidrin, mampu menghambat kerja enzim tirosinase yang fungsinya membentuk melamin. Berkat itulah kulit pun akan tampak cerah alami. Enggak cuma Licorice, Vitalis Body Wash Varian White Glow juga diperkaya dengan susu.

Vitalis Body Wash White Glow

Vitalis Body Wash White Glow

Parfum yang digunakan untuk varian ini mempunyai top note dengan aroma fruity dari paduan manisnya Cherry, Raspberry, disusul dengan wangi Marshmallow Gardenia yang lembut dan elegan, dibungkus dengan Kombinasi Woody Suede yang glamour dan long lasting. Kombinasi yang cantik untuk kamu yang menginginkan kulit cerah dan wangi glamour dan long lasting.

Vitalis Body Wash Varian Fresh Dazzle

Skin Refreshing menjadi tagline pilihan untuk varian Vitalis Body Wash Fresh Dazzle. Memberikan kesempatan kepada kulit untuk kembali segar, halus dan lembut. Varian favorit emak K yang hari-harinya dipenuhi bau bawang, minyak dan jus sayur sekaligus keringat hasil menemani si K main perang-perangan dan seabrek aktivitas lainnya. Hahaha

Vitalis Body Wash- Fresh Dazzle

Vitalis Body Wash- Fresh Dazzle

Yuzu Orange, jeruk dari Jepang yang bermanfaat untuk mencegah penuaan dini ini menyegarkan kulit kita bareng anti oksidan Green Tea. Wanginya paduan Bergamot, Floral Bouqet dan Musk Amber. Sederhananya, Varian Fresh Dazzle ini menyegarkan kulit dan membawa otak kita pada kesegaran kebun teh di pegunungan yang dikelilingi bunga warna-warni.

Vitalis Body Wash Varian Soft Beauty

Vitalis Body Wash varian Soft Beauty membawa kesegaran alpukat yang melembutkan kulit. Alpukat adalah salah satu masker favorit emak K, ia menimbulkan kesan kenyal pada kulit yang seharian terpapar sinar matahari. Bergandengan tangan dengan Vitamin E, ekstrak Avocado membuat kulitmu terasa lembut, kenyal dan halus.

Vitalis Body Wash Soft Beauty

Vitalis Body Wash Soft Beauty

Gabungan wangi segar dari Fruity Aldehydic, Feminine-nya Rose & Violet, dan manisnya Tonka Bean dan Sandalwood mengingatkanku pada sejuknya udara kebun stroberi yang dikelilingi bunga di lereng Gunung Ungaran.

Emak K Enggak Sabar Travelling bareng Vitalis Body Wash

Mimpiku untuk berendam di bath up dengan busa melimpah ruah dan aromatherapy yang menyegarkan otak rasa-rasanya sangat dekat setelah aku mengenal Vitalis Body Wash, terutama varian Fresh Dazzle. Nge-refresh pikiran dengan travelling sekaligus refresh kulit dengan berendam di bath up bareng Vitalis Body Wash Fresh Dazzle sungguh membuaku merasa relaks.

Ngebayangin doang sudah seneng euy, mari berburu voucher hotel yang ada bath up-nya. Hahaha.

Selain busanya yang melimpah ruah dan wangi parfumnya yang memanjakan otak, Vitalis Body Wash unggul dalam packaging-nya. Packagingnya travel friendly. Tutup botol Vitalis Bodywash sangat praktis dan mencegah tumpah.

Aduh, emak K kesulitan mendeskripsikan tutup botolnya. Ini jenis tutup flip, tapi bukan flip top yang tutupnya membuka. Tutup botol Vitalis Body Wash memungkinkan kita untuk menuang sabun dengan cepat, cukup dengan satu kali pencet dan tutup akan membuka pada sisi satunya.

Kelebihan Vitalis Body Wash

Kelebihan Vitalis Body Wash

Tutup model begini akan mencegah kita untuk menuang sabun terlalu banyak sekaligus mencegah tumpah ketika kita lupa menutup kembali. Tahu banget ya gimana memanjakan konsumen yang ingin menikmati mandi lebih lama dan relaks tanpa urusan tumpah-tumpahan.

Vitalis Body Wash tersedia dalam dua jenis pilihan kemasan, botol dan refill. Kita tinggal memilih sesuai kebutuhan. Untuk keperluan travelling, emak K menyarankan memilih Vitalis Body Wash kemasan botol 100 ml. Cukup mungil ditaruh di pouch keperluan pribadi. Agar menghasilkan busa yang melimpah ruah, dianjurkan untuk menuangkan Vitalis Body Wash ke dalam sponge mandi.

Meski terkesan premium dengan wangi yang berkualitas tinggi, harga Vitalis Body Wash cukup terjangkau. Di sebuah marketplace Vitalis Body Wash kemasan botol 100 ml hanya 9k dan 12k untuk kemasan botol 200 ml.

Ada yang memasukkan mandi sebagai me time favoritnya, Mak? Jangan lupa nyoba Vitalis Body Wash, ya, siapa tahu me time-nya lebih relaks dan siap menghadapi ‘kejutan’ dari anak.

Sakit Gigi Geraham Bungsu Berulangkali, Jangan-jangan Impaksi

Sakit Gigi Geraham Bungsu Berulangkali, Jangan-jangan Impaksi

Impaksi, terhambatnya proses erupsi gigi secara menyeluruh atau sebagian. Dalam bahasa awamnya, gigi tidak tumbuh sempurna karena ada sesuatu yang menghalangi tumbuhnya. Entah karena posisi tumbuh gigi yang horisontal sehingga menabrak gigi di sebelahnya, entah karena enggak cukup tempat sehingga gigi tenggelam.

Setahun yang lalu, aku merasakan sakit gigi luar biasa sampai kesulitan untuk membuka mulut. Rahang seperti terkunci di ujung. Padahal enggak ada bengkak, enggak ada infeksi. Kalau mulut mangap, bakal ada bunyi gemeretak di ujung rahang. Krak-krak. Nyerinya sampai kekepala dan telinga, aku bawa ke dokter dikasih obat pereda nyeri. Tiga harikonsumsi obat, perlahan membaik dan aku yakin aku baik-baik saja karena struktur gigi tumbuh lurus ke atas.

Aku pikir, ini hanya sakit karena gigi bungsu mulai tumbuh dan drama-nya sudah selesai.

Ternyata belum.

Leher Kaku tanpa Sebab, Waspada Impaksi

Saat pulang kampung Desember lalu, aku merasakan leher kaku parah. Teyeng, kalo orang Jawa bilang. Aku masih positive thinking kalau leher kaku mungkin adalah efek detoks karena aku baru memulai food combining. Seminggu lebih tidak kunjung membaik, aku pun penasaran karena reaksi detoks biasanya enggak lebih dari seminggu. Masa kolestrol? Aku terus bertanya-tanya, masa sudah menerapkan pola makan sehat food combing, aku malahterkena kolestrol?

Januari 2019, saat pulang ke Salatiga aku langsung cek darah dilaborat dan dinyatakankalau kolestrolku aman, begitu juga dengan asam urat dan lainnya, hanya gula darahnya yang di bawah normal. Lega?Pasti, tetapi kelegaan enggak berlangsung lama karena leher kaku kembali menyapa meskipun enggak separah Desember 2018.

Browsing-browsingterkait leher kaku, er… malah ketemu diagnosis horor yang bikin aku kayak terserang anxiety. Hahaha. Akhirnya stop browsing dan menjaga pola makan sehat, tetapi tetep, leher kaku masih menyapa dengan sejuta tanya yang kupendam, cek darah menunjukkan semuanya baik-baik saja, lha terus ini leher kaku kenapa?

Infeksi Gusi dan Misteri Impaksi yang Terkuak

Agustus 2019, sepulang dari plesiran di Jogja, aku mengalami infeksi gusi terparah yang membuatku ndremimil nyebut sepanjang hari,nangis kebingungan semalam suntuk. Nyerinya enggak ketulungan, sampai kepala, telinga dan tulang belakang. Gusi kiri paling ujung bengkak parah, sampai ada gusi tumbuh ke arah geraham samping.

Jika tahun 2018 aku masih bisa mengunyah, sakit gigi Agustus 2019 ini membuatku enggak bisa mengunyah karena ada gusi tumbuh ke atas, lalu menyamping di gigi geraham yang bisa kegigit kalau aku mingkem. Mingkem aja kegigit dan sakit, apalagi kalau mengunyah, double sakitnya.

Aku sudah berusaha menyuplai dengan vit c dari jus nanas, jus apel dan madu, juga jus wortel murni agar gusi bengkak segera usai, namun ternyata enggak membantu. Karena enggak tahan dengan nyerinya, abah K mengajakku ke klinik Nadira, Tirtoagung. Drg Ryan menyuruhku untuk photo Panoramic di Lab IBL. Beliau menduga jika penyebab infeksi yang lumayan parah ini adalah impaksi gigi bungsu. Aku membawa sejumlah resep untuk radang, anti nyeri dan antibiotik untuk 5 hari ke depan, dan kembali lagi ke klinik untuk dibacakan hasil Panoramicnya dan rekomendasi tindakan selanjutnya. Antibiotiknya harus habis.

Pekan selanjutnya,aku pulang ke Salatiga karena enggak sabar sakit gigi tidak kunjung udahan dan obat anti nyerinya sudah habis. Aupun ke dokter gigi di Klinik Sehat, faskes tingkat 1 BPJS yang kupakai. Baru 5 menit di ruangan, dokter Tuti langsung mengultimatum untuk bedah mulut dengan bius total, mencabut 4 gigi geraham bungsuku.

Impaksi Gigi

Impaksi Gigi

Aku shock, lha wong gigi bungsuku lurus-lurus saja. Aku pulang dengan membawa surat rujukan ke spesialis bedah mulut RSUD Salatiga. Pagi harinya, ditemani abah K aku menuju ke spesialis bedah mulut, eee, belumada satu menit duduk, si Ibu langsung mengultimatum bedah mulut dengan bius total minggu depan. Shock? Banget.

Aku meminta abah K untuk balik ke Semarang, bertemu dengan drg Ryan untuk meminta second opinion. Drg Ryanternyata juga sependapat dengandua dokter sebelumnya, lebih baik dicabut daripada menimbulkan efek samping lain karena gigi bungsu sangat dekat dengan syaraf-syaraf lain. Aku bertanya bagaimana kalau enggak dicabut, drg Ryan menjawab dengan ramah, “Nanti Mbak sakit seperti kemarin, berulang-ulang, itu obatnya hanya satu, cabut.”

Drg Ryan sempat menjelaskan jika gigiku memang tumbuh lurus ke atas, namun tidak ada ruang sehingga tidak bisa tumbuh sempurna dan tenggelam di dalam gusi. Sepulang dari Klinik Nadira tempat drg Ryan praktik, aku mantab mengambil tindakan operasi bedah mulut dan mempersiapkan asupan pra operasi. Pernak-pernik operasi gigi dengan bius total, bakal aku ceritakan di next blogpost, ya. Emak K mau domestikan dulu. Heuheuu

Modifikasi Gaya Hidup Pasien GERD ala SehatQ.com

Modifikasi Gaya Hidup Pasien GERD ala SehatQ.com

GERD, gastroesophageal reflux disease, penyakit yang lebih dikenal sebagai asam lambung, ditandai dengan naikya asam lambung ke kerongkongan secara berulang. Orang dengan GERD (ODG) umumnya juga merasakan heart burn, perut begah, pada gejala yang parah, ODG juga merasakan detak jantung yang sangat cepat hingga lebih dari 150 kali permenit.

Saat abah K mengalami GERD, daku stress parah. Bingung mau periksa kemana, bingung kepada siapa harus bertanya, bingung mana yang bisa aku lakukan untuk ikhtiar penyembuhannya diantara segambreng ikhtiar penyembuhan GERD yang disarankan oleh orang-orang. Semakin banyak anjuran, semakin stress rasanya.

Diperparah dengan artikel yang cenderung membuat hati kebat-kebit saking horornya. Plus, anxiety, kekhawatiran berlebihan yang menyertai abah K pada saat awal-awal GERD menyerang, membuatku semakin enggak bisa berfikir jernih kemana harus periksa. Lha piye, ke UGD dokternya bingung, wong terlihat sehat-sehat saja, loh. Mau ke spesialis, spesialis apa yang harus dituju juga enggak ngerti.

Saat kami ke spesialis penyakit dalam, dokternya terlihat kurang memuaskan dalam menjawab keluhan penyakit abah K. Sampai-sampai aku bertanya-tanya, sebenarnya ini sakit apa? Jaman itu, kami belum mengenal SehatQ.com, situs kesehatan yang menyediakan tanya-jawab dokter, artikel kesehatan, rekomendasi dokter hingga informasi seputar penggunaan obat. Kami mencari dengan bertanya kesana-kemari, mengunjungi orang-orang yang pernah menulis tentang keluhan yang sama dengan abah K.

Hingga akhirnya kami memilih untuk berikhtiar mengubah gaya hidup dengan pola makan food combining khusus GERD. Pola makan super ketat yang memperbaiki GERD dari akar masalahnya; usus. Ternyata, pola banyak teman yang enggak sanggup melaksanakan pola makan food combining karena merasa sangat sulit meninggalkan pola makan yang sudah mendarah daging.

Modifikasi Gaya Hidup Pasien GERD ala SehatQ.com

Membaca artikel tentang modifikasi gaya hidup pasien GERD ala sehatQ.com, daku merasa bahwa apa yang ditulis oleh SehatQ.com sudah dilakukan dalam food combining, tetapi modifikasi gaya hidup pasien GERD ala SehatQ.com jauh lebih longgar. Modifikasi yang bisa dilakukan oleh pasien GERD ala SehatQ.com antaralain:

  • Hindari makanan yang meningkatkan keasaman lambung. Makanan bersantan, durian, nangka, tape, ketan, merupakan makanan yang meningkatkan keasaman lambung.
  • Hindari makanan yang menurunkan tekanan sfingter esofagus bawah. Hindari makanan yang memengaruhi peristaltik (gerakan otot saluran pencernaan), seperti kol rebus, kol lebih baik dimakan dalam keasaan mentah.
  • Hindari makanan yang memperlambat pengosongan lambung, seperti makanan yang berlemak. Pada pola makan food combining khusus GERD, ODG pantang memakan makanan berminyak pada 3 bulan pertama FC khusus GERD.
  • Hindari makanan besar, kunyahlah makanan dengan baik dan lembut. Ini mungkin maksudnya makan makanan dalam jumlah yang banyak.
  • Hindari merokok
  • Hindari berbaring setelah makan
  • Tinggikan bagian kepala tempat tidur
  • Menurunkan berat badan jika kelebihan berat badan

SehatQ.com, Sahabat Kesehatan Keluarga yang Lengkap

Dibandingkan sebagai asisten, SehatQ.com lebih terasa menjadi sahabat keluarga untuk mencapai goal keluarga sehat. SehatQ.com merupakan layanan kesehatan digital, yang memudahkan kita untuk mengakses apapun tentang kesehatan yang terpercaya, hanya dengan ponsel dalam genggaman.

SehatQ.com didukung oleh team dokter dan team content writer mumpuni yang bisa mempertanggungjawabkan isi dalam situs SehatQ.com. Artikel dan direktorinya cukup lengkap. Sampai tulisan ini ditulis, SehatQ.com sudah memiliki 2297 Direktori Artikel, 1216, , Ensiklopedia Penyakit & Obat, 7329 Direktori dokter, 2141 Direktori Fasilitas Kesehatan.

 

SehatQ.com

SehatQ.com

SehatQ.com memungkinkan kita untuk live chat dan bertanya jawab dengan dokter tentang apa-apa yng ingin kita ketahui untuk kemudian meminta rekomendasi tindak lanjut. Selain merekomendasikan tindak lanjut, sehatQ.com juga akan merekomendasikan dokter apa yang harus dikunjungi, kapan harus mengunjungi dokter, dam dokter siapa saja yang bisa kita pilih.

Pada direktori obat, kita bisa mencari apakah obat yang kita konsumsi memiliki efek samping atau tidak, bahkan kita bisa mencari sendiri apakah penyakit kita pantang mengkonsumsi obat tertentu. Berbicara soal obat, aku langsung teringat kejadian menyebalkan saat Ramadan, abah K salah minum obat paracetamol dosis tinggi dan membuat GERDnya semakin parah.

Kita bisa follow akun media sosial SehatQ.com untuk menambah wawasan kesehatan kita agar kita tidak ceroboh dalam memperhatikan kesehatan keluarga. Emak K sudah follow, lho, ada yang mau ikutan?

IG: @sehatq_id
TW: @sehatq
FB: SehatQ
Hijrah dari yang Termudah Bersama Pasta Gigi Halal Sasha

Hijrah dari yang Termudah Bersama Pasta Gigi Halal Sasha

Marhaban ya Syahru Ramadan. Apa kabar akhir Ramadanmu, Mak? Riweh dengan printilan mudik? Atau jangan-jangan sudah siap-siap bebikinan kue untuk menyambut lebaran? Apapun itu, semoga Ramadan ini berlimpah berkah dan maghfirah.

Dulu, setiap menjelang Ramadan,Yai selalu dhawuh untuk menjadikan Ramadan sebagai momentum memperbaiki diri. Waktunya pas, pas berada di bulan maghfirah, bulan dimana Ampunan Robbuna berlimpah, waktu mustajab untuk berdoa bertebaran, dan suasana sekitar mendukung untuk berbenah dalam ketaatan.

 

Sepanjang tahun ini,apakah kita pernah mengingat-ingat dosa kita kepada-Nya, lalu menyesalinya dan memohon ampun kepada-Nya dengan sepenuh hati dan jiwa? Sepanjang tahun, pernahkah kita menyadari kenikmatan hidup, mensyukuri dan berserah diri kepada-Nya?

 

Jika belum, Ramadan menjadi momentum yang tepat, inilah saatnya untuk hijrah.

 

Tanpa menunggu nanti, tidak kenal tapi. Jika bukan Ramadan ini, mau hijrah kapan lagi?

 

Hijrah, dhawuh Yai, ada dua macam. Hijrah zahir, fisik, seperti kanjeng Nabi hijrah dari Makkah ke Madinah, hijrah yang berpindah tempat. Hijrah yang kedua, hijrah spiritual, berpindahnya keadaan jiwa ke arah yang lebih baik. Saking pentingnya Ramadan sebagai momentum untuk hijrah, Yai sudah sounding Ramadan semenjak bulan Rajab dengan kidung-kidung setiap ba’da adzan, “Allahumma Bariklana, Fii Rajaba wa Sya’bana, wa balighna ramadhana.”

“Alon-alon wae, sithik-sithik. Saiki ditekuni sholat wajib, wulan ngarep ditambah sholat dhuha rong rekaat. Yen wis istiqomah, nambah maneh. Dhawuh Yai, menyarankan kami untuk berubah sedikit demi sedikit. Sekarang ditekuni sholat wajib, bulan depan ditambah sholat dhuha dua rekaat.Kalau sudah istiqomah, baru ditambah lagi.

Hijrah dimulai dari yang termudah. Definisi mudah setiap orang berbeda. Siapa yang bisa menentukan sejauhmana perubahan yang harus ditempuh? Kita sendiri, ukur kemampuan sendiri. Jika mampunya tilawah selembar, jangan dipaksakan tilawah lima juz dalam sekali duduk.

Kala itu emak K masih nyeleneh,sekarang juga masih, ding. Wkwkwk. Yai tahu kalau aku belum kuat untuk sholat sunnah tahajud 8 rekaat, lha wong dzikir ae keturon, Rek, apalagi mau langsung perubah drastis sholat tahajud,witir, langsung lanjut tilawah sehari 5 juz. Mbayangin doang sudah remuk badanku. Makanya disarankan dhuha dulu 2 rekaat sampai istiqomah dan menjadi habbit yang mandarah daging baru menambah amalan lain.

Apakah hijrah hanya terkait dengan amalan yang terlihat seputar sholat, jilbab, puasa, tilawah dan amalan lain? Apakah hijrah hanya seputar dulunya enggak berjilbab,sekarang berjilbab? Dulunya pakai style jilbab A, sekarang berubah menjadi style jilbab B?

Enggak. Makna hijrah itu luas. Pada bulan Ramadhan ini misalnya, kita bisa hijrah dengan menahan jari-jemari untuk mencaci-maki dan menebarkan berita bohong. Memulai makan dengan basmallah setelah sebelumnya asal samber. Istighfar setiap melihat anak yang sedang tantrum setelah sebelumnya ingin njedotin kepala setiap kali anak tantrum. Hahaha, yang terakhir pengalaman pribadi, ya Mak?

Saking luasnya makna hijrah, seluas makna ibadah dalam islam, hijrah tidak mengenal kata berhenti kecuali mati. Ya, hijrah hanya bisa dihentikan oleh datangnya malaikat untuk mencabut nyawa.

Sedikit-dikit, aku mulai memperhatikan apapun yang dikonsumsi oleh keluarga harus halal dan thayyib. Mulai menggunakan produk halal sebisa mungkin.  Termasuk urusan pasta gigi. Lhoh?

Bulan Ramadan sangat dianjurkan untuk sikat gigi setelah sahur. Aku jadi ingat dhawuh Ustadz Ma’ruf Khozin, bahwa sangat dianjurkan untuk membersihkan gigi sesudah makan sahur untuk menghilangkan sisa-sisa makanan di sela-selagigi yang berpotensi tertelan saat kita makan.

Dulu, sih, kanjeng Nabi membersihkannya dengan siwak. Siwak pada masa itu bisa berupa kayu Arok (Salvadora persica), dahan pohon kurma, pohon zaitun, pohon yang berbau wangi, dan urutan terakhir ialah semua jenis pohon kayu dan benda lain yang memiliki tekstur yang kasar.

Diantara bermacam alat untuk bersiwak tersebut, Kayu Arok (Salvadora Persica) lah yang paling utama karena mempunyai rasa dan bau yang sedap serta serabut-serabut kecil yang mampu membersihkan sela-sela gigi.

Apakah kita harus bersiwak dengan kayu Arok untuk mengikuti sunnah Nabi? Iya, di-sunnahkan, tetapi karena ribet bersiwak dengan menggunakan kayu Arok, emak K memilih untuk mengambil yang paling ringan, sekedar untuk membersihkan gigi.

Pasta Gigi Sasha

Pasta Gigi Sasha

Tetapi itu dulu, sekarang ada Pasta Gigi Sasha yang mempunyai kandungan siwak asli. Ehm, maksudnya, siwak kayu Arok yang dianjurkan kanjeng Nabi. Kita bisa merasakan manfaat siwak kayu Arok seperti yang dipakai kanjeng Nabi tanpa harus ribet dengan kayu.

Asik nih, Ramadan gini Hijrah Bareng Sasha dengan sikat gigi menggunakan pasta gigi yang mengandung siwak setiap selepas sahur agar bau mulut lebih segar dan gigi bersih. Robbuna menyukai ummat yang bersih daripada ummat yang abai dengan kebersihan diri.

Siwak Salvadora Persica yang terkandung dalam Sasha Toothpaste Pasta Gigi Halal ini mampu membunuh bakteri, menghilangkan plak mencegah gigi berlubang serta memelihara gusi.

Mengantongi sertifikat halal sejak 2012 dengan nilai Excellent dari LPPOM MUI, Pasta Gigi Halal Sasha menyediakan dua variant yang bisa kita pilih sesuai dengan kebutuhan. Sasha Toothpaste Herbal Anti Bacterial dan Sasha Toothpaste Whitening.

Pasta Gigi Sasha Herbal Anti Bacterial

Pasta Gigi Sasha Herbal Anti Bacterial

Sasha Toothpaste Herbal Anti Bacterial terbuat dari siwak dan esktrak daun sirih untuk membunuh bakteri penyebab plak dan bau mulut, juga membuat nafas segar dan tahan lama. Cocok untuk sikat gigi selepas sahur nih,emak K suka dengan kesegaran baunya.

Pasta Gigi Sasha Whitening

Pasta Gigi Sasha Whitening

Sementara, Sasha Toothpaste Whitening terbuat dari serbuk siwak, lemon dan garam. Sasha Toothpaste Whitening memberikan perlindungan ganda dan membuat gigi tampak lebih putih.

Masing-masing variant tersedia dalam kemasan 65 gram seharga Rp.7500 dan kemasan 150 gram seharga Rp.15.000. Bisa kita dapatkan di marketplace, beberapa supermarket juga sudah menyediakan Pasta Gigi Halal Sasha.

Penasaran? Cuss, kepoin:

IG : @sashaindonesia

Facebook: Sasha Pancaran Aura Islami

Obat Batuk Berdahak Tradisional yang Aman untuk Lambung

Obat Batuk Berdahak Tradisional yang Aman untuk Lambung

Sejak peristiwa keracunan obat warung pada abah K yang sedang berjuang menyembuhkan GERD hingga membuat gejala GERD-nya kembali menyerang, kami harus berpikir 3 kali sebelum menggunakan obat kimia. Aku mencari informasi di Grup Sehat dengan Food Combining untuk mencari obat batuk berdahak tradisional yang aman untuk lambung.

Batuk berdahak sangat mengganggu aktifitas. Kami sekeluarga lebih memilih untuk hometreatment menyembuhkan batuk berdahak dengan menggunakan ramuan tradisional terlebih dahulu. Jika 3 hari menggunakan ramuan tradisional belum sembuh, baru ke dokter untuk observasi medis. Itu pun kalau ternyata cuma batuk berdahak biasa, kami tidak menebus obat kimia dari dokter, mbalik ke ramuan tradisional lagi karena lambung abah K yang sensitif dengan obat kimia.

Efek obat kimia ke penderita asam lambung, luka usus dan GERD enggak main-main. Pada abah K,obat kimia jenis paracetamol membuatnya kembali mengalami anxiety dan refluks sebagaimana yang ia alami saat GERD sedang menyapanya dengan akrab.

Rasa sesak di ulu hati bersarang hampir satu minggu. Padahal sebelumnya abah K sudahterbebasdari gejala GERD yang mengganggu tersebut. Kami harus memulai treatment FC ketat dari awal lagi untuk menyembuhkan GERD. Huhuhu, sekarang kalau mau minum obat kimia harus berpikir ribuan kali.

Tahun 2017, aku pernah menulis 5 Obat Batuk Berdahak Tradisional Andalan Keluarga yang menggunakan bahan-bahan di sekitar rumah. Kali ini aku menulis mengatasi obat batuk berdahak dengan menggunakan bahan tradisional yang agak berbeda ramuannya dengan tulisan yang telah lalu. Agak lebih ribet yang dalam tulisan ini, tetapi efeknya lebih manjur dan aman untuk lambung.

Ramuan Obat Batuk Berdahak Tradisional yang Aman untuk Lambung

Ramuan ini kami dapatkan dari ibu Anung Nur Rachmi, pengasuh grup Sehat dengan Food Combining. Bapak mertua yang biasanya batuk berdahak berkepanjangan,padahal sudah konsumsi berbagai obat kimia dari dokter hingga obat warung, bisasembuh dengan menggunakan ramuan obat batuk berdahak ini.

Amankah untuk asam lambung? Alhamdulillah,abah K dan Bapakmertua yang mempunyai gejala GERD aman ketika menggunakan ramuan obat batuk berdahak tradisional ini.

Ada empat bahan utama dalam membuat obat batuk berdahak tradisional yang aman untuk lambung, antaralain: satu ruas kunyit, satu ruas kencur, satu iris jeruk nipis dan satu sendok madu asli. Madunya harus madu asli tanpa campuran ya, jangan menggunakan madu pabrikan yang sudah tercampur dengan gula. Adanya gula dalam madu bisa menyebabkan batuk semakin menjadi.

Cara membuat obat batuk berdahak tradisional yang aman untuk lambung membutuhkan ketelatenan tingkat tinggi. Perut dan kunit diparut, lalu disaring dan peras tanpatambahan air. Setelah itu peras seiris jeruk nipis dan beri sesendok madu. Aduk rata. Minum 2 kali sehari selama 2-3hari. Karena kami pelaku Food Combining, kami meminumnya setelah makan siang, sore dan setelah makan malam.

Selain treatment dengan ramuan tradisional, kami juga ikhtiar dengan memperbanyak konsumsi buah nanas manis di jadwal sarapan pertama. Harus manis, ya,sebab kalau nanasnya agak kecut bisa memicu asam lambung dan menyebabkan refluk. Nanas di sarapan buah pertama ini kami konsumsi sampai batuknya benar-benar hilang.Kalaumalas ngunyah, nanas boleh dijus.

Saatbatuk berdahak, tubuh terasa tidak nyaman dan makan terasa tidak enak. Untuk mengatasi hal ini,kami memperbanyak jus sayur dan buah agar asupan nutrisi tetap terpenuhi. Jika biasanya jus sayur hanya satu kali waktu malam menjelang tidur. Saat batuk berdahak menyerang, jus sayur bisa 3 kali dalam sehari.

 

Pencarian Terkait:

  • obat batuk alami
Buka Puasa Simpel ala Food Combining

Buka Puasa Simpel ala Food Combining

Marhaban ya Ramadhan, Marhaban Syahrus-siyam. Selamat datang duhai bulan Ramadhan, bulan dimana keberkahan berlipat-lipat. Sudah lima bulan kami menjalani Food Combining, Alhamdulillah abah K semakin sehat dan hidup mulai produktif. Bulan puasa ini kami tetap ber-food combining ria. Sebelum bulan Ramadhan, kami sempat menjalani puasa beberapa minggu ala food combining, emak K jatuh cinta dengan puasa ala food combining yang super simpel, baik saat buka puasa maupun saat sahur.

Prinsip utama food combining adalah makan dengan menyesuaikan siklus sikardian tubuh. Buah di pagi hari, dan memisahkan karbo dengan protein hewani saat makan siang. Jika makan siang menggunakan karbohidrat, maka pantang didampingi lauk hewani, jika makan siang dengan lauk hewani, maka karbohidrat harus ditendang jauh-jauh.

Secara umum, saat melakoni Food Combining, kami minum perasan jeruk nipis saat bangun tidur, makan buah sampai 1 jam sebelum makan siang, makan siang dengan menu protein hewani dan sayur tanpa karbo, kudapan kacang-kacangan di sore hari dan makanmalam dengan menu protein nabati, sayur dan kabohidrat. DItutup dengan segelas us sayur 30 menit sebelum tidur.

Buka Puasa Ala Food Combining

Buka Puasa Ala Food Combining

Sahur ala Food Combining

Sahur ala food combining adalah sahur yang memanjakan Ibu. WKwkwk, gimana enggak, kita cukup menyiapkan perasan jeruk nipis hangat,buah dan air putih. Kami biasanya makan 2-3 porsi buah setiap sahur plus 1 geas jus buah. Air putih 2-4 gelas besar enggak boleh ketinggalan. Sepanjang melakukan puasa ala food combining, aku merasa lemas ketika kurang minum. Kalau buah porsi mini tidak begitu ngaruh.

Buka Puasa ala Food Combining

Buka puasa ala food combining adalah buka puasa tersimpel yang pernah kulakukan. Lha hal-hal ribet berbahan susu, sirup, santan justru hal yang dianjurkan untuk dihindari dalam puasa ala FC. Emak K enggak makan sup buah, es teller dll, dong? Sesekali, Sis, kalau pengen ya bikin. Tetapi enggak dijadikan default. Makanya puasa kami selow.

Buka puasa ala FC dibuka dengan segelas air putih, buah dan atau jus buah, ditutup dengan segelas air putih lagi. Lalu sholat maghrib. Biasanya kami memakan buah 1 porsi yang terdiri dari 2 macam buah. Kalau lagi malas sih cukup dengan segelas jus buah tanpa gula.

Selepas sholat maghrib, kami baru makan. Ada beberapa teman yang memutuskan untuk makan setelah tarawih, tetapi kami memilih untuk makan sebelum tarawih. Enggak kuat laper, wkwkwk. Menu makan sesuai dengan juklak FC. Ada dua pilihan, yakni makan karbo, sayur dan protein nabati atau sayur, potein nabati dan protein hewani. Kalau kami memilih untuk makan karbo, sayur dan protein nabati selama puasa.

Sebelum makan kami awali dengan segelas air putih, selang 5 menit kemudian makan dan setelah makan, minum lagi segelas air putih. Sebenarnya bebas saja mau minum air putihnya kapan, tetapi untuk menjaga agar tubuh tidak kekurangan mineral kami membuat jadwal minum air putih.

30 menit menjelang jam tidur atau selepas tarawih, kami minum segelas jus sayur. Jus sayur kesukaan kami adalah kombinasi timun-wortel-sledri, timun-kacang panjang, timun-sledri, wortel-kacang panjang, atau wortel-sledri-bunci. Seger, loh.

Review Puasa Ala FC

Selama menjalani puasa ala FC, kami bisa melakukan aktivitas seperti biasa. Kunci utama kuatnya puasa ala FC ada di asupan air putih yang cukup saat sahur. Jadi kami sengaja memulai sahur lebih awal karena kami bisa makan buah selama 3kali dan air putih sampai 4 gelas. Biasanya sih kami memulai sahur jam 03.00 dan berakhir sebelum shubuh. Hahaha, lama ya?