Me Time Di Rumah Lebih Rileks dengan Vitalis Bodywash

Me Time Di Rumah Lebih Rileks dengan Vitalis Bodywash

Sepenting apa me time untuk emak-emak? Bagi emak K, penting banget. Apalagi bagi emak yang 24 jam sehari, 7 hari seminggu membersamai anak dan suami, me time adalah kunci agar emak tetap waras.

Menjaga kewarasan seorang Ibu di keluarga kecilku sangat penting. Posisi Ibu merupakan sentral ketentraman keluarga. Entah berapa kali keluarga kecil kami agak ‘panas’ gara-gara emak K lepas kontrol. Ketika kewarasan emak K di titik kritis, sesepele abah K menaruh handuk di kasur sudah membuat emak K ngomel sepanjang hari.

Kejenuhan yang enggak diobati membuatku sangat gampang marah kepada si K. Apalagi masalah rumah tangga itu ada-ada saja, lepas masalah A, datang masalah B, jika emak K enggak mengambil jeda sejenak, si K yang sedang ndusel-ndusel sudah membuat tandukku berdiri dan siap-siap ngomel kepada si K.

Padahal ndusel-ndusel-nya si K itu ekspresi si K untuk mengungkapkan keinginan bermain bareng Ibunya. Iya, jika sedang waras ndusel-nduselnya memunculkan pendar kebahagiaan, jika sedang di titik jenuh, ndusel-ndusel-nya menjadi sebuah ancaman yang harus kuenyahkan cepat-cepat, “Ibu capek, Nang, main sendiri dulu saja sana.”

Pengen sih me time, tetapi pan kami di perantauan. Ayahnya kerja, anak enggak ada yang dititipin. Gimana, dong? Tenang, me time enggak melulu ke luar rumah, kok. Enggak melulu harus meninggalkan anak beberapa jam. Emak K lebih banyak me timenya di rumah. Me time sederhana untuk mengambil jeda sejenak dari rutinitas.

Kadang merasa butuh keluar rumah juga sih, saat jenuhnya sudah ada di ubun-ubun, Tetapi untuk keluar rumah seorang diri tanpa anak, musti kordinasi dengan abah K atau memanfaatkan momen pulang kampung saat si K diajak Budhe atau Neneknya.

Cuma, kan, rasa jenuh enggak menunggu kapan abah K punya waktu atau kapan kami bisa pulang kampung. Dalam kondisi darurat, aku memilih untuk mencukupkan diri me time di rumah. Me time-nya kulakukan saat si K tidur atau jika si K enggak bisa disuruh tidur, aku bakal me time di jam jadwal nonton si K.

Ragam Me Time yang Bisa Dilakukan di Rumah

Menulis

Menulis menjadi salah satu sarana untuk menumpahkan isi otak sejak aku masih SD. Menulis membantuku untuk mengungkapkan kondisi hatiku, seekaligus memetakan masalah yang ada di dalam kehidupanku. Menulis yang menjadi me time adalah menulis yang sesuai dengan keinginan hati lho, ya.

Me Time- Menulis

Me Time- Menulis

Lain hal jika menulis karena terpaksa. Seperti menulis job yang materinya bukan di ranah yang aku kuasai. Kalau aku enggak menguasai dan enggak suka, menulis menjadi kegiatan yang menguras otak dan membutuhkan me time jenis lain. Sering juga menulis yang tidak kusukai malah membuatku malas menulis hingga hitungan hari. Hahaha.

Nge-Teh dan Kudapan

Nge-teh yang terlihat sepele ini ternyata bia membuat otak relaks sejenak. Menghirup aroma teh menjadi aroma therapy yang membuat otak kembali kedalam kondisi alfa. Menyeruput teh sambil menghirup aroma teh sekaligus nafas yang mendalam, memisahkan kita dari hingar-bingar urusan yang tidak kunjung selesai.

Me Time-Nge Teh

Me Time-Nge Teh

Yang aku sukai dari nge-teh adalah sensasi terpisah dari dunia yang serba terburu-buru, slow motion, nikmati hidup, tenangkan pikiran, lemaskan otot. Nge-teh menjadi agenda wajib setiap sore, selepas ashar.

Teh yang dinikmati enggak melulu teh pucuk. Aku justru lebih menyukai teh rempah yang mengandung antioksidan tinggi. Indonesia adalah surga rempah, sayang banget jika kita tidak menikmatinya. Teh rempah yang kusukai antaralain jahe, kayu manis, wedang uwuh, bajigur, bandrex, sekoteng, ronde… ehehehe, banyak juga ternyata, ya.

Nyuci Baju dan Nyuci Piring

Hayo, ada yang ketawa saat baca bagian ini? Hahaha, beneran, nyuci baju dan nyuci piring menjadi salah satu me time yang kunikmati. Nyuci bajunya yang pakai tangan, bukan nyuci baju dengan bantuan mesin ya. Setiap kali emosi tidak terbendung dan rasanya ingin membanting sesuatu, aku memutuskan untuk nyuci baju dan membanting baju sepuas-puasnya.

Menata kembali ritme emosi dan nafas dengan celap-celup baju. Menghapus luka dan rasa kesal dengan sabun, membilasnya dengan air yang sejuk. Nyuci buatku menjadi sarana berkhayal menghapus luka sekerak-keraknya, memang. Kadang kalau sudah nemen, aku membayangkan mencuci orang yang membuatku kesal.

Mandi Plus-plus

Mandi bagi emak yang mempunyai anak balita adalah sebuah kemewahan. Tanya saja mak-emak yang baru punya anak balita, tuh, mandi lima menit tanpa digedor-gedor bocah sudah bak menemukan berlian kebahagiaan. Apalagi di saat anak usia 1-3 tahun, ditinggal buang air kecil saja drama.

Makanya, mandi menjadi sebuah barang mewah bagi emak-emak, yang jika ada kesempatan bakal dimanfaatkan dengan mandi sepuas-puasnya. Plus mandi busa, plus luluran, plus skincare-an, kalau perlu mandi parfum agar wanginya menyerap ke pori-pori.

Me Time- Mandi

Me Time- Mandi

Pak-bapak suami, coba deh, pulang kerja kasih istri kesempatan untuk mandi tanpa diganggu teriakan si kecil. Paling cuma 30 menitan saja, kok. Biarkan Ibu yang seharian mengurus anak-anak, berhadapan dengan minyak dan bau bawang, bergelut dengan ompol dan segala printilam bocah, merefresh kembali badannya, agar ia merasa cantik kembali di hadapanmu.

Mbayangin suaminya di kantor ketemu cewek cantik itu bikin insekyur. Meski katakanlah suaminya setia, enggak neko-neko, selalu menundukkan pandangan, tetapi, ehm… fitrahnya perempuan selalu ingin menjadi yang paling cantik di mata suami. Makanya, beri waktu pada istri untuk menikmati perawatan diri.

Aku suka mandi lama-lama dengan busa sabun yang melimpah-ruah. Kalau sedang menginap di hotel dan ada bathup, aku akan berendam. Sayang, terakhir menginap di hotel Jogja, aku belum mengenal Vitalis Body Wash yang memiliki busa melimpah ruah dan wangi yang membuat otak relaks, jadi belum mengalami sensasi #MandiKeharuman. Sabun hotel kurang banget untuk membuat busa se-bath up penuh. Heuu.

Di rumah aku sudah merasa lebih dari cukup me time mandi parfum dengan Vitalis Body Wash. Aku menyukai busanya yang melimpah-ruah. #MandiParfum yang membuat otak relaks dan hati tenang. Aku menikmati busa yang menyentuh kulitku dengan lembut, membiarkan wangi parfum mengirimkan sensasi relaks ke otak, memberikan kesempatan kepada pori-pori kulitku untuk menyerap moisturizer agar kulitku senantiasa lembab dan segar.

Vitalis Body Wash, Memadukan Moisturizer dan Wangi Parfum dalam Busa Melimpah-Ruah

Vitalis Perfumed Moisturizing Body Wash adalah sabun kecantikan keluaran Unza Vitalis yang merupakan produsen parfum terkemuka. Sampai sekarang aku menyukai parfum Vitalis Body Scent Blossom, parfum legendaris yang dipilihkan abah K saat masih pengantin baru. Parfum legendaris yang menyimpan romatika pernikahan kami.

Vitalis Body Wash

Vitalis Body Wash

Ya, produk Vitalis sudah menyentuh sisi melankolisku. Makanya aku excited banget ketika menemukan Vitalis Body Wash yang menggabungkan parfum dan high quality moisturizer dalam satu produk. Wanginya dapet, sehat kulitnya dapet. Vitalis Body Wash menawarkan 3 varian dengan keunggulan berbeda yang bisa kita pilih sesuai kesukaan dan kebutuhan kulit kita.

Vitalis Body Wash Varian White Glow

Vitalis memanjakan mereka yang ingin mencerahkan kulit dengan vairan White Glow. Ekstrak licorice mengandung glabidrin, mampu menghambat kerja enzim tirosinase yang fungsinya membentuk melamin. Berkat itulah kulit pun akan tampak cerah alami. Enggak cuma Licorice, Vitalis Body Wash Varian White Glow juga diperkaya dengan susu.

Vitalis Body Wash White Glow

Vitalis Body Wash White Glow

Parfum yang digunakan untuk varian ini mempunyai top note dengan aroma fruity dari paduan manisnya Cherry, Raspberry, disusul dengan wangi Marshmallow Gardenia yang lembut dan elegan, dibungkus dengan Kombinasi Woody Suede yang glamour dan long lasting. Kombinasi yang cantik untuk kamu yang menginginkan kulit cerah dan wangi glamour dan long lasting.

Vitalis Body Wash Varian Fresh Dazzle

Skin Refreshing menjadi tagline pilihan untuk varian Vitalis Body Wash Fresh Dazzle. Memberikan kesempatan kepada kulit untuk kembali segar, halus dan lembut. Varian favorit emak K yang hari-harinya dipenuhi bau bawang, minyak dan jus sayur sekaligus keringat hasil menemani si K main perang-perangan dan seabrek aktivitas lainnya. Hahaha

Vitalis Body Wash- Fresh Dazzle

Vitalis Body Wash- Fresh Dazzle

Yuzu Orange, jeruk dari Jepang yang bermanfaat untuk mencegah penuaan dini ini menyegarkan kulit kita bareng anti oksidan Green Tea. Wanginya paduan Bergamot, Floral Bouqet dan Musk Amber. Sederhananya, Varian Fresh Dazzle ini menyegarkan kulit dan membawa otak kita pada kesegaran kebun teh di pegunungan yang dikelilingi bunga warna-warni.

Vitalis Body Wash Varian Soft Beauty

Vitalis Body Wash varian Soft Beauty membawa kesegaran alpukat yang melembutkan kulit. Alpukat adalah salah satu masker favorit emak K, ia menimbulkan kesan kenyal pada kulit yang seharian terpapar sinar matahari. Bergandengan tangan dengan Vitamin E, ekstrak Avocado membuat kulitmu terasa lembut, kenyal dan halus.

Vitalis Body Wash Soft Beauty

Vitalis Body Wash Soft Beauty

Gabungan wangi segar dari Fruity Aldehydic, Feminine-nya Rose & Violet, dan manisnya Tonka Bean dan Sandalwood mengingatkanku pada sejuknya udara kebun stroberi yang dikelilingi bunga di lereng Gunung Ungaran.

Emak K Enggak Sabar Travelling bareng Vitalis Body Wash

Mimpiku untuk berendam di bath up dengan busa melimpah ruah dan aromatherapy yang menyegarkan otak rasa-rasanya sangat dekat setelah aku mengenal Vitalis Body Wash, terutama varian Fresh Dazzle. Nge-refresh pikiran dengan travelling sekaligus refresh kulit dengan berendam di bath up bareng Vitalis Body Wash Fresh Dazzle sungguh membuaku merasa relaks.

Ngebayangin doang sudah seneng euy, mari berburu voucher hotel yang ada bath up-nya. Hahaha.

Selain busanya yang melimpah ruah dan wangi parfumnya yang memanjakan otak, Vitalis Body Wash unggul dalam packaging-nya. Packagingnya travel friendly. Tutup botol Vitalis Bodywash sangat praktis dan mencegah tumpah.

Aduh, emak K kesulitan mendeskripsikan tutup botolnya. Ini jenis tutup flip, tapi bukan flip top yang tutupnya membuka. Tutup botol Vitalis Body Wash memungkinkan kita untuk menuang sabun dengan cepat, cukup dengan satu kali pencet dan tutup akan membuka pada sisi satunya.

Kelebihan Vitalis Body Wash

Kelebihan Vitalis Body Wash

Tutup model begini akan mencegah kita untuk menuang sabun terlalu banyak sekaligus mencegah tumpah ketika kita lupa menutup kembali. Tahu banget ya gimana memanjakan konsumen yang ingin menikmati mandi lebih lama dan relaks tanpa urusan tumpah-tumpahan.

Vitalis Body Wash tersedia dalam dua jenis pilihan kemasan, botol dan refill. Kita tinggal memilih sesuai kebutuhan. Untuk keperluan travelling, emak K menyarankan memilih Vitalis Body Wash kemasan botol 100 ml. Cukup mungil ditaruh di pouch keperluan pribadi. Agar menghasilkan busa yang melimpah ruah, dianjurkan untuk menuangkan Vitalis Body Wash ke dalam sponge mandi.

Meski terkesan premium dengan wangi yang berkualitas tinggi, harga Vitalis Body Wash cukup terjangkau. Di sebuah marketplace Vitalis Body Wash kemasan botol 100 ml hanya 9k dan 12k untuk kemasan botol 200 ml.

Ada yang memasukkan mandi sebagai me time favoritnya, Mak? Jangan lupa nyoba Vitalis Body Wash, ya, siapa tahu me time-nya lebih relaks dan siap menghadapi ‘kejutan’ dari anak.

Tetap Romantis tanpa Kata-kata

Tetap Romantis tanpa Kata-kata

“Yang penting kan sayang dalam perbuatan, emang romantis bisa dimakan?” alibi seorang suami ketika istrinya menyinggung soal romantis.

Iya, sih. Kata-kata ngegombal memang enggak bikin kenyang, tetapi trust me, please, wahai Bapak-bapak suami yang terhormat, sikap romantis, kata-kata romantis yang sesekali kamu utarakan, akan membuat mood istri melambung tinggi. Seolah punya kekuatan maha dahsyat untuk melalui hari-hari yang berat.

Barangkali romantis tidak akan membuat sekeluarga kenyang, tetapi ia akan membuat istri ringan untuk pergi ke dapur. Memasak untuk yang tercinta. Mempersembahkan apa yang terbaik darinya untuk yang dicinta. Ibarat kata tangan lecek kena parut, bau bawang yang enggak hilang dengan sekali bilas, mata perih karena ngiris bawang, enggak ada apa-apanya dibanding cinta yang ia terima.

Barangkali romantis tidak akan membuat kaya-raya, tetapi percayalah, merasa cintanya tidak bertepuk sebelah tangan membuat istri tabah menghadapi drama rumah tangga. Meski itu tidak akan mengubah tai kuda menjadi rasa coklat, tetapi romantis akan membuat istri merasa dihargai karena cintanya dibalas, paling tidak, makan nasi lauk tempe, kluban dan sambal bareng suami tercinta sudah menerbitkan pendar-pendar bahagia.

Bukankah rumah tangga yang ayem, istri yang melepas suami dengan senyum ceria akan membuatmu semangat bekerja untuk keluarga tercinta?

Barangkali romantis tidak otomatis membuat anak pintar layaknya Einstein, tetapi, percayalah duhai Bapak suami yang baik budi lagi luhur akhlaknya, pendar-pendar cinta yang kaugetarkan akan membuat kesabarannya mengembang berkali lipat, riang mengasuh anak, tak gentar menghadapi tantangan.

“Aku tu pengen romantis, tapi kelu lidahku untuk berkata-kata.” Sanggah sesesuami, yang memang enggak terlalu verbal.

Iya, itu kata-kata abah K memang. Ia mengakui jika sulit mengungkapkan rasa. Jangankan mengungkapkan rasa, meminta maaf dan berterimakasih saja sulit.

Suami emang sebegitu tinggi gengsinya ya? Hahahaha.

Aku dulu sering merasa bertepuk sebelah tangan. Ngobral kata-kata sayang, kangen, tetapi cuma dibalas senyuman. Ya… Meski sudah paham luar dalam jika punya suami yang tidak terlalu verbal bahasa sayangnya, tetapi toh rasa kok cuma aku seorang yang kangen itu tetap diam-diam menyelinap.

Lalu,

Baper sendiri. Gemes. Merasa mencintai tetapi tidak dicintai. Kalo dilogika memang sikap dan perlakuannya penuh cinta. Tetapi fitrahnya seorang perempuan, sisi feelingnya jauh lebih menonjol dibandingkan sisi thinkingnya dalam urusan ini.

Ada yang senasib? 🤭

Menyepakati Bahasa Ekspresi Agar Tetap Romantis Meski tanpa Kata-kata

Bahasa ekspresi, bahasa cinta yang disepakati bersama menjadi jembatan untuk mengungkapkan sisi romantis meski lidah kelu tak mampu berkata-kata. Bahasa ekspresi ini bisa disesuaikan dengan bahasa cinta pasangan.

Terserah gimana kesepakatan kita dengan pasangan untuk mengungkapkan rasa tertentu. Enggak ada patokan baku. Enggak ada aturan-aturan atau tips tertentu. Intinya cuma satu; sepakat.

Jika pun mau mengungkapkan rasa kangen dengan cubitan, enggak apa-apa, jika ini sudah disepakati dengan pasangan. Mengungkapkan rasa cinta dengan saling menggojlok? Monggo, jika pasangan menyepakati.

Kesepakatan menjadi sesuatu yang tidak bisa ditawar dalam bahasa ekspresi. Kami sudah belajar banyak dari ini, entah berapa kali kesalahpahaman yang kami alami karena salah memahami sinyal cinta pasangan.

Pernah abah K mau mengungkapkan rasa sayang dengan gojlokan, kutangkap sebagai penghinaan. Lha piye, Rek, aku lagi sensi malah digojloki. Pengennya dielus-elus manja malah dieceni. Emosi. Drama. Abah K pengennya menciptakan kondisi romantis, aku menanggapinya dengan menyemburkan bara api. 😭

Hingga pada suatu malam, saat aku membahas bahasa ekspresi si K yang semakin berkembang dan abahnya wajib tahu, abah K mengajak untuk menyepakati bahasa ekspresi diantara kami. Bagaimana abah K mengungkapkan rasa terimakasih, maaf, sayang, kangen.

Terlihat ‘gitu thok’, ya. Tetapi ternyata efeknya luar biasa. Aku tidak lagi merasa cinta bertepuk sebelah tangan. Tidak lagi memancing-mancing dengan pertanyaan, “Enggak kangen Ayi ya?”

Aku merasa disemangati untuk menghadapi si K yang makin hari makin kreatif hanya dengan pelukan sebelum berangkat kerja.

Aku mengerti jika abah K minta maaf dan tidak lagi merasa abah K kayak enggak punya rasa bersalah setelah menyepakati bagaimana abah K mengungkapkan perasaan bersalah dan minta maaf. Sesepele itu meminta maaf, tetapi efeknya gedhe. Sangat erat hubungannya dengan mood seorang istri. Legawa, toh, suami sudah meminta maaf.

Aku ingin menularkan sisi romantis ini kepada sesiapapun yang punya pasangan regresif verbal. Pasangan yang sulit mengungkapkan rasa dengan kata-kata.  Buatlah kesepakatan bagaimana mengungkapkan rasa. Paling tidak tiga kalimat ajaib tata laku manusia; maaf , tolong, terimakasih dan bahasa sayang antar pasangan; kangen, cinta, dan… Ehm.

Yang terakhir penting banget. Jangan sampai karena pasangan tidak berani mengungkapkan keinginan untuk making love, lantas dianggap tidak punya keinginan untuk itu. Sepakati saja bagaimana mengungkapkannya, emak K termasuk barisan yang enggak sanggup berkata ingin. Isin, broh, iya, sama suami sendiri. Tetapi gimana ya… Hahahaha. Jadi aku memberitahu abah K sekali saja tentang sinyal seperti apa yang kukirim ketika ingin.

Ini semacam membuat kesepakatan sandi morse atau sandi-sandi lainnya dalam Pramuka ya. Hahahaha.

Kesepakatan spesial antara pasangan ini menjadikan bahasa ekspresi menjadi bahasa yang spesial, only you and me yang tahu. Makanya bahasa ekspresi dengan pasangan enggak kubeberkan disini gimana contohnya. Buatlah sendiri, jadikan bahasanya spesial diantara pasangan halal.

Selamat menciptakan bahasa cinta dengan pasangan halal, semoga semakin sakinnah, mawaddah dan senantiasa dalam naungan Rahmah Robbuna.

 

4 Destinasi Wisata Impian di Lombok

4 Destinasi Wisata Impian di Lombok

Kami menyukai travelling. Travelling menguatkan bonding keluarga. Menempa keluarga kecil kami untuk menghadapi tantangan demi tantangan. Dari mengkondisikan anak yang rewel, motor macet, kehujanan, ban bocor, hingga yang paling epc; kesasar dengan handphone yang lowbat. Tantangan ini enggak lantas membuat kami kapok travelling, justru makin tertantang untuk me-refresh hati, otak dan fisik setelah sekian lama berkecimpung dalam pekerjaan.

Destinasi yang selalu terngiang-ngiang belakangan ini; Lombok. Melihat foto-foto yang beredar di medsos, bagaimana cantiknya Gili Trawangan, birunya pantai Tanjung Aan, asrinya Sade, segarnya udara Bukit Merese. Apalagi kawasan Mandalika digadang-gadang jadi salah satu The Next Bali. Siapa yang enggak ngiler, ya? Heu.

Abah K sempat mengusulkan untuk travelling dengan motor, naik turun-kapal. Hahaha, tetapi kalau travelling ke Lombok dengan menggunakan motor akan memakan waktu berhari-hari. Secara, kami enggak mungkin motoran terus non stop dari Semarang sampai Lombok, pasti harus istirahat dan menginap di kota-kota tertentu. Jika abah K enggak bisa cuti lama, opsi pesawat jadi pilihan paling pas. Nanti nyari sewa mobil lombok atau motor.

Kamu yang Menyukai Budaya, Jangan Lewatkan Sade dan Sasak Ende Lombok

Sade dan Sasak Ende itu beda. Sekilas kayak akronim saja, ya? Tetapi ternyata beda. Sama-sama Desa Wisata di Lombok dengan Bale Jajar, rumah adat Lombok yang mempunyai atap yang terbuat dari jerami, dinding anyaman bambu dan lantai yang terbuat dari campuran tanah liat dan kotoran kerbau. Mbayanginnya rada horor, ya, padahal tanah gembur di tegalan itu malah campuran kotoran sapi. Hihihi

Sade, Desa Wisata Lombok

Sade, Desa Wisata Lombok, gambar: Kemenpar RI

Di Sasak Ende, anak-abaknya memakai baju adat Lombok. Kita juga bisa menyaksikan Taru, perang khas suku Sasak. Enggak ada biaya masuk untuk ke Desa Wisata Sasak Ende, kita hanya disediakan kotak yang bisa diisi nominal sukarela.

Di Desa Sade, lokasinya agak dekat dengan desa Sasak Ende, selain menikmati rumah adat, warga asli dan perang Taru, kita juga bisa mencoba menenun disini. Di Sade lokasinya lebih ramai dan banyak souvenir yang dijual dibandingkan Sasak Ende.

Berburu Sunshet di Bukit Merese Lombok

Bukit Merese ada di Kuta, di dekat pantai Tanjung Boho. Bukit Merese menjadi dambaan sesiapa yang menyukai senja, termasuk emak K. Menikmati matahari tenggelam di dalam laut di atas bukit akan membuat senja semakin magis. Menikmati heningnya pergantian siang ke malam, dengan langit senja kemerah-merahan.

Bukit Merese, Lombok

Bukit Merese Lombok, sumber: Good News From Indonesia

Bukit Merese merupakan bukit gundul,l hanya berupa sabana tanpa pepohonan. Waktu terbaik untuk menikmati kehijauan Bukit Merese adalah setelah musim penghujan, antara bulan Februari dan Maret. ‘ll we go there next year?

Membayangkan Bukit Merese, aku mengingat Bukit Teletubbies. Glundang-glundung di atas rerumputannya yang hijau akan sangat menyenangkan, kan? Hahaha.

Pantai Tanjung Aan Lombok

Pantai Tanjung Aan serupa kolam renang raksasa karena lokasinya dikelilingi oleh bukit-bukit. Satu jalur dengan Bukit Merese. Jadi setelah dari Bukit Merese, kita bisa langsung ke Pantai Tanjung Aan.. Ombak di Pantai Tanjung Aan cenderung tenang. Pasir pantainya putih, kasar seperti bulir-bulir merica. Orang-orang sering menyebut sebagai Pasir Merica. Semakin dekat ke bukit, bulir pasir putihnya semakin halus.

Pantai Tanjung Aan merupakan tempat favorit untuk berselancar dan snorkeling. Bagi kita yang menyukasi budaya, kita bisa datang pada bulan Februari-Maret saat warga setempat melaksanakan Upacara Adat Nyale, upacara adat untuk berburu cacing Nyale yang berkaitan erat dengan Legenda Putri Mandalika.

Pantai Tanjung Aan, Lombok

Pantai Tanjung Aan, Lombok, sumber: Flickr/Marlina Desti Antari

Menikmati Ketenangan dan Gili Trawangan, Lombok

Emak K menyukai nuansa klasik ndesa tetapi enggak berniat hidup dalam keadaan klasik, Gili Trawangan menjadi spot yang paling wajib dikunjungi saat ke Lombok. Membayangkan sebuah pulau bebas polusi, dimana kendaraan motor jenis apapun dilarang di Pulau ini.

Seger, ya? Memanjakan mata, sekaligus memanjakan paru-paru.Ada banyak aktivitas yang ingin kulakukan disini, menikmati Sunrise dan sunshet, bersepeda, keliling pulau dengan Cidomo, snorkeling, jogging, juga berkuda. Uwuwuwu, romantis banget sepedaan bertiga dengan si K dan Abahnya.

Ada yang ngiler dengan Destinasi impian Lombok emak K ini enggak? Ngiler tetapi enggak berani untuk backpakeran sendiri? Bisa nyoba tourguielombok.com, ada paket wisata yang bisa kita ambil untuk memastikan bahwa perjalanan kita benar-benar nyaman. Kalau pengen tour sendiri tanpa paket wisata, tourguidelombok.com juga menyediakan sewa mobil Lombok dengan berbagai pilihan jenis mobil.

Have a nice holiday, Gengs.

 

 

 

Mau Sekolah di Jerman? Persiapkan 5 Persyaratan Ini

Mau Sekolah di Jerman? Persiapkan 5 Persyaratan Ini

Sekolah di Jerman – Bisa bersekolah di jerman adalah impian yang banyak orang idam-idamkan. Ada begitu banyak alasan untuk melanjutkan sekolah ke negara maju di kawasan eropa barat ini.

Jerman terkenal dengan sistem pendidikannya yang berkualitas, integrasi antara dunia akademik dengan dunia industri, sistem politiknya yang stabil, serta tentunya iklikm demokrasi yang amat terjaga memudahkan orang untuk belajar banyak ilmu.

Namun yang perlu banyak diketahui bahwa bersekolah di Jerman tidaklah mudah, tidak semudah melanjutkan sekolah seperti ke negara tetangga kita misalnya Malaysia atau Singapura. Dimana syarat-syarat yang dibutuhkan untuk melanjutkan sekolah ke negara jiran tersebut biasanya jauh lebih mudah. Berkas-berkas yang agak berat untuk dipenuhi biasanya hanyalah sertifikat toefl dan ielts dengan syarat-syarat tertentu.

Lalu jika dibandingkan dengan bersekolah ke Jerman, maka ada banyak syarat-syarat yang baik itu administrasi ataupun non-administrasi yang mesti kita penuhi jauh-jauh hari, misalnya adalah sertifikat bahasa, jaminan pembiayaan dari orang tua atau jaminan dari donor beasiswa, kemudian pengajuan aplikasi visa serta banyak hal yang mesti dipersiapkan.

Penerbangan Jakarta ke Jerman biasanya memakan waktu di atas sembilan hingga lima belas jam, jauh lebih lama ketimbang anda terbang ke singapura atau malaysia. Itulah mengapa fungsi adapatasi baik secara akademik atau non-akademik diperlukan untuk menyesuaikan iklim pendidikan anda di Indonesia dengan di jerman.

Selain itu, jerman adalah negara dengan empat musim, berbeda dengan malaysia dan singapura yang hanya terdiri atas dua musim. Karena terdiri dari empat musim, pastikan bahwa anda mengenal jadwal jadwal musimnya dengan baik agar tidak salah dalam memakai pakaian dan juga tentunya tidak terkena penyakit-penyakit musiman.

Syarat-syarat Sekolah di Jerman yang mesti Anda ketahui

Nah, jika anda sudah mempunyai pandangan dari apa yang sudah disampaikan di atas, maka inilah beberapa syarat-syarat sekolah di jerman yang perlu ketahui untuk dipersiapkan jauh-jauh hari. Syarat syarat ini bukan hanya terbatas kepada syarat akademik semata tetapi juga syarat non akademik yang bisa dipersiapkan bertahun-tahun sebelumnya dan berikut dibawah ini adalah ulasannya.

1. Proses aplikasi masuk sekolah di Jerman

Persyaratan pertama adalah dengan memulai proses aplikasi masuk sekolah di jerman pada jenjang sarjana, master atau doktoral, biasanya aplikasi ini masuk ke admission office dan mereka akan meminta syarat-syarat tertentu. Hasil akhir dari seleksi ini adalah anda akan mendapat letter of accepted atau letter of invitation yang menandakan Anda diterima untuk sekolah di jerman.

2. Memiliki sertifikat Bahasa Jerman

Persyaratan kedua adalah sertifikat bahasa Jerman adalah hal yang mutlak. Jerman adalah negara yang mirip seperti perancis yaitu mewajibkan mahasiswa internasional untuk menguasai bahasa jerman agar memahami kultur, budaya dan lingkungan akademik serta masyarakat jerman dengan baik. Jadi, sekolah anda di jerman tidak akan sia sia.

3. Memiliki sertifikat Bahasa Inggris

Selanjutnya adalah memiliki sertifikat bahasa Inggris berjenis TOEFL IBT ataupun IELTS, biasanya juga diminta sebagai syarat tambahan bahwa anda menguasai bahasa utama pergaulan internasional ini. Sehingga ketika anda bisa berbahasa jerman dan inggris maka akan memudahkan anda untuk berinteraksi dengan mahasiswa internasional lainnya.

4. Menyiapkan passport

Ini merupakan syarat paling gampang yang bisa Anda lakukan adalah menyiapkan passport bagi yang belum mempunyai. Anda bisa membuat di kantor imigrasi dan sertakan letter of invitation jika anda sudah diterima untuk melanjutkan sekolah di jerman.

5. Mengajukan aplikasi visa schengen

Persyaratan sekolah di Jerman yang terakhir adalah mengajukan aplikasi visa schengen. Nah, pengajuan aplikasi visa schengen ini setelah syarat syarat di atas sudah selesai.

Anda bisa mengajukan aplikasi visa dengan aplikasi aplikasi di atas dan salah satu syarat utamanya adalah jaminan donor beasiswa atau surat keterangan dana yang anda miliki dari orang tua misalnya.

Sekianlah pembahasan singkat mengenai beberapa syarat-syarat untuk bisa sekolah di Jerman dan semoga saja dengan membaca artikel ini dapat menambah wawasan Anda yah, selamat meraih mimpi, semoga berhasil teman-teman.

Biar Gak Cepat Rusak, Begini Cara Merawat Kulkas dengan Baik

Biar Gak Cepat Rusak, Begini Cara Merawat Kulkas dengan Baik

 Sebagai benda yang krusial fungsinya, Anda tentu tak ingin kulkas yang dimiliki rusak karena salah perawatan. Apalagi jika kerusakannya begitu fatal, sehingga membuat Anda harus beli kulkas baru. Jika semisal tak ada uang simpanan, harga kulkas dengan kisaran sejutaan lebih tentu terasa besar. Makanya, sebelum kerusakan terjadi, rutinlah merawat kulkas dengan cara berikut ini. 

1.Jangan Isi Kulkas Melebihi Kapasitasnya 

Jika ingin kulkas yang Anda miliki awet dan bertahan lama, maka jangan terbiasa mengisi kulkas melebihi kapasitasnya. Pengisian kulkas melebihi kapasitasnya akan membuat jalannya sirkulasi udara dalam kulkas menjadi terganggu. Pendinginan kulkas pun menjadi tak optimal karena suhu dingin yang dihasilkan oleh mesin pendingin tak tersebar merata.  

2. Tak Menutup Rapat Pintu Kulkas

Siapa nih yang sering secara sengaja atau pun tidak membiarkan pintu kulkas dalam keadaan renggang atau tak tertutup rapat? Tahukah Anda bahwa kebiasaan ini merupakan salah satu pemicu utama rusaknya kulkas? Pintu kulkas yang tak tertutup rapat menyebabkan pendinginan jadi tak optimal. Kerusakan yang paling parah bahkan dapat memicu terjadinya kebocoran udara di kulkas. 

3. Meletakkan Barang dengan Bobot Besar di Pintu Kulkas 

Hindari meletakkan barang yang memiliki bobot besar pada pintu kulkas Anda. Dibandingkan dengan pintu kulkas, Anda lebih disarankan untuk meletakkan barang yang lumayan berat pada rak di dalam kulkas. Jika terbiasa meletakkan barang yang berat di pintu kulkas, maka pintunya sangat berisiko mengalami kerusakan. Bisa saja pintu kulkas jadi tak bisa ditutup dengan rapat. 

4. Jangan Memasukkan Makanan yang Masih Panas ke Dalam Kulkas

Jika ingin menyimpan makanan yang baru dipanaskan ke dalam kulkas, sebaiknya tunggu hingga suhunya turun terlebih dahulu. Suhu makanan atau minuman yang berbanding terbalik dengan suhu dalam kulkas yang dingin, dapat membuat kerja mesin pendingin jadi terganggu. Mesin pendingin harus bekerja ekstra untuk menurunkan suhu, yang terganggu karena panasnya suhu makanan. 

5. Atur Suhu Kulkas Secara Berkala 

Jika suhu kulkas diatur secara berkala maka Anda bisa lebih lama memanfaatkan kulkas Anda tersebut. Pada bagian freezer, sebaiknya atur suhu di bawah nol derajat Celsius agar mesin pendingin tak bekerja terlalu berat untuk membekukan makanan. Sedangkan untuk bagian fridge, Anda bisa memasang suhu sekitar 4 derajat Celsius, untuk menjaga makanan tak jadi basi.  

6. Jangan Meletakkan Kulkas di Dekat Kompor 

Alokasikan ruang khusus untuk kulkas Anda. Jangan sesekali meletakkan kulkas di dekat kompor, karena tindakan tersebut akan mempengaruhi kinerja mesin pendingin kulkas. Panas yang berasal dari kompor tentu saja berbanding terbalik dengan suhu dingin yang beredar di dalam kulkas. Tak hanya itu saja, hindari juga meletakkan kulkas di tempat yang terkena cahaya matahari langsung. 

7. Bersihkan Bagian dalam Kulkas Secara Berkala 

Bersihkan bagian dalam kulkas Anda secara berkala jika tak ingin bakteri penyebab bau melekat di sana. Copot aliran listrik terlebih dahulu sebelum Anda membersihkan kulkas. Lepas rak pada kulkas untuk mempermudah Anda dalam membersihkannya. Jangan biarkan kotoran pada kulkas begitu saja, karena pasti akan mengendap dan menimbulkan bau tak sedap. 

Itulah tadi 7 cara yang bisa digunakan untuk merawat kulkas. Jika sekiranya kulkas Anda sudah terlanjur rusak dan tak bisa diperbaiki lagi, beli saja yang baru di JD.ID. Anda bisa dengan mudah melihat daftar harga kulkas beragam merek di JD.ID, misalnya saja harga kulkas Sharp, Polytron, dan lainnya. Setelah beli kulkas baru nanti, pastikan untuk merawatnya dengan cara di atas ya!

Pencarian Terkait:

  • https://widiutami com/biar-gak-cepat-rusak-begini-cara-merawat-kulkas-dengan-baik html
Rekomendasi 7 Kulkas Terbaru Lengkap dengan Harganya 

Rekomendasi 7 Kulkas Terbaru Lengkap dengan Harganya 

Saat ini, fungsi kulkas lebih dari sekadar lemari pendingin saja. Banyak kulkas keluaran terbaru yang sudah dilengkapi dengan beragam fitur khusus. Tak hanya itu saja, desain kulkas ini pun dibuat makin menarik, baik dari tampilan luarnya serta desain rak pendingin di dalamnya. Bagi Anda yang sedang berburu kulkas, ini rekomendasi kulkas terbaru lengkap dengan harga kulkas

Aqua AQR-D190(S)

Bagi Anda yang mencari kulkas hemat daya, bisa memilih kulkas terbaru dari Aqua ini. Kulkas ini hanya menggunakan daya sebanyak 80 watt, dengan jaminan garansi kompresor hingga 7 tahun. Body kulkas ini dilapisi dengan bahan metal sehingga dipastikan tahan akan karat. Tray kulkas ini terbuat dari kaca sehingga mudah untuk dibersihkan. Kulkas ini dibanderol dengan harga Rp1.625.000.  

Aqua AQR-D275

Jika kulkas Aqua sebelumnya hanya memiliki satu pintu saja, maka seri AQR-D275 ini dihadirkan dengan dua pintu. Kulkas dengan warna hitam ini menggunakan daya sebesar 150 watt. Kapasitasnya cukup besar yakni 220 liter, sehingga akan makin banyak pula keperluan yang bisa Anda simpan di dalamnya. Kulkas yang dilengkapi dengan fitur anti bakteri ini dijual seharga Rp3.099.000. 

Sharp New Kirei II Series 

Bagi Anda yang tertarik dengan kulkas 1 pintu dengan motif permukaan yang elegan, maka belilah kulkas Sharp New Kirei II Series. Kulkas ini memiliki kapasitas hingga 166 liter dan memiliki rak yang terbuat dari tempered glass. Beberapa fitur khusus pada kulkas ini seperti direct cooling system, full insulation dan semi automatic defrost system. Kulkas ini dijual dengan harga Rp1.749.000. 

Samsung RR18R1000SA/SE

Kulkas dua pintu terbaru dari Samsung yaitu kulkas seri RR18R1000SA/SE. Kulkas ini memiliki kapasitas hingga 185 liter, yang mana 20 liter untuk freezer dan untuk fridge sebanyak 156 liter. Rak kulkas yang terbuat dari tempered glass ini tergolong kuat, bisa menahan beban hingga 150 kilogram. Adanya stabilizer free membuat kulkas seharga Rp2.550.000 ini bisa terhindar dari korsleting.  

Polytron PRM21BNR

Polytron PRM21BNR merupakan kulkas dua pintu terbaru dari Polytron yang memiliki desain minimalis dan elegan. Kulkas ini sangat cocok untuk mempercantik ruangan dapur Anda. Kulkas dengan kapasitas sebesar 210 liter ini tergolong hemat energi, dengan pengonsumsian daya sebesar 140 watt. Anda bisa membawa pulang kulkas cantik ini dengan membayar Rp2.695.000 saja. 

Maspion URG168-HS

Maspion URG168-HS merupakan kulkas satu pintu yang berkapasitas sebanyak 168 liter. Dengan motif bunga di permukaannya, ruangan dapur Anda pun akan terlihat makin menarik. Kulkas ini dilengkapi dengan fitur 4D Quick Freezing sehingga dapat menyalurkan suhu dingin yang cepat dan merata ke seluruh ruangan lemari es. Kulkas Maspion URG168-HS ini dibanderol seharga Rp1.599.000. 

Uchida URG-168LE 

Kulkas Uchida URG-168LE dari Maspion ini dilengkapi dengan satu pintu dan berkapasitas 168 liter. Peningkatan efisiensi pendinginan kulkas ini akan Anda rasakan karena adanya sistem aliran udara dingin dari berbagai arah. Kulkas ini juga dipastikan tidak berisik, sehingga tak akan mengganggu kenyaman Anda, khususnya di malam hari. Kulkas ini dijual dengan harga Rp1.550.000. 

Bagi Anda yang sedang bingung mencari kulkas keluaran terbaru, bisa mempertimbangkan untuk membeli 7 kulkas yang direkomendasikan di atas. Harga kulkas terbaru di atas lumayan terjangkau dan tentunya sesuai dengan manfaat serta fitur canggih yang dimilikinya. Jika Anda ingin melihat daftar harga kulkas 2 pintu atau 1 pintu terbaru lainnya, kunjungi saja JD.ID!

 

 

Pencarian Terkait:

  • https://widiutami com/rekomendasi-7-kulkas-terbaru-lengkap-dengan-harganya html