Hi, Mak, Stop Mompetition, Nasib 33 Juta Anak Indonesia Ada di Tangan Kita

Hi, Mak, Stop Mompetition, Nasib 33 Juta Anak Indonesia Ada di Tangan Kita

Sekitar 33 juta orang berada pada rentang usia 0-6 tahun, emak K berdecak kagum ketika membaca Data Profil Kesehatan Indonesia yang diterbitkan Pusat Data Informasi (Pusdatin) Kementerian Kesehatan Republik Indonesia pada 2017. 15-20 tahun mendatang masa depan bangsa ada pada anak-anak ini, termasuk anak kita.

Piramida penduduk Indonesia didominasi oleh 33 juta anak rentang usia 0-6 tahun, peluang Indonesia untuk menjadi negara maju terbuka lebar. Emak-emak macam kita, apakah bisa mengambil peran penting dalam mendukung Indonesia maju? BISA! Dengan memastikan nutrisi anak kita sendiri sehingga ia menjadi satu diantara 33 juta anak Generasi Maju.

Bagaimana pemuda yang melanjutkan titah penting bangsa ini 15-20 tahun mendatang dimulai dari sekarang, dari tangan kita emak-emak yang kadang menganggap dirinya enggak bisa berbuat untuk negara hanya karena kita sibuk dengan anak-anak.

Satu Daintara 33 juta Anak Indonesia

Itu mah cuma emak K aja, ye kan?

Bhahaha. Baiklah. Allright, emak K kadang merasa tidak berguna hanya karena sibuk mengasuh si K. Enggak sekeren si A yang sibuk mengukir masa depan murid-muridnya, si Z yang sibuk menganalisis keuangan negara; penyelamat uang negara, Bro! Looks so sexy. Sedangkan aku? Sibuk dengan umbah-umbah, korah-korah, resik-resik omah, masak dan momong anak.

Rasa iri ini mendadak lenyap setelah baca-baca perihal 33 juta anak yang akan menjadi penentu masa depan Indonesia 15-20 tahun mendatang. Duhai, emak K, apakah kamu akan menyia-nyiakan nasib satu diantara 33 juta anak Indonesia ini? 

Tentu saja tidak! Dear, K, menjadi apapun kamu kelak, tugas Ibu sekarang adalah memastikan nutrisimu tercukupi untuk menunjang perjuanganmu kelak.

Mendadak jiwa patriotik keluar, menyanyikan Padamu Negeri sambil menulis blogpost ini. Bagimu Negeri, Jiwa Raga Kami… Baiklah, Duhai Negaraku tercinta, demi engkau, aku bertekad untuk menjalani peran sebagai Ibu dengan sebaik-baiknya. Mengabdi padamu, bisa dari rumah, kan?

Wanita adalah tiang suatu negara, apabila wanitanya baik maka negara akan baik dan apabila wanita rusak maka negarapun akan rusak. -Hadist-

Mengetahui jika nasib 33 juta anak Indonesia ada di tangan kita, masihkah kita tega menyibukkan diri dengan mompetition? Jangan karena terlalu sibuk dengan mompetition persoalan yang sebenarnya tidak perlu, lantas kita melupakan jika anak kita membutuhkan asupan nutrisi yang cukup untuk menyongsong masa depan negara.

Mengenal Gizi Seimbang untuk Anak Tersayang

Departemen Kesehatan RI mensosialisasikan Pesan Gizi Seimbang yang tersebar dalam berbagai media, baik flyer, media online maupun jurnal.
Menu Piring Gizi Seimbang terdiri atas 35% karbohidrat, 35% sayuran, 15% buah-buahan dan 15% protein.

Pemenuhan nutisi anak dengan gizi seimbang enggak perlu mencari bahan yang mewah dan mahal. Kita cukup menggunakan bahan makanan yang mudah didapatkan di sekitar, warung atau di pasar dengan memperhatikan empat pilar gizi seimbang; 3-4 porsi karbohidrat, 3-4 porsi sayuran, 2-3 porsi buah-buahan dan 2-4 porsi sumber protein.

Pentingnya pemenuhan nutrisi anak enggak bisa dianggap sepele. Gizi yang optimal sangat penting untuk pertumbuhan normal serta perkembangan fisik dan kecerdasan bayi, anak-anak, serta seluruh kelompok umur. Gizi yang baik membuat berat badan normal atau sehat, tubuh tidak mudah terkena penyakit infeksi, produktivitas kerja meningkat serta terlindung dari penyakit kronis dan kematian dini.

Gizi yang tidak optimal berkaitan dengan kesehatan yang buruk. Gizi yang tidak baik adalah faktor risiko PTM, seperti penyakit kardiovaskular (penyakit jantung dan pembuluh darah, hipertensi dan stroke), diabetes serta kanker yang merupakan penyebab utama kematian di Indonesia. Lebih separuh dari semua kematian di Indonesia merupakan akibat PTM. [Depkes, 2008]

Tumbuh kembang anak sangat dipengaruhi oleh asupan nutrisi yang ia peroleh. Asupan nutrisi masa kecil juga sangat mempengaruhi kesehatan dan kecerdasannya untuk menunjang masa depan anak. Sayang banget jika kita menyianyiakan Generasi Maju untuk Indonesia lebih maju 15-20 tahun mendatang.

Tantangan Pemenuhan Nutrisi Anak

Jadi Ibu memang kesabaran dan akalnya harus berlipat-lipat. Ekspektasinya masak empat pilar gizi seimbang, anak makan dengan lahap tanpa drama, emak senang dan gembira. Eh, realitanya makanan yang sudah susah-susah dimasak dan ditata sedemikian rupa cuma dilirik saja, kalah dengan jajanan coklat dan bolokurawa-nya. Hiks hiks. Kamu gitu juga enggak, Mak? Mari berpelukan.

Kamu gitu juga enggak, Mak? Mari berpelukan. Masih syukur kita bisa beli bahan makanan untuk memenuhi nutrisi anak, meskipun ngasih ke anaknya harus penuh perjuangan. Its okay, emak kuat kok, Nang, yuk, mau sampai kapan ngasih tantangan perihal makan?

Ada Banyak Drama Di balik Lahapnya si K makan

Aku sempat sengaja stop si K jajan apapun di saat ia susah makan. AKu menegaskan kepada si K jika makanan dan camilannya hanya yang Ibu masak di rumah, enggak ada jadwal jajan.

Reaksi si K sudah bisa ditebak, nangis gerung-gerung, teriak minta jajan hingga tetangga ada yang nyamperi dan menawarkan jajan, mengira emak K sedang krisis uang. Khawatir si k malnutrisi mah iya.

Aku berulangkali harus meyakinkan diri jika enggak boleh kalah dengan rengekan si K. Halo, emak K, milih melihat si K nangis barang 10 menit atau kekurangan gizi di masa yang akan datang?

“Nang, lihat, deh. Brokoli ini enak. Hijau, segar. Bikin badan Kevin kuat, kalau kuat bisa manjat dinding itu.” rayuku, si K sedang suka panjat-memanjat.

Berhasil?

Enggak semudah itu, Mama. Si K geleng-geleng dan menutup mulutnya dengan tangan. Melanjutkan permainannya. Aku memandangnya dengan penuh harap, please atuh, Nang.

“Ibu, lapay. Maem, maem yoti soklat.”

“Ndak ada roti coklat, adanya nasi, ikan, brokoli, wortel, gimana?”

“Yoti soklat, Ibu.” Si K memelas, “Tolong, Ibu, Kepin tumbas yoti soklat.”

“Ndak, Nang. Ndak ada roti coklat.”

Si K menyambut suapan nasi, sayur dan ikan dari tangan Ibunya dengan lemas, tanpa semangat. Emak K aslinya ngenes, merasa jadi Ibu diktator, tetapi demi masa depan si K yang menjadi salah satu 33 juta anak Indonesia, aku menahan rasa getir di hati, mengenyahkannya jauh-jauh.

Kami, Ibu dan Abahnya juga ikut memperbaiki nutrisi. Enggak cuma anaknya doang yang disuruh makan sehat tetapi Abah dan ibunya makan sak penake dhewe. Kami ajak si K duduk bareng saat kami makan dengan berbagai menu. Kami tampakkan padanya jika sayur, buah, karbohidat dan protein yang dimasak Ibu tidak kalah lezat dengan jajanan di luar sana.

Menu Sehari-hari Keluarga si K, Kami Tunjukkan Jika Menu ini Tidak Kalah Lezat

Pelan-pelan, si K ikut makan. Awalnya hanya mencicipi brokoli rebus, lama-lama ia mencoba sayur dan menu yang lain. Sekarang, Alhamdulillah, si K mau makan menu empat pilar Gizi Seimbang.

Perjuangan Emak baru dimulai, masih ada stimulasi kognitif afektif dan psikomotorik. Pemenuhan nutrisi menjadi pijakan dasar penunjang stimulasi perkembangan yang lain. Dua-duanya sama-sama menantang, sama-sama pentingnya, tidak boleh mengabaikan salah satunya.

Daripada sibuk berkubang dalam mompetition, lebih baik tenaganya disimpan untuk memenuhi nutrisi dan stimulasi perkembangan anak secara maksimal. Peluk penuh tjinta untuk emak 33 juta anak Indonesia, calon generasi maju penentu masa depan bangsa.

Perkembangan Bayi Usia 0-2 Minggu

Perkembangan Bayi Usia 0-2 Minggu

“Dut, waktu usia sebulan si K dah bisa apa? Baby-ku kok belum bisa miring ya?” tanya salah seorang sahabat. Aku yang sedang nyantai enggak ingat babar blas waktu usia sebulan si K sudah bisa apa saja. Heuheuuu. Dulu aku enggak nanya-nanya kesana-sini soal perkembangan bayi karena kalau ternyata si K lebih lambat bakalan nyesek dobel-dobel. Aku memilih untuk akses jurnal tentang tugas perkembangan bayi agar bisa menstimulasi si K sesuai tugas perkembangannya dan enggak mudah galau.

Kenapa memilih mencari via jurnal dibandingkan bertanya kepada teman/ saudara yang memiliki anak seumuran? Karena perkembangan setiap anak itu unik. Ada yang cepat di kognitif, ada yang lihai di sensori, ada yang lihai di psikomotorik, ada pula yang sumeh lihai di sosial. Jika bertanya kepada teman/ saudara yang mempunyai anak seumuran, eh, kok ternyata anak sendiri lebih lambat dari anak teman tersebut, galau kan? Apalagi jika kayak emak K yang galaunya bisa mempengaruhi keseharian, mesakke anake, Cyn.

Lebih baik menelusuri via jurnal, jika menemukan kok anakku tidak mencapi tugas perkembangan sesuai usianya, maka kita bisa mengobservasi kembali apa yang kurang dalam stimulasi perkembangannya. Jika kok tidak kunjung ada perkembangan berarti, segera ke petugas medis untuk diteliti lebih lanjut.

Tugas Perkembangan Bayi Usia 0-2 Minggu (Neonatal)

Pada masa neonatal, usia 0-2 minggu adalah masa tersingkat dari seluruh periode perkembangan anak.

Perkembangan Fisik Bayi Usia 0-2 Minggu

Bayi Usia 0-2 minggu akan mengalami penurunan berat lahir. Penurunan beat lahir bayi ini terjadi karena bayi mengalami penyesuaian lingkungan, dari lingkungan rahim ke lingkungan di luar rahim. Penyesuaian yang harus dilakukan bayi adalah penyesuaian suhu, cara mengisap dan menelan,bernapas dan membuang kotoran. Ibu enggak perlu panik jika pada usia 0-2 minggu bayi mengalami penurunan berat badan. Namun, jika penurunan berat badan masih berlanjut di usia lebih dari dua minggu, Ibu harus segera menghubungi petugas kesehatan.

Bayi usia 0-2 minggu terlihat memiliki ambut-rambut panjang di muka, pungung bahkan seluruh badan, Enggak apa, rambut-ambut panjang ini akan segera hilang seiring usia. Jangan dicukur lho, ya. Heuheuuu.

Perkembangan Motorik Bayi Usia 0-2 Minggu

Bayi Usia 0-2 Minggu gerakan motoriknya acak dan tidak dipengaruhi oleh kejadian-kejadian di lingkungan. Secara umum gerakan motorik bayi usia 0-2 minggu dibagi menjadi dua, yakni; gerakan menyeluruh, dimana seluruh badan bayi akan bergerak saat diberikan stimulasi dan gerakan khusus, dimana gerakan ini hanya melibatkan bagian tubuh tertentu dan besifat refleks.

Perkembangan Bahasa Bayi Usia 0-2 Minggu

Perkembangan bahasa pada usia 0-2 minggu lebih tepat disebut sebagai vokalisasi. Pada masa ini, bayi memiliki dua cara berkomunikasi yang khas, yakni:

Menangis. Tangisan bayi adalah cara pertama bayi untuk bersosialisasi, yang menandakan bahwa bayi memiliki ketergantungan pada individu lainnya. Suara eksplosif, pada bayi baru lahir, selain tangisan bayi akan mengeluarkan suara eksplosif seperti suara mengambil nafas berat, cegukan, dengkuan. Sura-suaa tersebut meupakan suaa tanpa arti yang lambatlaun akan menguat dan berkembang menjadi ocehan dan selanjutnya akan berkembang menjadi bicara.

Perkembangan Kesadaran dan Emosi

Kesadaran bayi baru lahir masih kabur, yang artinya bayi belum sepenuhnya menyadari apa yang terjadi dengan lingkungan sekitanya. Reaksi emosionalnya pun belum berkembang secara khusus. Bayi usia 0-2 minggu hanya bisa membedakan dua emosi, yakni suasana menyenangkan yang ditandai dengan tubuhnya yang tenang dan suasana tidak menyenangkan yang ditandai dengan tubuhnya yang tegang.

 

Wah, ilmu dibalik tangisan dan cegukan bayi usia 0-2 minggu ternyata sedeet ya, Hahaha, emak K waktu si K usia 0-2 minggu enggak begitu semangat ngakses jurnal karena sibuk dengan emosi sendiri yang enggak karu-karuan.

Stimulasi Motorik Halus Anak Usia 3 Tahun dengan Bahan yang Mudah Didapat

Stimulasi Motorik Halus Anak Usia 3 Tahun dengan Bahan yang Mudah Didapat

“Anakku waktu TK sulit konsentrasi. Sulit duduk, even cuma 5 menit. Maunya jalan melulu.” cerita seorang teman di Facebook, “Kukira karena anaknya memang kinestetik. Eh, waktu kupindah ke TK lain, guru TKnya mendeteksi jika ada tugas motorik halusnya yang kelewatan. Tugasnya sepele, cuma memungut biji-bijian dan memasukkan ke wadah berleher sempit.”

Aku melongo. Segawat itu akibat jika melewatkan tugas motorik halus yang menurut orang dewasa super sepele. Bahkan dalam jangka panjang terlewatnya stimulasi motorik halus bisa mengakibatkan anak malas belajar menulis, minat belajar berkurang, anak rendah diri, peragu dan sering was-was.

Motorik halus adalah gerakan menggunakan otot-otot halus atau sebagian anggota tubuh tertentu yang dipengaruhi oleh kesempatan untuk belajar dan berlatih. -Ida Nurlia-

Jangan-jangan ketidaktelatenanku dalam menyusun sesuatu yang membutuhkan konsentrasi tinggi kayak misahin kulit ari kacang tanah sebelum digoreng itu karena daku terlewat stimulasi motorik halusnya? Yawis, nanti sekalian menemani stimulasi si K, emaknya juga ikutan, buat menambal stimulasi motorik halus yang bolong. Hihihi.

Persiapan Stimulasi Motorik Halus

Sudah susah-susah beli mainan edukasi yang mahal. Enggak tanggung-tanggung, belinya sekalian satu paket agar bisa digunakan dalam jangka waktu lama. Eh, bukannya dipakai sesuai petunjuk, malah dilempar-lempar keluar rumah. Rusak. Emak cuma bisa ngurut dada, sabar. Orang sabar Disayang Tuhan….

Pernah mengalami kasus yang sama, Mak? Mari kita berpelukan. Mendidik anak memang ilmunya enggak terbatas, semakin digali semakin menyadari jika banyak enggak tahunya. Di sebuah kuliah WhatsApp dengan mbak Itsnita Husnufardani, aku menyadari jika anak tidak membutuhkan mainan mahal dan mewah, ia membutuhkan KITA. KITA sebagai IBU dan AYAHNYA. Apalah arti mainan mahal dan mewah jika Ayah dan Ibu asik dengan gadgetnya. Eh

Merancang kegiatan stimulasi motorik halus anak kita bisa mencari rujukan yang tersebar di mesin pencari. Namun, harus diingat bahwa setiap anak adalah unik. Ada baiknya menyesuaikan aneka macam stimulasi yang didapatkan di mesin pencari dengan karakteristik dan kesukaan anak. Secara umum, aku membutuhkan waktu seminggu untuk observasi sebelum memutuskan kegiatan stimulasi apa yang akan diterapkan untuk si K.

  • Mengamati karakteristik anak dan keluarga.

Dalam minggu ini, mainan apa yang membuat anak enjoy dan semangat, aktivitas apa yang dilakukan secara berulang-ulang oleh anak. Aku mengamati aktivitas si K selama seminggu. Jadi dalam seminggu aku sengaja membebaskan si K melakukan aktivitas apapun tanpa arahan Ibu.

  • Mencatat konsitensi anak.

Catat aktivitas atau permainan yang dilakukan secara berulang-ulang oleh anak. Dalam minggu ini, si K sedang menyukai es krim, bermain excavator, brick, mengamati ulat dan kupu-kupu, menggambar aneka bentuk meskipun bentuk tidak beraturan diklaim berbentuk kotak. Hahaha

  • Menemukan Ide Bermain

Kita bisa menemukan berbagai ide bermain di mesin pencari dan media sosial. Minggu ini aku sedang fokus menstimulasi motorik halus si K, jadi aku mencari dengan kata kunci ‘stimulasi motorik halus anak usia 2-3 tahun’. Meskipun begitu, stimulasi motorik kasar, sensori-nya juga tetap berjalan.

  • Rencana Memudahkan

Sesudah menemukan ide bermain, kita perlu membuat rencana yang memudahkan. Enggak perlu rumit seperti guru yang membuat RPP, cukup listing saja apa yang ingin dilakukan dan bahan yang dibutuhkan. Kalau emak K lebih mementingkan bahan yang mudah didapat di sekitar rumah. Mencari bahan sampai muter-muter di mall sungguh melelahkan, apalagi kami lagi mudik, mana ada mall disini. Heuheuu.

  • Jalani dengan Bahagia

Jalankan rencana yang sudah dibuat dengan riang gembira dan bahagia, anak dan ayah-ibunya. Lakukan saat anak sedang bagus mood-nya. Kalau anak sedang ngambek atau sakit dan ogah bermain, skip saja. Enggak perlu dipaksa, bisa kita latih lagi di lain kesempatan.

Stimulasi Motorik Halus Anak Usia 3 Tahun dengan Bahan yang Mudah Didapat

Si K usianya 22 bulan, anggap saja menjelang tiga tahun. Ia belum bisa memegang pensil dengan benar. Tugas utama motorik halusnya adalah mengambil objek terkecil diantara ibu jari dan jari telunjuk untuk beberapa waktu tetapi masih canggung (John Santrock). Tugas ini adalah tugas pra menulis, aku sengaja meningkatkan durasi berlatih memungut biji agar si K bisa memegang pensil dengan benar secara alamiah.

Secara umum, si K sudah bisa memegang biji-bijian dengan ibu jari dan jari telunjuknya, emak K berencana untuk naik ke tugas yang lebih rumit; memasukkan biji-bijian ke dalam wadah berleher sempit, menyusun biji-bijian dengan pola, memindahkan biji-bijian dari wadah satu ke wadah yang lain dengan alat.

Tetapi… kami sedang di kampung, enggak kepikiran babar blas untuk membawa aneka biji-bijian dari rumah. Kalau mau beli, heuh, pasar jauh, harus menempuh jarak selama 15 menit. Kebetulan neneknya si K lagi enggak menyimpan jagung dan aneka biji lain. Mana jalan kampung becek dan licin.

Berfikir sejenak, di otakku berkelebat jika aku membawa salah satu camilan favorit si K, Monde Boromon Cookies! Cookies yang mudah meleleh saat terkena air liur ini enak, asli, emak K saja sekali nyemil habis sebungkus. Heuheuu.

Aha, bentuk Monde Boromon Cookies yang jari-able, wkwkwk, istilahnya maksa, maksudku, gampang dipegang oleh si K kayak biji-bijian. Diameternya cuma 1 cm. Bisa dijadikan alat tempur untuk proyek kali ini. Plus, bisa dimakan. Sekalian melatih motorik halus, sekalian si K mengeksplor bentuk dan rasa. Sekali dayung dua-tiga pulau terlampui. Ciamik!

Oh iya, macam-macam permainan di bawah ini dilakukan dalam waktu yang berbeda, ya. Enggak sekali terjang karena anak bakal ngambek kalau disuruh duduk melulu. Anak usia 3 tahun umumnya bisa konsentrasi dalam waktu 3 menit. Plus, Ibu atau ayah harus terlibat penuh, makanya dokumentasi saat bermain cuma sedikit. Hihihihi.

Stimulasi Motorik Halus dengan Bahan yang Mudah Didapat

Stimulasi Motorik Halus dengan Bahan yang Mudah Didapat

Menyusun Es Krim dengan Monde Boromon Cookies

Si K sedang senang-senangnya makan es krim. Kesukaannya ini merambat ke permainan yang disukainya. Si K sangat menikmati bermain masak-masakan dengan lego yang dia bentuk seperti es krim. Aku pun menggambar es krim dengan bulat-bulatan dia atasnya. Bulat-bulatan itu disusun sesuai dengan hirearki angka. Si K harus mengisi bulat-bulatan dengan Monde Boromon Cookies.

Menyusun Es Krim dengan Monde Boromon Cookies

Menyusun Es Krim dengan Monde Boromon Cookies

Permainan ini selain melatih anak mengambil dan meletakkan biji-bijian untuk melatih konsentrasi anak juga untuk mengenalkan anak dengan jumlah.

“Ibu, kalo sudah mateng, dimaem Kevin, yo?” seru si K saat menyusun Monde Boromon Cookies di bulat-bulatan es krim hampir selesai.

Aku mengangguk. “Oh ya, boleh.”

Setelah menyusun Monde Boromon Cookies di bulatan es krim selesai, si K semangat mengambil satu persatu Monde BoromonCookies, mengunyangnya dengan semangat. “Enaaaak, yotine enak, Buk!”

“Mau lagi?”

Si K mengangguk, mengulang kembali menyusun Monde Boromon Cookies di bulatan es krim, lantas memakannya ketika tugasnya sudah selesai. Deuh, Emak hepi. Monde Boromon Cookies ini gluten free, mengandung sari pati kentang, madu dan DHA. Gizi otaknya terpenuhi, Gizi tubuhnya apalagi. Untukku yang punya anak kadang susah makan, mainan yang bisa dimakan ini jadi solusi kala GTM melanda.

Merangkai Aneka Bentuk dengan Monde Boromon Cookies

Merangkai Aneka Bentuk dengan Monde Boromon Cookies

Merangkai Aneka Bentuk dengan Monde Boromon Cookies

“Ibuk, Pin gambay kotak. Ini lingkayan lagi teysenyummmm.” si K memamerkan hasil gambarannya yang lebih mirip benang ruwet dibandingkan kotak dan lingkaran.

Aku meresponnya dengan gembira, “Ah iya, Kevin gambar matanya dua, mulutnya lagi tersenyum, hidungnya mana?”

“Ndak ada. Ndak ada idung, Buk. Gini wae.” si K melanjutkan menggambar.

Aku pun menggambar aneka bentuk untuk mengenalkan si K tentang macam-macam bentuk. Si K diharapkan bisa merangkai Monde Boromon Cookies di lekukan garis-garisnya, sehingga di mempunyai gambaran bagaimana cara menggambar aneka bentuk itu.

Memberi Makan Karakter Kesukaan dengan Monde Boromon Cookies

Buku The Very Hungry Cartepillar adalah salah satu buku favorit si K yang ia baca berulang-ulang sampai ibunya ngantuk. Hahaha, Iya, saat sesi baca buku di malam hari, yang ngantuk malah Ibunya, bukan anaknya.

Aku membuat karakter tokoh senyum, kupu-kupu dan ulat dengan menggunakan kertas yang kujadikan tutup di gelas kaca. Karakternya kubuat sedang tertawa dan mulutnya dilubangi sekitar 1 cm untuk memasukkan Monde Boromon Cookies.

Memberi Makan Karakter dengan Monde Boromon Cookies

Memberi Makan Karakter dengan Monde Boromon Cookies

Si K memberi makan tokoh-tokohnya dengan semangat.

“Ibuk, lagi. Yotinya lagi. Ulatnya belom kenyang!” serunya sambil menunjukkan gelas yang masih melompong.

“Ibuk, ulat maem yoti to?” celetuk si K di tengah-tengah memberi makan.

Aku terpana. “Ndak, ulat makannya daun. Ini buat main aja, kok. Ya?”

Si K mengangguk seolah-olah bisa memaklumi, melanjutkan aktivitasnya sampai selesai.

Memindahkan Muatan ke Bak Truk dengan Excavator

Si K tergila-gila dengan aneka macam transportasi. Levelnya sudah di level wajib beli mainan transportasi setiap kali abah K menawarkan mau beli apa. Ketertarikannya membeli aneka macam transportasi mengalahkan ketertarikannya dengan aneka jajan yang biasa disukai anak-anak.

Memindahkan Muatan dari Bak Truk Menggunakan Excavator

Memindahkan Muatan dari Bak Truk Menggunakan Excavator

Aku pun mencuci bak truk dan excavator si K sampai bersih. Meletakkan Monde Boromon Cookies ke dalam piring. Tanpa dikomando, si K langsung mengangkut Monde Boromon Cookies dari piring ke bak truk dengan excavator.

“Ibuk, yoti sudah habis. Bak tyuk e uyung kebak, Buk. Uyung kebak.”

Adhuh, Biyung… Kalau bak truk harus penuh dengan Monde Boromon Cookies ya Ibu bangkrut, Nang~

Berkenalan dengan Monde Boromon Cookies, Si Mungil Camilan Enak Bebas Gluten

Pertama kali bertemu dengan Monde Boromon Cookies, aku jatuh cinta dengan bentuknya yang mungil dan mudah meleleh saat terkena air liur. Aku jadi ingat saat si K masih berusia satu tahun, roti yang kukenalkan padanya enggak mudah meleleh, hal ini membuat si K jengkel karena harus ngemut lama. Bentuk Monde Boromon yang mungil membantu si Kecil untuk melatih motorik yang ada di lidah dan mulut bayi, membantu Si Kecil mengeksplorasi rasa, bentuk, tekstur serta kemampuan untuk makan.

Monde Boromon Cookies boleh dikonsumsi ketika si Kecil sudah berusia satu tahun, masa-masa dimana ia membutuhkan stimulasi untuk mengoperasikan jari jempol dan telunjuknya. Kalau kita pakai Monde Boromon Cookies, kita akan lebih nyantai karena alat yang digunakan untuk stimulasi aman tertelan. Berbeda jika kita menggunakan biji-bijian saat anak usia 1 tahun, kita harus berjaga penuh, enggak boleh meleng sedikit pun karena anak belu bisa membedakan mana yang boleh dimakan, mana yang enggak boleh dimakan.

Monde Boromon Cookies

Monde Boromon Cookies

Kemasan Monde Boromon Cookies yang mungil membuatku merasa aman karena mudah menyimpan tanpa takut melempem. Eh, bahasanya melempem apa sih? Hahaha. Dalam satu kotak Monde Boromon Cookies terdiri dari 6 bungkus, setiap bungkusnya 20 gram, jumlah yang cukup untuk sekali makan.

Monde Boromon Cookies dibuat dengan tepung kentang, bebas gluten, madu dan minyak ikan yang mengandung DHA. Rasanya enak, satu kotak Monde Boromon Cookies dihabiskan si K dalam 2 hari. Hehehe

Dimana bisa mendapatkan Monde Boromon Cookies? Di  Mondemart. Beberapa Marketplace sudah ada official shop Monemart yang menjual Monde Boromon Cookies. Jika tidak bisa menunggu, kita bisa mencarinya di Superindo. Harganya ramah di kantong, hanya Rp. 12.500,00.

So, siap menciptakan golden momen bersama si Kecil, Mak? Yuk saling menggenggam dan menguatkan untuk memberikan stimulasi terbaik, karena usia emas anak tidak akan terulang dua kali.

 

 

Pengobatan Diare Akut pada Anak Balita

Pengobatan Diare Akut pada Anak Balita

Dua minggu yang lalu si K diare. Diare terparah yang pernah ia alami di usia 2.5 tahun. Diare yang sukses membuat Ibunya malas memikirkan hal lain selain menjaga si K 24 jam sehari. Berat badannya susut 3 ons. Aku stress, lelah repot membersihkan segala hal, juga stress melihat badan si K yang semakin langsing.

Jam 11 malam si K muntah-muntah parah. Berulang-ulang sampai kasur banjir dengan muntahannya. Aku panik, mengajak abah K segera ke UGD karena khawatir si K dehidrasi. Kami membelah dinginnya Salatiga ke UGD Puskesmas. Sayangnya, saat sampai di Puskesmas ternyata enggak ada dokter jaga, hanya ada perawat dan bidan, kami dianjurkan untuk langsung menuju ke UGD RSU.

Di perjalanan, tiba-tiba si K mengambil posisi duduk sembari menangis. Diare, sampai cairannya tembus ke bajuku. Aku panik membaui pup si K yang seperti telur busuk. Aku meminta abah K untuk segera pulang ke rumah, membersihkan badan si K dan bergegas ke UGD RSU Puri Asih.

Pengobatan Diare Anak Balita

Di UGD, si K tidur. Dokter memeriksanya dengan cepat, enggak ada sesi konsultasi atau observasi mendalam, mungkin karena banyak antrian. Kondisi umum si K masih bagus, kulitnya elastis, matanya enggak cekung. Dokter memutuskan untuk rawat jalan dengan satu catatan; harus opname jika diare semakin parah.

Kami menebus tiga jenis obat. Cuma tiga, tetapi harganya lumayan. Totalannya 140k untuk ketiga jenis obat ini. Hahaha.

  1. Syrup Zink 100 ml. Syrup Zink ini untuk preparet diare. Diminum satu kali sehari dua sendok teh setelah makan, selama 10 hari berturut-turut enggak boleh berhenti meskipun diare sudah berhenti.
  2. L-Bio 5 saset. L-Bio ini probiotik untuk terapi usus. Berupa serbuk, boleh dicampur sayur maupun susu. Diminum sehari setelah makan petang. Obat yang paling susah di telan si K karena rasanya aneh. Hahaha
  3. Vometa Syrup 60 ml. Ini mah merk, aslinya Domperidone. Untuk obat muntah karena si K diarenya disertai gejala muntah. Diminum tiga kali sehari satu sendok teh sebelum makan.

Obat ini bisa dibeli di apotik tanpa resep dokter. Dengan catatan diare anak kurang dari satu minggu dengan kondisi umum yang bagus. Kami juga memperbanyak asupan cairan, dokter merekomendasikan oralit, tetapi karena si K enggak doyan oralit, kami ganti dengan air kelapa.

Next blogpost, aku bakal share bagaimana kondisi diare yang mengharuskan anak segera opname di RS.

Drama Diare si K

Sepulang dari UGD, si K tidur nyenyak. Jam 9 pagi, tiba-tiba ia tebangun dan mengambil posisi jongkok. Ya, dia pup lagi di atas kasur. Levelnya sudah parah banget, cair, berlendir dengan ampas yang sedikit.

Dalam sehari, si K diare sampai 5 kali. Selama diare, si K lebih suka main di teras karena mengerti jika abahnya harus ngepel kalau si K pup. Di teras lebih mudah ngepelnya dibandingkan di dalam rumah. Diarenya sampai banjir, emak ngeri pengen nangis. Huhuhu.

Hari ketiga, si K belum juga membaik. Hanya geraknya masih usil kayak sebelum diare, makan dan minumnya juga oke, jadi kami memutuskan untuk menghabiskan obat dan memperbanyak makan dan minumnya.

Hari keempat, aku merasa janggal karena pup semakin banyak dan cair. Aku pun menyadari jika ada yang salah dengan asupan makannya; susu kotak untuk campuran L-Bionya, juga roti coklat kesukaannya. Akhirnya aku dan abah K sepakat untuk STOP semua makanan yang dicurigai sebagai pemicu diare; susu, roti coklat, sayuran dan buah-buahan.

Hari kelima, si K membaik dengan frekuensi dan jumlah pup yang semakin berkurang. Total drama si K ada 10 hari. Hahaha, sampai obatnya habis masih belum padat pupnya. Cuma karena frekuensi semakin bekurang, pup semakin sedikit, enggak terlalu cair, kami pikir si K baik-baik saja dan sedang proses penyembuhan.

Sekarang gimana, Mak?Alhamdulillah, wasyukrulillah, si K sudah sehat, enggak encerlagi, tetapi masih diet susu dan produk turunannya, mulai mengkonsumsi sayur dan buah, tetapi masih diet bayam dan mangga.

 

Pencarian Terkait:

  • Pengobatan diare
  • pengobatan diare balita
Toko Pakaian Anak Branded Salatiga

Toko Pakaian Anak Branded Salatiga

Orang bilang, anak-anak usia balita enggak perlu dibelikan baju bagus yang mahal karena baju tersebut hanya terpakai sebentar. Iya, sih, bener juga. Tetapi kadang-kadang emak K juga pengen beliin si K baju branded agar saat keluar enggak malu-maluin. Pan kasihan abahnya, dikira enggak bisa beliin baju yang pantas untuk anak. Heuheuu

Urusan pakaian anak branded, aku mempercayakannya pada salah satu toko di pinggiran Salatiga. Sebenarnya toko ini enggak masuk di wilayah administrasi kota Salatiga, tetapi orang-orang selalu bilang jika toko tersebut letaknya di Salatiga. Hahaha

Chubbydut.Id, Toko Baju Anak Branded Salatiga

Aku mengenalnya lewat Instagram. @chubbydut.id toko olshopnya di Instagram. Toko offline-nya ada di Pabelan, di dalam Toko Zam-zam cabang Pabelan. Pertamakali aku bertransaksi dengan chubbydut.id saat lebaran tahun lalu, membelikan baju untuk kak Tegar dan mbak Deeba. Tentu saja, yang membayar juga Ibunya sendiri. Hahaha

Kualitas bajunya jempolan. Aih, mana ada baju branded yang kualitasnya jempol terbalik? Maksudku, chubbydut.id menjual baju branded ori, bukan kw, makanya harganya agak lumayan. Bhahaha, lagi-lagi, ada harga ada kualitas.

Dulu aku membeli baju dari chubbydut.id dengan meminta tolong Jeggboy untuk mengambilkannya ke toko karena aku malas mengambil sendiri. Jelang lebaran, jalanan kota Salatiga selalu macet. Mana puasa-puasa panas, lagi.

Instagram @chubbydut.id terhitung rutin update. Kadangkala aku sengaja unfollow hanya karena pengen ngirit. Feednya chubbydut.id rawan membuat emak-emak kalap. Wkwkwkwk

Toko Online Chubbydut.id

Chubbydut.id baru memasarkan produk di Instagram @chubbydut.id, Shopee chubbydut.id, Tokopedia chubbydut.id, Line dan Whatsapp, belum mempunyai website toko online. Review ini sekedar memberikan gambaran jika toko online ini bisa dipercaya, enggak abal-abal yang tega memberikan barang kw dengan harga original.

Jika mak-emak ingin membeli di Chubbydut.id, better mengunjungi tokonya di shopee, tokopedia atau Instagram untuk kemudian menanyakan stock via Whatsapp seperti yang tercantum dalam deskripsi toko.

Chubbydut.id selain menjual barang branded import juga menyewakan berbagai perlengkapan bayi. Oh iya, chubbydut,id juga menjual strider, sepeda tanpa sadel yang bagus untuk anak belajar keseimbangan. Emak K belum beli, masih belum merasa butuh karena si K sudah punya sepeda roda dua, eh, roda empat ding. Hahaha.

Pencarian Terkait:

  • baju anak branded
  • Baju Anak import Chubbydut id Semarang Central Java
  • baju anak oshkosh area salatiga
  • toko baju anak di Salatiga
  • toko pakaian anak dijln semeru salatiga
Toko Perlengkapan Bayi Newborn Grosir Salatiga

Toko Perlengkapan Bayi Newborn Grosir Salatiga

Menyiapkan perlengkapan bayi newborn itu rasanya excited banget. Apalagi kalau sudah masuk ke toko perlengkapan bayi, hadeuh, rasanya lutju-lutju semua. Pengen dikekepin semua, enggak miki apakah yang kebeli bakal dipakai kelak. Yang enggak penting jadi dipenting-pentingin hanya karena bentuk dan warnanya yang lutju. Hahaha

Dulu, jaman hamil si K, aku enggak terlalu banyak beli perlengkapan bayi karena ada Mbak yang baru melahirkan beberapa bulan, sehingga aku dapat lungsuran dan melihat sendii apa saja yang benar-benar perlu dan apa saja yang cuma dibuat pajangan.

Meskipun enggak terlalu banyak beli perlengkapan bayi, aku sempat mencatat toko-toko yang menyediakan perlengkapan bayi di Salatiga. Simak, ya.

Toko Molina Salatiga

Toko Molina punya dua cabang, yang satu letaknya di sebelah Hotel Beringin, satunya lagi di pertokoan Star Regency. Aku lebih sering mengunjungi toko Molina yang di sebelah hotel Beringin, meskipun koleksinya enggak selengkap Toko Molina di pertokoan Star Regency, tetapi jangkauannya dari rumah lebih mudah.

Toko Molina koleksi perlengkapan bayinya biasanya branded. Harganya lumayan, tetapi terhitung murah jika ditinjau dari merk serupa di toko yang lain. Aku membeli beberapa untuk keperluan pergi-pergi. Selain baju bayi, aku juga membeli Baby Walker di Toko Molina yang terjamin originalnya. Hehehe

Toko Arini Indah Pasar Raya

Letaknya agak terpencil, tetapi menjadi salah satu toko favorit pakaian bayi newborn masyarakat Salatiga. Harganya terjangkau dengan kualitas bahan yang jempolan. Toko Arini Indah terletak di Pasar Raya 1, belakang Putra Photo. Jika kita mengendarai kendaraan dari jalan kota satu arah, berhenti di Roma, parki di depan Pasar aya 1 dan berjalanlah ke arah samping Putra Photo.

Selain menjual pakaian bayi dengan harga muah dan kualitas jempolan, toko Arini Indah juga menjual berbagai macam pakaian, seragam, gendongan, bed cover, clody, bahkan perlengkapan ibu hamil.

Toko Natalia Salatiga

Toko Natalia yang terletak di Jalan Kesambi menjadi salah satu toko favorit untuk mencari kado bayi. Berbagai perlengkapan bayi dengan harga yang beragam tersedia disini. Kado-kado saat si K lahir, rerata berbungkus plastik dari Toko Natalia. Isinya macam-macam, dari selimut jumbo, baju bayi, hingga berbagai macam tas. Hihihi

Adabaru Salatiga

Adabaru Salatiga menjadi salah satu tempat belanja yang nyaman untuk mencari pakaian bayi eceran. Aku dulu selalu menuju Adabaru jika membeli barang dengan kuantitas sedikit. Bahkan di Adabaru baju bayi branded seperti Carter saja dijual per pcs. Memanjakan emak-emak yang ingin mencoba salah satu merk dulu sebelum membeli dalam jumlah banyak untuk melihat apakah merk tsersebut nyaman dipakai oleh bayi atau tidak.

 

 

 

 

 

Pencarian Terkait:

  • toko arini
  • Mollina salatiga
  • kasur bayi bekas salatiga
  • harga perlengkapan bayi area salatiga
  • harga perlak bayi di toko molina salatiga
  • harga gendongan bayi di molina salatiga
  • daftar harga di toko arini salatiga
  • celana ibu hamil salatiga
  • baju bayi salatiga
  • yg dijual dimolina salatiga