Widi Utami
Tlatah Bocah

Hi, Mak, Stop Mompetition, Nasib 33 Juta Anak Indonesia Ada di Tangan Kita

Hi, Mak, Stop Mompetition, Nasib 33 Juta Anak Indonesia Ada di Tangan Kita

Widi Utami

Home Based Education Interested. Love reading, writing and travelling. Interested in blogging. Live in Salatiga, a small city near Merbabu Mountain.

Related Posts

35 Comments

  1. Vita Pusvitasari

    Makan minum sesuai tumpeng gizi, biar bernutrisi, sehat dan seimbang menunya ya mbak ๐Ÿ™‚

  2. Arinta Adiningtyas

    aku setujuuu… ngapain sih tenaganya buat nyinyirin orang, ya kan? nambah dosa malahan…

    mompetition itu membuktikan bahwa peribahasa “gajah di pelupuk mata tak nampak, kuman di seberang lautan malah kelihatan” tu nyata adanya.

  3. Khoirur Rohmah

    Daripada sibuk kompetisi dengan mom-mom lainnya, jadinya baper
    Emang lebih baik fokus ngurus si kecil dan perkembangannya dia yah mbak
    Smoga adek K lebih semangat maem sayur, buah dan dagingnya yah mbak ^_^

  4. Yoanna Fayza

    Hahaa dikira krisis keuangan, emang ada aja orang yang mikir kita ngirit bin pelit kalau gak mau nurutin anak jajan, padahal demi si anak sendiri ya maak.. aku selalu nyontohin sarapan buah dan makan sayur rebus ke anak-anak, walaupun setelah mereka tidur aku langsung bikin mie instan rebus rawit 5 :))))

  5. yati09

    Waassh…curang atuh si Emak ieu mah.aunya nikmat sorangan euy, hehehe…dicoba makan bareng apa anak makan kita kita juga makan begitu juga sebaliknya. Ada cerita (sungguhan ini mh). Sang anak2 selalu tinggal sm si Mbak ketika ortu ke kantor. Suatu ketika ibunya di rmh si anak gak mau makan kalo gak sama pete or jengkol
    Dampak dari makan bareng si mbak yg addicted si Pieter n si Jacky. Nah sebaiknya hati2 membertau si mbak agar kl makan si piet dan si jack jngn ketauan anak2.

  6. Eka Fikry

    yey, suka aku kalau lihat anak-anak suka makan sayur. Biasanya susyah…..padahal sayur banyak nutrisi dan gizinya…

  7. Mugniar

    Yes, setuju. Semestinya para emak saling bahu-membahu agar generasi kita kelak tangguh, ya Mak. Urusan gizi saja perlu diperhatikan baik-baik, jangan saling menyalahkan ya.

  8. Tian Lustiana

    SAya juga ga kasi jajan ke neng Marwah pernah dibilang kasian lagi ga punya uang wkwkwkpadahal emang saya nya ga mau kasi uang jajan aja

  9. Artha Amalia

    Jadi tersadr kalau langkah saya salah. Saya pikir kalau anak tak mau masi, malah saya ganti roti coklat. Ternyata itu malah kebanyakan karbo dan gula. Vitaminnya gak ada. Hiks

  10. Andiyani Achmad

    Suka sebel sama mompetition ini, karena kadang mereka ini yang notabene ibu2 juga suka tega gitu komentarin ibu2 lainnya.

  11. Dian Restu Agustina (@dianrestoe)

    Nang..Alhamdulillah punya Ibu kayak Ibumu. Semoga banyak Ibu di Indonesia yang makin peduli dengan gizi putra-putrinya…

    Kalau aku di rumah, yang suka banget sayur dan ga milih makanan kan Bapake, sementara aku orangnya agak rewel masalah makan. Nah, jadilah masih lumayan anak-anak dapat teladan dari Bapaknya pas makan bersama..Alhamdulillah sekarang makan makanan sehat dan jajan pun jarang

  12. Lina W. Sasmita

    Kadang makanan bergizinya sudah tersedia dan bapak ibu sediakan eh anaknya malah nggak mau makan. Nah kalau udah gini bikin hopeless banget kan Mak.

  13. HM Zwan

    Aku termasuk yang ogah banget ngurusin orang lain. Makannya selalu heran kalo tiba tiba di fb sering banget nemuin momwar, yang dibahas kadang sepele sih. Seringnya heran, kok bisa ya nyinyirin emak A, B, C.. hehe

    Anak anak itu peniru ulung ya mak, apa yang dilakukan orangtuanya sering dia tirukan. Salah satunya tentang konsumsi makanan. Kalo orangtuanya suka makan buah, sayur… Seringnya aku lihat anak2 ya juga suka lho.. Ini juga yang aku alami. Semoga anak2 kita tumbuh menjadi anak yang sehat, pintar dan cerdas

  14. Wiwied Widya

    Mompetition ini ada dimana-mana, makanya aq suka males kalo ngumpul ketemu ibu2 model begini. Adaa aja yang dicela termasuk soal kebiasaan anakku yg nggak doyan jajan. Dikira emaknya sadis nggak bolehin jajan, padahal kan demi kebaikan anaknya juga. hiks

  15. Kanianingsih

    Jadi ibu itu memang luar biasa..harus kreatif ya biar anak Bisa tercukupi nutrisinya..

  16. Farida Pane

    iya sih. Daripada gontok2an mending fokus untuk membangun anak2 kita menjadi generasi unggul ya

  17. Nyi Penengah Dewanti

    Semoga kebutuhan anak-anak akan gizi ini, tercukupi ya Bund.
    Semangat menanamkan dalam diri anak-anak untuk mencintai makan sayur
    karena kebanyakan cokelat engga baik

  18. Kartika Nugmalia

    Sukaaaak…..saya termasuk yang riwil kalau anak emang harus “diawasi” terutama soal nutrisi. Agak galak juga kalau minta anak makan makanan sehat. Tapi Alhamdulillah berkat “kegalakan” di awal usia, anak anak jadi lebih mudah menerima apapun yang disajikan di meja makan saat ini. Emang butuh proses dan tentu saja energi lebih untuk hal ini, jadi pastikan energi emak emak terbuang untuk hal yang memang semestinya yaaa

  19. olaole22.com

    suka sedih kalo liat banyak yang mompetition, padahal kan kebutuhan anaknya juga beda beda, dan harusnya yang jadi goals kan anak nya tumbuh sehat

  20. olaole22

    sedih deh kalo liat ibu ibu yang suka mompetition. padahal kan kebutuhan anaknya juga beda bedam dan yang penting goals si anak jadi sehat dan tumbuh dengan gizi yang baik

  21. Mechta

    Duh duuuh..semoga tulisan keren ini dibaca oleh emak2 yg suka berkompetisi dan saling menyalahkan di luar sana. Setuju, Emak K..energi para emak lebih baik dicurahkan utk pemenuhan nutrisi demi masa depan anak..

  22. Dedew

    Habis waktu ya buat nyinyir orang lain, urusan kita sendiri terbengkalai, sedihhh..

  23. Dedew

    Aduh mamak-mamak jangan momwar ntar jerawatan dan ASI-nya kurang lhooo hihi

  24. Eri Udiyawati

    Setuju, Mbak.. Lagi pula apa untuk apa ya mompetition. Alangkah baiknya memang kita semua lakukan perbaikan gizi untuk anak-anak kita. Biar mereka tumbuh dengan baik, cerdas dan di jalan yang benar.

  25. Travlingku

    Setuju, Mbak.. sudah saatnya stop mompetition. Alangkah baiknya kita semua peduli dengan anak-anak kita tanpa membanding-bandingkan dengan orang lain. Alangkah baiknya kita fokus untuk tumbuh kembang anak-anak tanpa harus war-wer-wor sesama mom.

  26. Puspita Yudaningrum

    Bener banget mbak seharusnya lebih fokus pada perkembangan anak bukan malah sibuk momperition ya. Semua yang terbaik untuk anak emang harus diperhatikan.

  27. Larasati Neisia

    Baru tau mbak ada istilah mompetition. Duh ini jadi PR berat buat aku nanti kalau punya anak buat memenuhi nutrisinya. Temenku yang dokter pernah bilang, kalau pertama-tama kasih makan anak harus yang kurang enak dulu (macam sayur) baru nanti yang enaknya (buah). Alesannya supaya anak terbiasa makan apa aja nantinya kayak aku hihi

  28. Nathalia DP

    Setuju banget mbak, kalau mau anak biasa makan sehat, orang tuanya juga harus ngasih contoh yg sama ya

  29. Rach Alida Bahaweres (@lidbahaweres)

    Sepakat banget. Dengan adanya momcompetition malah sedih ya ada hal yang lebih penting bagi perkembangan anak malah terabaikan. Yuk bahu membahu ๐Ÿ™‚

  30. Erin Friyana

    Inilah kenapa aku gak masuk grup emak-emak, karena malas lihat pada saling nyinyir, buang-biang tenaga gak jelas. Setuju banget mba, mending tenaganya disibukan buat masak makanan bergizi untuk anak.

  31. Hidayah Sulistyowati

    Setuju banget Wid, mending ngurusi nutrisi keluarga daripada sibuk ngurusin orang lain ya.
    Anak-anakku pun dulu waktu kecil aku bikinkan menu yang seimbang gini. Harus ada sayur tiap hari, juga buah yang murah kan banyak ya

  32. Ika Puspita

    Daripada kompetisi nyinyir atas perkembangan anak orang mending fokus ngurus anak-anak kita sendiri kan lebih oke, ya kan dek say

  33. Nyi Penengah Dewanti

    Halo dedek, dan bunda. Makasih buat sharingnya begini
    otomatis yang beluma da momongan kek saya, belajar banyak soal perenting.
    Sering-sering ah, mba Wid hahaha

  34. Wian

    Aku pun kadang suka diktator gitu juga mba.
    โ€œMau makan ini gak? Klo gak, gak usah makanโ€. Hahahaha… ya gimana ya mbaaaa, klo gak gitu, gak ngajarin mereka doyan sayur.

  35. Diyanika

    Aku belum bisasestrong Mamak K nih.Aku masih kalah sama anakku, Mbak. Kalau pas dia ogah makan nasi ya minta apa kuturutin, asalkan ada makanan yang masuk kemulut.

Leave a Reply