Halo Balita Kisah Nabi Muhammad
Buku Lokal, K's Books Corner

Review Buku Anak | Halo Balita, Kisah Nabi Muhammad SAW

Tepuk Nabi,

Nabiku .. Muhammad..

Ayahnya.. Abdullah..

Ibunya.. Aminah

Kakeknya.. Abdul Muthallib

Pamannya.. Abu Thalib

Lailahaillallah Muhammadurrasulullah, Yes!

Tepuk Nabi yang akrab dalam keseharian jaman masih TPQ masih teringat kuat hingga sekarang. Ya, masa kecil anak enggak boleh terlewatkan untuk mengukir segala hal tentang hidup, termasuk tentang Ketauhidan dan Nabi-nabinya. Tentu saja, harus disampaikan dengan bahasa yang sederhana dan mudah dipahami oleh anak.

Aku baru mempunyai dua buku anak tentang Nabi. Seri Nabi Ibrahim dengan kisah burung merpatinya Tasaro GK dan Kisah Nabi Muhammad SAW Halo Balita.

Sekilas Pandang Kisah Nabi Muhammad SAW Halo Balita

Kisah Nabi Muhammad SAW Halo Balita adalah salah satu dari enam seri kisah Nabi terbitan Mizan. Buku board book dengan warna dasar putih dan pojok buku tumpul ini aman untuk anak-anak di bawah lima tahun. Gambar ilustrasinya sederhana, dengan teks yang cukup.

Emak K bilang cukup karena ada beberapa halaman yang teksnya lumayan panjang, belum selesai dibaca, si K sudah membolak-balikkan halaman. Sepertinya cocok untuk anak usia 3 rahun plus, si K baru berusia 2 tahun.

Bahasa yang digunakan mudah dipahami. Menceritakan sekilas pandang tentang kehidupan Nabi Muhammad semenjak di kandung Ibunda sampai pertemuan Rahib Buhaira dengan Abu Thalib. Bisa dibilang, closing-nya agak memaksa, mungkin karena keterbatasan halaman. Sepertinya, Cerita tentang Nabi Muhammad untuk anak lebih baik disampaikan per-peristiwa.

Penceritaan kronologi agak membingungkan. Alurnya maju, dari Nabi Muhammad lahir hingga pertemuan Rahib Buhaira dengan Abu Thalib, tetapi penggunaan waktunya kadang lampau, kadang sekarang. Di halaman pertama menggunakan waktu sekarang.

Ibunda Aminah tengah mengandung….

Di halaman keenam menggunakan kalimat lampau.

Semasa bayi, Nabi Muhammad di susui oleh Ibunda Aminah….

Kekeliruan yang sebenarnya tidak mengubah inti cerita, tetapi membuatku gagal fokus saat membacakannya untuk si K, jadi emak K mengganti kalimat sendiri agar runtut penggunaan bahasanya sesuai alur. HAHAHA. Dasar Emak K.

Identitas Buku Halo Balita, Kisah Nabi Muhammad SAW

Judul: Kisah Nabi Muhammad SAW

Penulis: Iwan Yuswandi

Penerbit: Pelangi Mizan

Jumlah Halaman: 20 Halaman + II

Cetakan ke 1 Juni 2014

 

Rekomendasi Penggunaan Buku Halo Balita, Kisah Nabi Muhammad SAW

Buku ini disarankan untuk anak 3 tahun plus karena kalimatnya agak panjang. Tetapi, Emak bisa membacakannya untuk anak dibawah tiga tahun dengan memperpendek kalimat atau menceritakan dengan kalimat sendiri berdasarkan ilustrasi yang ada di buku.

Buku ini cocok untuk pengenalan awal tentang Nabi Muhammad, tetapi seiring waktu Emak harus menceritakan sendiri detail peristiwa tentang Nabi Muhammad, atau bisa juga mencari buku seri Nabi Muhammad yang lebih lengkap. Banyak penerbit yang menerbitkan buku seri Nabi Muhammad yang lebih lengkap, namun emak K belum beli, sehingga belum berani merekomendasikan. Ntar kalau si K sudah punya seri Kisah Nabi Muhammad yang lebih lengkap, emak K share dimari. Tungguin, yak. Emak K nabung dulu. 😀

 

Salam!

Emak K, Deaf Mommy

Bagaimana komentar kalian?