Widi Utami

Learn, Write and Share
K's Books Corner

Resep Minuman Segar Es Tape Singkong

October 1, 2018
Es Tape SIngkong; Resep Minuman Segar Praktis

Musim panas begini enaknya minum yang sege-seger, sayang aku harus ke kota untuk mendapatkan es favorit, makanya bela-belain nyari resep minuman segar . Aku ingin membuat Es Tape Singkong yang praktis. Es Tape Singkong adalah jajanan jamankecil yang masih menjadi favoritku sekarang.

Belum sempat nyari resep Es Tape Singkong, eh, mbak Arin ngasih tahu kalau ada Es Tape Singkong yang seger di Kedai Ibu, Solo. Emak K nelen ludah. Sirup merah kental yang tampak dalam foto membuat anganku semakin melayang, glek glek glek, segarnya… Sayang, cuma bisa bayangin doang.

Seru kali ya ke Solo sambil wisata kuliner ngicip Es Tape segar sekalian ngemall. Mbak Arin sudah memberi lampu hijau untuk menemani jalan-jalan sampai kaki gempor. Emak K mau nabung dulu, moga saja enggak usah nunggu ngidam untuk pergi ngebolang ke Solo. Wkwkwkwk

Resep Minuman Segar, Es Tape Singkong
Resep Minuman Segar, Es Tape Singkong. Credit: Mbak Arin @kayusirih

Resep Minuman Segar Es Tape Singkong

Pergi ke Solo untuk nyicip Es Tape Singkongnya masih entah kapan. Emak K memutuskan untuk browsing Resep Minuman Segar Es Tape Singkong, sekedar untuk memanjakan lidah yang sedang kangen jajanan masa kecil.

Saat browsing, aku menemukan resep Es Tape Singkong dengan bahan utama tape singkong, kelapa muda, santan dan cincau. Agak ribet sepertinya ya? Aku membayangkan segarnya santan, kelapa muda dan tape singkong. Sepertinya mirip-mirip Es Teller. Perpaduan tape dan santannya bisa bikin perut berontak kalau enggak kuat. Yang punya penyakit lambung atau maag enggak disarankan mencoba, ya.

Es Tape SIngkong; Resep Minuman Segar Praktis
Es Tape SIngkong; Resep Minuman Segar.Src: cookpad Vanie Satrya

Gimana? Dari fotonya saja seger, kan? Hehehe, jangan jitak emak K kalau gambar ini membuatmu ngiler ya, daku pan enggak mau ngiler sendiri. Nyari teman. Hihihi

Bahan Es Tape Singkong:

  • Tape singkong
  • Cincau diparut
  • Kelapa muda, serut. Di resep asli pakai kelapa muda kw dari jelly rasa kelapa itu, tetapi lebih enak dan lebih praktis kelapa muda serut
  • 1 bungkus santan kara + 500 ml air
  • 1 Sachet SKM Putih
  • 1/2 Sdt Garam
  • Gula Merah

Cara Membuat Es Tape Singkong

  1. Panaskan panci untuk mencairkan gula merah. Masukkan gula merah, campurkan sedikit air dan aduk ata hingga gula merah meleleh kental.
  2. Masak santan kara dan 500 ml air, tambahkan garam dan SKM, aduk hingga mendidih, jangan sampai pecah.

Cara Penyajian

Siapkan gelas. Tuangkan 2 SDM Gula merah yang telah dicairkan. Masukkan santan yang telah dimasak bersama ai, garam dan SKM secukupnya. Masukkan parutan cincau dan kelapa muda. Masukkan tape singkong di atasnya.

Optional: Tambahkan es yang sudah diserut. Slurppp…

***

Resep minuman segar es tape singkong ini agak berbeda dengan es tape singkong jaman kecil yang diblender bareng coklat atau perasa yang lain, tetapi enggak ada salahnya nyoba es tape singkong versi lain agar lidah bisa merasakan keanekaragaman kekayaan kuliner Indonesia. Hihihi.

Emak K musti menyiapkan kelapa muda, cincau dan tape singkong dulu. Tiga bahan ini harus didapatkan dengan sedikit perjuangan ke pasar. Kalau gula merah, SKM dan santannya sih bisa didapatkan di warung depan rumah.

Kamu, Mak, ada resep minuman segar yang cocok dinikmati saat musim panas begini? Yang gampang saja, jangan yang susah-susah karena emak K enggak ada waktu untuk berlama-lama di dapur. Share dong di komentar. 🙂

 

Salam!

Emak K, a learner mommy

 

 

 

 

Pencarian Terkait:

  • es tape singkong gula merah
  • bikin es tape lembut
  • es tape singkong

Home Based Education Interested. Love reading, writing and travelling. Interested in blogging. Live in Salatiga, a small city near Merbabu Mountain.

Bagaimana komentar kalian?

%d bloggers like this: