Resep Minuman Segar Es Tape Singkong

Resep Minuman Segar Es Tape Singkong

Musim panas begini enaknya minum yang sege-seger, sayang aku harus ke kota untuk mendapatkan es favorit, makanya bela-belain nyari resep minuman segar . Aku ingin membuat Es Tape Singkong yang praktis. Es Tape Singkong adalah jajanan jamankecil yang masih menjadi favoritku sekarang.

Belum sempat nyari resep Es Tape Singkong, eh, mbak Arin ngasih tahu kalau ada Es Tape Singkong yang seger di Kedai Ibu, Solo. Emak K nelen ludah. Sirup merah kental yang tampak dalam foto membuat anganku semakin melayang, glek glek glek, segarnya… Sayang, cuma bisa bayangin doang.

Seru kali ya ke Solo sambil wisata kuliner ngicip Es Tape segar sekalian ngemall. Mbak Arin sudah memberi lampu hijau untuk menemani jalan-jalan sampai kaki gempor. Emak K mau nabung dulu, moga saja enggak usah nunggu ngidam untuk pergi ngebolang ke Solo. Wkwkwkwk

Resep Minuman Segar, Es Tape Singkong

Resep Minuman Segar, Es Tape Singkong. Credit: Mbak Arin @kayusirih

Resep Minuman Segar Es Tape Singkong

Pergi ke Solo untuk nyicip Es Tape Singkongnya masih entah kapan. Emak K memutuskan untuk browsing Resep Minuman Segar Es Tape Singkong, sekedar untuk memanjakan lidah yang sedang kangen jajanan masa kecil.

Saat browsing, aku menemukan resep Es Tape Singkong dengan bahan utama tape singkong, kelapa muda, santan dan cincau. Agak ribet sepertinya ya? Aku membayangkan segarnya santan, kelapa muda dan tape singkong. Sepertinya mirip-mirip Es Teller. Perpaduan tape dan santannya bisa bikin perut berontak kalau enggak kuat. Yang punya penyakit lambung atau maag enggak disarankan mencoba, ya.

Es Tape SIngkong; Resep Minuman Segar Praktis

Es Tape SIngkong; Resep Minuman Segar.Src: cookpad Vanie Satrya

Gimana? Dari fotonya saja seger, kan? Hehehe, jangan jitak emak K kalau gambar ini membuatmu ngiler ya, daku pan enggak mau ngiler sendiri. Nyari teman. Hihihi

Bahan Es Tape Singkong:

  • Tape singkong
  • Cincau diparut
  • Kelapa muda, serut. Di resep asli pakai kelapa muda kw dari jelly rasa kelapa itu, tetapi lebih enak dan lebih praktis kelapa muda serut
  • 1 bungkus santan kara + 500 ml air
  • 1 Sachet SKM Putih
  • 1/2 Sdt Garam
  • Gula Merah

Cara Membuat Es Tape Singkong

  1. Panaskan panci untuk mencairkan gula merah. Masukkan gula merah, campurkan sedikit air dan aduk ata hingga gula merah meleleh kental.
  2. Masak santan kara dan 500 ml air, tambahkan garam dan SKM, aduk hingga mendidih, jangan sampai pecah.

Cara Penyajian

Siapkan gelas. Tuangkan 2 SDM Gula merah yang telah dicairkan. Masukkan santan yang telah dimasak bersama ai, garam dan SKM secukupnya. Masukkan parutan cincau dan kelapa muda. Masukkan tape singkong di atasnya.

Optional: Tambahkan es yang sudah diserut. Slurppp…

***

Resep minuman segar es tape singkong ini agak berbeda dengan es tape singkong jaman kecil yang diblender bareng coklat atau perasa yang lain, tetapi enggak ada salahnya nyoba es tape singkong versi lain agar lidah bisa merasakan keanekaragaman kekayaan kuliner Indonesia. Hihihi.

Emak K musti menyiapkan kelapa muda, cincau dan tape singkong dulu. Tiga bahan ini harus didapatkan dengan sedikit perjuangan ke pasar. Kalau gula merah, SKM dan santannya sih bisa didapatkan di warung depan rumah.

Kamu, Mak, ada resep minuman segar yang cocok dinikmati saat musim panas begini? Yang gampang saja, jangan yang susah-susah karena emak K enggak ada waktu untuk berlama-lama di dapur. Share dong di komentar. 🙂

 

Salam!

Emak K, a learner mommy

 

 

 

 

Pencarian Terkait:

  • Minuman segar
  • es tape singkong gula merah
  • minuman jaman dulu
  • Gambar minuman tape
  • minuman dari singkong
  • minuman dari ketela pohon
  • gambar es segar
  • es tape singkong
  • es segar
  • bikin es tape lembut
Resep Nasi Goreng Enak Super Kilat

Resep Nasi Goreng Enak Super Kilat

Abah K seleranya agak berbeda denganku. Jika aku suka nasi goreng dengan bumbu komplit, apakah lebih suka nasi goreng dengan bumbu simpel yang dimasak kilat. Sebenarnya aku malu menulis resep nasi goreng enak super kilat, lha wong masak saja masih kadang-kadang, kadang enak, kadang keasinan, kadang hambar. HAHAHA. But, sharing is caring, kan? Siapa tahu ada emak-emak yang enggak pintar memasak, tetapi tetep ingin menyajikan yang terbaik untuk suaminya.

Juga emak-emak yang sedang super rempong dengan bayi, memiliki suami yang lebih suka masakan istri dibandingkan membeli di luar. Bisa juga emak-emak yang sedang membutuhkan moodbooster makanan pedas yang mengenyangkan, tetapi hanya mempunyai waktu sempit untuk memasak. Nasi goreng enak super kilat ini juga menjadi andalan kala ngegalau enggak jelas, cukup menambahkan jumlah cabai setan, dan makan nasi goreng enak super kilat saat masih panas.

Pedasnya nasi goreng enak super kilat mampu menghapus pikiran gundah-gulana. Bahkan seolah-olah aku sedang ‘makan’ orang yang membuatku badmood parah itu. Bhahaha, sadis banget sih, Mak! Enggak apalah, daripada membalas dengan kata-kata menyakitkan, mending meredam emosi diri-sendiri dengan kegiatan simpel agar bisa menemani anak dan suami dengan wajah cerah-merona. Ciee, merona apaan….

Resep nasi goreng enak super kilat ini tidak membutuhkan persiapan yang lama, mungkin hanya butuh 10 menit, bahkan kurang. Jadi, cocok untuk menu makan ketika si K rewel dan nempel ibunya melulu. Bahannya pun enggak ribet-ribet amat, bumbu wajib yang selalu ada di kotak bumbu dapur.

Bahan Nasi Goreng Enak Super Kilat

Bahan nasi goreng enak super kilat diantaranya adalah:

  1. Nasi satu piring atau sesuai kebutuhan.
  2. Bawang merah secukupnya, dicincang halus. Setiap satu piring biasanya aku memakai dua siung bawang merah.
  3. Bawang putih secukupnya, cincang halus. Setiap satu piring nasi, biasanya aku memakai satu siung bawang putih.
  4. Cabai sesuai selera, cincang halus.
  5. Garam secukupnya, tergantung merk. Bhahaha, habis setiap merk berbeda kadar keasinannya, aku paling malas ganti merk garam, sebab setiap kali ganti merk garam, setiap itu pula harus mereka-reka takarannya.
  6. Minyak goreng secukupnya.

Bahan tambahan:

  • Orak-arik telur. Sebelum menggoreng nasi, terlebih dahulu orak-arik telurnya di minyak panas, kemudian angkat. Gunakan sisa minyak gorengnya untuk menggoreng nasi. Kalau langsung dituang bumbu juga bisa, tetapi bumbunya jadi bumbu basah. Enggak garing kriuk-kriuk.
  • Sayur, biasanya wortel, sawi atau kolbis, potong-potong sesuai selera. Kalau emak K biasanya menggunakan kolbis sebagai lalap mentah, diiris lembut.

Cara Memasak Nasi Goreng Enak Super Kilat

  1. Panaskan minyak di wajan. Tuang bawang merah, bawang putih, cabai dan garam. Aku menuangkan garam sekalian bersama bumbu agar asinnya rata. Aduk-aduk sampai harum.
  2. Tuang sayur yang sudah dicincang, aduk.
  3. Tuang orak-arik telur.
  4. Tuang nasi, aduk hingga merata.

Saran Penyajian

Untuk menyajikan nasi goreng enak super kilat ini sebenarnya cukup disajikan di dalam piring. Namun, untuk abah K, biasanya beliau menambahkan kerupuk dan lalapan. Lalapannya ekstrem, seekstrem terong mentah. HAHAHA. Iya, terong mentah digunakan sebagai lalapan oleh abah K. Ada yang pernah lalap terong, kah? Aku belum berani. Wkwkwk. DI lain waktu, beliau juga pernah menggunakan kacang panjang mentah sebagai teman menikmati nasi goreng super kilat ini. Epic.

resep nasi goreng enak super kilat

resep nasi goreng enak super kilat, ekstrem kan lalapannya. Hahaha

Tetap semangat mak-emak yang sedang rempong dengan segala rutinitas, salam cinta dari Kaki Merbabu.

 

With Love,

Emak K, deaf mommy