Sekolah di Jerman – Bisa bersekolah di jerman adalah impian yang banyak orang idam-idamkan. Ada begitu banyak alasan untuk melanjutkan sekolah ke negara maju di kawasan eropa barat ini.

Jerman terkenal dengan sistem pendidikannya yang berkualitas, integrasi antara dunia akademik dengan dunia industri, sistem politiknya yang stabil, serta tentunya iklikm demokrasi yang amat terjaga memudahkan orang untuk belajar banyak ilmu.

Namun yang perlu banyak diketahui bahwa bersekolah di Jerman tidaklah mudah, tidak semudah melanjutkan sekolah seperti ke negara tetangga kita misalnya Malaysia atau Singapura. Dimana syarat-syarat yang dibutuhkan untuk melanjutkan sekolah ke negara jiran tersebut biasanya jauh lebih mudah. Berkas-berkas yang agak berat untuk dipenuhi biasanya hanyalah sertifikat toefl dan ielts dengan syarat-syarat tertentu.

Lalu jika dibandingkan dengan bersekolah ke Jerman, maka ada banyak syarat-syarat yang baik itu administrasi ataupun non-administrasi yang mesti kita penuhi jauh-jauh hari, misalnya adalah sertifikat bahasa, jaminan pembiayaan dari orang tua atau jaminan dari donor beasiswa, kemudian pengajuan aplikasi visa serta banyak hal yang mesti dipersiapkan.

Penerbangan Jakarta ke Jerman biasanya memakan waktu di atas sembilan hingga lima belas jam, jauh lebih lama ketimbang anda terbang ke singapura atau malaysia. Itulah mengapa fungsi adapatasi baik secara akademik atau non-akademik diperlukan untuk menyesuaikan iklim pendidikan anda di Indonesia dengan di jerman.

Selain itu, jerman adalah negara dengan empat musim, berbeda dengan malaysia dan singapura yang hanya terdiri atas dua musim. Karena terdiri dari empat musim, pastikan bahwa anda mengenal jadwal jadwal musimnya dengan baik agar tidak salah dalam memakai pakaian dan juga tentunya tidak terkena penyakit-penyakit musiman.

Syarat-syarat Sekolah di Jerman yang mesti Anda ketahui

Nah, jika anda sudah mempunyai pandangan dari apa yang sudah disampaikan di atas, maka inilah beberapa syarat-syarat sekolah di jerman yang perlu ketahui untuk dipersiapkan jauh-jauh hari. Syarat syarat ini bukan hanya terbatas kepada syarat akademik semata tetapi juga syarat non akademik yang bisa dipersiapkan bertahun-tahun sebelumnya dan berikut dibawah ini adalah ulasannya.

1. Proses aplikasi masuk sekolah di Jerman

Persyaratan pertama adalah dengan memulai proses aplikasi masuk sekolah di jerman pada jenjang sarjana, master atau doktoral, biasanya aplikasi ini masuk ke admission office dan mereka akan meminta syarat-syarat tertentu. Hasil akhir dari seleksi ini adalah anda akan mendapat letter of accepted atau letter of invitation yang menandakan Anda diterima untuk sekolah di jerman.

2. Memiliki sertifikat Bahasa Jerman

Persyaratan kedua adalah sertifikat bahasa Jerman adalah hal yang mutlak. Jerman adalah negara yang mirip seperti perancis yaitu mewajibkan mahasiswa internasional untuk menguasai bahasa jerman agar memahami kultur, budaya dan lingkungan akademik serta masyarakat jerman dengan baik. Jadi, sekolah anda di jerman tidak akan sia sia.

3. Memiliki sertifikat Bahasa Inggris

Selanjutnya adalah memiliki sertifikat bahasa Inggris berjenis TOEFL IBT ataupun IELTS, biasanya juga diminta sebagai syarat tambahan bahwa anda menguasai bahasa utama pergaulan internasional ini. Sehingga ketika anda bisa berbahasa jerman dan inggris maka akan memudahkan anda untuk berinteraksi dengan mahasiswa internasional lainnya.

4. Menyiapkan passport

Ini merupakan syarat paling gampang yang bisa Anda lakukan adalah menyiapkan passport bagi yang belum mempunyai. Anda bisa membuat di kantor imigrasi dan sertakan letter of invitation jika anda sudah diterima untuk melanjutkan sekolah di jerman.

5. Mengajukan aplikasi visa schengen

Persyaratan sekolah di Jerman yang terakhir adalah mengajukan aplikasi visa schengen. Nah, pengajuan aplikasi visa schengen ini setelah syarat syarat di atas sudah selesai.

Anda bisa mengajukan aplikasi visa dengan aplikasi aplikasi di atas dan salah satu syarat utamanya adalah jaminan donor beasiswa atau surat keterangan dana yang anda miliki dari orang tua misalnya.

Sekianlah pembahasan singkat mengenai beberapa syarat-syarat untuk bisa sekolah di Jerman dan semoga saja dengan membaca artikel ini dapat menambah wawasan Anda yah, selamat meraih mimpi, semoga berhasil teman-teman.

%d bloggers like this: