Jika kamu ingin membuat website gratis, tentu kamu memerlukan platform digital yang mumpuni untuk mengerjakannya. Saat kamu mencoba googling di internet, kamu akan dihadapkan pada berbagai pilihan jasa dan provider yang menyediakan platform pembuatan website. Tentu kamu akan dibuat bingung karen layanan yang mereka berikan sangat beragam. Mulai dari yang gratisan maupun yang berbayar.

Nah, buat kamu yang ingin benar-benar selektif agar tidak menyesal jika ternyata salah memilih platform, ada baiknya untuk menyimak 5 tips berikut ya.

  • Pastikan track recordnya

Saat kamu ingin memilih platform untuk buat website, sebaiknya kamu pilih platform yang ditawarkan oleh perusahaan yang telah memiliki track record dan pengalaman yang baik. Biasanya di laman promosi situs tersebut disebutkan siapa saja yang sudah pernah memakai platform tersebut, berapa jumlah pengguna dan lain sebagainya. Track record ini dapat menjadi jaminan bahwa kualitas platform tersebut baik dan diminati oleh banyak orang.

  • Pilih yang non coding

Jika ingin membuat website mu sendiri dengan cara gratis, kamu tentu harus bisa mengkostumisasi dan merancang sendiri tampilan dan menu-menu pada laman website yang kamu inginkan.

Bagi kamu yang tidak memiliki pengetahuan yang baik tentang coding, maka pastikan platform yang kamu pilih menawarkan template yang non coding agar lebih mudah dan tidak ribet untuk kamu kerjakan.

  • Variasi template yang banyak

Tips selanjutnya adalah pilih platform yang menawarkan template yang beragam. Hal ini cukup penting agar kamu bisa bebas memilah dan memilih berbagai jenis pilihan template yang sesuai dengan karakter bisnismu. Semakin banyak template yang kamu pilih akan membuatmu lebih leluasa untuk berkreasi.

Desain template nantinya akan menentukan karakter websitemu dan bagaimana websitemu ditampilkan di hadapan pengunjung dan netizen. Jadi kamu harus mempertimbangkannya dengan baik.

  • Berbahasa Indonesia

Selain kostumisasi non coding, kamu juga sebaiknya memilih platform yang menggunakan settingan berbahasa Indonesia. Hal ini akan mempermudah kamu untuk membuat website gratis karena menggunakan bahasa yang lebih mudah dimengerti. Tentu kamu tidak ingin waktumu habis karena bingung mengurus settingan karena bahasa yang tidak kamu kuasai.

  • Responsif di smartphone

Tips yang terakhir adalah pastikan platform yang kamu pilih responsif di smartphone. Responsif artinya tidak berat saat diakses melalui smartphone meskipun mengandung banyak gambar dan animasi.

Hal ini bisa dikata adalah faktor yang sangat penting untuk kamu perhatikan. Karena menurut berbagai penelitian, pengguna internet di jaman sekarang lebih banyak mengakses website dan berselancar di dunia maya dengan menggunakan smartphone ketimbang desktop.

Karena itu kamu harus memastikan platform yang kamu gunakan bisa memfasilitasi penggunaan lewat smartphone. Pastikan agar ketika websitemu diakses di smartphone tetap stabil, tidak lelet dan tidak mudah lag saat melakukan penelusuran di website kamu ataupun bertransaksi di toko onlinemu.

Selain 5 tips di atas ada sejumlah tips lainnya yang juga perlu kamu cari tahu lebih jauh lagi sebelum akhirnya memilih platform untuk membuat website gratis. Di antaranya adalah faktor penyimpanan data dan faktor aksesabilitas untuk diedit di ponsel. 

Adapun salah satu platform yang layak untuk kamu pertimbangkan adalah Sitebeat.com karena platform ini dapat memenuhi sejumlah persyaratan yang telah dipaparkan di atas. Selain itu Sitebeat juga memberikan beragam fitur dan layanan bagi pebisnis yang ingin membangun aset digital mereka, seperti membuat website gratis dan buat toko online. Dan yang pasti, gratis.

 

%d bloggers like this: