Memilih web hosting seringkali membuat kepala nyut-nyutan, ya? Haloha, lama enggak menulis tentang hosting dan dunia develop website, emak K lagi jenuh dengan urusan hosting dan kawan-kawannya. Mending menemani si K dolanan pasir aja. Tetapi rupanya kangen juga cuap-cuap soal periperhal WordPress Self Hosted.

Memilih web hosting bisa dibilang cocok-cocokan. Aku cocok di penyedia hosting A, abah K cocok di penyedia hosting B. Aku lebih cocok di A karena user interface-nya newbie friendly, abah K cocok di hosting B karena customer servicenya yang cekatan. Lalu, apa yang perlu dipertimbangkan dalam memilih web hosting?

Pilih Web Hosting yang Menyediakan Disk Space Sesuai Kebutuhan Kita

Disk space atau biasa disebut sebagai storage adalah kapasitas penyimpanan yang disediakan oleh penyedia web hosting. Kita perlu mengira-ngira seberapa besar storage yang kita butuhkan untuk website kita paling tidak dalam satu tahun mendatang. Untuk website personal atau company profile yang tidak membutuhkan banyak foto, kapasitas storage 1 GB sudah cukup. Lain halnya untuk website online shop, blog portofolio, dan travel blog yang mengunggulkan foto sebagai konten websitenya, emak K anjurkan untuk menyewa web hosting dengan storage lebih dari 2 GB.

Ketersediaan beberapa pilihan paket storage cukup memudahkan kita ketika konten blog sudah cukup banyak dan membutuhkan storage yang lebih besar. Jika penyedia web hosting memiliki beberapa paket dengan beragam storage, kita cukup menghubungi customer service untuk upgrade layanan saat sisa storage semakin menipis. Hal ini tentu saja sangat menguntungkan kita karena kita tidak membuang-buang uang untuk menyewa storage yang tidak terpakai.

Pilih Web Hosting yang Menyediakan SSL dalam Paket Hostingnya

Seberapa pentingnya SSL dalam website? SSL sangat penting untuk mengamankan website kita. Google pun mengutamakan website yang sudah memiliki SSL dibadningkan yang belum memiliki SSL. Jika ada blog yang membahas keyword sama, satu blog menggunakan SSL dan blog lain tidak ber-SSL, maka yang akan dimenangkan oleh mesin pencari adalah blog yang menggunakan SSL.

So, sayang banget kan kalau tidak disediakan SSL-nya.

Apa semua penyedia web hosting menyedikiakan SSL gratis? NO. Emak K bulan kemaren habis mumet karena pesan hosting di luar negeri dengan kapasitas 30GB, mbayar $20 perbulan, ternyata enggak ada free SSL-nya. Mumet, Gaisss.

Jadi, pastikan dulu apakah ada free SSL di paket web hosting yang kamu pilih, ya.

Pilih Web Hosting yang Tersedia Backup dan Restore

Meskipun sudah mumpuni dengan berbagai pengamanan yang super canggih, kita perlu melakukan backup server secara rutin agar data tidak hilang ketika terjadi hal di luar dugaan. Memilih web hosting yang menyediakan backup/restore rutin minimal seminggu sekali akan sangat membantu kita dalam mengelola blog.

Ketersediaan backup rutin dalam paket website yang kita pilih akan membuat kita bisa fokus mengembangkan website karena data-data blog kita sudah aman di tangan penyedia web hosting. Jika suatu saat terjadi hal yang tidak terduga, kita masih bisa bernafas lega karena data-data kita sudah di back up.

Pilih Web Hosting yang Menyediakan Support 24 Jam

Enggak cuma UGD yang harus buka 24 jam, server pun harus menyediakan support 24 jam. Jangan kayak abah K dulu yang stress karena support lambat merespon saat tengah malam tiba, padahal saat itu sedang mumet deploy aplikasi. Rasanya? Mencak-mencak, darah tinggi. Hahaha.

Lain dengan toko fisik yang kita bisa mengatur kapan jam tutup dan jam buka toko, toko online kita harus jalan terus 24 jam non stop karena pelanggan bisa saja sedang jalan-jalan window shoping di jam-jam kita tidur ngorok.

 

4 Kriteria itu mutlak, tidak bisa diganggu guat. Nah, setelah 4 kriteria tersebut dilihat, kita baru menentukan hosting mana yang terbaik untuk website kita dari segi harganya. 

Berbicara soal web hosting terbaik Indonesia, emak K teringat dengan hosting terbaik saat ini yang menyediakan beberapa paket web hosting yang bisa kita pilih sesuai kebutuhan. Domainesia dengan Instant Deploynya pernah emak K review dalam tinjauan kemudahan menginstall software yang kita butuhkan Emak-emak Membuat Website Online Shop Sendiri dengan Instant Deploy Domainesia.

Paket Hosting Domainesia

Paket Hosting Domainesia

Domainesia menyediakan berbagai paket web hosting yang bisa kita pilih, ada paket 1 GB, 2 Gb dan 5 GB. Itu saja? Belum, masih ada paket web hosting Bisnis yang menyediakan beragam paket, bisa kita pilih sesuai kebutuhan kita dan emmungkinkan kita untuk mempunyai banyak website untuk menembak berbagai keyword. Untuk paket Bisinis sendiri ada paket Mikro, Mega, Giga dan Exa. Tinggal dipilih mana kapasitas hosting yang sesuai dengan kebutuhan web hosting kita. Rincian paket web Hosting Domainesia bisa klik disini.

Nah, sudah ada gambaran kan mau meilih web hosting yang mana? Semoga sukses, ya.

 

 

 

%d bloggers like this: