Wordpress

Tiga Hal yang Harus Diperhatikan Emak Newbie Sebelum Memilih Paket Hosting

“Mbak, aku bingung memilih paket hosting, apa sih pertimbangannya?” seorang sahabat bertanya, ia merencanakan untuk migrasi dari blogspot ke wordpress self hosted.

Berulangkali aku mendapatkan pertanyaan yang sama, hingga memutuskan untuk menuliskan di blog karena aku berfikir masih banyak yang membutuhkan pendapat dalam memilih paket hosting.

Dulu aku juga bingung tentang hosting ini. Boro-boro hosting, Top Level Domain saja aku enggak ngerti. Awal-awal menikah dengan abah K, aku merasa sedang ngobrol dengan alien saking enggak ngertinya apa itu TLD, hosting, domain, disk space, dll.

3 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Memilih Hosting
3 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Memilih Hosting

Seberapa Besar Kapasitas Hosting yang Dibutuhkan

Sebelum memilih penyedia hosting, pikirkan dulu seberapa besar kapasitas hosting yang dibutuhkan. Apakah cukup dengan shared hosting ataukah harus menggunakan VPS. Biasanya, jika hanya digunakan untuk blogging dengan pengunjung kurang dari 1000/ hari, kita masih bisa memakai shared hosting.

Jika digunakan untuk marketplace yang perkiraan pengunjungnya lebih dari 1000/hari atau aplikasi berbasis website untuk usaha yang mempunyai cabang, baru menggunakan VPS.

Apakah Blog atau Website  Emak Membutuhkan SSL

SSL, Secure Socket Layer, adalah lapisan keamanan untuk melindungi transaksi di website dengan teknologi enkripsi data yang canggih. Pada website dengan SSL maka alamatnya berubah menjadi https dan muncul tanda padlock (gembok) di address bar browser yang bisa di-klik untuk melihat jenis SSL, teknologi enkripsi yang dipakai dan siapa identitas pemilik website.

SSL selain melindungi transaksi, juga sangat berpengaruh pada SEO. Jika Emak ingin mengoptimasi website, disarankan untuk memasang SSL. Pun, dengan website onlineshop, sangat disarankan menggunakan SSL untuk melindungi transaksi di website.

Apakah Emak Membutuhkan Email dengan Akhiran Domain Sendiri

Ehm, coba baca halo@widiutami.com. Keren yak? Selain keren juga meningkatkan branding. Hihihi. Tetapi emak K belum pakai, belum kuat membayar hosting dengan fasilitas email berakhiran domain. Makanya toh, doakan emak K biar makin banyak job dan bisa upgrade hosting yang menyediakan email dengan akhiran domain sendiri. ☹

 

Ketiga hal tersebut harus Emak perhatikan benar-benar. Jika sudah menandai ketiga hal tersebut, baru kita membandingkan harga antar penyedia hosting sesuai dengan yang kita butuhkan.

Jangan sampai memilih hosting di atas budget Emak. Pun, jangan sampai juga memilih hosting yang tidak mampu menampung visitor ataupun data Emak, nanti pengunjung blog kita ngambek kalau tetiba blog down enggak bisa diakses.

Lhah dalah, Emak K pan gimana? Emang ada ya hosting murah yang bisa menampung ribuan pengunjung dengan kapasitas disk besar?

Niagahoster merupakan salah satu penyedia web hosting langganan abah K sejak awal terjun sebagai website developer yang menawarkan hosting murah berkualitas. Debut pertama abah K menjadi seorang website developer dimulai dari Niagahoster.

Saat kiprah abah K sebagai aplikasi developer belum sebaik sekarang, abah K bergabung sebagai salah seorang afiliasi Niagahoster. Ya, Niagahoster sempat menjadi salah satu kran rejeki keluarga baru kami melalui program afiliasinya.

Layanan Niagahoster
Layanan Niagahoster

Niagahoster, Web Hosting Murah Berkualitas

Niagahoster menawarkan unlimited termurah, dimulai dengan harga Rp.19.800/ bulan, gratis domain, SSL Grade A, dan http/2 untuk SEO website kita. Ada 4 paket web hosting yang ditawarkan, yakni Paket Bayi, Pelajar, Personal dan Bisnis.

Paket bayi dengan diskspace 500 MB, SSL, Domain cocok untuk blogger pemula yang belum membutuhkan diskspace besar dan email. Hanya dengan Rp. 19.800/ bulan, kita bisa mempunyai blog WordPress Self Hosted lengkap dengan SSL dan domainnya. Namun belum termasuk emailnya.

Paket Pelajar dengan unlimited diskspace, bandwith, gratis 1 domain, SSL, email 10 add on domain, sangat cocok untuk blogger yang berencana mempunyai website lebih dari satu dan email dengan email berakhiran nama domain sendiri. Jika Emak ingin mempunyai website personal dan website online shop ataupun company profile, disarankan untuk mengambil paket ini karena mengelola beberapa website dalam satu hosting sangat memudahkan pengelolaannya.

Paket Personal menawarkan keunggulan unlimited add ons domain dan SpamAssasin Protection, untuk sesiapa yang ingin mengelola lebih dari 10 domain, selama pengunjung masih dalam batas wajar. Biasanya, sih, yang mempunyai lebih dari 10 domain adalah ads and job hunter. Eh. :p

Sedang Paket Bisnis menawarkan magic auto back up dan restore serta prioritas layanan support dibandingkan dengan paket sebelumnya.

Paket di Niagahoster
Paket di Niagahoster

Garansi 30 Hari Uang Kembali

Aku pernah bertanya kepada abah K, “Bah, kalau kita mau nyoba dulu, bisa enggak ya? Pan kita belum tahu, apakah paket bayi itu kuat menampung data dan pengunjung blog kita. Apakah penyedia hosting ini bisa dipercaya.”

“Cari yang menawarkan trial atau garansi uang kembali.”

“Oh, ada, ya?”

“Ada, Niagahoster.”

Ya, Niagahoster menawarkan Garansi 30 Hari Uang Kembali jika kita menemukan kendala atau merasa kurang puas dengan layanan Niagahoster. Selama 30 hari tersebut, ujicoba semua layanan Niagahoster, jika ada yang mengecewakan, silahkan klaim garansi, uang kita bakal kembali.

Dengan jaminan garansi ini, aku menangkap keseriusan Niagahoster untuk memberikan yang terbaik bagi pelanggan.

Garansi 30 Hari Uang Kembali
Garansi 30 Hari Uang Kembali

 

Hmmm, jadi, mau mengambil paket hosting yang mana, nih, Mak? Semoga artikel ini membantu mengurangi kegalauan emak-emak dalam memilih paket hosting yang tepat, ya. 😊

 

 

 

2 thoughts on “Tiga Hal yang Harus Diperhatikan Emak Newbie Sebelum Memilih Paket Hosting”

Bagaimana komentar kalian?