Ngebolang Bareng Bocah

Tempat Wisata Ramah Anak Taman Kota Bendosari Salatiga

Sejak punya anak, frekuensiku ngebolang tetap tidak bisa dikurangi. Atas nama memelihara kewarasan Ibu, aku sering mengajak abah K ngebolang, sekedar melepaskan penat berjibaku dengan gawean rumah dan rengekan si K. Tentu saja kami mencari tempat wisata yang ramah anak.

Setidaknya, si K bisa menikmati tempat wisata tersebut, lebih keren lagi jika ada wahana yang bisa dinikmati oleh si K dengan aman dan nyaman.

Ada beberapa tempat wisata di Salatiga dan sekitarnya yang menjadi andalan karena ramah kantong dengan fasilitas yang bisa membuat anak mengeksplor kemampuannya. Liburannya dapet, eksplor kemampuan juga dapet.  Anak riang bermain sesuatu yang tidak ada di rumah, Abah dan Anak menikmati waktu bersama, Emak menikmati me time dengan memanjakan mata. Ya, saat di tempat wisata biasanya si K lebih banyak bermain dengan abahnya. Win-win Solution. :p

Taman Kota Bendosari Salatiga

Kami disambut dengan gapura dan patung pesawat. Terletak di Jalan Lingkar Selatan, di depan hutan kota, Taman Kota Bendosari Salatiga menjadi tempat andalan untuk sekedar melepas penat. Tempatnya uas, dipenuhi rimbun pohon pinus dan berbagai macam burung. Taman Kota Bendosari Salatiga terletak di lingkungan yang masih asri dengan tempat duduk yang memadai.

Taman Kota Salatiga dari Depan

Harga Tiket Masuk

Di Taman Kota Bendosari Salatiga, kita hanya dikenakan tarif parkir saja. Tidak ada tiket masuk ke dalam. Tarif parkir motor adalah Rp. 2000/ motor, mobil Rp.5000/mobil. Lahan parkirnya tersedia sangat memadai, tidak perlu takut tempat parkir penuh.

Wahana Permainan

Wahana permainan untuk anak sangat komplit disini. Si K menikmati semuanya, dari ayun-ayunan, terowongan, perosotan, tersedia di setiap pojok taman. Anaknya sih tidak menampakkan gurat kelelahan karena berpindah dari satu tempat ke tempat yag lain, tetapi encok. Hahaha

Salah Satu Wahana Permainan Anak

Wahana Edukasi

Selain fasilitas bermain, di Taman Kota Bendosari juga menyediakan fasilitas edukasi. Edukasi flora fauna dan edukasi lalu lintas. Ya, anak-anak bisa belajar lalu lintas di sini dengan aman, mengenal rambu-rambu,cara menyeberang dan memanfaatkan jalan dengan aman.

Edukasi lalu lintas bisa menggandeng polantas untuk membersamai anak belajar. Sekolah bisa mengajukan ke polantas Salatiga. Tentu saja, kita bisa mengedukasi anak secara mandiri.

Burung Beo, Salah Satu Fauna di Taman Kota Bendosari

Di setiap flora dan fauna, terdapat papan nama yang menginformasikan nama Indonesia dan nama latinnya. Aku saja baru tahu beberapa flora dan fauna. Hahaha. Fauna di Taman Kota Bendosari Salatiga fokus pada jenis unggas.

Fasilitas Penunjang

Di Taman Kota Bendosari Salatiga, fasilitasnya lumayan komplit, hanya satu yang belum ada, kantin. Wkakakaka. Bisa sih jajan di warung pinggir jalan, tetapi kan lebih mantab kalau edukasinya sekalian menyeluruh, jangan jajan di sembarang tempat. 😀

Ya, Taman Kota Bendosari Salatiga sudah memiliki aula yang lumayan luas, bisa menampung ratusan orang. Mushola dan toilet yang bersih. Di dalam taman juga disediakan tempat untuk sekedar melepas lelah.

Mushola Roudhotul Jannah di Dekat Pintu Masuk Taman Kota

Cara Menuju Taman Kota Bendosari Salatiga

Untuk menuju Taman Kota Bendoari Salatiga, kita bisa menggunakan kendaraan pribadi melewati Jalan Lingkar Selatan dengan panduan Google Map. Halah, Mak, Google Map lagi. :p :p

Belum ada angkutan umum yang langsung menuju kesini. Jika kalian menggunakan angkutan umum, kalian bisa turun di perempatan Jetis atau perempatan Pasar Sapi, kemudian menggunakan jasa Jeggboy Ojek Lokal Salatiga dengan tarif Rp. 10.000,00/ motor atau Rp. 30.000,00/ mobil. Ngirit kan?

 

Tips Berwisata Seru dengan Anak di Taman Kota Salatiga

  • Dampingi Anak Balita dengan Penuh saat Bermain di Wahana Permainan, prosotannya tidak ada pengaman. Bahaya untuk anak balita.
  • Bawa Tikar dan Bekal Makanan, di Taman Kota Salatiga tidak tersedia kantin resmi. Ada penjual di luar, tetapi jauh.
  • Bermain ke Taman Kota saat cuaca cerah, wahana permainan tidak ada pelindung dari hujan.
  • Jangan memberi makan apapun ke unggas yang ada di Taman Kota Bendosari Salatiga. Tidak memberi makan mereka jauh lebih aman daripada memberi makan makanan yang kita tidak bisa menjamin keamanannya.
  • Please be safe, kalau ada yang pacaran, jangan difoto doang, tetapi tegur sekaian atau laporkan petugas yang berpratoli rutin ke taman.

Seru, ya, Mak? Ngirit banget liburan kemari, anak puas main, kita puas menyegarkan pikiran dengan ijo-royo-royo. Next, aku bakal melanjutkan tulisan Liburan Murah-Meriah Ramah Anak di sekitar Salatiga, masih ada Senjoyo, Taman Tingkir, Salib Putih, juga Pemandian Muncul.

Pencarian Terkait:

  • taman kota salatiga
  • tiket masuk taman kota salatiga
  • harga tiket masuk taman kota salatiga
  • tarif taman kota salatiga
  • ngebolang dengan anak
  • kota salatiga tempat menarik
  • tiket taman k9ta salatiga
  • harga masuk ke taman kota Tingkir salatiga
  • fasilitas taman kota salatiga
  • biaya masuk taman kota salatiga

1 thought on “Tempat Wisata Ramah Anak Taman Kota Bendosari Salatiga”

Bagaimana komentar kalian?