Widi Utami

Learn, Write and Share
Blogspot | Semua

Memilih Penyedia Domain yang Terpercaya untuk Blogspot

April 12, 2018

Kalau penyedia domain, baiknya kemana, ya?

Berulangkali aku mendapatkan pertanyaan yang sama. Rerata yang bertanya adalah blogger yang sedang semangat-semangatnya untuk upgrade ke TLD. Membaca curhatan mereka biasanya aku langsung minder, huhuhu, apakabar blog TLD dan hosting yang update-nya Senin-Kamis ini. Merasa menyia-nyiakan kesempatan yang telah kupunya. Hiks.

Maka, malam ini sebelum mengerjakan DL tulisan dengan backlink, aku ingin menulis yang tanpa backlink dulu. Pemanasan sekaligus menyeimbangkan backlink biar blog ini enggak njomplang. Mhuahahahah.

Berbeda dengan domain dan hosting untuk WordPress Self Hosted yang membutuhkan banyak pertimbangan, domain untuk Blogspot tidak begitu banyak yang harus dipertimbangkan, memilihnya pun tidak perlu bermumet-mumet ria, cukup terapkan dengan cara berikut agar mendapatkan penyedia hosting terbaik.

Baca juga: Kenapa Aku Memilih WordPress Self Hosted

Jika Ada Promo Domain, Pertimbangkan juga Harga Domain di Tahun Kedua

Emak K pernah menyesal saat membeli domain dot co 2014 lalu. Apa pasal? Kala itu sedang promo domain dot co, harga domain cuma $5 kalau tidak salah, di tahun kedua, harga domain ternyata menjadi $25. Hiks hiks, daku lupa melihat berapa perpanjangan domain. Apesnya lagi, saat akan memperpanjang, eh, lagi enggak ada duit. Yawis, domain dengan nama widut dot co itu hilang ditelan kadaluarsa.

Jangan Risau Soal Harga Domain

Jangan risau soal harga domain. Harga domain antar penyedia domain bedanya tipis banget. Wkwkwk, kalau sedang promo, bolehlah mendapatkan domain murah di tahun pertama, tetapi tahun kedua dan seterusnya harga domain kembali pada harga normal.

Testing CS Penyedia Hosting Besar, Bisakah Memasangkan Domain di Blogspot

Kunjungi laman penyedia hosting besar, seperti Niagahoster, Hostinger, Dewaweb, Qwords, Go Daddy atau penyedia lain. Testing customer service-nya, bertanyalah apakah mereka juga bisa memasangkan domain di Blogspot. Cara ini sangat simpel dibandingkan harus memasang sendiri. HAHAHAHA. Emak manjah. 😛

Jika CS cepat merespon dengan jawaban yang memuaskan, segera lakukan pemesanan domain sesuai petunjuk, lalu kembali hubungi CS untuk memasangkan domain di blogspot. Simple ya?

Ingin Menguji Kemampuan? Boleh Saja, Banyak Tutorial

Jika ingin menguji kemampuan untuk memasang domain di blogspot sendiri, boleh saja. Siapa takut? Banyak tutorial yang sudah ditulis. Emak K belum nulis, terakhir memasang domain untuk blogspot enggak kepikiran screen shoot step by step-nya. Hahahaha.

Biasanya kan kalau bisa memasang sendiri ada kebanggan tersendiri. So, boleh-boleh saja menguji kemampuan, jika sudah mentok bisa menghubungi CS, menghubungi emak K juga boleh, kok. For free, insyaALlah.

 

Home Based Education Interested. Love reading, writing and travelling. Interested in blogging. Live in Salatiga, a small city near Merbabu Mountain.

Bagaimana komentar kalian?

%d bloggers like this: