Sebagai benda yang krusial fungsinya, Anda tentu tak ingin kulkas yang dimiliki rusak karena salah perawatan. Apalagi jika kerusakannya begitu fatal, sehingga membuat Anda harus beli kulkas baru. Jika semisal tak ada uang simpanan, harga kulkas dengan kisaran sejutaan lebih tentu terasa besar. Makanya, sebelum kerusakan terjadi, rutinlah merawat kulkas dengan cara berikut ini. 

1.Jangan Isi Kulkas Melebihi Kapasitasnya 

Jika ingin kulkas yang Anda miliki awet dan bertahan lama, maka jangan terbiasa mengisi kulkas melebihi kapasitasnya. Pengisian kulkas melebihi kapasitasnya akan membuat jalannya sirkulasi udara dalam kulkas menjadi terganggu. Pendinginan kulkas pun menjadi tak optimal karena suhu dingin yang dihasilkan oleh mesin pendingin tak tersebar merata.  

2. Tak Menutup Rapat Pintu Kulkas

Siapa nih yang sering secara sengaja atau pun tidak membiarkan pintu kulkas dalam keadaan renggang atau tak tertutup rapat? Tahukah Anda bahwa kebiasaan ini merupakan salah satu pemicu utama rusaknya kulkas? Pintu kulkas yang tak tertutup rapat menyebabkan pendinginan jadi tak optimal. Kerusakan yang paling parah bahkan dapat memicu terjadinya kebocoran udara di kulkas. 

3. Meletakkan Barang dengan Bobot Besar di Pintu Kulkas 

Hindari meletakkan barang yang memiliki bobot besar pada pintu kulkas Anda. Dibandingkan dengan pintu kulkas, Anda lebih disarankan untuk meletakkan barang yang lumayan berat pada rak di dalam kulkas. Jika terbiasa meletakkan barang yang berat di pintu kulkas, maka pintunya sangat berisiko mengalami kerusakan. Bisa saja pintu kulkas jadi tak bisa ditutup dengan rapat. 

4. Jangan Memasukkan Makanan yang Masih Panas ke Dalam Kulkas

Jika ingin menyimpan makanan yang baru dipanaskan ke dalam kulkas, sebaiknya tunggu hingga suhunya turun terlebih dahulu. Suhu makanan atau minuman yang berbanding terbalik dengan suhu dalam kulkas yang dingin, dapat membuat kerja mesin pendingin jadi terganggu. Mesin pendingin harus bekerja ekstra untuk menurunkan suhu, yang terganggu karena panasnya suhu makanan. 

5. Atur Suhu Kulkas Secara Berkala 

Jika suhu kulkas diatur secara berkala maka Anda bisa lebih lama memanfaatkan kulkas Anda tersebut. Pada bagian freezer, sebaiknya atur suhu di bawah nol derajat Celsius agar mesin pendingin tak bekerja terlalu berat untuk membekukan makanan. Sedangkan untuk bagian fridge, Anda bisa memasang suhu sekitar 4 derajat Celsius, untuk menjaga makanan tak jadi basi.  

6. Jangan Meletakkan Kulkas di Dekat Kompor 

Alokasikan ruang khusus untuk kulkas Anda. Jangan sesekali meletakkan kulkas di dekat kompor, karena tindakan tersebut akan mempengaruhi kinerja mesin pendingin kulkas. Panas yang berasal dari kompor tentu saja berbanding terbalik dengan suhu dingin yang beredar di dalam kulkas. Tak hanya itu saja, hindari juga meletakkan kulkas di tempat yang terkena cahaya matahari langsung. 

7. Bersihkan Bagian dalam Kulkas Secara Berkala 

Bersihkan bagian dalam kulkas Anda secara berkala jika tak ingin bakteri penyebab bau melekat di sana. Copot aliran listrik terlebih dahulu sebelum Anda membersihkan kulkas. Lepas rak pada kulkas untuk mempermudah Anda dalam membersihkannya. Jangan biarkan kotoran pada kulkas begitu saja, karena pasti akan mengendap dan menimbulkan bau tak sedap. 

Itulah tadi 7 cara yang bisa digunakan untuk merawat kulkas. Jika sekiranya kulkas Anda sudah terlanjur rusak dan tak bisa diperbaiki lagi, beli saja yang baru di JD.ID. Anda bisa dengan mudah melihat daftar harga kulkas beragam merek di JD.ID, misalnya saja harga kulkas Sharp, Polytron, dan lainnya. Setelah beli kulkas baru nanti, pastikan untuk merawatnya dengan cara di atas ya!

Pencarian Terkait:

  • https://widiutami com/biar-gak-cepat-rusak-begini-cara-merawat-kulkas-dengan-baik html
%d bloggers like this: