Buku Pertama untuk Belajar Membaca Bahasa Inggris

Apa yang membingungkan ketika pertama kali mengajari anak Indonesia belajar membaca bahasa Inggris? Pengucapannya. Hihii, boro-boro anak kecil, Emak K yang sudah seperempat abad saja masih kesulitan untuk membaca bahasa Inggris.

Kalau sekedar membaca dalam hati untuk dinimkati sendiri, sih,no problemo, lancar-lancar saja. Giliran harus membaca dengan lantang, lebih banyak salahnya daripada benernya. Apalagi daku penyandang HOH, mengeja bahasa Indonesia saja kadangkala ditertawakan karena salah pengucapan,apalagi bahasa Inggris, dah, tiarap deh nilai reading-ku dulu.

Menyadari aku ENOL besar terkait membaca bahasa Inggris, aku sedikit khawatir bagaimana mengajarkan bahasa Inggris kepada si K. Meskipun saat ini aku belum mengenalkan si K bahasa Inggris, tetapi tetap saja suatu saat aku harus membersamai si K belajar bahasa Inggris karena bahasa ini adalah gerbang dunia. Jaman sekarang saja sudah sangat banyak yang mensyaratkan skill berbahasa Inggris,apalagi jaman si K gedhe entar.

Gayung bersambut, tetiba mbak Alfa Kurnia, seorang mom blogger Indonesia yang kini tinggal di Brunei Darussalam mengajakku berbincang tentang buku yang ia pakai untuk mengenalkan bahasa Inggris kepada putri sulungnya, si Cinta. Ah, si Embak yang maniak buku, sampai-sampai punya Instagram khusus review buku ini memang paling asik diajak diskusi tentang buku.

Mbak Alfa sering menuliskan pengalamannya di blognya www.pojokmungil.com, termasuk kisahnya bersama buku first reading book ini. Blog bertajuk a Life of a Premature Mom–ya Allah, mbak Alfa saja menamai dirinya premature mom, apalagi daku yang masih piyik gini— sering berbagi tentang pengalaman parentingnya di blog. Yes, she is one of my favorite parenting blogger, bahasanya ringan dan asik banget!

Belajar Membaca dengan Usborne Very First Reading Series

Mbak Alfa bercerita jika ia tahu buku ini pertama kali dari guru KG (Kinder Gaten) 3 si Cinta,putri sulungnya. Saat itu pihak sekolah meminta orang tua membeli buku Usborne Very First Reading untuk program belajar membaca bahasa Inggris.

Seri First Reading Usborne, picture credit: PojokMungil

Disusun Berdasarkan Tingkatan Kesulitan

Buku Very First Reading terbitan Usborne ini disusun berdasarkan tingkat kesulitan. Sangat child friendly karena buku disusun dengan banyak gambar berwarna yang menarik bagi anak-anak. Kata-kata yang ada pun menyesuaikan dengan tingkat bukunya, semakin rendah tingkat bukunya, semakin mudah dan sedikit jumlah kata-kata yang harus dibaca oleh anak.

Membaca dengan Sistem Phonic

Membaca engan sistem phonic adalah membaca berdasarkan suku kata, bukan membaca dengan mengeja per-huruf seperti lazimnya cara belajar membaca di Indonesia.

Ya, dengan cara ini dapat meminimalisir kebingungan anak karena dalam bahasa Inggris, sebuah huruf bisa sangat berbeda cara pelafalannya saat berdiri sendiri dan saat dirangkai dengan huruf lain. Misalnya,c saat berdiri sendiri dibaca si, sedangkan saat dirangkai dengan huruf lain ia dibaca keh.

Mbak Alfa bercerita, jika saat program belajar membaca ini, guru di sekolah akan mengajarkan kata yang harus dibaca oleh anak. Seperti Pat, is dan sad. Dan dalam satu buku, anak hanya akan belajar kata yang dikombinasikan dari 8 huruf saja, sehingga mereka mudah mengingatnya.

 

Dua Permainan di Akhir Buku

Dalam buku ini terdapat dua permainan di akhir buku untuk menguji apakah anak sudah menguasai konsep yang diajarkan dalam buku tersebut, contohnya: memasangkan gambar suatu halaman dengan kalimat yang ada di dalamnya. Orangtua bertugas membacakan kalimatnya dan anak diminta untuk menunjuk gambar yang sesuai. Selain itu juga ada mengurutkan cerita sesuai dengan isi buku

Buku yang ‘Memaksa’ Orang Tua untuk Duduk Bersama Anak

Apalah arti buku mahal berharga jutaan tanpa peran aktif orang tua di dalamnya. Apalah arti buku dengan sejuta kelebihan jika orang tua tidak duduk bersama anak, apalagi jika orang tua membiarkan anak membaca sendiri sementara ia bermain gadget.

Buku Very First Reading Book Usborne ini, menurut mbak Alfa Kurnia adalah buku yang memaksa orang tua berperan aktif karena di dalam buku tersebut ada bagian yang harus dibaca oleh orang dewasa, lengkap dengan Guidance notes-nya.

Aktivitas ini, lanjut mbak Alfa, pada akhirnya membiasakan orangtua dan anak untuk memiliki ritual membaca bersama dan meningkatkan bonding antara kita serta meningkatkan kepercayaan diri anak dalam membaca

Peruntukan Buku

Buku ini bisa dipakai untuk anak usia TK, menurut mbak Alfa, Cinta dan teman-temannya mulai menggunakan buku di KG 3 dengan range usia 4-6 tahun, dan sudah mengenal huruf dan kata dengan sistem phonic.

Seri Very First Reading Book kepunyaan Usborne ini menjadi salah satu whish list bukuku. Semoga,nanti saat ada BBW, ada rejeki untuk membeli buku ini.Big thanks to mbak Alfa yang sudah sharing tentang buku ketje ini.

 

Pencarian Terkait:

  • arti kata usborne
  • arti usborne
  • buku belajar membaca bahasa
  • jika bahasa inggris buku adalah book cara pengucapannya adalah
  • sharing buku buat belajar baca bahasa inggris untuk anak
Mengikat Kenangan dengan Idphotobook

Mengikat Kenangan dengan Idphotobook

Nduk, Ahmad bisa mengembalikan foto yang hilang?

Pertanyaan bu Nyai tetiba membuatku deg-degan. Kami baru saja sowan ke rumah beliau setelah tiga bulan lamanya absen. Foto siapa yang hilang?

“Ini, fotonya Kahfi hilang, kehapus. ” cerita beliau dengan nada sendu. “Nanti tolong dicari di hp-nya mas Syafii, ya. Ini Hpnya Ibu bawa karena mas Syafii enggak boleh bawa Hp di pondok.”

Aku mengangguk, berusaha bersikap setenang mungkin agar tidak menambah kesedihan bu Nyai. “Inggih, Bu. Nanti kula coba bilang sama kak Ahmad nggih.”

Kahfi, putra bungsu kesayangan keluarga kyai. Si bungsu yang berperangai lembut itu telah meninggalkan kami setengah tahun silam. Sikapnya yang ceria dan mudah tersenyum kepada siapapun membuat orang-orang di sekelilingnya menaruh hormat. Jangankan keluarga intinya, aku dan abah K yang tidak punya ikatan darah pun merasa sangat kehilangan.

Ia meninggalkan kami di saat sedang moncer-moncernya. Ia menjadi tumpuan harapan yai untuk meneruskan esthafet perjuangannya. Berbagai prestasi ia raih. Bahkan ia terpilih menjadi santri yang mendapatkan beasiswa studi ke Yaman kelak setelah lulus Aliyah.

Tetapi, maut memang tidak pernah memandang muda atau tua, di bawah atau di atas. Pagi itu, setelah semalaman hujan badai, aku menerima kabar duka, Kahfi meninggal dunia setelah beberapa hari dirawat di ICU karena mengalami pendarahan hebat pasca kecelakaan saat ia pulang dari pondok.

Aku berjanji dalam hati untuk mengerahkan kemampuan semaksimal mungkin agar foto-foto digital itu ketemu. Aku menelusuri ribuan foto di kartu memori dengan bantuan Lepingu, Laptop Ungu kesayanganku.

Dua jam lamanya aku menelusuri satu demi satu foto, aku hanya mendapatkan 7 foto, itu pun bukan foto yang dimaksud oleh bu Nyai. Abah K memintaku untuk menelusuri akun media sosial mas Syafii yang masih dalam mode login. Dari Google Photos, Instagram, hingga Facebook sudah kutelusuri, hasilnya tetap saja NIHIL.

Kata siapa foto digital awet sepanjang masa tanpa perlu dicetak? :'(

Jejak Digital tidak Menjamin Aman

Foto yang disimpan secara digital tidak menjamin aman 100% meskipun sudah di-backup di berbagai media, baik offline maupun online. Aku mengalami beberapa peristiwa yang semakin meyakinkanku pentingnya cetak foto.

CPU jadi Sarang Tikus, Hardisk Rusak

Medio 2008, aku selalu menggunakan komputer milik Mbak jika ada tugas yang harus dikerjakan.`Tetiba, komputer mati, tidak dapat dioperasikan sama sekali. Aku meminta tolong seorang tukang service untuk memperbaiki komputer. Selidik punya selidik, ternyata CPU mengalami kerusakan parah karena menjadi sarang tikus, hardisk dan RAM mengalami karatan. Apa pasal? Casing CPU sengaja tidak dipasang oleh mas Ipar.

Mau tidak mau, kami harus mengikhlaskan semua data yang berada di komputer tersebut. Yang paling membuat kami sedih adalah foto-foto bayi milik kak Tegar, mana bisa mengulang masa bayi? :’)

Handphone atau Media Penyimpanan Eksternal Lain Hilang

Aku mengalami handphone hilang dua kali, semuanya terjadi karena keteledoranku menyimpan saat sholat di masjid. Foto-foto di handphone tersebut belum ku-back up semua, hanya beberapa yang sempat ku-upload di media sosial.

Flashdisk, Memory Card terserang Virus

Enggak tahu sudah berapa kali mengalami data yang hilang karena virus. Rasanya ingin misuh-misuh kepada orang yang tega-teganya menciptakan virus.

Media Sosial Kolaps atau Bermetamorfosis menjadi Media Berbayar

Anak jaman 90-an pasti akrab dengan friendster, ye kan? Media sosial ini kini tinggal kenangan. Bagi yang tidak sempat untuk backup akan sangat merasa kehilangan dengan foto-foto yang saling dikirim melalui friendster.

Lain halnya dengan friendster, photobucket yang semula merupakan tempat menyimpan foto gratis, kini berbayar dari $399 per-tahunnya. Jumlah yang cukup fantastis, melebihi anggaran pembayaran hosting sebuah perusahaan yang menjadi klien-nya abah K. Kalau tidak membayar, bagaimana nasib foto-foto yang telah lalu? Ucapkan, bye-bye kepada foto-foto kesayangan.

Hal ini cukup menjadi pelajaran bagi kita semua yang merasa aman upload foto di media sosial dan tidak melakukan back up sama sekali. Sangat penting untuk cetak foto, terutama untuk foto-foto yang terhitung penting dan sangat berkesan.

Tangan Ketiga yang Misterius

Memangnya hantu bisa menghilangkan penyimpanan foto, Dut? Duh, hantunya kok milenial sekali. Hantu jaman now, kah? Hahaha, bukan! Maksudku adalah sesuatu yang tidak dapat disalahahkan, semisal, handhone atau laptop yang dipencet-pencet anak bayik, handphone yang ditaruh di saku baju, trus mencet-mencet sendiri lantas folder foto kehapus. Kalau sudah begini, siapa yang mau disalahkan? 🙁

Cetak Foto Online Mudah dengan Idphotobook

Siapa yang suka menunda cetak foto karena malas mencari percetakan foto, cung? Aku! Hahaha, nunjuk diri-sendiri. Iya, sejak berjayanya era foto digital, beberapa tempat cetak foto langganan tutup karena tidak mengikuti perkembangan jaman. Sekarang era-nya serba online, cetak foto pun yang dicari yang online. Praktis tinggal klak-klik-klak-klik menunggu pak Kurir datang. Eh.

Keunggulan Cetak Foto dengan Idphotobook

Idphotobook, Pusatnya Cetak Foto Ekslusif

Bosan dengan tampilan album kotak-kotak yag begitu-begitu saja? Sama! Dulu aku sering rela gunting sana, tempel sini, nulis oret-oret demi mendapatkan album foto yang berkesan. Tetapi, saat sudah punya si K yang sedang aktif-aktifnya, hal seremeh itu tidak lagi sempat kulakukan. Hiks.

Lain halnya jika kita mencetak foto di Idphotobook. Idphotobook menyediakan berbagai tema album yang bisa kita pilih. Setidaknya sampai tulisan ini dibuat, ada 14 tema yang disediakan oleh Idphotobook. Mau tahu apa saja tema album favorit Emak K, yuk, intip dimari.

  • Marvel

Tema Marvel yang ceria dan seperti komik ini sangat cocok untuk dijadikan tema albumnya si K yang energik dan ceria, kan?

  • Romantis

Tema romantis, errr, tentu saja untuk tema foto kebersamaan keluarga kecilku dari hari ke hari. Fotonya sudah romantis, temanya semakin menambah romantis.

Tema Favorit Emak K

Tema yang lain bisa intip langsung ke website-nya Idphotobook, loh. Ada tema kartun kayak doraemon, frozen, hello kitty, dan lain-lainnya. Yang anaknya fans berat tokoh kartun, album foto bertema tokoh yang dikagumi pasti bikin dia makin semangat.

Dicetak dengan Kertas Mate Paper High Quality 150 gram

Cetakan Idphotobook dicetak dengan kertas mate paper high quality 150 gram. Mate Paper merupakan kertas yang memiliki karakteristik licin seperti art paper, hanya saja jika art paper kedua sisinya glossy atau mengkilap, mate paper kedua sisinya terkesan semi doff. Biasanya digunakan untuk mencetak bagian dalam majalah karena kertas jenis ini tidak ‘mencolok’ mata.

Luntur terkena air, nggak? Jelas tidak. Cetak foto di Idphotobook dijamin anti air dan tahan lama. Jika kita mencetak foto dengan printer inkjett paling hanya tahan 1 tahun, setelah itu warnanya berlahan memudar, cetak foto di Idphotobook minimal tahan lama seperti majalah-majalah yang menggunakan jenis kertas licin.

Oh, iya. Dicetak dengan kertas mate high quality ini kita tidak perlu melapisinya dengan putih telur agar awet dan bebas noda seperti cetakan foto jaman masih memakai roll film, lhoh. 😀

Dijilid Menggunakan Hard Board Berlapis Lean Master Grade A

Album foto Idphotobook dijilid dengan sampul hardbook yang dilapisi lean master grade A, sampul album foto favoritku yang terkesan kasar namun elegan. Album foto dengan jilidan hardbook ini melindungi kertas-kertas yang berada di dalamnya agar tidak rusak saat penyimpanan.

Berbagai Paket yang Bisa Dipilih Sesuai dengan Budget

Idphotobook menyediakan berbagai pilihan paket dari mini 32 seharga Rp. 125.000,00 sampai paket Square Combo seharga Rp. 500.000,00. Setidaknya ada 7 paket cetak foto yang bisa kita pilih sesuai dengan anggaran yang kita punya.

Ragam pilihan paket cetak idphotobook

Bagaimana harga cetak foto di Idphotobook jika dibandingkan cetak foto mandiri di percetakan? Jauh lebih murah. Dulu aku pernah ingin mencetak foto ala-ala album kenangan sekolah dengan ukuran 16 x 21 cm, tebak berapa harganya? Rp. 125.000,00 dengan minimal pemesanan 5 pcs, diluar biaya desain. Itu pun covernya soft. Jika hanya cetak satu biji, jangan-jangan bisa mencapai Rp.200.000,00 dengan cover soft, masih memikirkan desain dan tata letaknya.

Di Idphotobook, dengan harga Rp.200.000,00 sudah mendapatkan paket medium 32 dengan 61 foto yang terdiri dari 32 halaman. Coba kenal Idphotobook dari dulu.

Proses Pemesanan yang Simpel

Proses pemesanan Idphotobook terhitung sangat simpel, apalagi jika kita pesan melalui website Idphotobook bakal mendapatkan diskon 20% all items! Kubisikin, ya. Lumayan, 20% nya bisa buat beli buku si K, nih! Elu, dasar Mamak-mamak!

1| Kunjungi Situs idphotobook.com

Kunjungi SItus Idphotobook.com

2| Klik Beli Sekarang

Klik Beli Sekarang

3| Isikan Data Diri yang Diminta

Isikan Data Diri yang Diminta

Jika ingin lebih praktis, login saja dengan facebook, pastikan akun facebook kita aktif.

4| Isikan Paket Cetak Foto yang Diinginkan

Isikan Paket Cetak Foto yang Diinginkan

5| Isikan Kemana Tujuan Paket Pengiriman

Isikan Kemana Tujuan Paket akan Dikirim

6| Transfer Biaya yang Telah Ditotal, Jangan Lupa Upload Bukti Pembayaran

Transfer Sesuai dengan Intruksi, Jangan Lupa Upload Bukti Pembayaran

7| Pilih Tema dan Warna Cover Album yang Diinginkan

Pilih Tema dan Warna Cover yang Diinginkan

8| Upload Foto Sesuai Kapasitas yang Disediakan

Upload Foto Sesuai dengan Kapasitas

9| Tunggu pak Kurir Datang 🙂

Nah, gampang kan langkah-langkahnya? Apa keunggulan pemesanan via websiteIdphotobook?

  1. Diskon 20% al items. Mata Emak langsung ijo.
  2. Enggak perlu misuh-misuh karena CS slow respon, kita melayani diri sendiri danlangsung direkap. Mempercepat prosesnya. 🙂
  3. Tidak perlu menuggu kapan jam kerja CS untuk pesan

Garansi Cetak Ulang

Idphotobook memberikan garansi cetak ulang jika rusak, cacat produksi atau hasil tidak sesuai dengan keinginan. Jika berani memberikan jaminan ini, berarti kualitasnya memang oke punya.

Free Ongkir Jawa-Bali dan Diskon Ongkir ke Seluruh Indonesia

Kenapa input alamat diisikan di awal? Ya, karena terkait penghitungan ongkir. Lumayan nih free ongkir untuk Jawa dan Bali, yan luar Jawa dan Bali enggak perlu cemburu karena Idphotobook memberikan diskon ongkir spesial untukmu.

 

Asik, kini sudah ada cetak foto online yang mudah. Emak K mau sortir ribuan foto untuk dicetak di Idphotobook sebelum negara api menyerang, eh, sebelum data foto hilang. Sekalian mau ngajak bu Nyai juga, nih. Ada yang mau ikutan?

 

 

Lomba Blog

 

 

 

Pencarian Terkait:

  • idphotobook adalah perusahaan
  • jilid idphotobook
  • review idphotobook
JeggBoy, Ojek Online Salatiga

JeggBoy, Ojek Online Salatiga

Semarang, Jakarta, Surabaya. Solo dan beberapa kota besar lainnya boleh bangga dengan keberadaan ojek online segambreng, tetapi, di Salatiga, yang notabene kota kecil, kami bangga dengan Jeggboy, Ojek Online Salatiga.

***

Malam itu, sembari meninabobokan si K, aku chat dengan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) yang membawahi proyek pembuatan Aplikasi Website, E-Office dan Pojok Pendidikan terkait Laporan Pelaksanaan yang harus dikumpulkan keesokan harinya. Segala hal yang berhubungan dengan proyek di Salatiga, aku harus menghandle-nya karena abah K sedang bertemu klienbaru  di Jakarta. Tetiba, PPK mengirimkan sebuah link yang menggambarkan jika beliau keberatan dengan dokumen yang di-scan, padahal tiga dokumen asli terstempel masih berada di Semarang.

Beh, gimana? Masa aku harus ke Semarang? Si K gimana? Mau kuajak wira-wiri ke Semarang shubuh-shubuh? Membayangkan motoran berdua dengan si K yang baru sepuluh bulan saja sangat horor apalagi dilakukan beneran, shubuh-shubuh pulak!

Meminta pertolongan mas Ipar nggak mungkin, belau sibuk dengan gawean.

Errr. Aku menarik nafas dalam-dalam, memijat kening sembari memikirkan sebuah solusi yang sama-sama enak, win-win solution, aku enak, orang-orang di sekitarku enak, abah K yang di Jakarta pun tenang. Dengan dag-dig-dug-der, aku mecoba mengubungi JeggBoy via WA. Urusan nanti bayar mahal atau pikiran buruk lainnya dipikir belakangan.

jeggboy

Chat dengan Jeggboy, Sudah Malam tetep responsif 🙂

Pagi menjelang, aku pun kembali mengecek kabar terbaru dari Jeggboy dan rekan yang berada di Semarang. Tak kusangka, jam 7an saat aku mengabarkan rekan untuk menyiapkan dokumen karena akan dijemput jeggboy, ternyata jeggboy sudah menemuinya. Ealah, Mas, njenengan berangkat dari Salatiga jam berapa tadi?

Jam 9an, rekan di Salatiga yang kuminta untuk mengurus ecel-precel urusan dinas mengabarkan jika dokumen sudah diterima dengan selamat dan siap dikirim ke dinas berwenang bersama Laporan Pelaksanaan yang sudah kubuat.

Fyuuhhh, lega. Hamdanlillah, aku pun segera mengabarkan kepada abah K jika urusan administrasi usaha beliau di Salatiga bisa ku-handle rapi dengan bantuan tangan-tangan tepercaya.

****

See, Jeggboy ternyata bukan sekedar ojek biasa, pelayanannya nyaris meliputi segala bidang pengiriman. Jangankan sekedar Delivery Order makanan, minta tolong dibelikan pakaian dalam pun dijabanin. Hahahaha. Bahkan, aku dan abah K pernah tertawa malam-malam lantaran membaca postingan admin jeggboy jika pernah mendapatkan orderan untuk membuntuti selingkuhan pacarnya. Mhuahahahah.

Sejauh ini, aku sudah meminta tolong Jeggboy sebanyak empat kali, pertama saat kelaparan pagi-pagi, kedua saat abah K ngidam Sate Madura, ketiga saat mengambil dokumen di Semarang pada cerita sebelumnya, keempat saat mengambil orderan baju anak untuk sang ponakan tercinta.

Cara Order Jeggboy

Cara untuk Menghubungi jeggboy cukup simpel dan mudah. Hanya melalui nomor ⁠+62 813-9312-3450 kita bisa menghubungi jeggboy⁠, baik melalui whatsapp, sms maupun line.

Its so simple, right?

Ya, memang belum ada aplikasi seperti ojeg-ojeg yang lain, semoga next time semakin berkembang, ya. Mau pesan aplikasi mobile atau desktop pendukung perkuriran dan perpaketan bisa di abah K, kok. Eh. malah promo, wkakakak. :p

Agar Kurir Tidak Kesasar

Rumahku tergolong pelosok dengan gang berkelok-kelok. Tak terhitung berapa teman yang kesasar saat kuberi ancer-ancer lokasi rumah. Tetapi, selama tiga kali order jeggboy yang beralamatkan di rumah, mas-mbak kurir ini belum pernah sekalipun kontak karena kesulitan mencari alamat. Kuncinya satu, aku memberi mereka lokasi rumah dari Google Map dengan kata kunci CV Indomedia Network. Hahahaha.

Jadi, temans, agar para ojekers gampang menemukan alamatmu, tandai rumahmu di Google Map. 😛

And, its work! Tidak hanya kurir jeggboy, tetapi nyaris semua teman dan sahabat yang belum pernah ke rumah ikut terbantu. Hari gini, siapa sih yang tidak kenal Google Map? Hihihihi.

***

Anyway, tolong sampaikan terimakasih kepada ojekers yang mengantarkan ke alamat kami. Semoga tetap amanah dan semakin berkembang. Postingan ini adalah wujud apresiasiku terhadap penggagas yang memilih untuk menyalakan lilin daripada mengumpat karena Salatiga belum seperti kota besar lainnya yang terjangkau dengan berbagai fasilitas ojek online, untuk para ojekers yang berkomitmen tinggi, untuk admin dengan pelayanannya yang ramah. I am proud of you, thank a lot!

Pencarian Terkait:

  • ojek online salatiga
  • jeggboy salatiga
  • aplikasi gojek salatiga
  • jegboy
  • jegboy salatiga
  • jack boy salatiga
  • jeg boy salatiga
  • jeggboy
  • Jek boy salatiga
  • https://widiutami com/jeggboy-ojek-online-salatiga html