Menjahit merupakan salah satu keterampilan yang bisa memberikan kamu banyak manfaat. Selain melatih kemampuan, kamu bisa membuka usaha sendiri dengan cara memiliki bekal menjahit. Melalui kursus menjahit kamu akan diberikan pembelajaran bertahap hingga bisa berhasil membuat pakaian. Untuk keterampilan menjahit tidak bisa dipelajari hanya semalaman saja, maka tidak ada salahnya mencoba belajar menjahit.

Aku sendiri ingin belajar menjahit demi bisa menjahit baju tradisional impianku demi melestarikan batik nusantara.

 

Cara yang mudah dulu saja seperti menjahit sarung bantal ruangan tempat tidur, pernak-pernik simple, pouch, taplak meja, simple skirt dan masih banyak lainnya. Untuk itu, buat kamu yang ingin belajar menjahit kami akan memberikan beberapa alat yang harus kamu punya. Berikut ini perlengkapannya.

 

  1. Bahan Kain

Bahan Kain

sumber: Hipwee.com

 

Kain merupakan salah satu bahan utama yang diperlukan untuk menjahit. Terlebih dahulu kenali ciri-ciri dan jenis kain sebelum membelinya. Kain meteran wollycrepe memiliki ukuran 1,5 meter sehingga memiliki jenis yang bertekstur halus, lembut, berpasir, ringan, dan tidak terlalu tebal. Sedangkan kain untuk celana dan kemeja biasanya kain seperti  premium/kain katun stretch/chinos memiliki ukuran 90×150 cm yang digunakan untuk membuat berbagai macam pakaian seperti blus wanita, celana panjang, celana chinos, dan celana pendek. Selain itu, ada kain Japan drill yang memiliki ukuran 1,5 meter biasanya digunakan untuk membuat seragam sekolah karena berbahan tekstur halus dan cukup tebal.

 

 

  1. Alat Pengukur

Alat Pengukur

Alat Pengukur, sumber: craffbymood.com

 

Alat ukur untuk menjahit menggunakan pita ukur meteran dan penggaris. Penggaris digunakan untuk membuat garis yang lurus. Ada berbagai macam jenis penggaris yang digunakan untuk menjahit seperti penggaris khusus pola, penggaris biasa, dan penggaris quilt. Sedangkan pita ukur meteran digunakan untuk mengukur pakaian. Selain itu, ada juga veterban digunakan untuk mengukur letak bagian tertentu agar tidak tergeser dan ukurannya tepat.

 

  1. Alat Pemotong

Alat Pemotong

Alat Pemotong, sumber: craffbymood.com

 

Gunting merupakan alat yang digunakan untuk memotong kain dengan berbagai macam variasi penggunaannya. Berbagai macam gunting tersebut yaitu gunting zigzag, gunting kain, dan gunting benang. Untuk gunting kain digunakan menggunting tekstil dengan salah satu pegangan berukuran besar agar empat jari dapat masuk ketika ingin menggunting kain. Jika ingin tetap tajam sebaiknya jangan digunakan untuk menggunting benda lain seperti kertas dan lainnya. Selain itu, gunting benang digunakan untuk menggunting bagian-bagian yang sulit digunting. Sedangkan gunting zig-zag digunakan untuk menyelesaikan kampuh pada bahan yang tidak mudah bertiras dan bisa juga untuk menyelesaikan tepi bahan.

 

  1. Alat Memindahkan Pola

Alat Pemindah pola

sumber: Shopee

 

Untuk memindahkan tanda pola, kamu membutuhkan bantuan alat seperti karbon jahit, kapur jahit, rader, dan pensil jahit. Pensil jahit atau kapur jahit digunakan untuk memberikan tanda pada bahan tekstil dan tidak perlu khawatir jika tidak bisa dihilangkan. Untuk menggunakannya sebaiknya pakailah tipis-tipis saja dan jangan terlalu ditekan. Alat pemindah pola (rader) digunakan untuk memberikan tanda pada bahan dengan cara menekan karbon jahitnya. Untuk rader beroda tumpul sebaiknya digunakan untuk tetoron, kain katun, georgette, dan lain-lain. Sedangkan rader beroda tajam digunakan untuk kain yang memiliki bahan tebal seperti jeans, corduray, dril.

 

  1. Janome CT2480 LX

sumber: carakitahd.com

 

Yang terakhir ini merupakan salah satu mesin yang dapat menjahit berbagai macam jenis bahan tebal atau tipis. Sangat cocok sekali nih untuk kamu yang memiliki hobi di bidang fashion atau craft. Mesin jahit Janome memiliki body dasar terbuat dari alumunium sehingga memiliki ketahanan yang awet dan lebih kuat. Selain itu, alat jahit ini dilengkapi dengan 1 langkah lubang kancing beserta pemasuk benang otomatis dam 25 pola jahitan. Lebar zigzag pun bisa diatur sesuai dengan keinginanmu. Mesin ini juga sangat ramah karena memiliki suara yang sangat halus. Untuk kamu yang sedang mencari mesin jahit yang kuat, tidak bising, bisa menjahit semua bahan, maka Janome CT 2480 LX sangat cocok untuk kamu gunakan.

 

Itulah 5 alat perlengkapan jahit yang bisa kamu gunakan untuk belajar menjahit, well kamu sudah punya yang mana ?

%d bloggers like this: