Institut Ibu Professional
Me and Hubby, Semua

Menguliti Diri, Menemukan Potensi Diri

Mengenal diri sendiri jauh lebih sukar daripada mengetahu kepribadian orang lain, sebab itu, kenalilah dirimu sendiri sebelum mengenal pribadi orang lain. -Buya Hamka-

Enggak bisa enggak setuju dengan quote Buya Hamka ini. Mengenal diri sendiri gampang-gampang susah, apalagi tipe orang yang selalu dealing baik dengan kekurangan maupun kelebihan diri sendiri. Kita bisa saja menilai orang lain dari cara bicaranya, gerak tubuhnya, cara meresponnya, tetapi jika mengenal diri sendiri enggak cukup dengan mengamati diri di depan cermin.

Aku bersyukur NHW 7 Matrikulasi IIP mengajak untuk mengenal diri sendiri lebih dalam lagi dengan berbagai cara. Setidaknya ada dua cara yang digunakan untuk mengenal diri sendiri saat matrikulasi IIP ini; menggunakan tools dan konfirmasi hasilnya. Enggak 100% mempercayai hasil tools, tetapi juga enggak membiarkan menilai diri sendiri tanpa parameter pembanding.

Kali ini aku menggunakan tools yang disarankan, yakni di temubakat dot com. Ngahahaha, jangan ditertawakan emak K yang pelit link lah. Berbagi informasi itu penting, menjaga kualitas blog juga penting. Toh kalian bisa mengetik temubakat dot com sendiri di address bar, kan?

Isi saja sejumlah step yang ada di temubakat dot com, tetapi kadang kala hasilnya sesuai dengan mood saat kita ngisis. Soalnya emak K kadang suka bantu orang, tetapi kadangkala ogah banget. Bhahaha. Jangan lupa download pdf-nya, ya, penjelasannya ada di dalam pdf.

Hasil Test Emak K di temubakat dot com

Hasil test temubakat dot com emak K mengarah ke cenderungan analyst, communicator, educator,evaluator, journalist, strategiest, visionarySecara menyeluruh bisa dilihat di gambar ini:

Hasil Test temubakat dot com emak K
Hasil Test temubakat dot com emak K

Konfirmasi Test temubakat dengan Analisis Diri

Setelah mengetahui potensi kekuatan dan potensi kelemahan diri, kami dipandu untuk mengkonfirmasi hasil test dengan Analisis Diri sendiri, apakah sesuai dengan apa yang kita rasakan atau tidak.

Analyst

Mereka yang memiliki bakat ini suka dengan angka dan data, dia kurang yakin dengan sesuatu yang sifatnya intuitif kecuali kalau dia punya bakat lain yang intuitif.

Me: Hmm, suka dengan angka-angka, tetapi sekaligus suka menggunakan perasaan, enggak 100% logic. Daku suka menggunakan data untuk penelitian, matematika, tetapi BLAS ENGGAK SUKA dengan data yang bersifat AKUNTAN. Hihi

Communicator

Menyampaikan informasi secara lisan degan cara yang mudah dimengerti. Bakat ini termasuk kelompok rasa (interpersonal relating) yang terkait dengan kerjasama dengan orang lain. Mereka yang memiliki bakat ini sering mengkomunikasikan sesuatu yang sederhana menjadi menarik.

Me: Its true, aku suka menyederhanakan sesuatu yang rumit. Meyampaikan sesuatu sesuai dengan karakter orang yang kuhadapi. Tetapi bakat ini sedikit terhambat jika harus diskusi dengan lisan, karena aku memiliki HOH. Sepertinya aku sangat menguasai menyampaikan sesuatu yang rumit menjadi sederhana melalui chat atau tulisan.

Educator

Mengajar, menyampaikan, melatih ilmu atau ketrampilan agar bisa difahami oleh oranglain. Bakat ini termasuk kelompok rasa (Interpersonal Relating) yang terkait dengan kerjasama dengan orang.

Me: Masih nyambung dengan communicator. Aku suka mengajar, tetapi hanya mengajar privat karena aku membutuhkan konsentrasi sangat tinggi untuk membaca mulut. Sangat menikmati saat memberikan les privat, tetapi sangat tidak nyaman ketika mengajar di kelas.

Evaluator

Menimbang atau mempelajari, dalam rangka memutuskan sesuatu yang terkait nilai, mutu, kepentingan atau kondisi. Bakat ini termasuk dalam kelompok Cipta. Sifat mereka selain analitis juga teliti, suka mengumpulkan informasi.

Me: Bener. Apalagi jika disuruh mengumpulkan informasi terkait orang-orang tertentu. Aku sering diminta tolong menyelidiki. Sangat menikmati ketika harus kroscek berita-berita HOAX yang beredar. Sayangnya, bakat ini biasanya mengganggu jika ternyata fakta yang kutemukan buruk. 

Journalist

Menulis artikel, ide, dokumen, cerita ataupun alat bantu pendidikan. Bakat ini termasuk kelompok karsa di dalam ruangan. Sifat mereka ini senang mengkomunikasikan idenya, suka mengumpulkan informasi atau teratur.

Me: So true. Aku menikmati aktivitas menulis, membuat laporan. 

Strategiest

Memilih atau merencanakan jalan terbaik menuju tujuan. Bakat ini terkait kelompok cipta. Sifat mereka ini memiliki intuisi dalam memilih jalan terbaik menuju tujuan.

Me: True. Aku menyukai membuat planning, terutama planning pendidikan untuk si K sampai ke perencanaan mingguan. Tetapi aku lemah dalam konsistensi waktu. Semoga saja bisa melatih diri untuk konsisten dengan rencana yang telah dibuat.

Visionary

Kegiatan mengantisipasi masa depan secara bijak dan menentukan tujuan jangka panjang yang benar. Bakat ini termasuk dalam kelompok cipta. Sifat mereka ini senang menghayal tentang apa yang mungkin terjadi jauh di masa depan.

Me: Hmmm, gimana ya? Lebih mengarah ke kekhawatiran ntar gimana kayaknya. HAHAHA. Belum menggunakan bakat ini dengan maksimal, masih butuh pegangan disana-sini untuk meyakinkan apa yang telah kupikirkan.

Mengakui Potensi Kelemahan Diri

Aku lemah di bidang Ambassador, Commander, Designer, Distributor, Marketer, Operator dan Seller. Hal-hal yang berhubungan dengan penjualan dan mempengaruhi orang lain. Hahaha, lebih menyukai memberi inspirasi daripada mempengaruhi orang lain. Lemah di pembukuan gudang, aplagi ngecek satu-satu stock yang ada.

Lebih menyukai untuk mendelegasikan tugas-tugas yang berhubungan dengan kelemahan dibandingkan memaksakan diri untuk menghabiskan energi mempelajari. Tetapi ada satu hal yang aku suka tetapi aku lemah disini: designer. Jika waktu sedang slow, enggak ada gawean yang harus diselesaikan, biasanya aku menyempatkan diri untuk belajar. Sekarang sekedar BISA, tetapi enggak ahli. Hahaha.

Membuat Kuadran Aktivitas

Setelah mengisi test di temubakat dot com, kemudian mengkonfirmasi ulang, aku semakin memahami dimana potensi kekuatan dan kelemahan, sekaligus memahami apa yang aku suka dan bisa, apa yang aku tidak suka bisa, apa yang aku tidak bisa tetapi suka, dan apa yang aku tidak bisa dan tidak suka.

Kuadran Aktivitas Emak K
Kuadran Aktivitas Emak K

SUKA dan BISA

Aktivitas yang aku suka dan bisa biasanya aku mengerjakannya dengan riang gembira, bahagia ketika target tercapai.

  • Menulis blog
  • Membuat planning pendidikan si K, menyiapkan printilan pendukungnya
  • Mengajar anak-anak Sanggar Pelangi
  • Mengumpulkan data, membuat kesimpulan dan menuangkan dalam bentuk artikel

SUKA dan TIDAK BISA

Aktivitas yang aku suka tetapi tidak bisa, hmm, bisa sih tapi cuma sekedar bisa. Hahaha

  • Menanam sayur dan bunga
  • Memelihara ikan, ayam
  • Membuat infografis
  • Membuat dan mengedit video, foto.

TIDAK SUKA DAN BISA

Aktivitas yang aku tidak suka, tetapi bisa mengerjakannya, biasanya terkait dengan pekerjaan domestik. Hahaha, ini sebenarnya emak K niat jadi IRT enggak ya. Meskipun tidak suka, kalau selesai juga bahagia. 😀

  • Memasak
  • Mencuci baju, menyetrika
  • Bersih-bersih rumah

TIDAK SUKA dan TIDAK BISA

Nah, kalau ini aktivitas yang PALING KUHINDARI. Ngahahaha, sampai capslock jebol.

  • Menyanyi
  • Mendengarkan, terkait apapun lah.
  • Make up. 😀
  • Jualan

 

Alhamdulillah, NHW selesai sebelum Deadline meskipun masih di luar kota. Ternyata bisa jika diniatkan. Heuheuu. 😀

 

 

1 thought on “Menguliti Diri, Menemukan Potensi Diri”

  1. wkwk ngekek di bagian pelit link. Aku sama bosku yang peternak web sekarang malah disuruh di tiap postingan dikasih link external juga.. dengan syarat webnya terpercaya 🙂

    Semangaaat terus ya emak K!

Bagaimana komentar kalian?