Semua, Tech

Langkah Mudah untuk Membuat Link Klik untuk Chat Whatsapp

Hai! Akhirnya Emak K bisa posting lagi setelah seminggu ngilang karena si K ngajak emaknya begadang melulu. Heuheu.

 

Short link chat whatsapp cukup membantu dunia per-online-an, enggak usah lagi ketik nomor secara manual, save baru bisa chat. Kali ini WiDut bakal berbagi bagaimana caranya agar kita bisa membuat shortlink yang sekali klik, klien langsung tertuju ke whatsapp kita. WiDut kasih contoh, ya: bit.ly/widiutamidotcom. Kece, kan? Tapi punyaku belom kupasang, ada rencana untuk mengganti nomor whatsapp, nomorku hangus karena lupa mengisi ulang. Cry.

Dalam membuat shortlink ini, setidaknya ada dua langkah yang harus ditempuh yakni; membuat link whatsapp, kemudian membuat versi shortlink-nya.

1| Membuat  Link untuk Chat Whatsapp

Untuk membuat link untuk chat whatsapp, copy URL berikut ini dengan diikuti nomor dengan format Internasional:

Perlu diingat, penulisan nomor Internasional TIDAK PERLU MENGGUNAKAN ‘+, -, atau 0 di awal angka’.  Misal, jika nomor whatsappnya 085732255706, maka angka yang digunakan adalah 6285732255706.

Perhatikan contoh berikut ini,

Menambahkan Teks untuk Membuka Chat Otomatis

Saat ada yang klik link tersebut, otomatis mengirimkan chat, semisal: “Hello, Semangat Pagi, WiDut!” Keren, ya? Hahaha. Caranya cukup gampang, cukup tambahkan teks URL dengan %20 sebagai pengganti spasi.

Nomor telepon whatsapp adalah nomor Internasional seperti yang kubahas di atas, sedangkan teksberkode URL adalah teks yang kita harapkan untuk muncul dengan %20 sebagai pengganti spasi.

Contoh:

Nah, gimana? Sudah berhasil? Coba kirim URL tersebut melalui pesan pribadi untuk mengecek apakah sudah berhasil langsung nge-link ke nomor whatsapp yang kita kehendaki.

2| Membuat Shortlink URL Custom dengan Bit.ly

Jika kita ingin membuat URL Custom dengan bit.ly, dimana shortlink ini sangat mudah diingat agar kita tidak perlu meng-copy berulang-ulang, kita cukup membuat akun gratis di bitly.com. Aku kemarin mendaftarkan diri dengan menggunakan akun Facebook.

Setelah pendaftaran berhasil, klik create di pojok kanan atas.

Membuat Shortlink Whatsapp untuk Chat
Kunjungi bitly.com, klik create di pojok kanan atas

Paste long URL, kemudian klik Create.

Customize nama yang akan kita gunakan sebagai branding dengan mengganti teks di belakang bit.ly/ 

Membuat Shortlink Whatsapp untuk Chat1
Ganti teks di belakang bit.ly/ untuk membuat cutomize name sebagai branding

Klik Save, lalu copy link di pojok kanan untuk mulai menggunakan atau menyebarkan. Klik manual juga bisa, kok. Kan linknya mudah dihafalkan. Hehehe.

 

TARA! SELAMAT! Cukup mudah, kan? Aku aja bangga karena enggak perlu tanya ke abah K. WKAKAKAKA. Banggamu receh amat, Mak. Heuheuuu. So, selamat mencoba, temans. Semoga brandingnya berhasil, semakin sukses dan berkah, ya.

 

Salam!

Emak K, professional Deaf Blogger Wannabe

 

 

1 thought on “Langkah Mudah untuk Membuat Link Klik untuk Chat Whatsapp”

Bagaimana komentar kalian?