Blogspot, Semua, Tech

Cara Memasang Widget Related Post Thumbnail di Blogspot

Related post dalam sebuah postingan blog sangat membantu pengunjung kita untuk mencari informasi yang berhubungan dengan artikel yang tengah dibaca. Related post dengan mode tampilan thumbnail membuat pengunjung blog lebih tertarik untuk mengunjungi artikel tersebut karena ditunjang dengan gambar yang mendeskripsikan artikel tersebut.

Sebelum memasang related post, ada baiknya kita membereskan label-label dalam blogpost kita karena artikel related post yang ditampilkan adalah artikel yang memiliki label yang sama. Berikut ini cara menambahkan widget related post thumbnail di blosgpost.

Langkah 1: Masuk ke Dashboard blogspot, kemudian edit html.

related-post-4

Langkah 2: Tambahkan Style Related Post

Dalam html template, temukan kode berikut ini dengan cara arahkan kursor ke sembarang titik di kotak edit html,kemudian tekan CTRL+F dan copy kode tersebut ke dalam kotak search, tekan enter.

 

Copy script berikut ini, kemudian paste ke tempat sebelum tag </head>

related-post-1

Langkah 3: Tambahkan Script untuk Tampilan Thumbnail

Cari kode tag berikut ini:

 

related-post-2
Tambahkan ke SEBELUM tag tersebut

Copy script di bawah, paste ke tempat sebelum kode tag di atas. Mungkin ada yang menemukan kode tag sebanyak 2, tempatkan ke SEBELUM kode tag yang pertama.

 

Taraaaa, sudah selesai. Simpan Template dan silahkan di preview. Blog Emak K tampilannya jad seperti ini. Maaf jika contoh tampilannya rada-rada, habis dipasang di blog bayangan yang nggak pernah diupdate, sih. 😀

related-post-3

Gimana, berhasil, kan? Untuk kode script tersebut memuat 5 thumbnail related post dalam setiap halaman.

Gud Luck!

 

2 thoughts on “Cara Memasang Widget Related Post Thumbnail di Blogspot”

Bagaimana komentar kalian?