Me and Hubby

Al-Qur’an Pelangi untuk Mahar

Namanya mahar, tentunya yang istimewa punya. Syukur-syukur awet hingga puluh tahunan, bisa menjadi sarana flashback untuk kembali menumbuhkan cinta.

Kenapa Mahar Al-Qur’an?

Biar si Doi rajin baca Qur’an. Wkwkwkwk, Iya enggak sih? Hahaha, alasan yang sungguh klise. Tetapi, jangan diremehkan, jika istri dan ibunya anak-anak rajin baca qur’an, insyaAllah rumah hawanya adem. Qur’an jika dibaca menenangkan, dipeluk gundah hilang, dihafalkan menguatkan ingatan.

Yang Perlu Diperhatikan tentang Mahar Al-Qur’an

Yai Nasrudin pernah dhawuh, ada tanggung jawab tersembunyi dibalik mahar yang diminta oleh seorang perempuan. Jika maharnya berupa al-Qur’an, kewajiban seorang (calon) suami tidak lantas berhenti di memberi al-Qur’an saja. Suami juga punya tanggung jawab untuk mengajari istri hal-hal yang terkait dengan al-Qur’an, baik tajwid, kandungan Qur’an, maupun pengaplikasian dalam kegiatan sehari-hari.

Pun dengan istri, istri punya kewajiban untuk membaca dan mengkaji al-Qur’an pemberian suami tersebut.

Heheuuu, mahar ternyata enggak sebatas mahar.

Memilih Mahar al-Qur’an untuk Calon Istri

Mahar ini urusan gampang-gampang susah, pengennya nyariin yang spesial, disukai calon istri sekaligus awet bertahun-tahun, kalau perlu sampai menjadi warisan anak-cucu. Eh. Abah K waktu itu saking blank enggak ada ide, beliau nyuruh aku nyari Al-Qur’an sendiri. Padahal aku inginnya dicarikan abah K. Untungnya aku bukan barisan cewek rewel yang gampang ngambek karena urusan mahar, disuruh nyari ya nyari aja, pilih yang disuka meskipun harganya mahal. Urusan uang biarkan beliau yang mikir sendiri. HaHaHa. Ketawa jahat.

Kenali Kemampuan Calon Istri Sebelum Memilih al-Qur’an

Enggak lucu kan kalau istri baru belajar ngeja al-Qur’an, dikasih mahar Qur’an terbitan Menara Kudus. Bukannya dibaca, QUr’an Menara Kudus yang lebih cocok untuk penghafal QUr’an malah jadi prasasti abadi di lemari kaca. :v

Nah, makanya, kenali dulu kemampuan calon istri sebelum memilihkan Al-Qur’an sebagai hadiah atau mahar.

  1. Jika istri, eh, calonnya belum begitu fasih, masih ada kesalahan dalam hal tajwis, Qur’an pelangi dengan pembedaan warna sebagai penanda tajwid menjadi pilihan yang paling tepat.
  2. Jika istrinya sudah fasih, lancar baca Qur’annya, bisa memilih Qur’an ustmani terbitan Makkah yang enak dibaca, dengan kertas kuning luxs yang enggak bikin mata lelah. Siapa tahu dengan Qur’an jenis ini, kelak istri berniat untuk menghafal sedikit demi sedikit, Qur’an rosm Utsmani juga cocok untuk penghafal.
  3. Jika berharap istri mengaji di mana pun, kapan pun selagi tidak ada hal yang mengharamkan, Qur’an mini dengan resleting menjadi pilihan yang tepat.

Motif dan Warna Al-Qur’an yang Sesuai dengan Kesukaannya bisa Membuat Calon Istri Makin Cinta

Serius, perkara ini bisa jadi nilai plus-plus. Hanya karena calon suaminya tahu motif dan warna kesukaannya, bisa membuat hati perempuan berbunga-bunga. Rayuan gombal Dilan bakal lewat jauh kebelakang. Apalagi jaman sekarang banyak Qur’an yang cantik dengan khat Utsmani dan jilidan yang bagus. Mahal dikit enggak apa-apa, biar bisa dipakai seumur hidup.

Aku kemaren stalking IG seorang kawan, ngincer al-Qur’an cantik dengan rosm Utsmani dan kertas kuning Luxs. Plus, covernya washable, pinky-pinky. Hih, kenapa pula baru tahu sekarang, masa mau minta mahar lagi? :v :v Kalau kamu mau tahu Qur’an dambaan cewek, bisa stalking Beranda Nona-nona, owner-nya terpercaya, kawan emak K yang cuma jual barang berkualitas.

Emak K belum berani ngajuin proposal, QUr’an di rumah sudah 3 biji, 1 hadiah nikah dari abah K. Kuatir juga jika kelak yaumil hisab kelamaan hisab trus ditinggal abah K. Hiks. Na’udzubillah. So, jadi Emak K rekomendasikan saja Qur’an kece ini, biar kamu-kamu yang mau nikah ada gambaran Qur’an kayak apa, beli dimana, milihnya gimana. Hehehe.

 

Salam,

Emak K

Bagaimana komentar kalian?