Malas belajar karena sudah lelah dengan peran sebagai Emak-emak?

Its so crazy, Mom! Status apapun, seharusnya tidak menjadi halangan untuk terus belajar.  Never Ending Learning. Jaman sudah sedemikian maju, jangan sampai tidak mengikuti perkembangan jika tidak mau kelak terjadi gap yang sangat lebar dengan anak-anak tercinta. Alasan utama yang melecutku untuk terus belajar, minimal tahu perkembangan-perkembangan terbaru, disamping alasan yang berujung pada tambahan uang beli buku. :p

  Alah, WiDut mah, fasilitas oke  punya…

No, pada postingan kali ini aku akan bercerita tentang Emak-emak yang energi belajarnya nggak habis-habis. Rahayu Pawitri, seorang mom blogger yang tinggal di Bekasi, orang Jawa yang tetap cas cis cus berbahasa Jawa meski tinggal di perantauan. Mbak Wiwit, begitu kami menyapanya dengan akrab, mengikuti berbagai kursus di tengah-tengah kesibukannya sebagai seorang istri, ibu, blogger, translator, content writer…. Alamak, Mbak, banyak amat profesimu dan kau masih sempat mengikuti segambreng kursus?

Yes, bahkan beliau sampai memasukkan list blogwalking demi memanfaatkan waktunya sebaik mungkin.

Lulusan Universitas Terbuka jurusan Bahasa Inggris yang memiliki blog personal utama di www.rahayupawitriblog.com ini kucecar berbagai pertanyaan agar beliau membocorkan kursus online gratis yang bisa kita ikuti. Nah kan, WiDut nyarinya yang gratisan… Ehehehe, Mak-mak irit atau medit sih? :p

And, here are, kursus gratis yang materinya keren. Kursus Online Gratis yang bisa kita ikuti kapanpun dan dimanapun hanya bermodalkan gadget dan kuota internet. Selain itu, kita juga mendapatkan sertifikat. WiDut sudah mencoba, nggak sekedar iya-iya lalu menulis… Kan, ilmu itu bisa didapat dari manapun. Mengamalkan dhawuh kanjeng Nabi, menuntut ilmu dari buaian sampai liang lahat.

Indonesia X, Kursus Gratis Berbahasa Indonesia

Aku mengenal kursus ini tahun lalu, saat hamil si K, saat LDR-an dengan abah K. Heuheuu. Serunya, di kursus ini kita bisa memilih belajar melalui video atau transkrip yang sudah disediakan oleh pemateri. Plusnya lagi, di video ada subtitle-nya. aiaaaa, WiDut nggak boleh banyak alasan karena nggak bisa mendengar, kan? :p Kualitas gambar video pun oke punya, sebenarnya tanpa melihat subtitle pun, aku bisa membaca bibir pemateri, tetapi subtitle sangat membantuku untuk memperjelas istilah-istilah asing yang baru pertama kali ‘kubaca’ dari mulut pemateri.

Untuk mengikuti kursus ini, kalian cukup mengunjungi www(dot)Indonesiax(dot)co(dot)id, register menggunakan email atau media sosial yang kalian pilih. Setelah itu, pilah-pilih kursus yang ingin kalian ikuti. Ingat ya, Dear, kerjakan latihan demi latihan yang ada di kursus karena jika nilai kalian bisa mencapai 50% , Indonesia X akan mengirimkan sertifikat kepada kalian. Lumayan, untuk tambah-tambah portofolio. Sertifikat ini bisa membantu deal project juga, biar nggak terkatung-katung kayak project kami tempo hari.. Hahahaha, curhat!

Open2study, Kursus dari Australia dengan Beragam Pilihan

Aku baru mengenal kursus ini dari mbak Wiwit. Yup, she told me about this free course. Kursus berbahasa Inggris dari Austral;ia dengan beragam pilihan dan ribuan siswa. Hampir mirip dengan Indonesia X, Open2study juga menayangkan kursus berbentuk video dengan subtitle. Bedanya, Open2study tidak menyediakan transkrip berbentuk pdf.

Cukup simpel jika kalian ingin bergabung, register saja di open2study(dot)com dengan akun media sosial yang telah disediakan agar praktis. Di Open2study juga menyediakan sertifikat bagi sesiapa yang bisa mencapai nilai 60% dalam mengerjakan exercise. Namun, sertifikat yang disediakan  berbentuk pdf yang bisa kita download dan print sendiri.

Haiaaa, eike nggak sabar pingin punya sertifikat dari Australia. Hahahaha. Mak-mak norak.

Ingin Belajar Pemrograman? Yuk, ke W3school

Sejak awal nikah, abah K memintaku untuk belajar html blah blah blah ke W3school agar suatu saat jika beliau membutuhkan bantuan, cukup meminta istrinya saja. Tetapi, dasarnya Emak K, bukannya belajar sesuai anjuran beliau, malah menghabiskan waktu untuk nonton drakor. :v

Saat berbincang dengan mbak Wiwit yang begitu menggebu belajar tentang html, webmaster dll, aku merasa menjadi orang paling malang sedunia. Lah, piye, si Abah K selalu bersamaku setiap saat kok nggak dimanfaatkan untuk belajar. Poor you, Dut!

Berbeda dengan Indonesia X dan Open2study, W3school hanya menyediakan kursus khusus pemrograman dan teknik pengajarannya pun hanya berbasis teks. Tapi tak apa, yang penting kan kita bisa mengikuti dengan baik. Untuk bergabung, cukup register ke w3schools(dot)com. Jangan khawatir, w3shools juga menyediakan sertifikat.

Masih ada beberapa kursus pemrograman yang kudapatkan dari komunitas abah K, lain kali akan kutulis spesial untuk kalian, ya.

Kalian punya informasi tentang kursus online lainnya? Yuk, sharing di komentar ya, siapa tahu menginspirasi sahabat yang lain. Thanks mbak Wiwit for your sharing.