Ketika Terlalu Dini Menyekolahkan Anak

Ketika Terlalu Dini Menyekolahkan Anak

Penetapan usia 7 tahun sebagai syarat minimal untuk pendaftaran jenjang Sekolah Dasar oleh Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan tentu saja telah melalui berbagai pertimbangan. Elly Risman, seorang psikolog yang telah malang-melintang di dunia pendidikan pun juga mengaminkan standar minimal yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

Memasukkan sekolah anak terlalu dini, sama dengan menyemai benih kanker. Otaknya belum siap, kita tidak tahu kapan ia kehilangan motivasi belajar. Semakin muda kita sekolahkan anak, semakin cepat pula ia mengalami BLAST (Bored, Lonely, Angry, Stress, Tired), lebih rentan menjadi pelaku dan korban bullying, pornografi dan kejahatan seksual. -Elly Risman, dikutip dari fanspage Parenting Elly Risman and Family-

Membaca paparan ini, sebagai Ibu dari seorang anak yang masih berusia satu tahun, daku ngeri-ngeri sedap. Sebegitu parahkah akibatnya? Jika menilik dari pengalaman ibu-ibu yang anaknya pernah disekolahkan terlalu dini, aku menarik satu benang merah yang menguatkan paparan Elly Risman; anak bosan sekolah ketika memasuki bangku kelas 2-3 SD. Anak-anak ini cenderung harus dipaksa untuk belajar, jarang ada kemauan belajar dari diri sendiri.

Bagaimana jika Terlanjur?

Bagaimana jika terlanjur memasukkan anak ke sekolah terlalu dini? Retno Kusumawardani, seorang blogger dari Malang, menceritakan pengalamannya ketika terlambat menyadari tentang bahaya menyekolahkan anak terlalu dini. Ibu tiga anak ini baru mendapatkan informasi tentang bahaya tersebut ketika anak sulungnya sudah berada di bangku TK kelas besar. Mbak Retno, begitu kami memanggilnya dengan akrab, memasukkan si sulung ke sekolah PAUD saat masih berusia 3 tahun dan jenjang TK usia 4 tahun. Lebih awal 1 tahun dibandingkan usia anjuran KEMENDIKNAS.

Menyesali ketidaktahuannya tersebut, mbak Retno memutuskan untuk ‘meliburkan’ anak sulungnya dari kegiatan sekolah selama satu tahun penuh ketika anak lulus TK, sehingga ketika masuk SD usia anak 7 tahun. Tekad mbak Retno untuk meliburkan si sulung selama satu tahun sebelum masuk SD ini menuai pro dan kontra. Meski begitu, mbak Retno berpegang teguh pada keputusannya untuk mengganti masa bermain sang anak yang sempat ‘terampas’.

Menghadapi Pertanyaan ‘Kapan Sekolah’?

Nggak cuma kapan nikah, ternyata yang bikin dunia pertetanggaan gonjang-ganjing. Pertanyaan ‘kapan anak kesayangan sekolah’ pun membuat hati mamah-mamah muda kebat-kebit. Apalagi jika diiringi argumen senioritas, “Wong anakku dulu nggak papa, kok..” errr. Anak-anak gue, kenapa elu ribut banget, sih, mau bantu biayain sekolah? Mau urun ngasih beasiswa? Eh.

Pertanyaan itu pun juga menghinggapi mbak Retno ketika si sulung ‘libur’ sekolah, sementara teman-temannya sudah satu jenjang di atasnya. Bahkan ada orang tua yang melarang anaknya bermain dengan anak mbak Retno. Ye kaliii, sebegitunya, Mak, semoga kita dihindarkan dari mak-mak otoriter macam ini. Ditanya tentang bagaimana menghadapi pertanyaan nggak jelas semacam itu, mbak Retno yang bergabung dalam Mom Bassador SGM 2016, menjawab dengan santai,

Apa yang kita lakukan itu berbeda, tetapi tidak salah. Bilang saja nunggu umur.

Sungguh jawaban simpel yang bijak, nggak kayak angan-angan Emak K diatas. Ocehan Emak K yang nggak banget jangan ditiru ya, Mak, karena bisa menimpulkan perang dunia ke tiga. 😀

Apa Kegiatan Selama Liburan?

Libur satu tahun, jika tidak pintar-pintar memberikan kegiatan kepada anak, anak bakal bosan berat, apalagi ditambah melihat teman-temannya sekolah. Feel so lonely. Kegiatan anak mbak Retno, mom blogger di Lemari Pojok, ini bisa ditiru.

Kalau pagi main main, kalau sore mengaji. Belajar tidak harus menghadapi buku. Belajar bisa dari apapun. Saat tidak sekolah, melihat bunga mekar mereka belajar. Melihat hujan mereka belajar. Maknya bikin kue mereka belajar. Bahkan si sulung sudah bisa menakar dan membuat kue sendiri. Emaknya bagian masak. Tapi sekarang sudah lupa kali wkwkwk
Intinya kami belajar bersama sama dari apa yang kita lihat sehari hari.
Kalau emaknya ga bisa jawab, ada internet yang membantu hehehe tinggal mengganti ke bahasa yg lebih sederhana saja.
Jadi meskipun tidak bersekolah, proses melatih otak itu berjalan terus melalui cara yang menyenangkan dan bermain main. Bahkan mereka tidak sadar kalau sedang belajar.

Ya, belajar tidak melulu tentang bangku sekolah, kok! Poin yang ini aku setuju pake banget. Hihihi, sampai si K umur satu tahun, aku dan abah K masih terus berdiskusi tentang bagaimana sekolah si K nanti, apalagi sebagai lulusan PGMI daku kecewa berat dengan kurikulum sekarang, ajegile, materi jenjang SD adalah materi SMP pada masaku. Huhuhu. Doakan daku ya, Mak, agar cepat mendapatkan pencerahan sebelum tiba usia sekolah si K!

 

Pencarian Terkait:

  • sebaiknya menyekolahkan
  • ibu menyesal menyekolahkan anak terlalu dini
  • enaknya anak usia 4 tahun sekolah tk apa paud apa sekolah ngaji aja dulu?
  • trik menyekolahkan anak di usia dini
  • bahaya anak sekolah terlalu dini elly risman
  • elly risman tentang paud
  • umur berapakah anak masuk paud menurut psikolog elly risman
  • anak yang terlanjur tidak mendapatkan pendidikan usia dini
  • https://widiutami com/ketika-terlalu-dini-menyekolahkan-anak html
  • dampak anak sekolah terlalu dini setelah lulus
Emak-emak Gabung Kursus Online, Why Not?

Emak-emak Gabung Kursus Online, Why Not?

Malas belajar karena sudah lelah dengan peran sebagai Emak-emak?

Its so crazy, Mom! Status apapun, seharusnya tidak menjadi halangan untuk terus belajar.  Never Ending Learning. Jaman sudah sedemikian maju, jangan sampai tidak mengikuti perkembangan jika tidak mau kelak terjadi gap yang sangat lebar dengan anak-anak tercinta. Alasan utama yang melecutku untuk terus belajar, minimal tahu perkembangan-perkembangan terbaru, disamping alasan yang berujung pada tambahan uang beli buku. :p

  Alah, WiDut mah, fasilitas oke  punya…

No, pada postingan kali ini aku akan bercerita tentang Emak-emak yang energi belajarnya nggak habis-habis. Rahayu Pawitri, seorang mom blogger yang tinggal di Bekasi, orang Jawa yang tetap cas cis cus berbahasa Jawa meski tinggal di perantauan. Mbak Wiwit, begitu kami menyapanya dengan akrab, mengikuti berbagai kursus di tengah-tengah kesibukannya sebagai seorang istri, ibu, blogger, translator, content writer…. Alamak, Mbak, banyak amat profesimu dan kau masih sempat mengikuti segambreng kursus?

Yes, bahkan beliau sampai memasukkan list blogwalking demi memanfaatkan waktunya sebaik mungkin.

Lulusan Universitas Terbuka jurusan Bahasa Inggris yang memiliki blog personal utama di www.rahayupawitriblog.com ini kucecar berbagai pertanyaan agar beliau membocorkan kursus online gratis yang bisa kita ikuti. Nah kan, WiDut nyarinya yang gratisan… Ehehehe, Mak-mak irit atau medit sih? :p

And, here are, kursus gratis yang materinya keren. Kursus Online Gratis yang bisa kita ikuti kapanpun dan dimanapun hanya bermodalkan gadget dan kuota internet. Selain itu, kita juga mendapatkan sertifikat. WiDut sudah mencoba, nggak sekedar iya-iya lalu menulis… Kan, ilmu itu bisa didapat dari manapun. Mengamalkan dhawuh kanjeng Nabi, menuntut ilmu dari buaian sampai liang lahat.

Indonesia X, Kursus Gratis Berbahasa Indonesia

Aku mengenal kursus ini tahun lalu, saat hamil si K, saat LDR-an dengan abah K. Heuheuu. Serunya, di kursus ini kita bisa memilih belajar melalui video atau transkrip yang sudah disediakan oleh pemateri. Plusnya lagi, di video ada subtitle-nya. aiaaaa, WiDut nggak boleh banyak alasan karena nggak bisa mendengar, kan? :p Kualitas gambar video pun oke punya, sebenarnya tanpa melihat subtitle pun, aku bisa membaca bibir pemateri, tetapi subtitle sangat membantuku untuk memperjelas istilah-istilah asing yang baru pertama kali ‘kubaca’ dari mulut pemateri.

Untuk mengikuti kursus ini, kalian cukup mengunjungi www(dot)Indonesiax(dot)co(dot)id, register menggunakan email atau media sosial yang kalian pilih. Setelah itu, pilah-pilih kursus yang ingin kalian ikuti. Ingat ya, Dear, kerjakan latihan demi latihan yang ada di kursus karena jika nilai kalian bisa mencapai 50% , Indonesia X akan mengirimkan sertifikat kepada kalian. Lumayan, untuk tambah-tambah portofolio. Sertifikat ini bisa membantu deal project juga, biar nggak terkatung-katung kayak project kami tempo hari.. Hahahaha, curhat!

Open2study, Kursus dari Australia dengan Beragam Pilihan

Aku baru mengenal kursus ini dari mbak Wiwit. Yup, she told me about this free course. Kursus berbahasa Inggris dari Austral;ia dengan beragam pilihan dan ribuan siswa. Hampir mirip dengan Indonesia X, Open2study juga menayangkan kursus berbentuk video dengan subtitle. Bedanya, Open2study tidak menyediakan transkrip berbentuk pdf.

Cukup simpel jika kalian ingin bergabung, register saja di open2study(dot)com dengan akun media sosial yang telah disediakan agar praktis. Di Open2study juga menyediakan sertifikat bagi sesiapa yang bisa mencapai nilai 60% dalam mengerjakan exercise. Namun, sertifikat yang disediakan  berbentuk pdf yang bisa kita download dan print sendiri.

Haiaaa, eike nggak sabar pingin punya sertifikat dari Australia. Hahahaha. Mak-mak norak.

Ingin Belajar Pemrograman? Yuk, ke W3school

Sejak awal nikah, abah K memintaku untuk belajar html blah blah blah ke W3school agar suatu saat jika beliau membutuhkan bantuan, cukup meminta istrinya saja. Tetapi, dasarnya Emak K, bukannya belajar sesuai anjuran beliau, malah menghabiskan waktu untuk nonton drakor. :v

Saat berbincang dengan mbak Wiwit yang begitu menggebu belajar tentang html, webmaster dll, aku merasa menjadi orang paling malang sedunia. Lah, piye, si Abah K selalu bersamaku setiap saat kok nggak dimanfaatkan untuk belajar. Poor you, Dut!

Berbeda dengan Indonesia X dan Open2study, W3school hanya menyediakan kursus khusus pemrograman dan teknik pengajarannya pun hanya berbasis teks. Tapi tak apa, yang penting kan kita bisa mengikuti dengan baik. Untuk bergabung, cukup register ke w3schools(dot)com. Jangan khawatir, w3shools juga menyediakan sertifikat.

Masih ada beberapa kursus pemrograman yang kudapatkan dari komunitas abah K, lain kali akan kutulis spesial untuk kalian, ya.

Kalian punya informasi tentang kursus online lainnya? Yuk, sharing di komentar ya, siapa tahu menginspirasi sahabat yang lain. Thanks mbak Wiwit for your sharing.

 

Pencarian Terkait:

  • pengalaman belajar di open2study
Mengais Rezeki dari Menulis Artikel Bahasa Inggris

Mengais Rezeki dari Menulis Artikel Bahasa Inggris

“Ayi, nih, menulis 450 kata, dibayar 35 dollar!” ujar abah K saat aku asik bermain dengan si K.

Tiga puluh lima dollar, nyaris empat ratus ribu rupiah. Alah-alahhhh, Emak mana yang nggak ijo matanya membayangkan lembaran dollar?

Mataku membelalak, “Yang benar saja, Bah? Lha wong nulis artikel bahasa Indonesia cuma dibayar limaribu, mending dipasang di blog sendiri, lah.”

“Ayoklah, sini. Lihat sendiri, ambil atau tidak?” tanyanya.

Aku pun mendekat. Meringis, antara tertantang dan getir mengingat kemampuan bahasa Inggrisku yang masih tiarap. Bukan jongkok lagi, sudah tiarap. Di laptop abah K terpampang request order dari klien, kali ini mas-mas Korea yang meminta artikel revie tentang operasi plastik. Aku angkat tangan, belum siap menulis artikel bahasa Inggris. Eike masih piyik, Cyin, mending dilempar ke sohib saja, abah K sudah mumet menangani orderan PHP dan bolokurowo-nya.

Ingin dollar jugak? Let me tell you the step you may follow to get order by fiver application. I think, my English not too bad, am I? 😛

Fiver adalah salah satu marketplace semacam ads dot id, project dot co dot id, de el el, yang menyambungkan antara buyer dan seller. Sejauh ini, fiver menjadi salah satu jujugan abah K untuk ikhtiar mengais rezeki.

Kunjungi situs fiverr dot com.

Hallah, kok aku jadi pelit backlink, sih? Hahaha, okeh, klik disini untuk mengunjungi laman fiver. Hitung-hitung berterimakasih kepada Fiver yang telah menjadi perantara rezeki keluarga kecil kami.

Jika belum mempunyai akun, klik join dan ikuti langkah selanjutnya.

Buat Gig

Gig dalam fiverr ini adalah semacam detail produk yang kita tawarkan kepada calon klien. Kalian bisa mengunjungi Gig milik orang lain untuk referensi. Tetapkan tarif dan detail produk yang ditawarkan. Tetapkan tarif dengan wajar. Please, jangan coba-coba membanting tarif seperti yang terjadi di Indonesia belakangan ini. Lha, masa nulis artikel lima rebu rupiah? Ya pantes kalo copas-copas doang. Buatlah Gig dengan lengkap dan persuasif, sehingga meyakinkan klien untuk memakai jasamu. Mirip-mirip nembak yang dicinta- begitulah. 😀

Sering Jalan-jalan dan Send Offer Buyer Request untuk Berkenalan dengan Calon Klien

Sebagai langkah awal, jalan-jalanlah ke buyer request, send offer kepada buyer yang kira-kira kita mampu mampu mengerjakan requestnya. Buyer dari LN rata-rata sangat sopan. So, gunakan etika yang baik. Tunjukkan jika kita adalah bangsa yang ramah dan penuh kehangatan. Kukasih tahu satu hal, tutup ending penawaran dengan salam semangat, Cheers. Konon, salam ini akan menghipnotis klien. :p

Kerjakan Tepat Waktu

Di Fiverr terdapat request waktu oleh klien. Biasanya, jika klien meminta fast order delivery, akan ada tambahan charge untuk kita dan dalam list order, waktu akan dihitung mundur seperti timer. Segera kirim jika pekerjaan sudah selesai. Jika kita menangani beberapa order yang memiliki batas waktu yang sama, lebih baik jangan mengambil order. Sebab, jika kita terlambat dalam memenuhi permintaan klien, klien akan memberikan review yang buruk dan akan berpengaruh pada permintaan klien selanjutnya.

Gimana? Gampang, kan? Ayo gabung, siapa tahu ladang rejeki kita ada disini. Belum mahir berbahasa Inggris? Sama, kok, sama… Eike aja tiarap nih. Tetapi, masa mau menyerah begitu saja? Eike sampai sengaja privat chat dengan mbak Ria Tumimomor, pemilik blog www.riatumimomor.com yang kece badai menulis artikel bahasa Inggris. Yaaa, demi sesuap nasi, aku rela menuntut ilmu kemanapun. Hahaha.
ria-tumimor

Folloer ji ples-nya sudah 2ribuan, Cyin. Awesome!

Kata mbak Ria, menulis artikel dalam bahasa Inggris cuma ada satu cara: NULIS! Mhuahahah, yaiyalah, Mbak… Hadoh, mbak satu ini bisa saja ngelawak. Mbak Ria yang tetep energik di usia cantiknya, penggemar cokelat dan kuliner ini pun membuka tips rahasianya setelah kudesak dengan rayuan maut: your article is too comfort to read.

Rajin Baca, Rajin Nulis, JANGAN TAKUT SALAH GRAMMAR!

Hahaha, sampai capslock jebol. Aku paling horor di bagian salah grammar, memang. Apalagi jika berkaitan dengan tenses tingkat sepuluh, eh. Oke, mbak Ria, angkat aku jadi muridmu! Tipsnya cuma tiga dan bisa diringkas dalam satu kalimat. Tetapi…., ah, lagi-lagi tapi… WiDut memang pinter banget nyari alasan, yak…

Oke, mari belajar lagi. Buka-buka buku lagi. Berlatih menulis artikel bahasa Inggris, siapa tahu menjadi jalan rejeki.

 

Pencarian Terkait:

  • menulis berbahasa inggris dibayar
  • tempat menulis artikel bahasa inggris dan di bayar
  • pengalaman nulis artikel di situs inggris
  • nulis artikel dibayar dollar
  • nulis artikel bahasa inggris dibayar
  • menulis artikel indonesia di fiverr
  • menulis artikel berbahasa asing dibayar
  • menulis artikel bahasa inggris dibayara
  • menulis artikel bahasa inggris dibayar
  • Cara nulis rejeki
5 Stimulasi Seru Bayi 6-8 Bulan

5 Stimulasi Seru Bayi 6-8 Bulan

Sejak si K masih nyaman bergerak lincah di dalam rahim, aku mulai berselancar mencari referensi terkait tumbuh kembang bayi. Salah satu artikel yang sampai saat ini menghantui pikiran adalah 1000 Hari Pertama Si Kecil, alias 1000 HPK yang musti dimanfaatkan benar-benar. 1000 HPK si Kecil adalah saat-saat dimana perkembangan anak berada dalam puncak emasnya.

Sungguh, tidak ada emak yang ingin menyia-nyiakan masa terbaik anaknya untuk belajar.

Maka, aku pun memanfaatkan fasilitas koneksi internet dari Abah K untuk mencari referensi terkait kegiatan yang bisa menstimulus kemampuan si Kecil pada 1000 HPK. Kata mbak Anis Khoir, stimulasi yang dilakukan kepada si Kecil hendaknya memanfaatkan apa yang berada di sekitar rumah, sehingga tidak merepotkan emaknya. Jika ada pasir di sekitar rumah, rasa-rasanya belum perlu untuk membeli pasir kinetik yang lumayan harganya. Jika ada kali di dekat rumah, ngapain juga mengajak si kecil ke kolam renang ekslusif. Jika ada suami yang selalu sedia setiap saat, ngapain berandai-andai punya suami macam artis drakor? Wkakakak, piss!

Mbak Anis Khoir, pemilik blog www.aniskhoir.com yang sering mengulas permainan-permainan untuk anak tercintanya ini berbagi tips bagaimana agar para Emak rajin membuat aneka permainan untuk anak;

5-stimulasi-serubayi-6-8-bulan

MAU mencoba dan NGGAK malas untuk bikin-bikin.

Just as simple as 2 ways that, Dear! Wkwkwk, iyalah, Mbak… Cem mana kalau tidak mencoba? Tetapi, membuat mainan untuk anak kecil itu memang rada-rada horor, sebab sangat rawan untuk DICAMPAKKAN. Sakitnya tuh, disini…

Trus-trus, kalau buntu idenya gimana, Dut?

Gampang, si Mbak kece yang sudah memulai ngeblog sejak tahun 2009 ini berbagi bocoran darimana beliau mendapatkan ide tentang aneka permainan anak ini. Doi yang kini menetap di Tuban bersama suami dan anak tercintanya ini mendapatkan ide permainan dari pengalaman guru TK, baca buku dan blogwalking ke blog yang mengulas tentang stimulasi anak, ya, salah satunya blognya mbak Anis yang lulusan matematika tetapi mengaku nggak suka matematika. :D.

Gali pengalaman guru TK, baca buku dan blogwalking ke blog yang mengulas tentang stimulasi anak.

Sebagai murid yang baik, aku pun melaksanakan tips-tips yang kudapatkan dari mbak Anis dalam kegiatan stimulasi si K. Lhaa, aku kan nggak mau ilmunya ngendon trus jadi larva. Eh. Sebagai buktinya, ini dia ide ciamik stimulasi anak nan ngirit untuk anak usia 6-8 bulan. :v

1| Ciluk Ba

Pada dasarnya, permainan untuk anak usia 6-8 bulan masih melanutkan goal membedakan antara ada dan tiada. Ciluk Ba adalah permainan yang sangat sederhana dan dapat dilakukan kapanpun dan dimanapun. Hmm, siapa sih yang nggak kenal Ciluk Ba? Permainan yang sangat membumi yang hanya bermodalkan tangan atau selembar kain. 😀

2|Finding Fish

Permainan ini terinspirasi dari finding nemo. Hahaha. Tujuannya masih sama, mengenalkan konsep ada dan tiada pada si K.

Bahan:
  • Tusuk Sate (Boleh diganti pensil, batang kayu, dll)
  • Boneka Ikan (Boleh membuat sendiri menggunakan kertas, WiDut pakai boneka ikan milik si K, feel free pakai boneka apa saja, kok)
  • Botol minuman ukuran tanggung di potong dasarnya. Mau pakai yang gedhe silahkan. :v
  • Kertas dan Selotip
Cara Membuat:
  • Tempelkan boneka dengan tusuk sate menggunakan selotip.
  • Tutup botol dengan kertas dan rekatkan dengan selotip.
Cara Bermain:

Masuk dan keluarkan boneka secara perlahan sembari memancing fokus si kecil. Keseruannya terletak pada ekspresi si kecil ketika menunggu ikan keluar dari botolnya. Si K sampe melongo. :v

3|Sensory Play Pasir dan Kerikil

Permainan ini bertujuan untuk merangsang kemampuan sensori anak. Terutama pada tangan. Bahannya simpel sesuai namanya, pasir dan/ atau kerikil. Mainnya cukup membebaskan si kecil mengeksplor pasir dan kerikil sesuka hati. INGAT, saat anak bermain ini WAJIB DALAM PENGAWASAN. Sangat rawan ditelan oleh anak. Sebenarnya aku belum bermaksud untuk mengenalkan si K dengan permainan ini, tetapi kadung, saat pulang kampung si K melihat pasir dan kerikil bertebaran dimana-mana, dan dia terlihat sangat menikmatinya.

4|Terowongan Kardus

Permainan ini bertujuan untuk mengenalkan konsep ruang, merangsang kepekaan visual-spasial anak. Untuk bermain terowongan kardus, anak harus bisa merangkak terlebih dahulu.

Bahan:

Kardus bekas tanpa alas dan tutup.

Cara Bermain:

Letakkan kardus di lantai seperti terowongan. Untuk memancing anak, letakkan mainan yang disukai anak di ujung terowongan. Permainan ini berhasil membuat si K merangkak cepat-cepat.

5| Mencari Harta Karun

Permainan ini masih mengenalkan konsep ada dan tiada pada si kecil. Bahannya sangat simpel: pasir. Hahaha. Bisa diganti dengan bahan lain yang lebih aman, kok. Seperti kertas yang sudah digunting memanjang.

Cara Bermain:

Timbun mainan kesukaan anak dengan pasir atau helaian kertas. Biarkan anak mengeksplor sendiri. Si K bengong saat menemukan mainan kesukaannya di dalam pasir setelah sekian lama meremas-remas pasir. Meski awal-awalnya takut-takut penasaran sampai geleng-geleng. Mungkin si K ngebatin, Ibuk, ini maianan munculnya darimana?

Sudah, cukup lima dulu, yak. Sudah mencapai 700an kata soalnya, khawatir pegel yang baca. Hahaha. Masih banyak permainan si K yang berpegang teguh pada tips mbak Anis Khoir:

Manfaatkan barang di sekitar rumah.

Bagi temans yang ingin mendapatkan tips-tips parenting, ide-ide permainan, sila kunjungi blog mbak Anis Khoir, ya. Lain kali aku akan menulis tentang beberapa permainan si K yang belum diuraikan di postingan ini.

Pencarian Terkait:

  • artikel tentang stimulasi