Masalah umum yang melanda pebisnis kecil yang ingin mengembangkan bisnis adalah bagaimana mengelola bisnis sementara belum ada pembukuan dan manajemen stock. Boro-boro manajemen stock, pembukuan keuntungan bisnis saja enggak jelas juntrungnya. Pemasukan dan pengeluarannya sih sudah dicatat, tetapi uangnya kemana enggak tahu jejaknya. Jika kamu merasakan hal seperti ini, mungkin kini saatnya mempertimbangkan untuk menggunakan Software cloud ERP Indonesia.

Masalah Umum Pebisnis Souvenir yang Menghalangi Owner untuk Berkembang

Meski emak K sudah pensiun dari bisnis souvenir dan undangan, tetapi emak K masih membantu building website dan media sosial sahabat yang mengembangkan bisnis pengadaan souvenir. Ketika bisnis mulai berkembang dan kewalahan mengattasi orderan sendirian, kegamangan bagaimana mengelola bisnis dengan karyawan atau reseller dimulai. Di satu sisi sudah enggak sanggup mengelola bisnis sendiri, di sisi lain masih belum mempunyai arah bagaimana pengelolaannya.

Menentukan Harga Jual

Menentukan harga jual dalam bisnis souvenir agak tricky. Umumnya pebisnis menentukan harga jual dengan meraba-raba keuntungan dan menyesuaikan karakteristik masyarakat. Enggak heran kalau sering mematok harga yang berbeda antara pesanan satu dengan pesanan lain, padahal spesifikasinya sama. Kadang sengaja menjual dengan harga sangat murah tanpa memperhitungkan modal dan laba rugi.

Manajemen Stock

Pemilik usaha souvenir skala kecil umumnya belum mempunyai manajemen stock yang bisa dicek secara kilat ketika ada calon customer yang bertanya. Aku sering mengalami saat calon klien bertanya tentang souvenir x, kayaknya kok masih ya di rumah, aku deal-in dengan harga lama. Eee, ternyata stock kurang dan saat belanja lagi ternyata harga sudah naik.

Sedih?

Jelas, dong. Terus gimana? Ambi langkah yang tidak merugikan klien. Enggak menaikkan harga yang sudah disepakati tetapi memilih untuk menanggung sedikit kerugian. Hwaaa, nyari untung malah buntung. Ini kejadian berulang-kali, lho. Habis capek kalo harus ngecek ke gudang. Coba kalau punya software yang bisa memanajemen stock, ya.

Susahnya Memberi Kepercayaan kepada Orang Lain

Ketakutan yang membuat seorang pengusaha kecil untuk merekrut karyawan adalah jika karyawan tahu cara mainnya dan merintis usaha yang sama atau jika karyawan tahu persis seberapa banyak untung-rugi yang kita peroleh dalam bisnis ini. Makanya, semua-mua terkait manajemen stock, pembukuan akuntasi dikerjain sendiri dan hanya mempunyai asisten bagian bungkus-bungkus atau cetak sablon.

Sssttt, ini bukan perkara pelit enggak pelit, takut disaingi enggak takut disaingi, ini adalah persoalan BISNIS. Hihihi.

Perasaan Labanya Lumayan, tetapi Uangnya Entah Kemana

Enggak tahu ini cuma kualami atau dialami juga dengan pebisnis skala kecil lainnya. Ngitung lamanya satu juta lebih, uang yang dipegang paling ratusan ribu. Dikurangi buat membayar asisten tinggal seuprit. Belum dikurangi uang parkir dan nongkrong di angkringan. Hahaha.

YA JELASLAH KALO UANGNYA RAIB. Buat nongkrong gitu.

Haiya, coba aku sudah mengenal software sistem ERP sejak merintis bisnis dulu, ya. Tetapi enggak apa-apa, aku jadikan pengalamanku untuk pelajaran buatmu. Jangan sampai gulung tikar hanya karena uangnya digunakan untuk nongkrong di angkringan. Aku share soal software siste ERP terbaik di Indonesia yang bisa menahanmu untuk nongkrong menggunakan uang laba.

Manajemen Pemesanan yang Berantakan

Jaman merintis mungkin belum begitu merasa butuh untuk memanajemen pemesanan. Kan masih sedikit, enggak bakal tertukar lah. Begitu bisnis makin berkembang, blar! Resiko pesanan tertukar itu sangat besar dan rawan membuat klien kecewa yang pada akhirnya bisa terjadi pembatalan.

Penentuan Gaji yang Masih Membawa Perasaan

Emak K doang kali, ya, gitung gajinya masih membawa perasaan. Kasihan ih kalau cuma digaji sedikit, tetapi ketika menggaji dengan jumlah yang menurut kita pantas, ternyata gaji untuk kita yang mumet mikir sembarang-barang dibawah karyawan. Hahaha.

Menggunakan Software Cloud ERP Indonesia untuk Membantu Mengembangkan Bisnis Souvenir

Mimpi emak K jika kelak diperkenankan untuk merintis bisnis souvenir lagi, emak K bakal menggunakan software cloud ERP berbahasa Indonesia sejak awal rintisan. Ibarat rumah, software sistem ERP ini adalah pondasinya. Awal dimana kita bakal membuat pijakan untuk memanajemen semuanya.

Software ERP (Enterprise Resource Planning) adalah sebuah sistem manajemen atau pengelolaan sumber daya perusahaan
yang berupa paket aplikasi program yang terintegrasi dan multi modul yang dirancang untuk melayani berbagai fungsi dalam perusahaan sehingga pekerjaan menjadi lebih efisien & efektif serta memberikan nilai tambah pelayanan yang prima bagi konsumen.

Software ERP ini akan membantu kita untuk mengelola manajemen yang ada di dalam usaha/ bisnis kita. Jadi bisnis kita akan lebih rapi dan lebih mudah dalam melayani konsumen. Dibanding dengan memesan software custom, software ERP adalah solusi yang jauh lebih hemat baik dari segi biaya maupun segi waktu. Seberapa mahal software ERP? Apakah ada software ERP murah dengan kualitas terbaik yang bisa digunakan untuk pebisnis skala menengah dengan biaya terbatas?

SystemEver, Software Cloud ERP Indonesia Terbaik

SystemEver merupakan sistem Cloud ERP terintegrasi yang dikebangkan oleh perusahaan asal Korea, YoungLimWon(永林院) Softlab Co., Ltd. Di bidang ERP, YoungLimWon(永林院) SoftLab Co., Ltd. telah teruji dan memiliki reputasi yang baik serta
pengakuan dari APAC CIO sebagai perusahaan top 10 ERP System di Asia dengan lebih dari 1600 pelanggan yang tersebar di Korea, Cina, Vietnam, Jepang dan Indonesia.

Jangan khawatir, SystemEver, software ERP terbaik di Indonesia, sudah tersedia dalam lima bahasa yakni Korea, Inggris, Jepang, Mandarin, Vietnam dan Indonesia. Jadi enggak perlu pusing duluan ketika tahu bahwa software cloud ERP SystemEver dikembangkan di Korea, kita bisa beli software-nya yang menggunakan bahasa Indonesia.

Model Software SystemEver yang Cocok untuk Pondasi Bisnis Souvenir

Software sistem ERP SystemEver terdiri dari i1, i2, i3, i5 dan i7. Model i1, i2, i3 adalah model yang berdiri sendiri, sedangkan model SystemEver i5 dan i7 adalah model gabungan yang terintegrasi. Jadi kita bisa memilih software cloud ERP yang sesuai dengan kebutuhan kita.

Software Cloud ERP Indonesia SystemEver i1 (Manajemen Akuntansi) Series

Software cloud ERP Indonesia SystemEver i1 series dirancang untuk memudahkan dalam pengelolaan keuangan perusahaan, seperti pengelolaan invoice atau piutang (invoice tracking), membantu menganalisis biaya dan menemukan laba, memonitor pengeluaran dan penerimaan secara real time sehingga bisa mengurangi pemborosan, membuat laporan keuangan serta membantu mempersiapkan proses audit eksternal.

SystemEver i1 series akan membantu kita untuk mengelola keuangan agar enggak hilang ditelan rimba, eh, ditelan tempat nongkrong.

Software Cloud ERP Indonesia SystemEver i2 (HR/Penggajian) Series

Ingat cerita emak K yang membawa perasaan untuk menggaji asisten? Dengan SystemEver i2 ini kita enggak perlu lagi bawa-bawa perasaan untuk menggaji asisten. SystemEver i2 series membantu perusahaan untuk saling berhubungan dengan sistem keuangan. Kita dapat memeriksa daftar gaji dalam berbagai bentuk, mengatur pencatatan absensi yang disesuaikan dengan kalkukasi gaji per jam atau harian, lembur, menambah, mengurangi atau mengubah tunjangan, mengarsipkan riwayat penggajian dengan mudah dalam riwayat akuntansi dan pajak, dan sebagainya.

Software Cloud ERP Indonesia SystemEver i3 (Manajemen Persediaan) Series

Ucapkan selamat tinggal pada kebingungan jumlah stok barang setelah menggunakan aplikasi ERP terbaik SystemEver i3 series. Model ini sesuai untuk perusahaan yang bergerak di bidang pengadaan barang ataupun penjualan produk (bisnis ritel). Sistem yang disediakan memungkinkan untuk mengintegrasikan antara bagian pembelian,penjualan dan produksi dalam penerimaan inventaris. Kita dapat memeriksa inventaris terbaru secara real time tanpa manajemen inventaris, mengelola stok gudang, mengelola pesanan, dan sistem pemesanan, memonitor sistem penjualan dan menjamin kerahasiaan penjualan dengan membatasi akses sesuai divisi atau lebel manejerial sehingga kinerja tetap berjalan dengan baik.

Software ERP terbaik di Asia Tenggara SystemEver i1, i2 dan i3 series adalah pilihan terbaik untuk membuat pondasi bisnis souvenir. Kita bisa mempercayakan bisnis kepada asisten tanpa takut data bocor karena ada pembatasan akses divisi atau level manajerial. Sistem ERP terbaik SystemEver memungkinkan kita untuk mengelola laporan keuangan, manajemen penyediaan barang, manajemen penggajian dalam satu genggaman dimanapun dan kapanpun berwujud software cloud.

Bagaimana jika bisnis kita semakin berkembang hingga memasuki ranah produksi, tidak lagi sekedar jasa pengadaan barang? Kita bisa upgrade ke SystemEver i7 Series yang menyajikan sistem ERP yang lebih lengkap dan komprehensif. Segala pekerjaan yang berkaitan dengan manajemen akuntansi, manajemen penggajian karyawan, distribusi barang, produksi barang dibantu oleh sistem ERP SystemEver i7 Series.

Jika kamu ingin bertahan dalam pengadaan barang namun dalam skala yang jauh lebih besar, maka SystemEver i5 series bisa kamu pilih. SystemEver i5 series memungkinkan kita untuk melihat serta mengelola pengiriman, memeriksa informasi penjualan berdasarkan laporan status penjualan, mengeluarkan segera faktur pajak saat penjualan, dan memonitor kinerja penjualan oleh tenaga penjualan.

Bersiap untuk mengembangkan bisnis lebih besar dengan pondasi kuat? Pakai aplikasi ERP terbaik SystemEver yang bisa kamu ulik-ulik lebih lengkap di https://systemever.co.id/cloud-ERP.

 

 

 

%d bloggers like this: