Education

Ruang Les Online, Kerjakan PR Semudah Main Gadget

Ruang Les Online

“Nduk, ini jawabannya apa? Soal anak SD sekarang kok susah, ya?” tanya Mbakku melalui whatsapp.

Aku tertegun. Ya, pelajaran anak SD sekarang rasanya selevel pelajaran SMP jamanku dulu.

“Kakak pengen ku-les-in, aku sudah lupa dengan pelajaran sekolah,” lanjutnya. “Tapi, hujan trus ini. Kakak juga kalau kecapekan les jadinya malah turun tu nilainya.”

Yaa, bayangkan saja. Pulang sekolah jam satu siang, lanjut sholat dzuhur makan, istirahat bentar, trus les selama 1.5 jam. Sampai rumah jam 3 sore, main sebentar, mandi, makan, lanjut ngaji. Pulang ngaji, mengerjakan PR yang belum sempat dikerjakan di tempat les.

Capek. Bangun tidur tidak semangat, belajar di sekolah sambil menahan kantuk. Belum kalau berangkat lesnya hujan-hujan.

Berangkat sekolah rada lesu karena terbayang betapa padatnya kegiatan yang harus dijalani. Menjalani pelajaran demi pelajaran dengan kondisi yang kurang prima membuat konsentrasi turun. Tidak heran jika hal ini membuat nilai raportnya turun dibandingkan dengan semester lalu.

“Kakak enggak usah les. Belajar sama Bulik saja kalau ada PR yang enggak bisa.” sahutku.

“Tapi, kan. Kalau Bulik ke kampung gimana? Bingung lagi nanti.” 

Oooh, iya ya. Kalau aku pulang kampung, tidak ada yang bisa mendampingi Kakak Tegar belajar jika ada soal yang rumit.

“Emm, Googling, Mbak?” tanyaku lagi.

“Ih, Googling malah tambah mumet, Nduk. Apalagi soal Matematika, kalau Googling berarti Ibunya harus belajar, kan?”

Aku spontan tertawa. Iya juga, kalau Matematika makin dicari jawabannya di Google, makin mumet.

Mencari Solusi yang Tepat untuk Si Buah Hati

Setidaknya, ada beberapa hal yang harus kami pertimbangkan untuk memecahkan kesulitan Kakak dalam hal pelajaran sekolah:

  1. Bukan sistem les rutin
  2. Tidak terganggu jarak dan cuaca
  3. Diampu oleh Guru yang ahli di bidangnya
  4. Hanya dilakukan saat dirasa ada kesulitan belajar
  5. Praktis dan tidak ribet

Banyak ya, syaratnya? Hahahaha. Bagiku, anak usia SD masih berada di usia bermain dan aku tidak setuju merampas waktu bermain anak dengan les segambreng banyaknya. Kakak pun terlihar ogah-ogahan saat berangkat les, gurat kelelahan sangat kentara. Jadi, BIG NO jika memaksa anak les.

Eh, beberapa waktu yang lalu seorang teman membisiku tentang Aplikasi Ruang Guru yang menyediakan fasilitas Ruang Les Online yang memenuhi syarat-syarat tersebut. Aku pun mengintip, apa benar yang dikatakan oleh temanku itu.

Ruang Les Online

Ruang Les Online, Kerjakan PR Semudah Bermain Gadget

Ruang Les Online adalah salah satu produk dari lima produk Ruangguru. Eh, apa itu Ruangguru?

Ruangguru merupakan aplikasi belajar dengan solusi terlengkap untuk kesulitan belajar. Konten tersedia untuk jenjang SD, SMP dan SMA sesuai kurikulum nasional yang berlaku di Indonesia. Berdiri sejak April 2014, pengguna Ruangguru nyaris 5 juta yang tersebar di seluruh Indonesia dan terdapat 150.000 guru. Wow, mantab banget, kan.

Mengenal Ruang Les Online

Diantara lima produk Ruangguru, Ruang Les Online merupakan salah satu produk yang menjadi solusi tepat untuk Kakak Tegar. Bagaimana tidak, Kakak Tegar tidak perlu datang les setiap hari, dan Ibunya tidak perlu Googling yang ujung-ujungnya malah mumet setiap kali Kakak Tegar mendapatkan PR yang rumit.

Ruang Les Online memungkinkan anak atau Ibu bertanya Pekerjaan Rumah yang tidak bisa dijawab kepada ahlinya dengan cara yang mudah dan praktis.

Keunggulan Ruang Les Online

Keunggulan Ruang Les Online

  1. Hanya Perlu Waktu 3 Menit

Dibandingkan browsing di Google dan ujung-ujungnya mumet sendiri, bertanya di Ruang Les Online hanya membutuhkan waktu 3 menit untu terhubung kepada guru yang tidak perlu diragukan lagi keahliannya.

  1. Chat dan Audio Call

Ada dua cara untuk terhubung dengan guru di Ruang Les Online, chat dan audio call. Jadi, jika kita merasa kesulitan dengan penjelasan melalui tekstual, kita bisa meminta guru untuk menjelaskan secara lisan melalui audio call.

  1. Hanya 20K untuk Bertanya Soal Sebanyak-banyaknya

Ya, hanya butuh 20K untuk bertanya soal di Ruang Les Online. Jauh lebih murah daripada les privat.

Pun, kita hanya membayar saat-saat dibutuhkan saja. Jadi ngirit, kan? Ah, Emak-emak ngirit. Hahahaha.

  1. Aplikasi Terhubung Selama 16 Jam

Ya, aplikasi Ruangguru terhubung selama 16 jam dari jam 06.00 sampai jam 22.00, which is, dalam jam-jam tersebut ada guru-guru yang standbye siap diminta untuk membantu memecahkan soal-soal.

  1. Hanya Guru Terbaik yang Bergabung di Ruangguru

Untuk bergabung menjadi tenaga pengajar di Ruangguru, para calon pengajar terlebih dahulu ditest kompetensinya dengan ketat. Guru-guru ini pun merupakan jebolah Universitas Unggulan dengan nilai terbaik. Jadi, tidak sembarang orang bisa bergabung. Bisa kita tebak sendiri kan bagaimana kualitas gurunya?

Mudahnya Bertanya di Ruang Les Online

Untuk bertanya di Ruang Les Online pun sangat mudah, aku yakin anak-anak bisa melakukannya. Jika orang tuanya yang berperan aktif untuk membantu anak bertanya di Ruang Les Online, malah bisa memperkuat bonding antara anak dan orang tua.

Ada beberapa langkah untuk bertanya di Ruang Les Online:

  1. Buka Aplikasi Ruangguru
  2. Klik Ruangles Online
  3. Upload Foto dan Tuliskan Pertanyaan
  4. Terhubung dengan Guru
  5. Chat dan/ atau Audio Call dengan Guru
  6. Beri Rating Guru

Nah, gampang banget kan, ya. Emak-emak kekinian enggak perlu lagi ngubek-ubek Google jika kesulitan membantu memecahkan PR anak. Cukup upload soal di Ruang Les Online dan anak akan dibantu memecahkan soal oleh ahlinya.

Ruang Belajar

Aku juga sebenarnya melirik produk terbaru dari Ruangguru yakni ruangbelajar. Di ruangbelajar itu ada video belajar dengan animasi-animasi yang menarik. Aku pikir Kakak Tegar nantinya bakal lebih fokus belajar setelah daftar di ruangbelajar. Di video itu juga tetap ada guru (kalau di Ruangguru sebutannya itu master teacher), nah uniknya itu di penjelasan tiap topik yang dibahas ada animasi-animasi yang bermunculan. Coba yuk.

Pencarian Terkait:

  • ruanglesonline

1 thought on “Ruang Les Online, Kerjakan PR Semudah Main Gadget”

Bagaimana komentar kalian?