Widi Utami

Learn, Write and Share
Semua

Pilihan Boleh Beda, Jadwal Pilpres 2019 Pasti Sama

January 5, 2019
Jadwal Pilpres 2019

Ontrang-antring pilpres sudah menggaung dimana-mana kan? Enggak di Facebook, enggak di WhatsApp, enggak di Twitter, enggak di Instagram, ketemu sama elu lagi elu lagi. Yang aman dari ontrang-antring pilpes paling cuma Pinterest. Emak K yang rada puyeng mencermati satu demi satu debat antar pendukung paslon cuma skip-skip-skip, tetapi enggak nge-skip jadwal pilpres 2019, biar enggak terulang kejadian yang sudah-sudah; lagi pulkam saat jadwal coblosan tiba.

Pilihan boleh beda, tetapi jadwal pilpres tetap sama. Sangat tidak mungkin mencoblos di hari yang berbeda, pasti akjadwalnya sama. Hayoloh, diantara sekian pebedaan, masih ada persamaan yang bisa kita syukuri. Kamu mau barengan denganku enggak waktu coblosan? Barengan berangkat saja, masuk ke bilik-nya sendiri-sendiri, dong. :p

Jadwal Pilpres 2019

Pilpres kali ini diselenggarakan barengan dengan pilihan legislatif pada tanggal 17 April 2019. Catat ya. Sudah emak K bold, underline segala.

Jangan sampai terlewat. Pastikan pada tanggal tersebut kita beada di TPS yang telah ditunjuk, jika pun sedang di luar kota, kita masih bisa ke TPS terdekat dengan beberapa persyaratan. Kalau coblosan pilgub kemaren, kami bisa datang pada jam coblosan khusus di jam istirahat, 12.00-13.00 dengan menunjukkan KTP atau kartu undangannya. Cari info nanti ketika menjelang pilpres, biasanya setiap coblosan aturannya dirvisi, jadi tunggu nanti saja.

Jadwal Kampanye Pilpres 2019

Kamu yang turut aktif dalam kampanye pilpres 2019, WAJIB catat jadwal kampanye, ya. Jangan melanggar. Jangan sampai kamu mengutuk serangan fajar tetapi kamunya sendiri masih posting kampanye di media sosial semenit jelang coblosan. Uwuwuwuuuuu.

Kampanye Pilpres 2019 dijadwalkan pada tanggal 23 September 2018- 13 April 2019. 8 bulan lamanya, waktu yang lebih dai cukup untuk kampanye. 14 April 2019-16 April 2019 adalah masa tenang. Please, be wise, ayo jadi netizen yang cerdas, tenang di ranah maya juga di ranah nyata.

Jadwal Debat Pilpres 2019

Jika mencermati debat pendukung paslon di media sosial adalah hal yang paling aku hindari, maka menonton debat pilpres dengan pelaku utama paslonnya sendiri adalah salah satu yang aku tunggu. Sejauh mana sih arah kebijakan paslon? Seperti apa rencana strategis paslon? Apa kebijakan unggulan mereka? Apakah kebijakannya logis dan aplikatif?

Memang pintar debat enggak menjamin kepiawaian memimpin, tetapi melalui debat setidaknya kita mempunyai bahan pembanding yang relevan dengan kondisi riil Republik sekarang. Trust me, timbang mencermati satu demi satu debat pendukung paslon yang lebh banyak enggak masuk akalnya karena sedemikian cinta mati, menikmati debat paslonnya langsung jauh lebih mewaraskan otak.

So, catat ya jadwal debat Pilpres 2019. Stasiun TV mana yang menayangkan daku belum mendapatkan informasinya.

Debat pertama, 17 Januari 2019 dengan tema Hukum HAM dan Terorisme.

Debat kedua, 17 Februari 2019  dengan tema Energi dan Pangan, Sumber Daya Alam dan Lingkungan Hidup, serta Infrastruktur.

Debat ketiga, 17 Maret 2019 dengan tema Pendidikan, Kesehatan, Ketenagakerjaan, Sosial dan Kebudayaan.

Debat keempat, 30 Maret 2019 dengan tema Ideologi, Pemerintahan, Pertahanan dan Keamanan, Hubungan Internasional.

Jadwal Rekapitulasi dan Penetapan Hasil Pemilu 2019

Nah, ini pasti paling ditunggu kan? Emak K malah pengen nge-skip fase ini. Bhahahaha, habis, kalau lagi fase rekapitulasi, rasanya kedua belah pihak berspekulasi melulu. Semoga di tahun ini berlangsung dengan lancar dan tanpa halangan, jujur dan tanpa kecurangan. Masing-masing pihak bisa menerima dengan legawa apapun hasilnya.

Rekapituasi dan penetapan hasil pemilu 2019 dijadwalkan pada 25 April 2019-22 Mei 2019. Siapkan diri menghadapi fase ini ya, Gengs. Menyiapkan emosi agar stabil dan enggak berlebihan. Bagaimanapun, emosi yang berlebihan akan merugikan kedua belah pihak, malah kadang yang enggak berpihak pada siapapun juga kena getahnya. Kan Kezel.

Jadwal Pelantikan Presiden Indonesia 2019-2024

Yuhuuuuu. Siapapun presidennya nanti, semoga membawa Indonesia ke ranah yang jauh lebih baik dan berkah. Dhawuh Yai, sapa wae sing dadi presiden, wis tinakdir dhateng Gusti Allah. Yang penting tetap mendukung, mengawal agar tidak menyalahi kebijakan dan undang-undang. Iya toh? Emak K kayak iya-iyaan aja. Hidup dalam keluarga politik yang kental ternyata membuatku memandang semua capres pasti ada plus minusnya.

Pelantikan Presiden bakal dijadwalkan pada 20 Oktober 2019, sekaligus pengambilan sumpah janjinya. Daku paling merinding saat menonton pengambilan sumpah janji. Berat, Gais, apalagi di bawah kitab suci. Aku ra kuat, biar yang mumpuni saja. Lhaa, emang siapa yang mau jadiin kamu presiden, Mak? Ekekekek.

Jadi, emak K dukung siapa?

Rahasia, biarlah kutentukan sendiri di bilik suara, kayak daku menyimpan rahasia tentang masa lalu darimu. Wekekekekek, wis ra usah penasaran, Rek. :p.

 

Bagaimana komentar kalian?

%d bloggers like this: