Saham dapat dikatakan sebagai salah satu produk investasi yang trend saat ini karena semakin berkembangnya pemikiran masyarakat bahwa apabila menabung saja tidak mendatangkan nilai lebih terhadap uang yang dimiliki. Sehingga gaya hidup masyarakat pun berpindah dari konsep pengelolaan keuangan saving society menjadi “investment society. Bisnis saham merupakan salah satu bentuk dari “investment society”. Bagi kamu yang tertarik untuk investasi saham maka Mandiri Sekuritas merupakan pilihan terbaik untuk rencana buka rekening efek, lho!

Saham dianggap sebagai salah satu produk investasi yang menguntungkan jika dibandingkan produk investasi lain seperti deposito, reksadana, dan obligasi, maupun produk komoditas seperti emas, tanah, bahkan forex. Produk investasi dalam bahasan apapun maka perlu diketahui bahwa memiliki aturan diantaranya  apabila semakin tinggi potensi keuntungan yang diberikan oleh suatu produk investasi akan menyebabkan semakin tingginya potensi risiko yang dihadapi atau kemudian banyak dikenal dengan high return, high risk. Produk investasi yang menawarkan untung cukup tinggi namun minim risiko maka produk investasi tersebut dapat disebut produk investasi gadungan. Perlu kamu tahu nih, bahwa investasi pada bisnis saham bukan merupakan investasi gadungan. 

Bagi kamu yang merencanakan untuk menginvestasikan uang milikmu pada bisnis saham, kamu juga harus tahu apa saja keuntungan dari bisnis saham sendiri. Nah, mari disimak apa saja keuntungannya!

  1. Dividen

Keuntungan pertama dari bisnis saham yang akan kamu jalani yaitu dividen. Dividen ialah  mekanisme pembagian laba yang diberikan perusahaan terhadap para pemegang saham. Dividen umumnya berasal dari keuntungan yang didapatkan oleh perusahaan. Dividen tunai berarti perusahaan memberikan uang secara tunai kepada pemegang saham untuk tiap satu lembar saham yang dimiliki pemegang saham. Berbeda dengan dividen saham dimana perusahaan tersebut memberikan dividen berupa saham itu sendiri, sehingga jumlah saham yang dimiliki pemegang saham pun bertambah.

Perusahaan juga dapat memiliki kebijakan untuk tidak membagikan dividen kepada para pemegang saham meskipun perusahaan memperoleh laba. Hal ini dilakukan atas beberapa hal diantaranya perusahaan ingin melakukan ekspansi atau mengembangkan usaha pada perusahaan yang sedang dalam masa pengembangan. Dividen yang kamu peroleh dapat dapat diinformasikan secara real time oleh Mandiri Sekuritas. 

  1. Capital Gain

Capital gain ialah nominal untung yang diberikan perusahaan kepada pemegang saham berdasarkan hasil selisih harga beli dan harga jual saham. Sehingga berdasarkan hal tersebut, harga jual harus lebih tinggi dibandingkan harga beli. Capital gain dalam bisnis saham dapat terbentuk karena munculnya aktivitas perdagangan di bursa efek.

Misalnya, pembelian saham oleh X dimana harga per lembarnya sebesar Rp 4.000. Lalu X menjualnya di angka Rp 5.000 per lembar. Berarti X mendapatkan capital gain sebesar Rp 1.000 per lembarnya. Rencana investasi X tentunya akan aman melalui metode enkripsi SSL yang disediakan Mandiri Sekuritas. 

  1. Kesempatan ikut  dalam RUPS serta diakui sebagai pemilik perusahaan

Nah untuk kamu yang terjun pada bisnis saham menandakan bahwa kamu memiliki saham yang mengartikan kepemilikan atas sebuah perusahaan dimana sebagai pemilik kamu mempunyai kewajiban ikut menentukan pemimpin perusahaan maupun strategi perusahaan yang dilaksanakan pada Rapat Umum Pemegang Saham(RUPS). Kamu juga sebagai pemilik perusahaan berhak mendapatkan keuntungan yang dihasilkan oleh perusahaan, keuntungan ini disebut dengan dividen.

Jadi bagaimana? Apakah sudah yakin untuk melakukan bisnis saham untuk pengelolaan keuanganmu yang lebih baik? Melalui Mandiri Sekuritas, kamu mampu mengelola investasimu dengan lebih fleksibel di gadget manapun, baik di laptop/PC maupun di smarthphone. 

 

%d bloggers like this: