Bangku kuliah merupakan tempat kamu mempelajari banyak hal. Termasuk bagaimana belajar berinvestasi untuk masa depan. Selain mengenal beragam jenis investasi untuk mahasiswa, kamu juga harus tahu bagaimana seluk beluk setiap instrumen agar tidak salah pilih.

Lantas, investasi untuk mahasiswa seperti apa yang paling cocok dan menjanjikan?

1. Pilih Investasi yang Kamu Pahami Cara Kerjanya

Bagi seorang mahasiswa, berinvestasi bukanlah sekadar untuk mencari keuntungan sebanyak-banyaknya. Kamu juga perlu membekali diri dengan pengetahuan yang mumpuni untuk tiap-tiap jenis investasi agar jadi bekal setelah kamu lulus nanti. Kalau ingin mencoba berinvestasi, pilihlah instrumen yang benar-benar kamu pahami cara kerjanya. Ini penting agar investasi yang kamu buat mendatangkan keuntungan dan manfaat bagimu.

2. Pilih Investasi yang Minim Modal

Statusmu yang masih mahasiswa mungkin akan membuatmu kesulitan mencari modal awal. Kamu juga mungkin masih takut untuk menggelontorkan dana yang terlalu besar karena khawatir hasilnya tidak setimpal. Tidak usah cemas, karena saat ini kamu bisa menemukan investasi dengan modal minim yang bisa dimulai oleh siapapun termasuk mahasiswa.

3. Hati-hati dengan Investasi yang Memberi Iming-iming Terlalu Besar

Investasi pada dasarnya merupakan simpanan jangka panjang. Artinya, kamu tidak perlu harus membebani diri untuk mendapatkan keuntungan sebanyak-banyaknya dalam waktu singkat. Ketika kamu sedang mencoba mencari produk investasi, ada banyak pihak yang mungkin akan menawarimu investasi dengan keuntungan besar yang tidak masuk akal. Jangan mudah tergoda, karena biasanya investasi ini berisiko tinggi dan berujung penipuan.

4. Pilih Investasi Berizin

Hal yang perlu kamu perhatikan saat memilih investasi adalah memerhatikan perizinannya. Produk-produk investasi yang berasal dari bank seperti deposito atau reksadana dianggap paling aman karena sudah pasti resmi. Untuk instrumen lain di luar produk bank, pastikan tempat kamu berinvestasi sudah mendapat izin resmi dari OJK (Otoritas Jasa Keuangan).

Salah satu investasi produk pembayaran syariah yang sudah terdaftar di OJK adalah qazwa.id. Qazwa merupakan startup teknologi keuangan yang bergerak di bidang peer-to-peer lending. Dengan target para pengusaha mikro kecil dan menengah, Qazwa bertekad ingin ikut memajukan industri lewat pembiayaan bebas riba.

Bagi kamu yang ingin mencari investasi untuk mahasiswa, Qazwa adalah tempat yang tepat dan aman untuk menjadi kreditur. Selain cara kerjanya yang mudah dipahami, dengan menjadi kreditur kamu bisa mendapatkan keuntungan dari bagi hasil hingga 24% sekaligus membantu para pengusaha yang membutuhkan bantuan modal berbasis syariah. Ayo bergabung dengan mahasiswa-mahasiswa lain yang sudah lebih dulu menjadi kreditur di Qazwa.

%d bloggers like this: