Widi Utami

Learn, Write and Share
K's Family

Fungsi dari Keberadaan Meja Kantor

November 6, 2018
Meja Tulis Kantor

Daerah perkantoran merupakan wilayah ramai karena berjejer gedung-gedung besar & tinggi. Melihat ke dalam gedung yang difungsikan sebagai tempat menghasilkan produk perusahaan, Anda pasti akan melihat banyak peralatan kantor termasuk pastisi karyawan. Umumnya meja kantor selalu terkait dengan tampilan sebuah ruangan. Bentuk & warna yang dipilih biasanya menyimpan harapan kesuksesan untuk kinerja yang lebih baik seiring bertambahnya umur perusahaan. Ketersediaan furniture yang terdapat di dalam kantor sengaja dibuat menarik untuk menyokong kegiatan-kegiatan para anggota perusahaan. Namun, meja kerja difungsikan berbeda sesuai letak dan ukurannya.

Memaksimalkan Fungsi Meja Kantor

Tidak semua jenis meja yang dimiliki kantor bisa digunakan oleh pekerja. Beberapa fungsi meja perusahaan disediakan untuk jabatan direktur, manager, dan jabatan khusus lain. Bentuk & ukurannya pasti berbeda dengan partisi meja biasa. Meskipun lebih luas, meja direksi diharuskan mempunyai tatanan yang tepat sehingga semua catatan yang berada di beberapa sisi bisa dijangkau dengan mudah. Sebuah tantangan tersendiri bagi jasa furniture untuk memberikan desain kreatif pada cliennya. Apa saja fungsi meja kantor? Jawabannya ada di poin-poin berikut.

Meletakkan perangkat kerja

Perangkat kerja yang wajib ada di atas meja setiap orang yang bekerja di perusahaan pada era modern ini adalah mesin cetak (printer) dan komputer. Berkas-berkas yang harus segera dikerjakan biasanya juga ditata rapi di meja kerja. Sisa space yang masih tersisa bisa diisi dengan benda-benda favorit lain masing-masing pekerja seperti bunga hidup yang bisa membantu relaksasi saat jenuh. Tetapi berbeda dengan meja resepsionis dan pertemuan yang tidak bisa dipakai untuk meletakkan benda-benda pribadi Anda sepanjang hari.

Ruang menyimpan dokumen

Berkas-berkas yang berukuran besar biasanya disimpan di rak khusus yang sudah disediakan. Namun, penyimpanan berkas yang tidak terlalu tebal dan alat-alat tulis yang selalu diperlukan saat bekerja bisa di simpan dalam laci yang menempel pada meja kantor. Meskipun laci mempunyai ukuran terbatas tetapi dokumen yang tersimpan di dalamnya biasanya adalah berkas penting yang rahasia.

Mempercantik interior

Citra perusahaan yang dipandang baik oleh clien bisa saja berawal dari desain meja yang elegan. Terutama meja yang berada di ruang depan untuk layanan informasi. Meja pertemuan juga sebaiknya menampilkan desain dan kualitas yang bagus karena bukan hanya dipakai untuk anggota kantor saja tetapi juga terkadang untuk relasi yang datang saat rapat. Ciri-ciri meja ideal untuk ruang pertemuan adalah elegan, kokoh, dan tidak terlalu mengkilap permukaannya.

Pelindung pekerja

Hal yang tidak kalah penting ketika memilih desain meja kantor untuk para anggota tim adalah keamanan saat digunakan. Tidak semua desain partisi dilengkapi dengan panel yang terbuat dari logam maupun kayu. Letaknya berada di sisi depan meja yang fungsinya untuk melindungi tubuh pekerja kantor khususnya area kaki. Karena beberapa pegawai wanita memakai rok, meja berpanel ini biasanya diletakkan di ruangan tunggu.

Tambahan fungsi meja kantor juga sangat membantu seperti desain yang mudah dimodifikasi saat ingin mengganti suasana ruang. Komputer memang media yang sangat membantu dalam menyelesaikan banyak dokumen tapi bukan berarti tidak ada hal yang perlu dicatat. Oleh karenanya perlu ukuran meja yang berukuran ideal. Fitur kualitas partisi kantor meliputi daya tahan, penampilan, kelengkapan laci, bentuk, serta ukuran. Perusahaan yang menawarkan perlengkapan meja kerja salah satunya yaitu Arkadia. Laman onlinenya bisa Anda kunjungi di arkadiafurniture.co.id.

Home Based Education Interested. Love reading, writing and travelling. Interested in blogging. Live in Salatiga, a small city near Merbabu Mountain.

Bagaimana komentar kalian?

%d bloggers like this: