Pernahkah anda mendengar tentang power bank? Salah satu benda elektronik ini sangat dicari-cari oleh para pengguna smartphone di seluruh dunia. 

Loh, apa hubungannya? 

Power bank merupakan sebuah alat yang mampu mengisi daya dari sebuah smartphone tanpa aliran listrik. Barang elektronik yang satu ini bekerja dengan cara mengalirkan arus listrik dari daya baterai yang tersimpan di dalam power bank kepada ponsel. 

Besaran dari power bank berbeda-beda. Ada yang memiliki besaran 5000 mAh, 10.000 mAh, dan lain sebagainya. Besaran dari daya power bank ini akan menentukan berapa kali ponsel anda bisa di-charge dengan menggunakan power bank yang dayanya berada dalam kondisi yang penuh. 

Jenis power bank dan keuntungan penggunaanya 

Seperti alat elektronik kebanyakan, power bank juga terdiri dari berbagai jenis. Diantaranya adalah : 

  1. Universal power bank

Jenis power bank yang satu ini merupakan jenis power bank harga terjangkau yang paling banyak dijumpai di pasaran. Power bank tipe universal cocok digunakan untuk berbagai ponsel dari berbagai tipe. Selain itu, power bank yang satu ini juga memiliki kapasitas yang berbeda antara satu tipe dengan yang lainnya. 

  1. Solar power bank

Tips power bank yang satu ini merupakan jenis yang lebih eksklusif daripada tipe power bank biasa. Sama seperti panel surya, sistem kerja dari power bank ini adalah dengan cara mengubah panas matahari menjadi energi listrik. 

Cara pengisian daya dari power bank ini adalah dengan cara menjemurnya di bawah sinar matahari. Namun hal itu juga bisa dilakukan dengan cara menyambungkannya ke sumber listrik. 

Lalu apakah keuntungan penggunaan power bank

Keuntungannya adalah : 

  1. Tidak perlu melakukan isi daya ponsel menggunakan aliran listrik. Jadi, power bank bisa dibawa kemanapun yang anda inginkan untuk digunakan dalam kondisi darurat. 
  2. Bisa digunakan untuk mengisi daya berbagai tipe ponsel pintar (smartphone). Anda pun bisa berbagi power bank kepada teman anda yang kehabisan baterai ponsel. Tentunya hal ini menjadi gerakan amal, bukan?

Nah, bagi kalian yang ingin membeli power bank harga terjangkau, kalian harus melakukan berbagai tips di bawah ini. 

  1. Lakukan survei di toko-toko elektronik

Melakukan survey di toko elektronik offline maupun online begitu diperlukan agar nantinya anda bisa memilih power bank harga paling terjangkau. Survei bisa dilakukan dengan cara membandingkan harga power bank yang satu dengan yang lain, serta mempertimbangkan kapasitas masing-masing power bank

  1. Pilihlah power bank dengan merk terkenal

Dari proses survei yang telah anda lakukan, pasti ada berbagai merk power bank yang anda minati. Pilihlah power bank dari merk terkenal yang memiliki garansi yang asli dan terjamin. Dengan begitu, anda tidak akan dirugikan jika terjadi kerusakan power bank yang tidak disebabkan oleh kesalahan anda sendiri. 

Memilih power bank harga terjangkau pastinya membutuhkan ketelitian dan kecermatan. Jangan sampai anda tergiur dengan harga murah namun merasa rugi karena power bank cepat rusak. 

Mengisi daya baterai menggunakan power bank memang cara yang praktis. Namun jangan sampai anda terlalu sering menggunakan power bank. Karena hal ini dapat menyebabkan baterai ponsel menjadi lemah. Gunakan power bank seperlunya saja ketika anda benar-benar tidak mendapati aliran listrik untuk baterai anda. Dengan demikian, baterai ponsel juga akan terjaga kualitasnya. 

Pencarian Terkait:

  • https://widiutami com/segala-tentang-powerbank-dan-keuntungan-penggunaannya html
%d bloggers like this: