Cerdas Memilih Asuransi untuk Keluarga Kecil
K's Family

Cerdas Memilih Asuransi untuk Keluarga Kecil

Asuransi seperti apakah yang cocok untuk keluarga kecil kita? Jangan coba-coba tanya di beranda media social jika enggak mau dibombardir DM agen asuransi. Bukannya makin tercerahkan, kamu malah semakin pusing karena masing-masing agen akan membeberkan semua keunggulan produknya. Kadangkala ada agen yang hanya menjelaskan sampai berbusa-busa keunggulan asuransi yang ia ikuti dan enggak menyinggung sama sekali resiko yang akan kita tanggung.

Setiap keluarga memiliki kebutuhan yang UNIK, yang mengetahui asuransi apa yang cocok untuk keluarga adalah KELUARGA itu sendiri. Bagaimana caranya mengetahui asuransi apa yang cocok untuk keluaga? Browsing, bandingkan setiap asuransi. Keunggulan apa yang dimiliki, apa yang ditawarkan, dan resiko apa yang akan kita tanggung. JANGAN MALAS BACA.

Seorang sahabat, mbak Wara, memilih untuk mengikuti asuransi yang mengcover biaya rumah sakit dengan system cashless dan banyak RS yang bekerjasama karena beliau merasa gampang sakit dan sering berpindah-pindah tempat. Sehingga ketika beliau sakit di suatu daerah, ada Rumah Sakit yang bekerjasama dengan asuransinya.

Lain halnya dengan seorang sopir truk muatan, beliau mengikuti asuransi yang menyediakan cover cacat permanen kaena kondisi beliau yang rawan mengalami kecelakaan di jalanan, sehingga saat beliau mengalami kecelakaan dan cacat permanen sehingga tidak bisa bekerja, ada nilai pertanggungan asuransi yang bisa diklaim untuk biaya hidup sementara.

Hal-hal yang Harus Diteliti Sebelum Menekan Kontrak Asuransi

Sebelum menekan kontrak asuransi, ada baiknya kita meneliti terlebih dahulu hal-hal berikut ini. Jangan sungkan untuk meminta agen menjelaskan dengan detail hingga kita memahami apa saja kewajiban, kesepakatan juga resiko yang akan kita tanggung ketika memilih asuransi ini.

Lembar Pernyataan dalam Polis Asuransi

Teliti siapakah NAMA TERTANGGUNG yang ada di dalam lembar pernyataan asuransi. Jangan sampai keliru mencantumkan nama tertanggung. Jangan sampai yang sakit-sakitan Bapaknya, eh, yang dicantumkan di nama tertanggung Polis Asuransi Kesehatan adalah anaknya.

Selain nama tertanggung, teliti juga Nama Pemegang Polis, Nama penerima manfaat dan besaran persentase pembagiannya, Alamat Tertanggung, Uang Pertanggungan, Lingkup jaminan, Fasilitas tambahan dalam bentuk rider, clause dan warranty, Periode Asuransi, Potongan biaya yang dikenakan (Untuk Asuransi dengan investasi), Nilai premi yang harus dibayar, Tanggal terbit polis, Tanda tangan penanggung.

Khusus Premi yang harus dibayar, pikirkan kembali apakah kita mampu membayar preminya sampai tahun polis yang disepakati. Apakah kita masih mempunyai penghasilan aktif saat tahun polis berlangsung, sehingga meminimalisir klaim asuransi sebelum tahun polis berakhir. Perhatikan benar-benar berapa persen polis yang bisa diklaim dalam setiap periode waktu.

Pengecualian dalam Asuransi

Teliti ulang pengecualian yang ada di dalam asuransi. Penyakit apa saja, di stage berapa saja yang ditanggung oleh asuransi jika kita mengikuti asuransi kesehatan. Cacat seperti apa yang bisa digunakan untuk mengklaim asuransi, jika yang kita ikuti adalah asuransi dengan cover permanent disablement.

Mengenal Pru Link Generasi Baru

PruLink Generasi Baru merupakan produk asuransi jiwa terkait unit link terbaru dari Prudential Indonesia yang memberikan perlindungan jiwa sekaligus alokasi investasi positif sejak nasabah pertama kali membayar Premi. Selain PruLink Generasi Baru juga ada PruLink Syariah Generasi Baru.

Manfaat Dasar PruLink Generasi Baru dan PruLInk Syariah Generasi Baru

Manfaat dasar PruLink Generasi Baru (PGB) dan PruLink Syariah Generasi Baru (PSGB) antara lain:

  1. Meninggal karena penyakit atau kecelakaan, akan mendapatkan UP Dasar + Nilai Tunai (Jika ada, termasuk saldo Unit PruBooster Investasi), lalu polis berakhir. Jika TU < 5 tahun, berlaku table lien.
  2. Saat Jatuh Tempo, akan mendapatkan UP Dasar + Nilai Tunai (Jika Ada) termasuk saldo unit PruBooster Investasi. Jika TU mencapai 99 tahun dan polis aktif.

3 Fitur Unggulan PGB dan PSGB

PruLink Generasi Baru dan PruLink Syariah Generasi Baru memiliki 3 fitur unggulan, antaralain:

  1. Terdapat pilihan untuk meningkatkan perlindungan dengan PRUbooster proteksi
  2. PRUbooster investasi & Alokasi Investasi positif untuk Premi sejak tahun Pertama
  3. Terdapat Pilihan Manfaat Asuransi Tambahan yang luas

Asuransi Tambahan PGB dan PSGB

PruLink Generasi Baru dan PruLink Syaiah Generasi Baru memiliki asuransi tambahan dalam 19 riders  yang bisa dipilih oleh Tertanggung Utama.  Dalam pilihan riders tersebut, ada dua riders baru di PGB dan PSGB, yakni PRUtotal&permanent disablement dan PRUcritical hospital Cover.

PRUtotal&Permanent Disablement

PRUtotal&Permanent Disablement bisa dijadikan pilihan untuk pekera yang memiliki pekerjaan dengan resiko tinggi, seperti sopir truk muatan, sopir alat berat petambangan, dll.  PRUtotal&Permanent Disablement bisa diklaim ketika Tertanggung Utama mengalami cacat total dan tetap. Jangan lupa dibaca FAQ-nya di polis asuransi ya.

Asuransi untuk pekerja dengan Resiko Kerja Tinggi
Asuransi untuk pekerja dengan Resiko Kerja Tinggi

PRUCritical Hospital Cover

PRUCritical Hospital Cover memungkinkan untuk mengklaim cover perawatan kesehatan untuk penyakit kritis. Adapun kondisi kritis yang ditanggung oleh PRUCritical Hospital Cover antaralain:

  1. Kanker
  2. Stroke
  3. Serangan Jantung
  4. Gagal Ginjal
  5. Bypass Grafting Arteri Koroner
  6. Bedah Katup Jantung
  7. Bedah Aorta
  8. Bedah pengangkatan satu paru-paru
  9. Bedah penyakit liver
  10. Transplantasi Organ Utama
  11. Angioplasty dan Perawatan Invasif untuk penyakit arteri coroner

    PruCritical Hospital Cover
    PruCritical Hospital Cover

Selain 11 cover kondisi kritis, pengguna riders Critical Hospital Cover juga mendapatkan manfaat baru yang hanya dibayarkan kepada riders Critical Hospital Cover, antaralain:

  • Perlindungan palliative atau perawatan untuk mempertahankan kondisi atau meringankan sakit pada penyakit yang tidak dapat disembuhkan.
  • Penilaian keamanan dan modifikasi rumah pada penderita stroke.
  • Biaya pembelian ambut palsu untuk penderita kanker.
  • Santunan pemeliharaan kesehatan.
  • Konseling psikologis

Fiuhhh, banyak juga ya yang harus dipelajari untuk memilih asuransi yang BENAR-BENAR pas untuk keluarga kecil kita. Sesuaikan dengan kondisi keluarga kecil kita, karena yang bisa memahami asuransi seperti apa yang dibutuhkan oleh keluarga kecil kita adalah kita sendiri.

Bagaimana komentar kalian?