Widi Utami

Learn, Write and Share
K's Family

Cara Mengatasi Kulit Kering dengan Jeruk Nipis dan Teh

July 22, 2018
Cara Mengatasi Kulit Kering dengan Jeruk Nipis dan Teh

Musim kemarau membuat kulit semakin kering, kering dan bersisik sampai gatal. Aku belum ketemu pelembab kulit yang cocok, pelembab-pelembab sebelumnya malah membuat kulit jerawatan. Jenis kulitku jenis kulit yang kering dan lembab, gimana ya, berminyaknya cuma di area T, sekitaran hidung. Kalau pakai krim yang untuk kulit kering, rasanya kering banget, kalau pakai yang untuk kulit lembab, di sekitaran hidung bakal berminyak, bahkan sampai jerawatan. Emak K akhirnya menemukan cara mengatasi kulit kering tradisional yang aman, dengan menggunakan jeruk nipis dan teh, enggak menyebabkan wajah terlalu berminyak, pun kulit keringnya teratasi.

Jeruk nipis dan teh merupakan bahan yang harus tersedia di rumah, abah K suka membuat minuman jeruk nipis hangat. Jeruk nipis mengandung vitamin C yang dapat membantu mencerahkan kulit wajah. Hanya saja, untuk kulit yang terlalu kering, perasan jeruk nipis bisa menimbulkan sensasi perih.

Teh yang digunakan disini adalah ampas teh yang sudah direndam semalaman. Biasanya di rumah membuat teh di dalam termos, nah, ampas teh yang tersisa itu yang digunakan sebagai masker wajah bareng jeruk nipis. Teh mengandung antioksidan yang dapat mencegah penuaan dini. Teh mengandung tanin yang berguna untuk mengatasi kulit terbakar dari sinar matahari dan merawat kulit wajah. Selain itu, teh juga dapat dimanfaatkan untuk mencerahkan kulit wajah wanita, khususnya jenis kulit kering.

Cara Mengatasi Kulit Kering dengan Jeruk Nipis dan Teh

Jeruk nipis selain digunakan sebagai bahan untuk membuat minuman, ternyata juga sangat bermanfaat sebagai jamu awet muda, dengan cara diperas, kemudian digunakan sebagai masker pada kulit wajah. Teh mempunyai khasiat untuk melembabkan kulit, yang juga digunakan sebagai masker pada kulit wajah.

Bahan Membuat Masker Teh dan Jeruk Nipis

  1. Jeruk nipis, peras airnya.
  2. Ampas teh atau teh basi. Cara mendapatkannya bisa merendam teh semalaman, atau merendam sisa teh yang telah diseruput di dalam kelas selama semalaman.

Cara Menggunakan Masker Teh dan Jeruk Nipis

Cara menggunakan masker teh dan jeruk nipis cukup simbel. Campurkan perasan jeruk nipis dan teh basi yang telah direndam semalaman. Cuci wajah dengan air bersih. Oleskan masker teh dan jeruk nipis ke wajah. Biarkan sebentar. Bilas kembali dengan air bersih. Aku melakukannya enggak setiap hari, tapi jika ingat. Bhahaha, dasar emak!

Di beberapa kulit masker teh dan jeruk nipis bisa menimbulkan sensasi perih. Jika mau bersabar, lanjutkan saja treatmentnya, nanti lama kelamaan kulit bisa beradaptasi dan sensasi perihnya hilang.

Manfaat Masker Teh dan Jeruk Nipis

Masker teh dan jeruk nipis kugunakan untuk mengatasi kulit kering karena kemarau. Saat aku berselancar untuk mencari jurnal penelitian tentang manfaat masker teh dan jeruk nipis ini, ternyata selain untuk mengatasi kulit kering, masker teh dan jeruk nipis juga mempunyai beberapa manfaat, antaralain:

  1. Mengurangi gatal pada kulit wajah.
  2. Melembabkan kulit yang kering
  3. Mengurangi iritasi pada kulit wajah.

Sebagai emak-emak rempong, aku sangat terbantu dengan masker jeruk nipis dan teh yang simpel dan mudah didapatkan. Sejauh ini, meskipun aku tidak teratur menggunakan masker teh dan jeruk nipis, kulit wajahku tidak kering lagi saat kemarau. Tahu sendiri, kan, saat kulit wajah kering kadang berasa gatal dan kasar. Apalagi kalau rutin memakai masker teh dan jeruk nipis, ya, konon bisa mencerahkan wajah. Heuheuu.

Pencarian Terkait:

  • jeruk nipis untuk kulit kering
  • Air teh bs ngatasi klt kring?
  • apakah jeruk nipis aman buat mengatasi kulit wajah yang kering dan bersisik
  • apakah jeruk nipis bisa mengakibatkan kulit wajah kering
  • cara mengatasi kulit wajah kering dengan jeruk nipis
  • jeruk nipis untuk jerawat dan kulit kering
  • jeruk nipis untuk kulit kering wajah
  • maskur teh jdruk nipis

Home Based Education Interested. Love reading, writing and travelling. Interested in blogging. Live in Salatiga, a small city near Merbabu Mountain.

Bagaimana komentar kalian?

%d bloggers like this: