Buka Puasa Simpel ala Food Combining

Buka Puasa Simpel ala Food Combining

Marhaban ya Ramadhan, Marhaban Syahrus-siyam. Selamat datang duhai bulan Ramadhan, bulan dimana keberkahan berlipat-lipat. Sudah lima bulan kami menjalani Food Combining, Alhamdulillah abah K semakin sehat dan hidup mulai produktif. Bulan puasa ini kami tetap ber-food combining ria. Sebelum bulan Ramadhan, kami sempat menjalani puasa beberapa minggu ala food combining, emak K jatuh cinta dengan puasa ala food combining yang super simpel, baik saat buka puasa maupun saat sahur.

Prinsip utama food combining adalah makan dengan menyesuaikan siklus sikardian tubuh. Buah di pagi hari, dan memisahkan karbo dengan protein hewani saat makan siang. Jika makan siang menggunakan karbohidrat, maka pantang didampingi lauk hewani, jika makan siang dengan lauk hewani, maka karbohidrat harus ditendang jauh-jauh.

Secara umum, saat melakoni Food Combining, kami minum perasan jeruk nipis saat bangun tidur, makan buah sampai 1 jam sebelum makan siang, makan siang dengan menu protein hewani dan sayur tanpa karbo, kudapan kacang-kacangan di sore hari dan makanmalam dengan menu protein nabati, sayur dan kabohidrat. DItutup dengan segelas us sayur 30 menit sebelum tidur.

Buka Puasa Ala Food Combining

Buka Puasa Ala Food Combining

Sahur ala Food Combining

Sahur ala food combining adalah sahur yang memanjakan Ibu. WKwkwk, gimana enggak, kita cukup menyiapkan perasan jeruk nipis hangat,buah dan air putih. Kami biasanya makan 2-3 porsi buah setiap sahur plus 1 geas jus buah. Air putih 2-4 gelas besar enggak boleh ketinggalan. Sepanjang melakukan puasa ala food combining, aku merasa lemas ketika kurang minum. Kalau buah porsi mini tidak begitu ngaruh.

Buka Puasa ala Food Combining

Buka puasa ala food combining adalah buka puasa tersimpel yang pernah kulakukan. Lha hal-hal ribet berbahan susu, sirup, santan justru hal yang dianjurkan untuk dihindari dalam puasa ala FC. Emak K enggak makan sup buah, es teller dll, dong? Sesekali, Sis, kalau pengen ya bikin. Tetapi enggak dijadikan default. Makanya puasa kami selow.

Buka puasa ala FC dibuka dengan segelas air putih, buah dan atau jus buah, ditutup dengan segelas air putih lagi. Lalu sholat maghrib. Biasanya kami memakan buah 1 porsi yang terdiri dari 2 macam buah. Kalau lagi malas sih cukup dengan segelas jus buah tanpa gula.

Selepas sholat maghrib, kami baru makan. Ada beberapa teman yang memutuskan untuk makan setelah tarawih, tetapi kami memilih untuk makan sebelum tarawih. Enggak kuat laper, wkwkwk. Menu makan sesuai dengan juklak FC. Ada dua pilihan, yakni makan karbo, sayur dan protein nabati atau sayur, potein nabati dan protein hewani. Kalau kami memilih untuk makan karbo, sayur dan protein nabati selama puasa.

Sebelum makan kami awali dengan segelas air putih, selang 5 menit kemudian makan dan setelah makan, minum lagi segelas air putih. Sebenarnya bebas saja mau minum air putihnya kapan, tetapi untuk menjaga agar tubuh tidak kekurangan mineral kami membuat jadwal minum air putih.

30 menit menjelang jam tidur atau selepas tarawih, kami minum segelas jus sayur. Jus sayur kesukaan kami adalah kombinasi timun-wortel-sledri, timun-kacang panjang, timun-sledri, wortel-kacang panjang, atau wortel-sledri-bunci. Seger, loh.

Review Puasa Ala FC

Selama menjalani puasa ala FC, kami bisa melakukan aktivitas seperti biasa. Kunci utama kuatnya puasa ala FC ada di asupan air putih yang cukup saat sahur. Jadi kami sengaja memulai sahur lebih awal karena kami bisa makan buah selama 3kali dan air putih sampai 4 gelas. Biasanya sih kami memulai sahur jam 03.00 dan berakhir sebelum shubuh. Hahaha, lama ya?