Site icon Widi Utami

Upgrade Skill Karyawan tanpa Ribet di Masa Pandemi

Upgrade Skill Karyawan tanpa Ribet di Masa Pandemi

Upgrade Skill Karyawan tanpa Ribet di Masa Pandemi

Siapa bilang punya karyawan itu enak dan tinggal perintah-perintah? Yang bilang begitu biasanya belum pernah punya karyawan. Eh gimana, kok malah julid balik. Heuuu. In the fact, punya karyawan cukup banyak yang harus dipikirkan. Enggak cuma gaji, problem karyawan cukup rumit. Masalahnya beragam, merintahnya enak, tetapi enggak jarang karyawan salah menerjemahkan perintah.

Persaingan semakin ketat, teknologi semakin update, tuntutan pelayanan masyarakat tidak lagi sesederhana dulu. Masyarakat menuntut layanan yang cepat dan efisien. Perusahaan harus segera berbenah, baik dalam segi sumber daya manusianya maupun sumber daya pendukung lainnya.

Pentingnya Upgrade Skill dan Memelihara Semangat Karyawan

Penting sekali menggandeng karyawan untuk ikut mendorong perusaan agar semakin maju dan tidak ketinggalan. Nah, sayangnya, menggandeng karyawan untuk ikut maju enggang gampang. Yha, mirip kita nggandeng bocah, ada saja alasan untuk jalan pelan atau bahkan balik kanan.

Meningkatkan skill karyawan sangat penting agar karyawan mampu mengikuti tuntutan kemajuan teknologi dan layanan yang semakin hari semakin meningkat. Dengan skill karyawan yang semakin meningkat dan mengikuti perkembangan teknlogi, perusahaan tentu akan sangat diuntungkan karena meningkatnya skill dan semangat karyawan akan membuat performa perusahaan semakin meningkat.

Problematika Upgrade Skill di Masa Pandemi

Pandemi Covid-19 berdampak ke segala penjuru. Baik interaksi karyawan yang harus dibatasi maupun anggaran beberapa perusahaan yang ikut terdampak karena menurunnya daya beli masyarakat. Namun, tentu saja hal ini tidak boleh menjadi alasan untuk meniadakan upgrade skill karyawan di masa pandemi karena akan sangat beresiko untuk perusahaan.

Peniadaan upgrade skill di masa pandemi akan membuat karyawan tidak berkembang dan tidak semangat sehingga performa kerjanya turun dan merugikan perusahaan dalam jangka panjang. Maka, kita harus mencari solusi bagaimana agar upgrade skill di masa pandemi yang harus membatasi interaksi dengan budget yang lebih rendah tetap berlangsung sesuai target yang ditetapkan oleh perusahaan.

LMS, Solusi Upgrade Skill Karyawan Online

LMS, Learning Management System merupakan kegiatan pembelajaran yang dilakukan dengan media digital. Dengan menggunakan LMS, pembelajaran tidak lagi membutuhkan sewa ruang gedung dan interaksi antar karyawan dan pelatih yang beresiko terjadinya penularan covid.

Salah satu LMS yang sudah terbukti dalam menangani pelatihan kerja untuk meningkatkan skill karyawan adalah ruangkerja by Ruangguru. Ruangguru sudah sangat dikenal dengan aplikasi pembelajaran online untuk anak sekolah juga menyediakan pelatihan untuk meningkatkan skill karyawan.

Fitur ruangkerja yang Solutif dan Praktis

LMS ruangkerja memiliki fitur yang dapat memberikan pelatihan bagi karyawan dengan aman di masa pandemi sekaligus dapat mencapai target yang telah ditetapkan. Fitur-fitur dalam ruangkerja antaralain:

Fitur Di ruangkerja

  1. Fitur Learning Journey, Sistem Learning Journey memungkinkan karyawan belajar dengan gaya belajar yang terstruktur dan sistematis, sehingga tidak akan kebingungan harus mulai belajar dari mana dan sampai mana. Sistem ini membantu karyawan yang sudah cukup sibuk dengan pekerjaannya di perusahaan.
  2. Fitur earning plan, fitur learning plan didesain untuk memudahkan perusahaan dalam menyusun kelas-kelas pelatihan karyawan secara terstruktur dan sistematis, sesuai dengan kompetensi yang dibutuhkan masing-masing karyawan. Jadi perusahaan tidak perlu khawatir, jika yang karyawan pelajari tidak sesuai kebutuhan.
  3. Fitur Kolaborasi, fitur ini merupakan forum diskusi yang memungkinkan peserta saling berkolaborasi selama pelatihan berlangsung serta bertanya kepada pemateri sehingga pelatihan berjalan dengan efektif.
  4. Fitur leaderboard, fitur leaderboard adalah fitur reward yang bisa membuat peserta untuk berlomba-lomba dalam merah reward dan sertifikat, sehingga pelatihan berlangsung seru dan tidak membosankan.
  5. Fitur monitoring, fitur ini memungkinkan atasan/ manajer atau pemilik perusahaan untuk memonitor sejauh mana perkembangan karyawannya dalam mengikuti pelatihan di ruangkerja.

Mempercayakan pelatihan karyawan kepada ruangkerja akan menghemat waktu dan memangkas anggaran dalam mempersiapkan pelatihan kerja bagi karyawan. Dengan pelatihan kerja yang asik dan media yang menarik, tentu akan membuat pelatihan semakin efektif dan efisien.

 

 

 

Exit mobile version