Site icon Widi Utami

Tips Memilih Asuransi dari OJK Untuk Menghindari Penipuan

Simak Beberapa Tips Memilih Asuransi yang Perlu Diketahui

Simak Beberapa Tips Memilih Asuransi yang Perlu Diketahui

Saat ini ada banyak sekali produk asuransi yang ditawarkan oleh perusahaan-perusahaan asuransi di Indonesia. Mulai dari asuransi kesehatan, asuransi jiwa, asuransi properti, asuransi perjalanan hingga asuransi kecelakaan diri.

Semua produk asuransi tersedia untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Tujuannya adalah untuk proteksi, yaitu memberikan perlindungan baik jiwa, kesehatan, kendaraan, property dan keluarga.

Apabila ingin membeli produk asuransi tapi belum memahami tentang asuransi, tidak perlu khawatir, karena disini bisa mendapatkan informasi seputar memilih asuransi yang aman menurut OJK. Yuk tak perlu berlama-lama lagi, mari simak penjelasannya.

Tentukan Dulu Produk Asuransi Apa Yang Dibutuhkan

Sangat penting untuk menentukan produk asuransi mana yang akan dibeli. Calon pengguna asuransi wajib mengidentifikasi jenis asuransi apa yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan finansialnya.  

Karena setiap produk asuransi memiliki tipenya masing-masing, misalnya seperti asuransi kecelakaan terbagi menjadi 4 tipe yaitu asuransi kecelakaan diri, asuransi kecelakaan lalu lintas, asuransi kecelakaan kerja dan asuransi kecelakaan pesawat.

Itulah sebabnya calon nasabah wajib memilih produk asuransi yang benar-benar dibutuhkan dan preminya sesuai dengan kemampuan finansial.

Pilih Perusahaan Asuransi Yang Terdaftar OJK (Otoritas Jasa Keuangan)

Cara aman membeli produk asuransi adalah dengan membelinya di perusahaan yang sudah terdaftar OJK. Selain itu pastikan bahwa perusahaan asuransi tersebut memiliki keuangan yang stabil sehingga dapat menjamin keamanan jangka panjang.

Pastikan perusahaan asuransi yang akan dipilih memiliki agen asuransi  profesional yang memiliki sertifikasi keagenan sehingga dapat membantu ketika Anda mengalami kendala dan mampu memberikan penjelasan secara detail terkait informasi yang dibutuhkan.

Proses Klaim yang Mudah

Supaya suatu saat nanti proses klaim mudah, maka sebelum memilih perusahaan asuransi, pastikan dulu apakah mereka memberikan layanan klaim yang mudah atau malah merepotkan.

Untuk mengetahui proses klaim, tanyakan kepada Insurance Consultant atau Agen yang Berlisensi supaya mendapatkan jawaban yang akurat. Tanyakan juga apa saja manfaat yang diperoleh, persyaratan klaim serta pengecualian jaminan yang membuat klaim ditolak oleh pihak asuransi.

Melengkapi Data Diri dengan Jujur dan Lengkap

Setelah sudah yakin memilih produk asuransi sesuai kebutuhan dan perusahaan yang daftar OJK serta memberikan proses klaim yang mudah, maka jangan tunda lagi untuk membelinya. Pastikan mengisi data diri dengan lengkap, jelas dan jujur di form yang sudah disediakan oleh pihak asuransi. Biasanya calon nasabah harus mengisi data diri di Surat Permintaan atau Permohonan Pertanggungan Asuransi (SPPA). Setelah data diisi dengan lengkap dan jujur lalu bisa ditandatangani.

Baca Kembali Polis Yang Sudah Diterima

Apabila polis sudah diterima, hal yang wajib dilakukan oleh nasabah baru adalah membaca isi polis tersebut. Bacalah setiap halaman polis dengan teliti sehingga tidak menimbulkan kesalahpahaman antara kedua belah pihak.

Jika ada isi polis yang tidak sesuai, bisa segera disampaikan kepada agen asuransi sehingga polis dapat diubah atau dibatalkan.

Mengapa Harus Memilih Perusahaan Asuransi Terpercaya?

Jika ingin kecewa di kemudian hari maka wajib memilih produk asuransi dari perusahaan terpercaya yang sudah terdaftar OJK dan memiliki keuangan yang stabil. Asuransi Astra adalah salah satu perusahaan asuransi terpercaya yang sudah berpengalaman puluhan tahun memberikan layanan asuransi terbaik.

Manfaat memilih asuransi astra:

  1. Aman
  2. Perusahaan asuransi terpercaya dan berpengalaman
  3. Menyediakan produk asuransi terlengkap
  4. Terdaftar OJK dan memiliki keuangan stabil
  5. Memberikan layanan dan pelayanan asuransi terbaik

Nah tunggu apalagi, segera beli asuransi sesuai dengan kebutuhan di perusahaan asuransi terbaik! 

 

 

 

Exit mobile version