Site icon Widi Utami

Pekerjaan Yang Cocok Untuk Pecinta Kucing

Pekerjaan Yang Cocok Untuk Pecinta Kucing

Pekerjaan Yang Cocok Untuk Pecinta Kucing

Kucing adalah salah satu hewan yang paling disayangi dan banyak dipelihara di Indonesia. Artinya ada banyak pecinta kucing di negara kita ini. Sebagian dari mereka menjadikan kecintaan pada kucing itu sebagai sumber penghasilan. Berikut beberapa pekerjaan yang cocok untuk pecinta kucing.

Pet Shop

Pecinta kucing setidaknya punya pengetahuan dasar cara merawat kucing. Dan apa yang dibutuhkan oleh kucing seperti makanan, minum, snack, pasir, sisir, dll. Dari situ bisa tahu apa saja yang laku dijual jika berniat membuka pet shop.

Karena sudah punya pengalaman dengan kucing sebagai hewan peliharaan, selanjutnya dengan cukup mudah bisa belajar apa saja kebutuhan hewan peliharaan lain seperti hamster, kelinci, ikan, dsb. Lalu bisa mendapatkan ide produk apa lagi yang bisa dijual.

Selain modalnya cukup besar, membuka pet shop juga ada perijinannya. Mungkin misalnya jika menjual obat hewan maka sebaiknya harus mempunyai ijin dari lembaga terkait.

Cat Blogger

Ngeblog tentang kucing juga bisa mendatangkan uang. Jika trafiknya banyak maka bisa memasang Adsense pada blog dan mendapat penghasilan darinya.

Namun potensi monetasinya tidak hanya Adsense. Bisa juga affiliate marketing, sponsored post, menjual produk sendiri, menjual merchandise, dll.

Misalnya cat blogger mendaftar di program afiliasi salah satu marketplace. Lalu membuat tulisan rekomendasi makanan kucing terbaik dimana di dalamnya mempromosikan beberapa merk makanan kucing. Dalam artikel disertakan link afiliasi yang mengarah ke marketplace, jika terjadi pembelian blogger akan mendapat komisi penjualan.

Instagram

Konten tentang kucing di Instagram banyak peminatnya dan bisa mendatangkan banyak follower. Jika follower sudah banyak maka ada kemungkinan brand produk/jasa terkait kucing akan mengontak untuk mengajak kerjasama. Misalnya review makanan atau pasir kucing dengan imbalan uang ditambah dengan produk gratis.

Jasa Grooming

Banyak pemilik kucing yang memilih menggunakan jasa cat grooming untuk memandikan kucing mereka. Entah karena malas, tidak punya waktu, atau tidak bisa melakukannya sendiri.

Ada jasa grooming kucing yang bisa dipanggil ke rumah, ada juga yang tidak. Grooming tidak hanya mandi tapi juga merapikan bulu, menggunting kuku, dan membersihkan mata, hidung, juga telinga. Alat yang dibutuhkan diantaranya blower, sisir, gunting kuku khusus kucing, handuk, alat pengambil kutu, dll.

Majalah Kucing

Untuk yang modalnya besar dan familiar dengan dunia media bisa membangun majalah kucing. Baik majalah cetak, digital (pdf, epub, kindle), atau online berbentuk website. Di Indonesia sendiri dulu ada beberapa majalah bertema kucing namun sekarang sepertinya sudah tidak ada.

Penghasilan majalah kucing bisa berasal dari iklan advertorial, iklan banner, penjualan majalah, event seperti webinar dan kelas online, dll.

Cat Sitter

Cat sitter tugasnya merawat kucing orang lain untuk sementara waktu karena pemiliknya sedang berhalangan. Mungkin sedang liburan, dinas pekerjaan, sakit, atau hal lain.

Kucing bisa dititipkan di rumah cat sitter atau cat sitter setiap hari datang ke rumah pemilik kucing. Tugas cat sitter antara lain memberi makan, memberi minum, membersihkan litter box, dan mengajak bermain.

Kafe Kucing

Ini cocok untuk pecinta kucing yang memiliki banyak kucing dan juga menyukai kuliner. Secara garis besar kafe kucing adalah kafe di mana pengunjung bisa berinteraksi dengan kucing-kucing yang bebas berkeliaran di dalam kafe. Biasanya kafe kucing juga menjual makanan dan minuman.

Ada berbagai metode monetasi yang bisa diterapkan di kafe kucing. Salah satunya adalah pengunjung wajib membeli makanan dan minuman dalam jumlah nominal tertentu. Atau dikenakan biaya per jam untuk bersantai di dalam kafe diluar biaya makanan dan minuman.

Fotografer Kucing

Fotografer yang juga menyukai kucing bisa menggabungkan kedua kesukaan tersebut menjadi bisnis. Pemilik kucing suka memotret kucing mereka dan banyak yang memamerkannya di Instagram, hal ini bisa menjadi target pasar. Selain itu brand produk dan jasa terkait kucing juga membutuhkan jasa fotografer yang familiar dengan tabiat kucing.

Kelas fotografi khusus memotret kucing juga bisa laku. Mengingat sehari-hari pemilik kucing cukup sering memotret peliharaannya dan ingin mendapatkan foto yang bagus.

Exit mobile version