Site icon Widi Utami

Optimasi SEO untuk Pemula dengan Tools Gratis

optimasi SEO untuk pemula

optimasi SEO untuk pemula

Optimasi SEO bagi beberapa orang terlihat menyebalkan dan mengerikan. Padahal, optimasi SEO bisa dilakukan seiring jalan. Istilah-istilah dalam optimasi SEO bisa dipelajari selangkah demi selangkah. Mungkin jika mempunyai budget untuk optimasi bisa menggunakan Jasa SEO, untuk kita blogger pemula yang belum mempunyai budget khusus untuk Jasa SEO, kita musti belajar meskipun dilakukan dengan bertahap.

Mengenal SEO, Optimasi Website di Mesin Pencari

SEO adalah singkatan dari Seacr Engine Optimization. Singkatnya, pengertian SEO adalah optimasi kata kunci tertentu agar halaman website ditemukan oleh pengunjung di halaman potensial mesin pencari. Tidak harus halaman satu baris pertama, halaman website yang bisa muncul di halaman kedua-ketiga sudah terhitung bagus karena rata-rata pengunjung memiliki waktu longgar untuk scroll sampai halaman ke lima ketika konten yang dia mau belum ketemu.

Langkah Optimasi SEO untuk Pemula

Rata-rata jasa SEO akan menggunakan tools premium untuk memudahkan pekerjaan mereka. Namun, lagi-lagi, kita sebagai blogger pemula tidak perlu rendah diri karena tidak memiliki budget khusus untuk berlangganan tools SEO premium. Kita bisa menggunakan free SEO tools untuk membantu optimasi SEO blog kita.

Buat Konten yang Lengkap dan Berisi

Aku adalah salah satu dari barisan blogger yang meyakini jika content is the king. Tidak bisa ditawar dengan apapun, konten bagiku adalah nyawa dalam sebuah blog. Blogger pemula sebaiknya terus melatih untuk menulis yang sesuai dengan kaidah SEO tanpa harus kehilangan nyawa dan bahasa manusia.

Konten yang kita buat dalah untuk manusia, bukan untuk mesin pencari. Jadi alangkah baiknya jika kita melatih diri untuk menulis sesuai kaidah SEO tanpa harus kehilangan nyawa sebagai kontennya manusia. Apa saja sih hal yang harus ada di dalam konten agar konten kita bersahabat dengan SEO?

  1. Judul harus mengandung kata kunci. Taruh kata kunci yang kita targetkan di dalam judul dengan pantas tanpa memberi kesan memaksa.
  2. Sebut kata kunci beberapa kali di dalam konten dengan halus tanpa terkesan dipaksakan. Umumnya menyebut kata kunci utama sebanyak 3-5 kali yang tersebar di beberapa paragraf. Jangan diulang dalam satu paragraf.
  3. Research kata kunci turunan untuk menembak long tail keyword dan tambahkan di dalam konten dengan halus.
  4. Cantumkan kata kunci dalam gambar utama. Jika gambar lebih dari satu, beri nama dengan kata kunci turunan.
  5. Gunakan heading untuk memecah konten sehingga lebih memudahkan pembaca untuk membaca cepat mencari informasi yang dia butuhkan.

Share di Media Sosial

Share di media sosial yang kita miliki. Paling tidak, blogger harus memiliki akun Facebook, Instagram, Pinterest, Twitter dan LinkedIn untuk membagikan konten blog yang telah dibuat. Sejauh ini medsos yang paling kuat pengaruhnya adalah Pinterest dan LinkedIn. Share di media sosial ini juga sekaligus sebagai ikhtiar untuk link building halaman web. Selalu pastikan caption dibuat dengan mencantumkan kata kunci.

Submit Search Concole

Google Search Console adalah salah satu tools yang wajib dimiliki oleh blogger dan kita bisa menggunakannya dengan gratis. Meskipun Google bukan satu-satunya mesin pencari, namun Google menjadi raja dalam mesin pencari.

Pelajari bagaimana cara memasang search console dan selalu pastikan jika blog sudah teroptimasi di Search Console. Umumnya kita tidak perlu submit artikel dengan manual ke search console, namun kadang-kadang mbah Google rewel dan kita perlu submit manual link URL artikel kita.

Gunakan Template yang SEO Friendly

Template blog/ website sangat berpengaruh dalam optimasi konten di mesin pencari. Aku pribadi memilih untuk mencari template yang sudah ada, yang terbukti SEO Friendly dengan karakter bersih dibandingkan template yang terlihat wow namun optimasi SEO tidak maksimal.

Jangan habiskan waktumu untuk membuat website yang sangat cantik, kecuali memang kamu ingin dikenal sebagai pemilik website cantik atau branding portofolio sebagai web design.

Gunakan Google Suggestion Search Sebagai Rujukan Research Keyword

Aku memang sudah menggunakan tools keyword premium dalam satu tahun ini. Namun, 7 tahun menjadi blogger, aku hanya mengandalkan Google Suggestion Search untuk research keyword. Misalnya, kita ingin menulis tentang diare, ketik saja diare di dalam search bar google dan gunakan suggestionnya sebagai keyword maupun long tail keyword.

Saran Pencarian Google

Cukup itu saja langkah yang dilakukan untuk optimasi SEO bagi pemula. Jika langkah-langkah disini sudah dilakukan, maka kita bisa melangkah ke langkah SEO expert untuk belajar lebih jauh bagaimana optimasi website kita.

Apabila tidak ada waktu untuk optimasi SEO karena kita sibuk dengan usaha kita, kita boleh menyediakan budget untuk membayar jasa SEO. optimasi.ai merupakan jasa optimasi SEO yang membantu kita untuk optimasi website kita sehingga kita bisa fokus mengurus hal lain tanpa kehilangan potensi branding maupun penjualan dari mesin pencari.

Exit mobile version