Site icon Widi Utami

Nama Malaikat dan Tugasnya Lengkap

Nama malaikat dan tugasnya

Nama malaikat dan tugasnya

Sebagai seorang Muslim, adalah wajib untuk percaya dan memahami keberadaan malaikat. Selain itu, beriman kepada malaikat termasuk dalam salah satu rukun iman. Setidaknya ada sepuluh nama utusan Allah yang harus diajarkan kepada anak sejak dini. Sebenarnya malaikat ada ribuan, tetapi hanya  10 nama – nama malaikat dan tugasnya yang perlu diketahui.

Berikut sepuluh nama malaikat dan tugasnya untuk diyakini dan dipelajari

1.     Malaikat Jibril, penyampai wahyu

Dalam daftar malaikat, Jibril duduk di posisi pertama. Malaikat Jibril adalah penyampai wahyu  Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW. Sekarang  tidak ada lagi nabi atau rasul karena Nabi Muhammad SAW telah menjadi nabi dan rasul terakhir. Oleh karena itu, selain tugas utama menyampaikan wahyu malaikat Jibril, ia juga menghembuskan nafas kehidupan kepada setiap anak yang belum lahir dalam kandungan.

2.     Malaikat Mikail, penebar rezeki

Malaikat Mikail menempati urutan kedua dalam daftar 10 nama malaikat terpercaya. Secara khusus, tugas malaikat Mikail adalah menyediakan makanan bagi semua makhluk di bumi. Jadi malaikat Mikail tidak hanya menyediakan makanan untuk manusia. Namun, malaikat Mikail juga memiliki tugas lain untuk mengatur hujan, angin, dan  tanaman. Semua kendali ini ada di tangan Malaikat Mikail, dengan izin Allah SWT tentunya.

3.     Malaikat Israfil,  peniup sangkakala

Malaikat ketiga dari 10 malaikat yang harus dipercayai seorang Muslim adalah malaikat Israfil. Adapun tugas malaikat Israfil untuk meniup sangkakala pada Hari Penghakiman. Sangkakala sendiri merupakan salah satu jenis terompet. Ketika Allah menyuruh malaikat Israfil untuk meniup terompet, Hari Pembalasan datang dan semua makhluk hidup akan mati.

4.     Malaikat Izrail, sang pencabut nyawa

Malaikat Izrail adalah salah satu dari 10 nama – nama malaikat diyakini bertanggung jawab untuk mengambil kehidupan. Tidak ada  makhluk hidup yang bisa lolos dari takdir kematian jika saatnya tiba. Dengan demikian, malaikat Izarail akan mendatangi makhluk itu dan mengambil nyawanya.

5.     Malaikat Munkar, yang bertanya di kuburan tentang perbuatan jahat

Di nomor lima, ada malaikat Munkar, yang bertanggung jawab untuk menginterogasi orang di dalam kubur setelah kematian. Tugas malaikat munkar ini adalah menanyakan tentang keimanan seseorang dan akan mendatangi orang yang telah melakukan banyak hal buruk dalam hidupnya.

6.     Malaikat Nakir, yang bertanya di  kubur tentang perbuatan baik

Tidak seperti malaikat Munkar, yang berada di urutan keenam, tugas malaikat Nakir adalah menjangkau mereka yang telah melakukan banyak hal baik dalam hidup. Konon jika malaikat ini memiliki wujud yang lebih indah untuk dilihat. Dikatakan juga bahwa jika seseorang dikunjungi oleh malaikat ini, dia akan masuk surga.

7.     Malaikat Raqib, yang mencatat perbuatan baik

Dari 10 nama malaikat yang dipercaya, di tempat ketujuh adalah malaikat Raqib. Tugas malaikat Raqib adalah mencatat perbuatan baik manusia sepanjang hidupnya. Oleh karena itu,  orang tua wajib mengajari untuk selalu berbuat baik kepada siapapun agar perbuatan anak-anak selalu tercatat dalam kitab malaikat Raqib.

8.     Malaikat Atid, yang mencatat keburukan manusia

Malaikat Atid memiliki tugas yang berlawanan dengan malaikat Raqib. Malaikat kedelapan yang harus dipercaya adalah malaikat Atid. Tugas malaikat Atid adalah untuk mencatat perbuatan jahat orang.

9.     Malaikat Malik,  penjaga gerbang neraka

Malaikat kesembilan dikatakan sebagai malaikat Malik. Tugas Malaikat Malik adalah menjaga gerbang neraka. Neraka adalah tempat orang-orang yang selalu berbuat kejahatan dalam hidupnya  dan tidak beriman kepada Allah SWT.

10. Malaikat Ridwan,  penjaga pintu surga

Berbeda dengan malaikat Malik, tugas malaikat Ridwan yang harus dipercayai adalah menjaga pintu surga. Surga sendiri digambarkan sebagai tempat bagi umat Islam yang beriman kepada Allah dan melakukan banyak kebaikan selama  di bumi. Surga  dalam Al-Qur’an adalah tempat yang indah dan hadiah bagi orang-orang percaya di bumi.

 

Ini adalah 10 nama – nama malaikat dan tugas mereka untuk percaya pada Islam. Sebagai seorang muslim, itu wajib. Sekarang Anda bisa mengajari anak-anak untuk mengingat para malaikat ini dengan lebih mudah.

Exit mobile version