Site icon Widi Utami

Membuat Toko Online 0 Rupiah dengan Segudang Fitur pake TOKKO

Membuat Toko Online 0 Rupiah dengan Segudang Fitur pake TOKKO

Membuat Toko Online 0 Rupiah dengan Segudang Fitur pake TOKKO

Membuat toko online dulunya bukan perkara yang mudah dan murah. Sudah cukup banyak kasus klien yang datang ke kami karena ditipu toko online dengan harga murah, ternyata cuma pajangan etalase yang enggak bisa digunakan untuk transaksi. Biaya maintenance toko online yang menggunakan sewa hosting pun enggak murah, ada biaya-biaya yang harus ditanggung pemilik agar toko online yang dibangun tetap eksis.

Biaya yang Harus Dikeluarkan untuk Membuat Toko Online dengan Hosting Sendiri

Ada beberapa biaya yang harus dikeluarkan pemilik untuk membuat toko online dengan sewa hosting sendiri. Memang sih, jika menggunakan sewa hosting sendiri, pemilik toko bisa merubah-rubah toko sesuai dengan keinginannya, baik dari segi fitur maupun desain. Namun, biaya yang dikeluarkan enggak sedikit dan enggak bisa dibilang murah. Apa saja biaya yang harus dikeluarkan untuk membuat toko online dengan sewa hosting sendiri, kamu bisa menyimak uraianku berikut ini berdasarkan pengalaman 6 tahun mendampingi abah K menyediakan jasa develop website.

Biaya Awal Pembuatan Website

Biaya awal pembuatan website merupakan biaya yang harus dibayarkan untuk menyewa web developer. Rata-rata website developer mematok tarif 3-5 jutaan untuk membuat website toko online dengan fitur-fitur tertentu. Semakin banyak fitur yang diminta, semakin tinggi harganya.

Bisa sih membuat website toko online sedniri dengan tema online shop yang sudah tersedia. Namun, jika kamu buta tentang website jangan coba-coba karena akan menghabiskan waktumu untuk menekuni tutorial demi tutorial. Alih-alih ngirit, kamu malah rugi waktu dan terjebak di belantara tutorial.

Biaya Sewa Domain dan Hosting

Biaya awal develop website itu baru langkah pertama, masih ada biaya sewa domain dan hosting yang harus dibayar rutin kayak kita sewa toko fisik. Biaya untuk sewa domain dan hosting beragam sesuai dengan kapasitas yang dibutuhkan. Biasanya untuk toko online membutuhkan biaya sewa domain dan hosting di kisaran 500-1 jutaan pertahun.

Biaya Plugin-plugin Premium

Fitur-fitur pendukung online shop seperti penghitung ongkir, payment gateway untuk pembayaran otomatis membutuhkan plugin premium yang harus dibayar oleh pemilik online shop. Rata-rata plugin ongkir gratis yang tersedia di WordPress hanya menyediakan ekspedisi tertentu saja.

Biaya Maintenance Toko Online

Biaya awal develop website toko online, biaya sewa domain dan hosting, biaya plugin premium sudah cukup lumayan dan terhitung berat untuk UMKM, masih harus ada satu lagi yang dipikirkan; biaya maintenance toko online, kalau-kalau ada hal-hal yang membutuhkan editing atau perbaikan karena plugin yang crash atau hal-hal bersifat teknis lainnya. Untuk maintenance toko ada dua opsi yang bisa diambil; menyewa jasa programmer atau merekrut programmer sebagai pegawai.

***

Sejumlah biaya yang tidak sedikit itulah yang membuat teman-teman UMKM tidak melanjutkan langkah untuk membuat toko online dengan website sendiri. Aku memang bukan penyedia jasa pembuatan website yang mengumbar janji-janji manis, sebisa mungkin, aku juga memaparkan apa saja yang harus ditanggung untuk membuat website toko online sehingga enggak merasa ditipu dan keblondrok.

Kabar baiknya, kini ada alternatif aplikasi buat bikin website online 0 rupiah yang fitur-fiturnya lumayan cakep dan tidak membutuhkan skill khusus untuk membuat toko online-nya. Hanya dengan bekal skill ber-internet ria, kamu bisa membuat website toko online mu sendiri tanpa terbayang-bayang keempat biaya tersebut.

Dashboard TOKKO

Membuat Toko Online 0 Rupiah dengan Segudang Fitur Pake TOKKO

TOKKO adalah sebuah aplikasi D2C (direct-to-consumer) untuk membantu kita untuk membuat website toko online sendiri dan bisa digunakan untuk transaksi langsung dengan pelanggan. Dengan memiliki toko di TOKKO, kita memberikan pengalaman berbelanja yang asik tanpa ribet kepada pelanggan. Selain itu, memiliki toko online sendiri akan meningkatkan brand awareness toko kita, singkatnya, toko kita terlihat lebih profesional dengan memiliki toko online sendiri

Display Produk di TOKKO

Membuat toko online dengan TOKKO tidak membutuhkan langkah yang njelimet. Menurutku, level kesulitan membuat toko online menggunakan TOKKO adalah level 2 dari 10 tingkat, dimana jika kamu sudah terbiasa upload foto di media sosial kamu sudah bisa membuat toko online dengan TOKKO.

Upload Produk TOKKO yang Simpel

Langkah-langkah untuk membuat website toko online pake TOKKO adalah sebagai berikut:

  1. Kunjungi tokko.co.id atau download TOKKO di Playstore.
  2. Daftar dengan nomor whatsApp di laman tokko.co.id.
  3. Setting URL toko, URL toko ini akan digunakan untuk membagi tokomu kepada pelanggan.
  4. Selesaikan beberapa setting dasar toko; upload produk, setting nomor rekening bank, alamat toko untuk penghitungan ongkir, dan setting penyedia ongkir apa saja yang ingin kamu aktifkan. Kamu juga bisa menyediakan penghitungan ongkir sendiri, lho.

Fitur-fitur Toko Online di TOKKO

Meskipun pembuatannya gratis dan mudah, fitur TOKKO tidak bisa disepelekan. Fitur yang ada di TOKKO memudahkan transaksi kita dengan pelanggan. Beberapa fitur TOKKO ini aku highligt karena fitur ini membutuhkan plugin khusus saat aku membuatnya memakai wordpress self hosted.

Payment Gateway, Enggak Perlu Punya Banyak Rekening

Payment Gateway yang ada di TOKKO memungkinkan kita untuk tetap jualan dengan senang dan riang karena tidak perlu memikirkan segambreng rekening yang diinginkan oleh pembeli. Biaya transfer tidak boleh disepelekan, pembeli cenderung mencari penjual yang menyediakan rekening banyak karena bebas biaya transfer.

Payment Gateway di TOKKO mem-fasilitasi beberapa rekening, bahkan e wallet yang memanjakan pelanggan untuk membayar sesuai dengan alat pembayaran yang ia punya tanpa kita harus menyediakannya. Kita cukup mencairkan omzet yang telah masuk ke TOKKO ke rekening milik kita dengan mudah.

Hitung Ongkir tanpa Drama

TOKKO menyediakan fitur integrasi logistik, dimana kita bisa menghitung ongkir dengan otomatis melalui sistem tanpa harus mengecek satu-persatu melalui aplikasi cek ongkir. Menghemat waktu banget, kan?

Manajemen Pesan WhatsApp

Fitur ini akan mengirimkan sejumlah pesanan dari toko online ke whatsApp kita sehingga meminimalisir keterlambatan respon pemesanan pelanggan karena kita tidak membuka aplikasi TOKKO.

Tiga saja? Enggak. Masih ada manajemen order, manajemen produk, katalog online, dan… fitur spesial di TOKKO Plus. Ehm.

TOKKO Plus, Membuat Iklan Tak Lagi Seram

TOKKO Plus, fitur premium dari TOKKO. Meskipun fitur TOKKO sudah mengakomodasi transaksi pokok antara kita dengan pelanggan, namun fitur TOKKO Plus bisa membuat jualan kita lebih asik lagi.

Perbedaan Fitur Free dan Berbayar TOKKO

Integrasi Iklan tidak Lagi Menjadi Pekerjaan yang Rumit

Selama menjalani usaha, salah satu hal yang membuat kami deg-deg an adalah integrasi iklan, baik iklan Facebook, Instagram maupun Google. Kami harus setting satu-persatu di masing-masing platform.

TOKKO Plus memungkinkan kita untuk integrasi iklan facebook, instagram dan Google dalam sekali klik di halaman TOKKO Plus. Kita tidak perlu lagi membuka banyak tab lalu mengintegrasikan masing-masing media sosial dengan manual.

Keunggulan TOKKO Plus

Di TOKKO Plus kita bisa membuat Iklan facebook, Instagram dan Google di dalam halaman TOKKO Plus. Integrasi facebook, instagram dan google di TOKKO Plus ini sangat memudahkan kita untuk menyambungkan website dengan media sosial hanya dengan satu kali klik.

Manajemen Iklan dalam Satu Laman

Enggak cuma integrasi, TOKKO Plus juga memungkinkan kita untuk membuat iklan, menjadwalkannya dan mengintip performanya di laman TOKKO Plus, jadi enggak perlu membuka insight media sosial satu persatu untuk melihat sejauh mana keberhasilan kita dalam mengiklankan produk.

Biaya Langganan TOKKO Plus

Teman-teman UMKM yang ingin membuat website toko online namun banyak pertimbangan seperti; biaya yang enggak sedikit, skill yang harus dipersiapkan, TOKKO Plus ini recomended saking simpelnya. Kita enggak perlu memikirkan bagaimana maintenance dll-nya, cukup mikirin manajemen produk, penjualan, upload produk, iklan dan.. closing-an!

Exit mobile version