Me and Hubby

Ingin Membuka Bisnis, Tapi Modal Terbatas. Ini Tipsnya

Banyak sekali saat ini yang tertarik atau berminat untuk menjalani bisnis atau membuka usaha. Tentu saja salah satu alasannya adalah karena keuntungan yang bisa didapatkan terbilang sangat menggiurkan. Namun banyak pula dari mereka yang malah justru bingung dengan modal yang nantinya akan digunakan untuk menjalani bisnis tersebut. Karena banyak orang yang merasa kalau bisnis tidak akan bisa jalan jika tidak memiliki modal besar. Padahal anggapan seperti itu tentu saja salah besar. Anda bisa tetap menjalani usaha atau bisnis meski memiliki modal yang terbatas. Untuk itu, silahkan simak beberapa tips dibawah ini.

  1. Memiliki rencana bisnis

Tips pertama adalah dengan memiliki rencana bisnis. Karena ternyata yang namanya rencana bisnis ini menjadi salah satu modalĀ  yang sangat penting sekali untuk membangun usaha anda. Seperti anda menganalisa pasar, sumber daya manusia, rencana untuk mengembangkan usaha, cara menghadapi resiki yang nantinya ditemui dan banyak lagi yang lainnya. Selain itu juga, rencana ini akan sangat penting sekali dan bisa anda manfaatkan juga untuk proposal agar bisa mendapatkan investor ataupun rekan bisnis. Supaya bisa memberikan modal untuk rencana bisnis yang nantinya akan anda jalani.

  1. Cari rekan bisnis yang sejalan

Selanjutnya anda bisa mencari rekan bisnis yang sejalan atau memiliki visi misi yang sama. Nantinya rekan bisnis tersebut bisa menjadi investor atau mitra bisnis dalam usaha atau bisnis yang akan anda jalani. Mengapa anda perlu mencari rekan bisnis yang sejalan. Karena nantinya untuk menghindari selisih pendapat yang justru bisa membuat bisnis menjadi berantakan.

  1. Mulai dengan bisnis sampingan

Jika anda hanya memiliki modal yang terbatas, namun tetap ingin sekali menjalani bisnis atau usaha. Maka bisa memulainya dengan menjalani bisnis sampingan saja, yang skalanya masih kecil-kecilan, dan anda pun masih tetap bisa menjalankan pekerjaan utama. Jika usaha atau bisnis tersebut sudah berkembang, barulah anda bisa lebih fokus dan menjadikannya sebagai salah satu sumber penghasilan utama.

  1. Jangan takut mencoba hal baru

Kalau modal yang dimiliki terbatas atau hanya pas-pas an. Sebaiknya anda jangan takut atau ragu untuk mencoba hal yang aaru dan juga keluar dari zona nyaman. Dengan berani keluar dari zona nyaman, maka akan semakin menambah wawasan yang dimiliki, dan bisa anda jadikan sebagai modal untuk mengembangkan bisnis atau usaha.

Bagaimana, menarik sekali bukan tips yang sudah dibagikan ini. Jadi meski modal anda hanya terbatas, bukan berati tidak bisa menjalani bisnis atau usaha. Silahkan saja coba beberapa tips diatas. Jika ingin mendapatkan artikel menaril lainnya mengenai bisnis, kini sudah bisa didapatkan dengan mudah, yaitu cukup klik saja situsĀ  bisnishemats.com

1 thought on “Ingin Membuka Bisnis, Tapi Modal Terbatas. Ini Tipsnya”

Bagaimana komentar kalian?