Site icon Widi Utami

ERP Solusi Mudah Bagi Pelaku Usaha

ERP Solusi Mudah Bagi Pelaku Usaha

ERP Solusi Mudah Bagi Pelaku Usaha

Manusia tidak pernah lepas dari kegiatan sehari-hari yang terus dilakukan berulang-ulang. Kegiatan tersebut salah satu bentuknya adalah usaha. Usaha sudah dilakukan manusia sejak dulu kala dan saat ini banyak sekali jenis-jenis usaha yang dijalankan, baik dalam skala mikro, kecil maupun besar. Seiring berkembangnya usaha, pemilik usaha membutuhkan ERP user friendly untuk membantu dalam memanajemen usahanya. 

Enterprise Resource Planning (ERP)

Dalam menjalankan usahanya, para pengusaha tentu saja akan mengendalikan usahanya dengan sistem-sistem tertentu. Hal tersebut dilakukan untuk mempermudah pengusaha untuk melihat perkembangan usahanya sehingga pengusaha dapat menentukan langkah yang harus diambil bagi usahanya. 

Aspek yang ingin dilihat oleh pengusaha adalah seperti catatan keuangan, catatan aset, cash flow dan lain sebagainya. Sistem yang diterapkan tentu saja dimulai dari logika dasar manusia dan diimplementasikan melalui cara tradisional, sebut saja pencatatan buku besar. Semua catatan keuangan, rekap data, data pekerja, data pelanggan, data sumber daya, cash flow dan lain-lain disimpan dengan cara dicatat, atau bahkan masih ada yang menggunakan “manajemen koboi” yang tentu saja memiliki resiko tersendiri. 

Namun pada era milenium, proses tersebut mulai bermigrasi ke arah digital. Salah satu wujud dari manajemen usaha tersebut adalah ERP. ERP merupakan proses pencatatan yang sama meliputi segala aspek yang berkaitan dengan usaha, namun dilakukan menggunakan sistem digital sehingga dapat dijangkau lebih luas, cepat dan akurat oleh pihak yang membutuhkan untuk kepentingan perusahaan.

Wujud ERP

Mungkin ada yang bertanya, atau mungkin bingung membayangkan ERP itu wujud nyatanya seperti apa. Secara sederhana, ERP merupakan sistem atau aplikasi yang ketika dibuka akan memaparkan informasi-informasi yang terkait dengan usaha dari perusahaan tersebut. Informasi tersebut sebelumnya sudah di-input oleh pihak perusahaan pada saat pertama kali menjalankan aplikasi ERP.

Setelah semua informasi yang dibutuhkan terkumpul, maka output berupa langkah atau eksekusi dapat diambil oleh pihak perusahaan. ERP hanya bertindak sebagai wadah bagi perusahaan untuk mempermudah menjalankan usaha, sementara keputusan tetap berada di tangan pengusaha. Layanan ERP ini sudah didesain sedemikian rupa sehingga tidak menambah beban pengusaha untuk mempelajari hal baru yang sulit dimana seharusnya ERP dihadirkan untuk mempermudah usaha. Layanan ERP  user friendly dan dapat langsung digunakan.

ERP VS Tradisional

Selain user friendly, ERP merupakan metode yang menjadi solusi yang menutupi kelemahan dari sistem tradisional. Kata kunci yang ditawarkan oleh ERP adalah integrasi. ERP menawarkan sistem berbentuk aplikasi satu pintu yang didalamnya sudah terdapat segala informasi yang dibutuhkan oleh operator perusahaan dimana segala informasi dari berbagai divisi tersebut terintegrasi. Divisi yang terintegrasi tersebut juga dapat diakses sewaktu-waktu dalam 24 jam sehingga memudahkan pihak perusahaan dalam mengambil keputusan. Hal ini yang tidak dimiliki oleh sistem manajerial tradisional dimana informasi terpusat pada satu divisi dan kemungkinan aksesnya tidak secepat ERP. Informasi yang tersimpan juga lebih aman dan pada jenis layanan ERP tertentu perubahan informasi dapat direkam sehingga sejarah perubahannya dapat diketahui oleh pihak perusahaan.

Mengapa ERP Lebih Cepat?

ERP bisa menjadi lebih cepat diakses karena menggunakan teknologi internet yang pada zaman sekarang sudah dapat diakses dari kebanyakan tempat di seluruh dunia. Teknologi yang lebih spesifik dalam penerapan ERP adalah teknologi Cloud. Teknologi cloud merupakan metafora dari internet yang pada prinsipnya sama saja, namun skalanya dikhususkan. Dalam dunia ERP, cloud adalah konsep yang mengkhususkan sebuah integrasi lingkungan internet yang tertutup dalam lingkup perusahaan yang menggunakannya saja. Jika perusahaan memutuskan untuk menggunakan ERP, maka ERP akan menyediakan fasilitas-fasilitas seperti server dan aplikasi yang hanya dapat digunakan oleh perusahaan tersebut. Karena hanya dipakai oleh perusahaan spesifik, maka diharapkan tidak ada gangguan dari pihak lain sehingga lebih aman, lebih cepat dan lebih jelas.

Haruskah Menggunakan ERP

Ya, ERP sangat disarankan bagi pengusaha atau perusahaan yang menginginkan kecepatan dan integritas informasi perusahaannya sehingga dapat membantu usaha yang sedang dijalankan. Manfaat yang didapatkan juga relatif lebih banyak jika dibandingkan dengan sistem tradisional. Variasi penyedia jasa ERP juga sudah beragam sehingga bisa dipilih sesuai kebutuhan perusahaan. 

 

Exit mobile version