Site icon Widi Utami

Bukan Sekadar tampil Gaya,  Alasan Pentingnya Memakai Sepatu Saat Lari

Bukan Sekadar tampil Gaya,  Alasan Pentingnya Memakai Sepatu Saat Lari

Bukan Sekadar tampil Gaya,  Alasan Pentingnya Memakai Sepatu Saat Lari

Bagi warga ibukota, olahraga lari menjadi pilihan aktivitas setelah seharian bekerja. Olahraga lari dipilih karena murah dan tidak memerlukan banyak persiapan. Kamu cukup memakai pakaian dan sepatu yang nyaman.

Urusan memilih sepatu menjadi hal penting karena sangat krusial. Tidak hanya menambah rasa percaya diri, namun dapat menghindari kamu dari cidera. Banyak orang gak menyadari kalau mereka salah memilih sepatu.

Berbagai brand sepatu lari pun banyak di pasaran. Mulai dari sepatu puma, Adidas, Nike, dan lain sebagainya. Kamu dapat memilih sepatu lari sesuai selera maupun anggaran.

Mengapa memilih sepatu lari itu penting

Nah, artikel ini akan membahas mengapa pentingnya memakai sepatu lari saat berlari. Beginilah ulasannya.

1. Tidak semua sepatu cocok untuk olahraga lari

Walaupun sama-sama lari namun ada karakteristik dalam olahraga lari. Ada orang yang nyaman jogging, ada pula yang sukanya sprint, sebagian lain lebih suka lari jarak jauh karena lebih greget.

Produsen yang mengetahui hal tersebut mengeluarkan berbagai jenis sepatu sesuai kebutuhan. Pelari pemula sangat disarankan memakai sepatu dengan bantalan empuk dan lembut. Untuk profesional lebih membutuhkan sepatu ringan untuk meningkatkan gaya dorong ketika berlari.

2. Menyesuaikan berat badan

Menurut pendapat ahli sepatu, orang dengan berat badan yang tergolong berat dianjurkan memakai sepatu bertumit kuat. Fungsinya untuk menjaga stabilitas tubuh.

Makin besar bobot seseorang, makin besar benturan pada permukaan kaki yang dihasilkan. Oleh sebab itu, menggunakan sepatu dengan bantalan kuat sangat direkomendasikan oleh orang dengan berat badan berlebih. Sudah banyak brand sepatu memiliki peredam.

3. Menyesuaikan dengan lokasi lari

Memilih sepatu lari perlu mempertimbangkan lokasi dan medan yang dihadapi. Tentunya, lari di aspal sangat berbeda dengan lari di treadmill maupun tempat bebatuan.

Lari di treadmill membutuhkan sepatu dengan sol tebal dan anti slip. Salah satu alasannya permukaan treadmill cenderung licin. JIka tidak, kamu harus ganti sepatu dalam 1 sampai 2 tahun kedepan.

Tidak hanya sol tebal, kamu butuh sepatu dengan bantalan tebal lebih dari 3 cm. Hal ini berguna untuk menjaga keseimbangan pada saat lari di treadmill dan mengurangi risiko cedera. Selain tebal bantalan yang dipakai juga harus empuk.

Sepatu ini memiliki desain yang ringan dan fleksibel. Memiliki bantalan saat melangkah berat yang berulang. Terutama ketika lari pada permukaan kasar.

Penggunaan sepatu ini didesain cocok di berbagai tempat. Kamu dapat memakainya untuk lari maupun olahraga lainnya yang membutuhkan keseimbangan lebih.

Kamu masih bisa memakai untuk olahraga diluar ruangan yang bersentuhan dengan tanah. Oleh karena itu, kamu membutuhkan sepatu dengan sol yang lebih keras.

 

Tips memilih sepatu untuk lari

Setelah tahu alasan pentingnya memilih sepatu lari sesuai kondisi. Selanjutnya, kamu memilih sepatu dengan mengikuti tips-tips berikut ini. Harapannya agar tidak menyesal dikemudian. Sebab, harga sepatu tidak sama dengan harga kopi satu gelas.

1. Sesuaikan dengan bentuk kaki

Setiap orang memiliki bentuk kaki berbeda-beda. Perbedaan bentuk mempengaruhi bagian kaki yang bersentuhan dengan permukaan. Tentunya pemilihan sol dan bantalan yang tepat dapat memberikan rasa kenyamanan.

Cara mudah mengetahui ukuran kaki adalah mulai basahi kakimu lalu jalan ke tempat yang kering. Setelah itu, perhatikan jejak kaki yang terbentuk. Apakah kaki kamu netral atau condong ke arah luar atau dalam.

Datang ke toko sepatu apabila kamu masih ragu dengan pengukuran sederhana.

2. Mencoba sepatu di sore hari

Bingung ya kenapa ada saran semacam ini? Alasan dibalik ini adalah kaki manusia akan mengembang di sore hari, tepatnya setelah beraktivitas.

Manfaatkan kondisi tersebut untuk memilih sepatu. Dengan cara ini, keraguan akan sepatu kekecilan akan berkurang.

3. Beli ukuran sepatu yang lebih besar

Maksud dari ukuran lebih besar adalah sisakan ruang kira-kira satu jari antara ujung sepatu dengan ujung kaki. Ruang kosong pada sepatu bermanfaat untuk mengurangi gesekan yang mengakibatkan lecet.

Pelari sepatu kebanyakan memilih sepatu setengah ukuran lebih besar dari ukuran asli. Pertimbangkan pula lebar kaki karena mempengaruhi kenyamanan saat berlari.

4. Utamakan kenyamanan

Bukan cuma hubungan saja yang butuh kenyamanan, memilih sepatu pun demikian. Jangan memilih sepatu karena mahal atau kerennya saja. Percuma memiliki sepatu keren tetapi tidak nyaman dipakai.

Sepatu yang tidak nyaman di kaki dapat mempengaruhi kegiatan kamu. Lama kelamaan, kamu mulai malas berlari karena masalah sepatu. Kalau dipaksakan berisiko cedera.

Jadi, kenyamanan kaki adalah hal utama ketika memilih sepatu. Terlepas dari merek dan harganya, selama kamu merasa nyaman. Ambil saja.

Itulah alasan manfaat memakai sepatu lari untuk berlari serta cara memilihnya. Sebagai toko online fashion, Zalora menyediakan sepatu lari dari berbagai merek untuk kamu.

Dapatkan sepatu puma hanya di Zalora melalui Google Store dan App Store.

Exit mobile version