Biar Gak Cepat Rusak, Begini Cara Merawat Kulkas dengan Baik

Biar Gak Cepat Rusak, Begini Cara Merawat Kulkas dengan Baik

 Sebagai benda yang krusial fungsinya, Anda tentu tak ingin kulkas yang dimiliki rusak karena salah perawatan. Apalagi jika kerusakannya begitu fatal, sehingga membuat Anda harus beli kulkas baru. Jika semisal tak ada uang simpanan, harga kulkas dengan kisaran sejutaan lebih tentu terasa besar. Makanya, sebelum kerusakan terjadi, rutinlah merawat kulkas dengan cara berikut ini. 

1.Jangan Isi Kulkas Melebihi Kapasitasnya 

Jika ingin kulkas yang Anda miliki awet dan bertahan lama, maka jangan terbiasa mengisi kulkas melebihi kapasitasnya. Pengisian kulkas melebihi kapasitasnya akan membuat jalannya sirkulasi udara dalam kulkas menjadi terganggu. Pendinginan kulkas pun menjadi tak optimal karena suhu dingin yang dihasilkan oleh mesin pendingin tak tersebar merata.  

2. Tak Menutup Rapat Pintu Kulkas

Siapa nih yang sering secara sengaja atau pun tidak membiarkan pintu kulkas dalam keadaan renggang atau tak tertutup rapat? Tahukah Anda bahwa kebiasaan ini merupakan salah satu pemicu utama rusaknya kulkas? Pintu kulkas yang tak tertutup rapat menyebabkan pendinginan jadi tak optimal. Kerusakan yang paling parah bahkan dapat memicu terjadinya kebocoran udara di kulkas. 

3. Meletakkan Barang dengan Bobot Besar di Pintu Kulkas 

Hindari meletakkan barang yang memiliki bobot besar pada pintu kulkas Anda. Dibandingkan dengan pintu kulkas, Anda lebih disarankan untuk meletakkan barang yang lumayan berat pada rak di dalam kulkas. Jika terbiasa meletakkan barang yang berat di pintu kulkas, maka pintunya sangat berisiko mengalami kerusakan. Bisa saja pintu kulkas jadi tak bisa ditutup dengan rapat. 

4. Jangan Memasukkan Makanan yang Masih Panas ke Dalam Kulkas

Jika ingin menyimpan makanan yang baru dipanaskan ke dalam kulkas, sebaiknya tunggu hingga suhunya turun terlebih dahulu. Suhu makanan atau minuman yang berbanding terbalik dengan suhu dalam kulkas yang dingin, dapat membuat kerja mesin pendingin jadi terganggu. Mesin pendingin harus bekerja ekstra untuk menurunkan suhu, yang terganggu karena panasnya suhu makanan. 

5. Atur Suhu Kulkas Secara Berkala 

Jika suhu kulkas diatur secara berkala maka Anda bisa lebih lama memanfaatkan kulkas Anda tersebut. Pada bagian freezer, sebaiknya atur suhu di bawah nol derajat Celsius agar mesin pendingin tak bekerja terlalu berat untuk membekukan makanan. Sedangkan untuk bagian fridge, Anda bisa memasang suhu sekitar 4 derajat Celsius, untuk menjaga makanan tak jadi basi.  

6. Jangan Meletakkan Kulkas di Dekat Kompor 

Alokasikan ruang khusus untuk kulkas Anda. Jangan sesekali meletakkan kulkas di dekat kompor, karena tindakan tersebut akan mempengaruhi kinerja mesin pendingin kulkas. Panas yang berasal dari kompor tentu saja berbanding terbalik dengan suhu dingin yang beredar di dalam kulkas. Tak hanya itu saja, hindari juga meletakkan kulkas di tempat yang terkena cahaya matahari langsung. 

7. Bersihkan Bagian dalam Kulkas Secara Berkala 

Bersihkan bagian dalam kulkas Anda secara berkala jika tak ingin bakteri penyebab bau melekat di sana. Copot aliran listrik terlebih dahulu sebelum Anda membersihkan kulkas. Lepas rak pada kulkas untuk mempermudah Anda dalam membersihkannya. Jangan biarkan kotoran pada kulkas begitu saja, karena pasti akan mengendap dan menimbulkan bau tak sedap. 

Itulah tadi 7 cara yang bisa digunakan untuk merawat kulkas. Jika sekiranya kulkas Anda sudah terlanjur rusak dan tak bisa diperbaiki lagi, beli saja yang baru di JD.ID. Anda bisa dengan mudah melihat daftar harga kulkas beragam merek di JD.ID, misalnya saja harga kulkas Sharp, Polytron, dan lainnya. Setelah beli kulkas baru nanti, pastikan untuk merawatnya dengan cara di atas ya!

Pencarian Terkait:

  • https://widiutami com/biar-gak-cepat-rusak-begini-cara-merawat-kulkas-dengan-baik html
Rekomendasi 7 Kulkas Terbaru Lengkap dengan Harganya 

Rekomendasi 7 Kulkas Terbaru Lengkap dengan Harganya 

Saat ini, fungsi kulkas lebih dari sekadar lemari pendingin saja. Banyak kulkas keluaran terbaru yang sudah dilengkapi dengan beragam fitur khusus. Tak hanya itu saja, desain kulkas ini pun dibuat makin menarik, baik dari tampilan luarnya serta desain rak pendingin di dalamnya. Bagi Anda yang sedang berburu kulkas, ini rekomendasi kulkas terbaru lengkap dengan harga kulkas

Aqua AQR-D190(S)

Bagi Anda yang mencari kulkas hemat daya, bisa memilih kulkas terbaru dari Aqua ini. Kulkas ini hanya menggunakan daya sebanyak 80 watt, dengan jaminan garansi kompresor hingga 7 tahun. Body kulkas ini dilapisi dengan bahan metal sehingga dipastikan tahan akan karat. Tray kulkas ini terbuat dari kaca sehingga mudah untuk dibersihkan. Kulkas ini dibanderol dengan harga Rp1.625.000.  

Aqua AQR-D275

Jika kulkas Aqua sebelumnya hanya memiliki satu pintu saja, maka seri AQR-D275 ini dihadirkan dengan dua pintu. Kulkas dengan warna hitam ini menggunakan daya sebesar 150 watt. Kapasitasnya cukup besar yakni 220 liter, sehingga akan makin banyak pula keperluan yang bisa Anda simpan di dalamnya. Kulkas yang dilengkapi dengan fitur anti bakteri ini dijual seharga Rp3.099.000. 

Sharp New Kirei II Series 

Bagi Anda yang tertarik dengan kulkas 1 pintu dengan motif permukaan yang elegan, maka belilah kulkas Sharp New Kirei II Series. Kulkas ini memiliki kapasitas hingga 166 liter dan memiliki rak yang terbuat dari tempered glass. Beberapa fitur khusus pada kulkas ini seperti direct cooling system, full insulation dan semi automatic defrost system. Kulkas ini dijual dengan harga Rp1.749.000. 

Samsung RR18R1000SA/SE

Kulkas dua pintu terbaru dari Samsung yaitu kulkas seri RR18R1000SA/SE. Kulkas ini memiliki kapasitas hingga 185 liter, yang mana 20 liter untuk freezer dan untuk fridge sebanyak 156 liter. Rak kulkas yang terbuat dari tempered glass ini tergolong kuat, bisa menahan beban hingga 150 kilogram. Adanya stabilizer free membuat kulkas seharga Rp2.550.000 ini bisa terhindar dari korsleting.  

Polytron PRM21BNR

Polytron PRM21BNR merupakan kulkas dua pintu terbaru dari Polytron yang memiliki desain minimalis dan elegan. Kulkas ini sangat cocok untuk mempercantik ruangan dapur Anda. Kulkas dengan kapasitas sebesar 210 liter ini tergolong hemat energi, dengan pengonsumsian daya sebesar 140 watt. Anda bisa membawa pulang kulkas cantik ini dengan membayar Rp2.695.000 saja. 

Maspion URG168-HS

Maspion URG168-HS merupakan kulkas satu pintu yang berkapasitas sebanyak 168 liter. Dengan motif bunga di permukaannya, ruangan dapur Anda pun akan terlihat makin menarik. Kulkas ini dilengkapi dengan fitur 4D Quick Freezing sehingga dapat menyalurkan suhu dingin yang cepat dan merata ke seluruh ruangan lemari es. Kulkas Maspion URG168-HS ini dibanderol seharga Rp1.599.000. 

Uchida URG-168LE 

Kulkas Uchida URG-168LE dari Maspion ini dilengkapi dengan satu pintu dan berkapasitas 168 liter. Peningkatan efisiensi pendinginan kulkas ini akan Anda rasakan karena adanya sistem aliran udara dingin dari berbagai arah. Kulkas ini juga dipastikan tidak berisik, sehingga tak akan mengganggu kenyaman Anda, khususnya di malam hari. Kulkas ini dijual dengan harga Rp1.550.000. 

Bagi Anda yang sedang bingung mencari kulkas keluaran terbaru, bisa mempertimbangkan untuk membeli 7 kulkas yang direkomendasikan di atas. Harga kulkas terbaru di atas lumayan terjangkau dan tentunya sesuai dengan manfaat serta fitur canggih yang dimilikinya. Jika Anda ingin melihat daftar harga kulkas 2 pintu atau 1 pintu terbaru lainnya, kunjungi saja JD.ID!

 

 

Pencarian Terkait:

  • https://widiutami com/rekomendasi-7-kulkas-terbaru-lengkap-dengan-harganya html
Tips and Trik Menata Kamar Mandi Minimalis Agar Terlihat Lebih Luas dan Rapi

Tips and Trik Menata Kamar Mandi Minimalis Agar Terlihat Lebih Luas dan Rapi

Memiliki kamar mandi yang terbatas biasanya di bangun dengan tipe rumah yang minimlais. Namun ada juga orang yang lebih memilih membangun kamar mandi minimalis di rumahnya karena alasan lebih menyukai desain seperti itu dibanding kamar mandi yang lebih luas. Kamar mandi yang minimalis bukan berarti kamu tidak bisa mempunyai kamar mandi yang rapi dan nyaman. Tapi kamu bisa menata kamar mandi minimalis dengan mengikuti tips and trik agar terlihat lebih luas dan rapi. Bagi kamu yang kebingungan dalam membangun sebuah kamar mandi minimalis, maka disini kami akan membantu kamu dengan membagikan beberapa informasi mengenai tata cara membuat kamar mandi minimalis terlihat luas dan rapi berikut ini.

1. Gunakan Shower untuk Menghemat Ruang

Shower untuk Menghemat Ruang

Shower untuk Menghemat Ruang, sumber: Pinterest.com

Penggunaan bathtub atau bak mandi biasanya dapat membuat kamar mandi minimalis jadi terlihat sempit dan tidak luas. Salah satu solusi agar kamar mandi mungil tampak lebih luas adalah dengan menggunakan shower. Kamu hanya tinggal menggantungkannya di dinding kamar mandi dan beri sedikit ruang untuk mandi. Penggunaan shower juga bisa membantu kamu dalam membersihkan kamar mandi jadi lebih mudah lho, guys.

2. Pasang Cermin Berukuran Besar

Cermin Berukuran Besar

Cermin Berukuran Besar, sumber: pinterest.com

Ini merupakan salah satu cara efektif dan sering dilakukan banyak orang untuk membuat ruangan terbatas jadi tampak luas, termasuk kamar mandi. Cermin dapat memberikan kesan ruangan yang sempit terlihat lebih luas. Oleh karena itu, pasanglah cermin berukuran besar agar ruang kamar mandi mungil milikmu terkesan lebih luas. Kamu bisa memasangnya di depan kran wastafel. Pastikan ukuran cermin tersebut seimbang dengan ukuran wastafel dan ruang kamar mandi minimalis kamu.

3. Meletakkan Peralatan di Rak Dinding Kamar Mandi

Rak Dinding Kamar Mandi

Rak Dinding Kamar Mandi, sumber: pinterest.com

Cara selanjutnya yang bisa kamu coba untuk menjadikan kamar mandi mungil tampak lebih luas adalah dengan mengandalkan rak dinding sebagai tempat penyimpanan peralatan mandi milikmu. Kamu dapat meletakkan berbagai macam barang di rak dinding tersebut seperti alat cukur, cadangan sabun dan shampo, gunting dan kebutuhan lainnya.

4. Gantung Perlengkapan Mandi

Gantung Perlengkapan Mandi

Gantung Perlengkapan Mandi, sumber: pinterest.com

Biasanya sebagian orang suka meletakkan handuk yang habis digunakan ke sembarang tempat. Padahal ini bisa membuat kamar mandi terlihat berantakan dan sempit. Apalagi ruang kamar mandi yang terbatas karena ini bisa membuat kamar mandi tersebut terkesan penuh. Untuk itu, lebih baik kamu meletakkan perlengkapan-perlengkapan mandi dengan cara digantung di dinding agar kamar mandi tidak terlihat sempit dan terasa nyaman.

5. Pilih Perabotan dengan Gaya Minimalis

Perabotan Gaya Minimalis

Perabotan Gaya Minimalis, sumber: pinterest.com

Menggunakan perabotan berukuran besar di kamar mandi minimalis bisa membuat kamar mandi tersebut tampak sempit dan penuh. Untuk menciptakan kamar mandi minimalis yang luas tentunya kamu harus menggunakan perabotan dengan gaya minimalis. Dengan begitu kamar mandi mungil milik kamu pun akan terkesan lebih luas dan juga rapi.

6. Tambahkan Dekorasi Sebagai Hiasan

Tambahkan Dekorasi sebagai Hiasan

Tambahkan Dekorasi sebagai Hiasan, sumber: pinterest.com

Memiliki kamar mandi yang minimalis bukan berarti kamu tidak bisa menambahkan berbagai macam dekorasi lucu disana. Kamu tetap bisa menciptakan kamar mandi minimalis yang indah dan modern. Mungkin kamu bisa menambahkan dekorasi semacam tanaman hias kecil di atas toilet ataupun di rak dinding kamar mandi. Selain membuat suasana kamar mandi tampak indah, ini juga bisa membuat kamar mandi terasa asri dan nyaman. Pilihlah tanaman hias yang mudah dalam perawatannya seperti kaktus, lidah buaya dan tanaman lainnya.
Dengan tips and trik di atas, maka kamar mandi minimalis milikmu pun akan terlihat lebih luas dan rapi. Yang terpenting jangan terlalu banyak menggunakan warna dan motif karena ini akan membuat kamar mandi terkesan sempit dan penuh. Semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi para pembaca semua.

Mengenal Bahasa Ekspresi pada Anak Balita

Mengenal Bahasa Ekspresi pada Anak Balita

Bahasa ekspresi pada anak balita merupakan cara anak berkomunikasi dengan orang sekitarnya menggunakan gestur tubuh, gerakan tangan maupun mimik muka. Bahasa ekspresi ini diulang-ulang hingga menimbulkan kesepakatan bahasa. Bahasa ekspresi pada anak balita bisa diajarkan oleh orang tuanya, bisa juga improvisasi bayi sendiri.

Pada si K, bahasa ekspresinya ada yang kuajarkan sejak si K masih bayi untuk memudahkan aku, Ibunya yang memiliki gangguan pendengaran, memahami apa yang ia inginkan. Enggak sedikit bahasa ekspresi yang timbul karena improvisasi si K. Aku menemukan bahasa ekspresi yang timbul dari si K dengan mengamati gestur yang dilakukannya secara berulang-ulang pada momentum tertentu.

Saat ia memegang perutnya dengan gerakan memutar, aku tanya apa ia mau makan, ia mengangguk, lalu ia melakukan hal tersebut secara berulang-ulang pada saat lapar, lama-lama terjadi kesepakatan bahasa untuk mengekspresikan rasa lapar.

Mengapa Balita Butuh Bahasa Ekspresi

Balita, terutama yang baru berumur 1-2 tahun baru belajar berbicara. Orang dewasa di sekitarnya biasanya harus menebak-nebak apa maksudnya terlebih dahulu. Sayangnya, tebakan orang dewasa tidak selalu benar hingga anak capek dan kesal, berujung tantrum karena orang dewasa gagal menerjemahkan apa yang ia mau.

Disinilah pentingnya bahasa ekspresi untuk menjembatani komunikasi antara orang dewasa dam anak sembari anak belajar bahasa lisan. Dulu kukira hanya ibu dengan kekurangan pendengaran yang kesulitan berkomunikasi dengan anak, ternyata hampir semua orang tua mengalaminya.

Apakah Bahasa Ekspresi Membuat Anak Malas Bicara?

Selama ini ada kekhawatiran jika aku menggunakan bahasa ekspresi dengan si K, maka si K akan malas bicara karena terlanjur nyaman menggunakan bahasa ekspresi dengan Ibunya. Ternyata enggak, si K tetap ngomong lancar meskipun dibarengi dengan bahasa ekspresi.

Tentu saja orang dewasa harus selalu mendampingi anak untuk mengucapkan kata dengan benar meskipun orang dewasa sudah memahami apa yang anak maksud melalui bahasa ekspresinya. Aku selalu minta tolong kepada orang di sekitarku untuk mengoreksi cara bicara si K jika ia salah mengucapkan. Pan Ibunya enggak tahu apa ia mengucapkan dengan benar atau sekedar lypsing saja. Hihihi, dan aku bersyukur dengan support system yang mau menemaniku melatih si K bicara.

Ragam Bahasa Ekspresi Sederhana untuk Anak Balita

Bahasa ekspresi bisa dibuat dari kesepakatan anak dan orang tuanya secara natural.Menciptakan bahasa ekspresi yang tumbuh secara alamiah mungkin membutuhkan waktu yang agak lama. Kita bisa melatih anak dengan gerakan tertentu kemudian disesuaikan dengan bagaimana anak meniru gerakan kita. Tetap saja, ya, meskipun kita ajarkan dengan gerakan tertentu, bahasa ekspresi bakal ada kekhasan dari kesepakatan antara orang tua dan anak, kemudian menjadi bahasa cinta. Ehm.

Bahasa Ekspresi untuk Mengungkapkan Rasa Lapar

 

Untuk mengungkapkan rasa lapar, si K menaruh tangannya dalam posisi terbuka dan menggerakkan dengan gerakan memutar di atas perut. 

 

Sepertinya si K terinspirasi dari Youtube Cocomelon. Lengkap dengan muka yang mengekspresikan rasa lapar dan tidak ceria. Pertamakali aku mendapati si K berekspresi seperti ini, aku ketawa melihat muka ‘laper’nya.

Bahasa Ekspresi untuk Mengungkapkan Butuh Minum

Si K mengacungkan jempol, tetapi ia mengarahkan jempolnya ke arah mulut secara berulang-ulang dengan mulut yang sedikit dimonyongkan.

Ehm, membingungkan enggak? Sepertinya aku butuh ilustrator atau video untuk menggambarkan gerakan ragam bahasa ekspresi, ya. 😀

Bahasa Ekspresi untuk Mengungkapkan Rasa Sakit di Perut

Badannya sedikit membungkuk. Kedua tangannya berada di perut dengan posisi mencengkeram. Ekspresi wajahnya kesakitan.

Ekspresif banget, ya? Anak yang terbiasa menggunakan bahasa ekspresi menjadi lebih mudah mengungkapkan apa yang terjadi dengan tubuhnya. Jika belum bisa mengungkapkan apa yang ia rasa, biasanya anak hanya menangis dan kita kebingungan menerjemahkan apa yang terjadi padanya.

Bahasa Ekspresi untuk Mengungkapkan Keinginan untuk BAK dan BAB

Bahasa ekspresi yang ini adalah penyelamat kala toilet training dan emaknya masih loading menerjemahkan omongan si K. Hihihi. Si K mulai toilet training usia 18 bulan, ngomongnya belum jelas. Jadi kami menggunakan bahasa ekspresi untuk mengungkapkan keinginannya BAK dan BAB.

Setiap akan BAK, si K akan menyentuh alat kelaminnya. Jika akan BAB, tangan si K menyentuh pantatnya.

Simpel banget. ya? Tetapi ini sangat membantu banget kala itu. Bisa juga sembari menyentuh alat kelamin atau pantatnya dibarengi dengan kata kerja eperti, “pipis atau pup.”

 

Masih ada beberapa ragam bahasa ekspresi si K yang bisa dijadikan ATM (Amati, Tiru dan Modifikasi), lain kali emak K tulis dengan rinci, ya. Emak K juga sedang ikhtiar mencari ilustrator yang bisa menggambar bahasa ekspresi. Agak susah sih, karena harus terasa hidup. Hihihi.

See you. Semoga bermanfaat.

 

 

 

 

Pencarian Terkait:

  • https://widiutami com/mengenal-bahasa-ekspresi-pada-anak-balita html
Anti Panik Menghadapi Demam Anak dengan Bahan yang Ada di Dapur

Anti Panik Menghadapi Demam Anak dengan Bahan yang Ada di Dapur

Kemaren lusa si K anget, makin malam makin tinggi demamnya. Bahkan mencapai 40 derajat celcius. Demam yang bikin si K mengingau dan kaget-kagetan. Sudah lama si K enggak sakit, begitu demam melanda, doi gendongan. Setiap kali aku tertidur si K langsung nyolek-nyolek bangunin. Aku enggak tahu jam berapa ia terlelap dan aku bisa tidur dengan tenang. Saat si K demam tinggi dan enggak ada gejala penyerta yang mengkhawatirkan, kami mempunyai jurus anti panik menghadapi anak demam tanpa obat-obatan.

Kenapa Enggak Langsung Dicecoki Obat-obatan?

Pengalaman GERD abah K memberikan kami banyak hikmah. GERD memaksa kami untuk belajar mengenali tubuh. Bagaimana tubuh menyembuhkan dirinya sendiri saat ada serangan dari luar. Bagaimana tubuh bereaksi ketika menyerap racun yang dibawa dari makanan. Bagaimana tubuh mengirimkan sinyal saat ia kekurangan asupan air.

Kami meyakini jika tubuh mampu menyembuhkan dirinya sendiri, kita hanya butuh memfasilitasi proses tersebut dengan memberi tubuh asupan-asupan yang dibutuhkan untuk menyembuhkan diri sendiri.

Tubuh yang sakit adalah kondisi tubuh dengan PH yang asam dan mengandung toksin. Tubuh yang sehat PHnya cenderung basa dan mampu memerangi toksin. Lalu, gimana kalau sakit? Kembalikan tubuh ke dalam kondisi basa. Enggak harus minum asupan air basa, kok. Kita bisa mengkondisikan tubuh ke PH basa dengan mengkonsumsi buah-buahan, sayuran mentah (raw), dan air putih yang cukup.

Selama sakitnya masih dalam batasan, kami mengusahakan untuk ikhtiar mengkondisikan tubuh kembali ke kondisi basa dengan asupan sayur, buah dan air putih. Tentu jika sakitnya sudah dalam kodnisi gawat, seperti dehidrasi parah, kejang, dll, maka membutuhkan bantuan medis disamping ikhtiar dengan mengembalikan kondisi tubuh ke kondisi basa.

Anti Panik Menghadapi Demam Anak dengan Asupan Makanan yang Didapat dari Dapur

Ahelah, Mak, emang makanan kalo bukan dari dapur darimana? Dari ruang tamu apa? Hahahaha. Dalam menghadapi demam ini, aku memberikan tiga macam asupan pokok untuk mengembalikan kondisi tubuh ke basa.

  1. Jus apel dan jus nanas. Kami penganut food combining, pemberian jus apel dan jus nanas dilakukan pada pagi hari sampai siang sebelum makan siang. Si K doyan enggak? Aslinya ogah-ogahan, tetapi emak enggak boleh kalah, kubikin drama buah melawan bakteri yang ada di dalam tubuh si K, yang bikin dia demam dan enggak bisa main. Jus apelnya cuma setengah gelas, pun jus nanas paling cuma 4 sendok. Se-mood-nya si K.
  2. Jus wortel. Jus wortel adalah salah satu jus kesukaan si K. Bahkan ia bisa membuatnya sendiri dengan dampingan Ibu. Jadi enggak sulit meminta si K minum jus wortel saat sakit. Aku memberikannya 1-3 kali dalam sehari, 1/2 gelas setiap kalinya.
  3. Larutan Kunyit, Madu dan jeruk nipis. Abah K bilang ini jamu andalan. Heuheuuu. Kunyit satu jari diparut, peras airnya. Campur dengan sesendok madu dan perasan jeruk nipis seperempat potong. Kuberikan ke si K 1-2 kali dalam sehari.

Selain ketiga asupan diatas, aku juga memastikan si K minum air putih dengan cukup. Kemarin si K lemes banget sampe ogah bangun, tetep kubangunin setiap 1 jam sekali untuk minum air putih dan makan. Si K males-malesan makan juga sih, 2-4 potong kentang goreng pun cukup membuatku tenang.

Anti Panik Menghadapi Demam Anak dengan Ramuan Pijat dari Dapur

Kalau ramuan pijat ini adalah warisan turun-temurun entah dari jaman mbah buyut atau malah mbah canggah. Hehehe. Ramuannya cukup sederhana, parut bawang merah dan campurkan dengan minyak kayu putih.

Campuran bawang merah dan minyak kayu putih tersebut dibakurkan ke dada, perut dan punggung anak dua kali sehari, pagi dan malam. Tetapi, ada beberapa anak yang kulitnya enggak kuat dengan bawang merah. Jadi musti dicoba, jika kulit anak memerah saat diolesi bawang merah, maka hentikan penggunaannya segera.

Kompres anak yang sedang demam dengan menggunakan daun dadap/randu juga jadi resep yang manjur. Sayangnya di Semarang enggak ketemu daun dadap, jadi aku hanya mengompres dengan air hangat.

Alhamdulillah, hari ini demam si K sudah turun dan si K sedang memulihkan tenaga. Aku tetap memberikan asupan yang kutulis di atas sampai si K benar-benar pulih dan ceria. Semoga anak-anak sehat selalu, ya.

Pencarian Terkait:

  • https://widiutami com/anti-panik-menghadapi-demam-anak-dengan-bahan-yang-ada-di-dapur html