Di era modern sekarang ini, barang-barang elektronik sudah semakin beragam jenisnya. Fungsi dari barang elektronik pun bervariasi. Bahkan harga yang ditawarkannya bisa sampai ratusan hingga jutaan rupiah. Makanya, banyak orang yang ingin barang elektronik yang mereka miliki bisa awet dan dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama. Misalnya saja, lemari Es atau kulkas yang rentan rusak jika tidak digunakan dan dirawat dengan baik. Sebenarnya, cara merawat lemari Es atau kulkas cukup sederhana dan dapat dilakukan sendiri dengan mudah. Berikut ada beberapa cara merawat kulkas yang bisa kamu terapkan sendiri dirumah.

⦁ Simpan Makanan Secukupnya di Dalam Kulkas

7 Cara Merawat Kulkas yang Benar Agar Tetap Awet, Simak Yuk! (2)

7 Cara Merawat Kulkas yang Benar Agar Tetap Awet, Simak Yuk! (2) Sumber: pinterest.com

Simpanlah makanan di dalam kulkas secukupnya dan hindari penyimpanan makanan terlalu banyak di kulkas. Apalagi barang yang mempunyai berat lebih, semacam botol air, sebab botol air memiliki beban berat yang dapat membuat wadah menjadi cepat rusak dan pecah jika terlalu penuh.

Baca Juga: Rekomendasi Kulkas Terbaru

⦁ Bersihkan Kulkas dengan Menggunakan Air

7 Cara Merawat Kulkas yang Benar Agar Tetap Awet, Simak Yuk!

7 Cara Merawat Kulkas yang Benar Agar Tetap Awet, Simak Yuk! Sumber: pinterest.com

Agar kulkas bisa awet dan terawat dengan baik, bersihkanlah kulkas dengan menggunakan air dan sabun antiseptik agar bisa membantu menghilangkan bau dan noda berkarat pada kulkas Panasonic 2 pintu. Lalu, pakailah bahan lembut semacam spons buat membersihkannya sampai kulkas terbebas dari noda berminyak dan berkerak.

⦁ Jangan Menaruh Air Minum yang Masih Panas

7 Cara Merawat Kulkas yang Benar Agar Tetap Awet, Simak Yuk! (2)

7 Cara Merawat Kulkas yang Benar Agar Tetap Awet, Simak Yuk! Sumber: pinterest.com

Jika air panas di simpan di dalam kulkas maka bisa membuat pertemuan suhu dingin dan suhu panas. Jika kedua suhu tersebut bertemu maka bisa menyebabkan kerusakan pada kulkas. Maka dari itu, hindarilah penyimpanan air panas di dalam kulkas agar barang elektronik tersebut bisa awet dan terawat dengan baik. Kalau kamu ingin menyimpan air minum yang tergolong masih panas, kamu bisa menunggunya dulu sampai air tersebut benar-benar dingin sehingga bisa menghindari kerusakan pada kulkas milikmu.

⦁ Hindari Kulkas dari Panas

7 Cara Merawat Kulkas yang Benar Agar Tetap Awet, Simak Yuk! (4)

7 Cara Merawat Kulkas yang Benar Agar Tetap Awet, Simak Yuk! Sumber: pinterest.com

Simpanlah kulkas yang jauh dari panas seperti dispenser atau kompor. Seperti yang sudah dijelaskan di nomor 3, dimana suhu dingin kulkas yang bertemu dengan suhu panas bisa menyebabkan kerusakkan pada kulkas. Jadi, hindarilah kulkas dari suhu panas agar bisa meminimalisir terjadinya kerusakan pada barang elektronik tersebut.

⦁ Selalu Bersihkan Bagian Freezer

7 Cara Merawat Kulkas yang Benar Agar Tetap Awet, Simak Yuk! (5)

7 Cara Merawat Kulkas yang Benar Agar Tetap Awet, Simak Yuk!

Sumber: north.pl

Biasakanlah untuk membersihkan freezer yang telah mengeras di dalam kulkas. Hal ini bertujuan supaya suhu di kulkas bisa terjaga dengan baik. Saat ingin membersihkan freezer, jangan menggunakan benda tajam seperti pisau sebab bisa merusak pelapisnya. Bahkan bisa membuat kebocoran pada kulkas dan membuatnya cepat rusak.

⦁ Bersihkan Bagian Kondensor

7 Cara Merawat Kulkas yang Benar Agar Tetap Awet, Simak Yuk! (6)

7 Cara Merawat Kulkas yang Benar Agar Tetap Awet, Simak Yuk! Sumber: builder.id

Bagian kondensor ini ada di posisi belakang kulkas LG 2 pintu. Bersihkanlah kondensor dari kotoran dan debu yang membandel secara teratur. Karena kotoran dan debu yang ada di bagian kondensor bisa berkarang jika tidak suka dibersihkan. Membersihkan debu dan kotoran yang menempel pada kondensor juga bisa membuat proses pembuangan suhu panas kulkas menjadi lancar dan tidak terhalang oleh debu dan kotoran.

⦁ Pastikan Pintu Kulkas Selalu Tertutup Rapat

7 Cara Merawat Kulkas yang Benar Agar Tetap Awet, Simak Yuk!

7 Cara Merawat Kulkas yang Benar Agar Tetap Awet, Simak Yuk!

Sumber: pinterest.com

Pintu kulkas yang tertutup rapat bisa membuat makanan dan juga minuman jadi lebih cepat dingin. Kalau pintu kulkas tertutup rapat maka kotoran dari luar tidak akan masuk kedalam kulkas, sehingga tidak akan mencemari makanan di dalam kulkas. Selain itu, hal ini juga bisa membantu menghemat listrik pada barang elektronik tersebut.

Itu dia cara-cara merawat kulkas yang bisa kamu terapkan sendiri di rumah. Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk para pembaca semua, ya.

%d bloggers like this: