Site icon Widi Utami

5 Tips Agar Clodi Aman untuk Bayi

5 Tips Agar Clodi Aman untuk Bayi

5 Tips Agar Clodi Aman untuk Bayi

Sejak gaung zero waste menggema dimana-mana, terutama di media sosial, aku agak galau dengan dunia per-diaper-an. Paling praktis pakai pospak, tetapi enggak dipungkiri sampah pospak bikin galau. Pakai popok kain jadul itu aku hanya bertahan satu bulan, setelah satu bulan dan kegiatan mulai seperti biasa, aku enggak nyaman kena ompol terus. Akhirnya memutuskan untuk memakai clodi. Apakah clodi aman untuk bayi? Aman lho, ada beberapa tips agar clodi aman untuk bayi.

Pilih Clodi yang Berkualitas dengan Cover dan Insert Stay Dry

Sebisa mungkin jangan tergoda dengan harga murah karena kualitas belum tentu terjamin. Pilih clodi yang reviewnya cakep meskipun harganya agak pricey. Aku pribadi memilih Clodi dengan cover dan insert yang stay dry karena mas Kevin dulu pernah ruam popok jadi adiknya musti dijaga benar-benar agar ruam popok tidak terulang.

Cover dan insert stay dry ini menjaga permukaan clodi yang bersentuhan langsung dengan kulit tetap kering sehingga meminimalisir terjadinya ruam karena kulit bayi terlalu lembab. Cover dan insert stay dry cenderung lembut sehingga aman untuk kulit bayi.

Kita perlu memastikan apakah cover clodi yang kita pilih cocok untuk kulit bayi yang cenderung sensitif. Jangan sampai karena memilih terlalu hemat sehingga salah memilih clodi yang covernya kasar dan kurang aman untuk kulit bayi yang sensitif.

Perhatikan Daya Tampung Clodi

Setiap clodi mempunyai daya tampung sendiri. Ada yang mampu menahan BAK sampai 240 ml, ada yang kurang dari itu. Biasanya penjual akan menginformasikan seberapa besar daya tampung clodi yang ia jual. Tetapi jika penjual tidak menginformasikannya, kita musti aktif mencari tahu seberapa besar daya tampung clodi.

Namun, meskipun daya serap clodi diklaim tinggi, idealnya kita mengganti clodi setiap 4 jam sekali. Aku kalo lagi enggak males diganti sekalian covernya, tetapi jika lagi males cuma ganti insertnya doang. Hahaha. Maafkan ibu ya, Nang.

Segera Ganti Clodi ketika Bayi Pup atau Clodi mulai Lembab

Meskipun belum ada 4 jam, segera ganti clodi ketika bayi pup atau clodi mulai lembab. Tanda clodi mulai lembab terlihat dari kulit paha yang lembab, ada rembesan dan bau air kencing yang menyengat. Daya serap clodi kadangkala menurun dan butuh di-stripping.

Stripping harus segera dilakukan ketika clodi berbau pesing padahal baru digunakan sebentar. Untuk stripping, kita bisa merendam clodi dengan air hangat atau merendamnya dengan cuka/ baking soda dan membilasnya sampai clodi tidak berbusa.

Jangan Abaikan Perawatan Clodi

Clodi membutuhkan perawaan khusus, tidak seperti baju harian yang lain. Beberapa perawatan yang harus diperhatikan antaralain;

  1. Selalu pre wash clodi setelah membeli. Pre wash dilakukan dengan merendam clodi di dalam air hangat dan membilasnya. Pre wash umumnya dilakukan sebanyak 3 kali sebelum dipakai.
  2. Gunakan sedikit deterjen ketika mencuci clodi, bisa juga menggunakan detergen khusus clodi.
  3. Dianjurkan untuk mencuci dengan tangan. Jika menggunakan mesin cuci, selalu cuci clodi di dalam laundry net agar karet clodi tidak melar.
  4. Selalu stripping clodi setelah 1 bulan pemakaian rutin atau clodi mulai berkurang daya serapnya.

Bepanthen® untuk Melindungi Kulit Bayi dari Gesekan dengan Clodi

Kulit bayi baru lahir sangat sensitif. Gesekan clodi dengan kulit dan lipatan paha yang lembab bisa memicu ruam popok. Bepanthen® bisa dipilih untuk melindungi kulit bayi dari gesekan dengan clodi serta melindungi kulit bayi dari kelembapan yang berlebih karena terlambat mengganti clodi.

Bepanthen Salep Ruam Popok Bayin 

Bepanthen® merupakan salep kulit bayi dengan triple action formula; melembutkan kulit bayi dengan sweet almond oil, Lanolin yang memberikan lapisan pori untuk melindungi kulit bayi dari gesekan popok dan Pro Vitamin B5 yang merawat kulit bayi setiap hari.

Bepanthen®tersedia di marketplace dan apotik terdekat dengan harga yang cukup terjangkau; Rp. 71.500 untuk kemasan 20 gram. Cara pakainya pun mudah, cukup mengoleskan Bepanthen® ke kulit bayi dengan tipis. Selain untuk melindungi ruam popok pada bayi, juga bisa digunakan untuk merawat puting susu selama masa menyusui.

 

***

Selamat menggunakan clodi dan turut aktif melindungi bumi, Mama. Semoga Mama dan Bayi sehat-sehat selalu.

 

Exit mobile version