Site icon Widi Utami

5+ Model Jendela Alumunium untuk Rumah Minimalis

Jendela alumunium belakangan ini cukup populer. Selain terkesan clean, awet, anti rayap, model jendela alumunium juga bisa dibuat beragam. Jendela tidak hanya berfungsi sebagai vetilasi atau pertukaraan udara saja, jendela juga mempengaruhi estetika ruangan dan cahaya.

Enggak heran jika butuh berhari-hari untuk memutuskan seperti apa jendela akan dibuat, apakah akan dibuat model sliding, bukaan, mati, apakah akan dibuat dari alumunium, fiberglass, atau kayu. Seberapa banyak jendela yang dibuat untuk kebutuhan ventilasi dan cahaya. Belum bagaimana bentuk kusen jendela agar nyambung dengan konsep rumah. Ngomong soal pencahayaan, perumahan di Bandung, Istana Regency Jatinangor adalah salah satu perumahan yang membuatku jatuh cinta karena memiliki konsep jendela dengan pencahayaan maksimal.

Mengapa Memilih Jendela Alumunium

Ada beberapa pilihan bahan untuk membuat jendela dan kusennya. Kayu, fiberglass, baja dan alumunium. Terdapat beberapa jenis alumunium yang bisa dipilih, beragam warna, beragam motif, beragam ketebalan dan beragam merk. Mengapa sih belakangan ini bahan alumunium cenderung dipilih untuk bahan kusen dan jendela? Setidaknya ada beberapa alasan mengapa memilih jendela alumunium untuk rumah-rumah modern.

Anti karat dan anti rayap

Salah satu alasan yang paling kuat mengapa kami memilih jendela alumunium untuk rumah kecil yang kami renovasi adalah karena bahan alumunium anti karat dan anti rayap. Apalagi jika jendela berada di luar yang sering terkena tempias air hujan, bye rasa cemas jendela cepat lapuk karena sudah memilih jendela dengan bahan alumunium.

Tinggal di daerah dengan cuaca yang cenderung dingin, curah hujan tinggi dan cenderung lembab membuat kami ketar-ketir dengan keberadaan rayap. Kusen di rumah yang terbuat dari kayu sudah mulai lapuk dimakan rayap. Jendela dan kusen dengan bahan alumunium adalah pilihan yang paling tepat agar tidak khawatir dengan keberadaan rayap.

Mudah dirawat, minim treatment

Dibanding kayu, jendela dengan bahan alumunium lebih mudah dirawat dan tidak membutuhkan treatment khusus. Kita bisa mencuci jendela kapanpun kita mau dengan menggunakan sabun atau diguyur air sekalian tanpa khawatir kusen dan jendelanya lapuk.

Memiliki harga yang relatif terjangkau dengan waktu buat yang lebih cepat

Saat akan merenovasi rumah, kami harus segera memutuskan karena intensitas hujan semakin rapat dan ruangan akan segera digunakan untuk kegiatan organisasi dan kantor Nusagates. Kami memesan sepaket jendela, kusen dan pintu dengan bahan dominan kaca agar intensitas cahaya yang masuk ke ruangan cukup dengan ukuran 2×3 m hanya dalam waktu 2 hari.

Harganya pun cenderung lebih hemat daripada bahan baja dan kayu. Iya sih ada kusen dan jendela kayu yang murah, tetapi tentu saja kulaitasnya tidaka begitu kuat menghadapi rayap dan tempias air hujan.

Mudah dibentuk sesuai dengan tema rumah

Salah satu kelebihan bahan alumunium untuk bahan kusen dan jendela adalah mudah dibentuk. Bahkan bahan alumunium bisa mengikuti selera rumah castel yang jendelanya meliuk, menikung. Tidak perlu khawatir berimajinasi dengan konsep tema rumah karena bahan alumunium bisa mengikuti bentuk yang kita inginkan.

Inspirasi Model Jendela Alumunium untuk Rumah Kesayangan Kamu

Memutuskan model jendela seperti apa ternyata enggak mudah. Berhari-hari mencari inspirasi, berhari-hari mencari kemana gerangan akan melabuhkan pilihan jasa. Berhari-hari debat-kusir dengan pasangan untuk menentukan seperti apa model jendelanya. Itu belum dimana saja jendela akan dipasang meski kami memakai jasa arsitek untuk perencanaannya.

Inspirasi model jendela alumunium ini adalah hasil kami mengumpulkan berbagi model jendela setelah memutuskan akan memakai bahan alumunium.

Jendela alumunium model swing simpel

Jendela model swing adalah jendela simpel yang dapat memenuhi kebutuhan sinar matahari dan sirkulasi udara sekaligus. Jendela model swing yang bisa dibuka penuh ke arah samping akan memberikan sirkulasi udara penuh ke dalam rumah. Rumah akan terkesan segar dan lega.

jendela alumunium swing

Jendela alumunium model swing dengan buka arah bawah terbatas cocok untuk keluarga muda yang memiliki anak kecil sehingga anak-anak tidak sembarangan keluar rumah lewat jendela. Akan lebih baik jika posisi jendela yang dibuka lebih tinggi dibandingkan perkiraan tinggi anak balita. Bagi yang menginginkan jendela lebar, kombinasi jendela mati dan jendela swing adalah kombinasi yang cukup aman untuk keluarga muda dengan anak balita.

Jendela alumunium model sudut

Indonesia merupakan negara tropis yang dianugerahi matahari bersinar sepanjang tahun. Membuat jendela besar akan membuat ruangan terang di siang hari sehingga lebih hemat energi listrik. Jendela alumunium model sudut adalah salah satu model jendela alumunium yang menghemat budget untuk penerangan 2 sisi karena hanya membutuhkan satu kusen untuk dua sisi yang berbeda.

Selain menghemat budget, jendel alumunium sudut terkesan modern dan minimalis tanpa meninggalkan sisi estetik.

jendela alumunium sudut

Selain model polosan, jendela alumunium sudut dengan ornamen bisa menjadi pilihan untuk rumah yang ingin menambah kesan seni artitstik. Selain menambah sisi seni, penambahan ornamen juga berfungsi sebagai penambahan sisi keamanan.

jendela sudut dengan ornamen

Jendela alumunium model sleeding

Jendela alumunium model sleeding tidak membutuhkan ruangan luas untuk membuka jendela sebagai sirkulasi udara. Jendela alumunium sleeding sangat cocok untuk rumah dengan konsep minimalis yang ruangannya sangat terbatas. Namun, untuk rumah yang luas dan banyak space juga bisa menggunalan jendela alumunium model sleeding

jendela sliding

Jendela alumunium aneka bentuk

Salah satu kelebihan bahan alumunium adalah kita bisa membuat aneka bentuk sehingga bisa disesuaikan dengan konsep rumah yang kita inginkan. Dulu abah K sempat ingin membuat model jendela lengkung karena rumahnya ingin dikonsep minimallis ruistik.

jendela alumunium lengkung

Enggak hanya lengkung, model jendela alumunium juga bisa dikonsep dengan bentuk segitiga atau segi-n, menyesuaikan model rumah modern. Model jendela bentuk segitiga ini memberikan kesan rumah modern dan classy.

jendela alumunium kaca bentuk segitiga

Jendela alumunium model full sinar matahari

Sejak digaungkan kampanye hemat energi listrik, arsitek mulai merancang rumah hemat energi yang tidak memerlukan pencahayaan lampu di siang hari. Salah satu ikhtiar untuk menghemat energi adalah dengan membuat jendela besar, bahkan memenuhi sisi dinding ruangan. Penggunaan jendela model full sinar matahari ini akan membuat ruangan lebih terang meskipun tanpa lampu di siang hari.

Konsep jendela alumunium model besar bisa digunakan sebagai pengganti dinding batas antara rumah dengan taman dalam rumah. Selain membuat rumah lebih terang, rumah juga akan terkesan luas dan pemilik bisa cuci mata dengan melihat taman. Biasanya jendela model besar ini digabung dengan pintu masuk ke taman yang juga terbuat dari kaca.

jendela alumunium besar full sisi sleeding

Selain sebagai pengganti dinding batas dengan taman, kita juga bisa menggunakan jendela alumunium model full sisi untuk jendela bagian depan. Perumahan Istana Regency Jatinangor adalah salah satu perumahan yang tidak hanya memperhatikan kemewahan bangunan jasa, namun juga memperhatikan pencahayaan dan ventilasi udara ke dalam ruangan.

Model jendela alumunium minimalis

Menggunakan kusen jendela alumunium 3, Istana Regency Jatinangor memperhatikan kualitas bahan bangunan. Dengan pondasi batukali, struktur beton bertulang dan dinding bata ringan, Istana Regency ingin mewujudkan rumah impian yang berkualitas terbaik.

Terletak di Bandung, dekat dengan UNPAD, ITB dan IPDN, Istana Regency Jatinangor menawarkan keamanan yang mumpuni dengan konsep perumahan one gate system, CCTV 24 jam dan petugas keamanan yang selalu siaga.

 

 

 

Exit mobile version