Site icon Widi Utami

5 Ketupat Sayur Betawi yang Melegenda di Jakarta

Ketupat Sayur Betawi

Ketupat Sayur Betawi

Ketika kamu bosan sarapan dengan nasi uduk dan bubur, kamu bisa beralih ke menu ketupat sayur. Di berbagai daerah banyak yang menjajakan ketupat sayur yang mudah kita jumpai. Begitu pula di Jakarta, terdapat sejumlah kedai ketupat sayur yang terkenal enak yang wajib kamu coba. Ketupat sayur di Jakarta terkenal dengan nama ketupat sayur betawi yang hingga kini masih menjadi favorit wisatawan karena memiliki citarasa yang khas dan menggoyang lidah. Ketupat sayur betawi memiliki rasa yang gurih karena santan yang kuat dan isiannya yang padat. Ketupat sayur betawi terdiri dari ketupat yang dipotong-potong lalu disiram kuah santan. Terdapat beberapa jenis ketupat sayur yang memiliki kuah berwarna kuning seperti opor hingga berwarna kemerahan. Berikut adalah rekomendasi ketupat sayur betawi di Jakarta yang bisa kamu kunjungi bersama dengan teman-teman atau keluarga di saat pagi hari. 

Ketupat Sayur H. Mahmud

Ketupat H. Mahmud terletak di jalan Raya Kebayoran Lama nomor 6, Grogol Utara, Jakarta Selatan. Dalam satu porsi sayur biasanya disajikan dari bahan utama ketupat dengan sayur yang terdiri dari kacang panjang, labu siam yang dimasak dengan bumbu khas. Ketupat sayur H. Mahmud bisa menjadi pilihan menu sarapan kamu. Kedai ini buka setiap hari Selasa-Minggu mulai pukul 07.00-17.00 WIB.

Ketupat Sayur Mandala

Ketupat sayur Mandala berlokasi di Jalan Mampang Prapatan No 17, Duren Tiga, Pancoran. Dalam satu porsi ketupat sayur Mandala, disajikan dengan sepiring krupuk yang bisa menjadi pelengkap. Kamu juga bisa memilih lauk pauk tambahan lainnya mulai dari telur, ayam, ati ampela hingga daging rendang. Kedai ini buka mulai dari pukul 06.30 hingga 16.00 WIB.

Ketupat Sayur Betawi Pak Dayat

Ketupat sayur betawi Pak Dayat sudah ada sejak tahun 1995, dan telah menjadi legenda di Jakarta. Ketupat sayur betawi Pak Dayat terkenal karena kuahnya yang kental dengan rasa manis, gurih, sedikit pedas lada dnegan aroma khas sayur labu siam. Dominasi rasa manis dan gurih santan begitu terasa sehinga sangat lekat dengan sajian ketupat sayur betawi yang mlekoh. Ketupat sayur betawi Pak Dayat berlokasi di Kantin Kantor RNI, Mega Kuningan, Jl. Denpasar, Kuningan Timur, Jakarta Selatan, dan buka mulai pukul 08.15 -15.00 WIB.

Rumah Makan Nasi Uduk & Ketupat Bang Uwan/Pa’i

 Rumah Makan Nasi Uduk & Ketupat Bang Uwan/Pa’I merupakan tempat makan legendaries yang sudah terkenal sejak puluhan tahun yang lalu. Rumah makan ini berlokasi di Jl. Madrasah 1 No 135. Tempat makan khas Betawi nikmatnya tidak pernah berubah. Kamu bisa menikmati penganan ini mulai dari jam 5 sore hingga 3 dini hari. Ketupat sayur betawi yang disjikan memiliki kuah yang menggugah selera.

Ketupat Ci Eng

Bagi warga sekitaran Kelapa Gading, pastinya sudah tidak asing lagi dengan Ketupat Sayur Ci Eng. Ketupat sayur yang satu ini memang sudah melegenda sejak tahun 1976 yang awalnya berlokasi di daerah Pecinan, Glodok, Jakarta Barat. Ketupat sayurnya bisa kamu tambahkan ayam kari, daging semur, telur, tahu, tahu, tempe dan kentang dengan rasa yang terkenal enak dan gurih. 

Itulah 5 rekomendasi ketupat sayur betawi yang telah menjadi legenda makanan khas betawi sejak puluhan tahun yang lalu, yang bisa kamu kunjungi dengan sajiannya yang terkenal enak dan nikmat.

Exit mobile version